Yuk Jualan Online & Pentingnya Pembukuan Online Shop

Yuk Jualan Online

Ajakan Yuk Jualan Online tentu sangat menggiurkan, terutama bagi pemula yang berniat merintis usaha secara online. Saat ini peluang bisnis jualan online sudah demikian terbuka lebar. Tidak hanya potensi pasarnya yang sangat luas, memulai atau merintis toko online pun semakin mudah, walaupun bukan berarti tanpa tantangan. Salah satu hal yang perlu dicermati dalam menjalankan toko online adalah perihal pembukuan online shop. Ini penting karena menjalankan olshop tidak hanya tentang memasarkan produk saja, tetapi juga bagaimana memantau perkembangan usaha tersebut.

Sebagai seseorang yang terbiasa bekerja secara online, aku juga termasuk yang tertarik dengan bisnis online. Suami juga mempunyai ketertarikan untuk memiliki usaha online. Jadi, walaupun sekarang belum benar-benar memulainya, aku suka membaca artikel-artikel yang dapat menjadi referensi dan inspirasi seputar bisnis online. Aku menemukan sebuah platform yang pas banget dengan kebutuhan para online seller maupun calon pedagang online, yaitu Yuk Jualan Online. Salah satu artikel yang kubaca disana membahas tentang pembukuan online shop sederhana bagi pemula.

Pentingnya Pembukuan Online Shop

Pembukuan online shop itu maksudnya apa sih?
Pembukuan online shop merupakan proses pendokumentasian transaksi harian yang terjadi di toko online. Pembukuan lazim juga disebut buku kas. Kita bisa memantau untung - rugi olshop yang kita kelola salah satunya lewat pembukuan olshop ini. Dengan adanya pembukuan online shop, segala bentuk transaksi olshop dapat diawasi dengan mudah.

Walaupun belum punya olshop, aku pribadi udah ngerasain banget pentingnya melakukan pencatatan transaksi online. Itu karena pengalamanku baru-baru ini menghandle campaign dari sebuah brand yang melibatkan pembelian produknya secara online. Membuat rekap atau pencatatan transaksi harian sangat penting dan berguna, baik untuk dokumentasi, tracking transaksi, maupun untuk pelaporan.

Manfaat pembukuan online shop lebih lanjut antara lain:
  • Mempermudah pengelolaan dana bisnis yang dialokasikan (berdasarkan catatan detail transaksi pengeluaran & pemasukan).
  • Membantu mengendalikan budget (menentukan biaya pengeluaran & memastikannya sesuai dg tujuan usaha). 
  • Mempermudah pembuatan rencana target penjualan, pengembalian modal, dan sebagainya. 
  • Memantau perkembangan bisnis harian, mingguan, maupun bulanan. 
  • Meminimalisir potensi kecurangan dari supplier atau karyawan toko. 
Pembukuan Online Shop

Jenis-jenis Pembukuan Online Shop

Pembukuan online shop sederhana ada beberapa jenis,antara lain yaitu:
  • Pembukuan Pemesanan / Pemasukan
Pembukuan ini berisi catatan setiap pesanan atau orderan yang masuk. Poin-poin yang penting dicatat terdiri atas tanggal, nama barang, pemesan, jumlah pesanan, harga, dan potongan harga (jika ada).
  • Pembukuan Pengeluaran
Pembukuan ini berisi catatan setiap pengeluaran rutin. Contoh poin-poin yang dicatat antara lain tanggal, jenis pengeluaran, bukti/nota, jumlah pengeluaran, harga satuan, subtotal & total pengeluaran.
  • Pembukuan Stok
Pembukuan stok berisi catatan update stok barang. Catatan ini berguna membantu mengetahui update jumlah barang yang terjual dan yang masih tersedia, serta untuk mengantisipasi stok barang yang kosong. Poin-poin yang dapat dicatat antara lain kode barang, nama barang, stok awal, harga satuan, jumlah terjual, dan sisa atau stok akhir.

Cara Membuat Pembukuan Online Shop

Cara membuat pembukuan online shop untuk pebisnis pemula / UMKM bisa melalui 3 cara:
  • Mencatat manual di jurnal
Cara pencatatan secara manual di buku kas mudah dilakukan, namun kurang efektif, melelahkan, dan beresiko terjadi eror atau kesalahan. Terutama jika banyak data yang harus dicatat.
  • Menggunakan Microsoft Excel atau Google Spreadsheets
Membuat pembukuan secara digital dengan bantuan Excel atau Google Spreadsheets lebih efektif dibandingkan dengan cara pencatatan manual. Gak perlu repot membuat tabel dan perhitungannya bisa otomatis hanya dengan memasukkan rumus atau formula yang tepat. Di samping itu, file-nya bisa dibagikan dengan sesama pengguna sehingga bisa dibagikan dengan tim yang membantu membuat pembukuan. Selain itu, aplikasi Google Sheet bisa diakses secara online, baik lewat laptop maupun hp.
  • Menggunakan software akuntansi
Membuat pembukuan online shop bisa lebih mudah menggunakan software akuntansi khusus. Cara pembukuan ini cocok bagi yang punya budget lebih, karena umumnya perlu biaya berlangganan untuk dapat akses penuh.

Seperti itulah kira-kira sedikit gambaran tentang pembukuan online shop sederhana & menjadi intisari yang dibahas di salah satu artikel di platform Yuk Jualan Online. Buat kamu yang masih baru jualan online dan masih bingung seputar pembuatan pembukuan online shop, langsung aja baca artikelnya langsung supaya lebih jelas & lengkap karena disertai ilustrasi contoh pembukuannya juga.

Selain mendapatkan gambaran tentang pembukuan online shop, banyak lho insight yang bisa dipelajari di Yuk Jualan Online. Kita bisa mendapatkan banyak wawasan, tips, dan inspirasi seputar usaha online. 

Yuk Jualan Online di Lazada

Sekilas Tentang Platform Yuk Jualan Online

Jadi sebenarnya Yuk Jualan Online itu apa sih? Yuk Jualan Online hadir sebagai sebuah platform gaya hidup yang komprehensif bagi para online seller. Yuk Jualan Online merupakan bagian dari How We Sell oleh Lazada, yakni majalah digital multifaset & multisaluran baru yang memungkinkan penjual dan mereknya menjadi pusat perhatian di seluruh Asia Tenggara. So, buat kamu yang berniat jualan online dan butuh banyak wawasan di bidang ini, coba deh intip platformnya.

Dan untuk yang masih bingung memulai toko online, salah satu cara mudah mulai jualan online yaitu dengan bergabung menjadi online seller di e-commerce Lazada. Selain karena Lazada merupakan salah satu e-commerce terbesar & terpopuler di Indonesia, berjualan online di Lazada juga mudah & praktis. Buka toko online bisa cuma dalam beberapa menit aja lho. Bagaimana cara jualan di Lazada? Simak yuk langkah-langkahnya.

Cara Jualan Online di Lazada

  • Daftar ke Seller Center Lazada. 
Seller Center Lazada adalah sebuah platform khusus dari Lazada untuk memudahkan pengelolaan operasional toko. Daftarnya bisa sebagai perorangan atau perusahaan. Cukup dengan no. Hp & email untuk dapat akses ke Seller Center Lazada. Di sini kita bisa dapetin fitur & bantuan yang akan mempermudah jualan. Kita bakal dipandu untuk mendapatkan pembeli dalam 1-2 minggu dengan melakukan 3 langkah selanjutnya. 

jualan di Lazada

  • Lengkapi alamat toko
Isi alamat gudang, toko/kantor, & alamat pengembalian/retur.
  • Lengkapi data rekening bank & dokumen identitas
Siapkan dokumen yang diperlukan, yakni identitas yang sah dan isi informasi terkait. Untuk verifikasi identitas seller perorangan, dokumen identitas bisa berupa KTP (WNI)/NIC (WNA)/passport. Kalo daftarnya sebagai perusahaan, saat verifikasi perlu mengunggah dokumen informasi bisnis, yaitu NIB (Nomor Izin Berusaha) dan Izin Usaha dari OSS.

Selanjutnya, isi informasi rekening bank untuk digunakan sebagai pembayaran di toko, seperti no. rekening, nama bank, & unggah foto buku tabungan/giro. Pastikan informasi di identitas dan rekening yang didaftarkan sama.
  • Unggah minimal 10 produk yang akan dijual
Siapkan produk-produk yang akan dijual & unggah di tokomu dengan cara klik Tambah Produk (Add Products) di dashboard Seller Center & unggah minimal 10 produk untuk menarik perhatian pembeli. Foto sebaiknya berkualitas bagus & memperlihatkan detail produk dengan jelas. Beri nama produk yang akurat dan mengandung kata kunci yang kemungkinan dicari pelanggan. Contohnya berisi merek, model, jenis produk, & kegunaan produk. Isi juga informasi dasar produk, seperti berat, dimensi paket, dan harganya.

Sesudah melengkapi tahapan tersebut, selamat! Toko onlinemu di Lazada udah jadi, deh. Kamu akan dapat panduan jualan di Lazada untuk membantu pertumbuhan tokomu selama 3 bulan ke depan. Selain itu, ada lebih dari 15 fitur di Seller center yang bisa dimanfaatkan untuk nambah skill jualan online. Mulai dari menaikkan produk, hingga analisis bisnis. Terus, bisa mengakses fitur eksklusif juga lho, yakni Lazada University. Fitur ini menyediakan wawasan lengkap, bisa mempelajari tips jualan online via tutorial, video kursus singkat, serta webinar tentang aneka topik penjualan online di Lazada. Asik banget.


So, gak usah ragu lagi buat yang ingin berjualan online, mulai aja toko onlinemu di Lazada. Jangan lupa pentingnya membuat pembukuan online shop untuk memantau perkembangan bisnismu ya. Tambah terus wawasan seputar jualan online di platform Yuk Jualan Online supaya jualan onlinemu terus naik kelas. Semoga sukses! 



Komentar

  1. Jualan online sekarang menjadi pilihan karena mudah banget dan jangkauannya yang luas. Bener banget, kalau mau jualan online memang benernya punya online shop yang semakin memudahkan apalagi ada pembukuannya mantep. Terima kasih sharingnya!

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Review Vimela 3in1 Moisturizer Cream, Pelembab Multi-benefit untuk Kulit sehat & Glowing

Mozaik Bandung: Liburan yang Kacau & Jalan Panjang ke Pondok Hijau

The Lorax Film: Kisah Kota Plastik Tanpa Pohon