Mau Traveling, Lakukan Ini Biar Nggak Melanggar Aturan Penerbangan

tips sebelum penerbangan

Tahun baru, semangat baru! Kamu juga pasti punya resolusi baru yang ingin diraih pada tahun ini. Ada yang ingin agar kariernya semakin menanjak, ada juga yang ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga. Bahkan, ada yang ingin mengeksplorasi lebih banyak tempat dengan traveling. 

Khusus buat kamu yang pengen mewujudkan niat untuk berlibur ke destinasi impian pada tahun ini, cari tahu dulu aturan penerbangan terbaru. Kamu pasti sudah paham bahwa selama pandemi ada banyak perubahan terkait syarat perjalanan ke luar kota. Biar lebih siap traveling, ini nih yang perlu kamu lakukan sebelumnya.

Jangan Lupa Vaksin

Untuk membangun imunitas terhadap virus Covid-19 dan mencegah penularan yang lebih luas, pemerintah menghimbau masyarakat untuk melakukan vaksin. Supaya tingkat imunitas lebih bagus lagi, masyarakat diharapkan menjalani vaksinasi hingga dosis ketiga. 

Bukan hanya agar tubuh bisa bertahan dari serangan virus, vaksin juga merupakan syarat perjalanan saat ini. Untuk melakukan perjalanan udara misalnya, kamu harus sudah memiliki bukti vaksin dosis ketiga. 

Karena itu, kalau tahun ini kamu punya rencana untuk traveling ke daerah tertentu dan ingin menuju ke sana dengan transportasi udara, segera lakukan vaksin. Tujuannya agar kekebalan tubuh terbentuk sejak awal. Selain itu, kamu nggak akan terkendala di bandara. 

Mempersiapkan Aplikasi PeduliLindungi

aplikasi pedulilindungi

Gimana supaya pihak berwenang tahu kalau kamu sudah melakukan vaksin dosis ketiga? Kamu bisa membawa kartu vaksin ke mana-mana dan menunjukkannya kepada petugas saat harus melewati penjagaan.

Namun, ada baiknya kamu juga mendownload dan menginstall aplikasi PeduliLindungi di perangkat smartphone yang digunakan. Setelah itu, buatlah akun dan masukkan informasi pribadi. Melalui aplikasi ini, bukti vaksin bisa terlihat dengan jelas.

Dengan mempersiapkan hal ini sebelum keberangkatan, kamu nggak perlu bingung lagi saat check in di bandara. Petugas pun akan langsung mempersilakan kamu untuk melewati penjagaan setelah menunjukkan bukti vaksin di PeduliLindungi.

Selalu Menggunakan Masker

Walaupun kondisi di Indonesia sudah mulai membaik dari pandemi Covid-19, saat berada di kerumunan, ada baiknya masih menggunakan masker. Hal ini dilakukan untuk membuat kamu terhindar dari penularan virus saat bertemu dengan banyak orang asing.

Saat ini, menggunakan masker masih menjadi salah satu syarat untuk bepergian dengan transportasi udara. Karena itu, kamu harus selalu menggunakannya, baik saat di bandara maupun ketika sudah berada di dalam pesawat.

pakai masker saat traveling

Membawa masker cadangan pun nggak kalah penting. Masker yang telah digunakan sebaiknya diganti setiap empat jam. Supaya lebih mudah dijangkau, masukkan masker ke tas yang selalu dibawa. Kalau masker kotor, kamu juga nggak perlu bingung saat menggantinya. 

Menghindari Interaksi dan Komunikasi

Saat naik pesawat, penumpang diharapkan untuk tidak berkomunikasi satu arah maupun dua arah. Baik mengobrol antara sesama penumpang maupun melakukan panggilan telepon. Meminimalkan interaksi adalah bentuk kewaspadaan ketika berada di tempat umum.

Tips bagi kamu agar lebih siap menghadapi kondisi ini adalah mengatur ponsel dalam mode silent. Ketika ada telepon masuk, kamu tidak perlu langsung mengangkatnya. Alihkan komunikasi melalui aplikasi chatting biar lebih aman.

Apabila kamu bepergian sendiri dan ada yang mengajak kamu untuk mengobrol, usahakan untuk tidak memperpanjang pembicaraan. Begitu pula kalau berangkat bersama rombongan, ingatkan mereka agar tidak mengobrol selama di dalam pesawat. 

di dalam pesawat

Menjaga Kesehatan

Tubuh yang fit akan membuat virus tidak mudah masuk karena kekebalan tubuh tinggi. Saat melakukan traveling dengan pesawat atau pun transportasi umum lain, kamu juga harus memastikan tubuh dalam keadaan bugar. Selain agar tidak mudah sakit karena tertular virus dari orang lain, kamu pun bakal lebih menikmati perjalanan itu.

Untuk menjaga kesehatan, kamu pasti sudah tahu caranya. Mulailah dengan berolahraga secara rutin, makan makanan yang sehat, dan jagalah pola hidup yang teratur. Usahakan untuk nggak begadang sebelum berangkat. Jangan lupa pula untuk sarapan yang cukup. Selain itu, minum air sesuai kebutuhan tubuh.

Mengetahui Prosedur Refund dan Reschedule

Kalau mengalami kendala saat jadwal bepergian dengan transportasi udara, kamu bisa melakukan refund dan reschedule tiket yang dibeli dari Traveloka. Tapi kamu harus menyelidiki lebih dulu aturan maskapai mengenai refund dan reschedule tersebut.

Kamu pun harus memahami prosedur yang harus dilewati untuk refund dan reschedule. Hal ini terutama saat kamu terpaksa tidak bisa melakukan perjalanan karena masalah tertentu, termasuk kalau mendadak sakit.

Mengetahui aturan-aturan yang diberlakukan saat ini kepada para penumpang pesawat adalah hal yang nggak boleh ditawar. Dengan begitu, kamu bisa lebih siap dari awal dan bisa melewati prosedur tanpa khawatir. Jangan sampai, rencana perjalanan kamu jadi gagal hanya karena melanggar ketentuan yang sudah ada. 

|Baca juga : 

Tips melakukan perjalanan dengan sewa mobil saat pandemi 

Tips agar baterai smartphone awet saat traveling 

Tips cerdas merencanakan liburan

Komentar

Popular Posts

Mozaik Bandung: Liburan yang Kacau & Jalan Panjang ke Pondok Hijau

Yuk Kurangi Sampah Plastik dan Dukung Program Blackmores Peduli “Tukar Botol”

Novel Milea: Suara dari Dilan