ZenCore dan Pekan Olahraga Otak: Anti Lemot & Seru

ZenCore

Apa yang terlintas dalam pikiran saat pertama kali mendengar Pekan Olahraga Otak?
Wow, kalau aku, gak begitu kebayang. Hahah. Menarik, unik dan seru sih sepertinya. Biasanya pekan olahraga kan mengacu ke event pertandingan olahraga fisik, ya. Ini pertandingannya olahraga otak, emang ada? Beneran ada loh, Gaes! Kalau gak percaya, coba cek deh ZenCore di aplikasi Zenius. Tunggu, ZenCore itu apa pula? Kalo penasaran, yuk lanjut baca ceritaku hingga tuntas!

Karena Otak juga Butuh Olahraga…

Dalam rangka menjalani tren gaya hidup yang lebih sehat, umumnya orang sudah aware untuk melakukan olahraga rutin. Ada yang sukanya senam aerobik, lari, bersepeda, yoga, dan lain-lain. Aktivitas olahraga fisik deh pokoknya. Tapi, pernahkah kita mempertimbangkan untuk rutin olahraga otak? Kayaknya si otak ini agak terlupakan, yah. Padahal otak juga butuh olahraga, biar tajam dan terpercaya, ups, gak lemot maksudnya.

Bayangkan otak yang mageran vs otak yang terlatih. Pasti bedaa dong. Yang satu otaknya relatif orisinil karena jarang dipake, wkwk, yang satu lagi otaknya sering diasah. So pasti lebih tajam yang terasah dong. Saatnya digunakan untuk berpikir, pastinya otak yang terlatih jauh lebih siap dan lebih cepat loadingnya. Nah, salah satu cara mengasah otak tuh bisa lewat ZenCore yang ada di dalam aplikasi Zenius. Aku udah nyobain dan ketagihan karena seru juga ternyata, hehe.

Latihan Otak dengan ZenCore, Berfaedah & Seru

Penasaran apa itu ZenCore? ZenCore adalah sebuah platform untuk melatih keterampilan fundamental di 3 bidang, yaitu Matematika, Verbal Logic, dan Bahasa Inggris. ZenCore dirancang dengan pendekatan adaptive learning, jadi penggunanya bisa belajar menggunakan platform ini sesuai dengan level pemahaman dan pengetahuan yang dimiliki.

pemanasan otak
ZenCore dapat diakses melalui aplikasi Zenius yang dikenal dengan slogan: ganti cara belajar. Aplikasi belajar online tersebut memang menyediakan layanan pembelajaran daring dengan pendekatan cara yang fun dan efektif. ZenCore bisa digunakan dan berguna untuk siapa saja, baik anak sekolahan (SD, SMP, SMA), mahasiswa, guru, profesional, maupun umum.

Berikut pengalamanku mencoba olahraga otak di 3 bidang. Btw aku masuknya sebagai pengguna kategori “umum”.

Matematika

Berisi soal-soal dasar dalam bidang matematika. Pertama kali mencoba, jawabanku salah 1. Second try, betul semua, yeay! Sesenang itu, dan nagih mencoba lagi untuk dapet score tinggi dan naik level terus.

Verbal Logic

Berisi soal-soal dasar logika verbal. Nah, aku agak lemah di sini ternyata. 1st try, cuma dapet score 5. Itupun ada soal yang belum terjawab karena waktunya keburu habis. Aku agak lama nih mencerna kalimat dalam soalnya juga, heu. Jadi tertantang untuk bisa lebih baik.

Bahasa Inggris

Berisi soal-soal dasar Bahasa Inggris. Pertama nyoba, langsung betul semua, yeay! Ternyata masih inget konsep grammar hehe. Ya pertama kali level soalnya juga masih relatif mudah sih. Jadi semangat lanjuttt…

ganti cara belajar

Sebagai gambaran, ZenCore berisi soal-soal pertanyaan di masing-masing 3 bidang yang harus dijawab secepat mungkin karena ada batas waktunya. Jadi nanti performa kita dalam menjawab soal akan terekam akurasinya dan kecepatannya. Kita bisa cek juga peringkat kita di leaderboard. Ada greget & rasa tertantang untuk bisa menjawab semua soal dengan benar dan cepat. Seru seperti main brain games, ada levelnya, dan bisa ajak teman untuk battle juga. Gak cuma seru, namun juga berfaedah untuk pemanasan otak.

Menurutku sih platform ZenCore ini cocok untuk kebutuhan olahraga otak yang agak sedikit terlupakan. Kerasa banget soalnya kalau otak jarang dilatih tuh, loadingnya lama, hahah. Ini berdasarkan pengalaman, udah lama asik dengan rutinitas harian ngurus anak balita dan rumah tangga, tiba-tiba ada request untuk ngajar privat anak sekolahan. Walaupun pelajaran SD, tetep aja otak perlu waktu loading memanggil-manggil memori pelajaran yang sudah lama terlupakan, hehe.

Contoh lainnya saat perlu ikutan tes yang melibatkan soal-soal pengetahuan umum, termasuk logika dan matematika, misalnya saat melamar pekerjaan baru. Kalau udah lama gak terlatih di bidang tersebut, kerasa banget loadingnya lama. Beda kalau sejak awal otaknya rutin berlatih, pastinya lebih cepat “on”-nya.

Yups, manfaat rutin menggunakan ZenCore tuh bagus untuk mengasah otak. Selain membantu untuk lebih siap menghadapi persoalan yang berhubungan dengan tes, berguna juga buat menghadapi persoalan hidup. Hah, serius? Hehe iya, soalnya latihan tersebut bisa membantu kita untuk dapat berpikir lebih matematis dan menajamkan akurasi bahasa dan logika. Jadi bisa nambah skill atau kemampuan menganalisis informasi & menyampaikan informasi lebih jelas. Nangkep informasi bisa lebih cepat, berpikir lebih kritis dan rasional. Kemampuan bernalar yang baik gitu deh. Kan berguna banget tuh untuk menghadapi persoalan sehari-hari, termasuk agar gak mudah kemakan hoax & terjebak sesat pikir.

review ZenCore & di aplikasi Zenius
Menurutku, pemanasan otak dengan ZenCore recommended buat ngisi waktu luang dan ganti cara belajar dengan lebih menyenangkan. Sekarang nih karena lagi Bulan Ramadan, kegiatan ini bisa banget menjadi aktivitas harian, misal sambil ngabuburit, saat istirahat siang sambil rebahan, atau sebagai olahraga otak untuk memulai pagi hari setelah subuhan, daripada tidur lagi…

Pekan Olahraga Otak: Anti Lemot & Berhadiah Gadget Keren, Yuk Ikutan!

Nah, di awal tulisan aku menyinggung tentang Pekan Olahraga Otak. Ini nih tambahan benefit & keseruan melatih otak via ZenCore. Sebenarnya yang dimaksud Pekan Olahraga Otak itu apa sih? Pekan Olahraga Otak X Fiesta Primagama adalah salah satu event yang diselenggarakan Zenius dalam rangka merayakan Fiesta Primagama, yakni ulang tahun Primagama yang ke 40. Yups, Primagama, bimbel offline yang terkenal itu lho, sejak Maret lalu telah resmi bergabung dengan Zenius.

Penyelenggaraan Pekan Olahraga Otak X Fiesta Primagama bertujuan untuk memfasilitasi para pengguna ZenCore untuk mendapatkan pengalaman lebih. Sementara itu, bagi para pengguna yang belum pernah mencoba ZenCore, event ini memberikan pengalaman awal bagi mereka.

Periode & Kriteria Pemenang Lomba Pekan Olahraga Otak

Periode penyelenggaraan lomba Pekan Olahraga Otak yaitu mulai dari tanggal 28 Maret hingga 24 April 2022. Pengumuman pemenangnya diumumkan pada minggu berikutnya lewat Instagram @zeniuseducation dan @primagama_id. Kriteria pemenangnya ditentukan berdasarkan skor total di tiap kategori subjek (Matematika, Verbal Logic, & Bahas Inggris). Skor ini dihitung dari seluruh peserta yang melakukan praktik di ZenCore selama periode lomba. Jadi, agar peluang untuk menang sebagai jagoan adu otak semakin tinggi, caranya kudu rajin melakukan pemanasan otak lewat ZenCore.

Hadiah Lomba Pekan Olahraga Otak

Hadiah pemenang lomba Pekan Olahraga Otak menarik banget, loh. Ada Ipad 9, Samsung Smart Watch 4, Xiaomi Haylou Solar LS05, JBL T450, dan hadiah hiburan untuk 5 orang yang beruntung. Ada beberapa kategori pemenang, yaitu Juara 1, 2, 3 Antar Region, Top 3 masing-masing subjek (Matematika, Verbal Logic, & Bahasa Inggris), dan Top 3 masing-masing Region. Kalau menang di lebih 1 kategori, hadiahnya juga dobel. Yeay, asik banget tuh!

Cara Join Pekan Olahraga Otak

Cara ikutan Pekan Olahraga Otak gampang banget. Sesudah download, install & registrasi di aplikasi Zenius, lakukan ini:

- Pilih satu grup ZenCore sesuai kategori region (daerah) kamu.

- Lakukan terus pemanasan otak rutin di ZenCore setiap hari selama 1 minggu. Jadilah jagoan adu otak di Top 3 Leaderboard!

Sesimpel itu.

jagoan adu otak

Jadi gimana, menarik banget kan lombanya? Yukk ikutan! Seru-seruan sambil berkesempatan dapetin hadiahnya.


Oh iya, untuk selanjutnya, Zenius akan terus mengajak para penggunanya untuk terus melatih otak dengan ZenCore melalui Pekan Olahraga Otak yang digelar setiap dua minggu sekali (bi-weekly) dengan berbagai hadiah menarik. Asiikk… Makanya buruan download dan coba sekarang Aplikasi ZenCore untuk iOS atau Aplikasi ZenCore untuk Android, dan ikutan berpartisipasi di Pekan Olahraga Otak, yukkk! 

|Baca juga: 

Habibie: Kecil tapi Otak Semua


Komentar

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Review Vimela 3in1 Moisturizer Cream, Pelembab Multi-benefit untuk Kulit sehat & Glowing

Mozaik Bandung: Liburan yang Kacau & Jalan Panjang ke Pondok Hijau

Review Scarlett Face Care Brightly Ever After Series, Skincare untuk Mencerahkan Kulit