Storytel, Gaya Baru Menikmati Buku & Menyerap Ilmu dalam Keterbatasan Waktu

Storytel

Pengen baca buku namun sibuk, gak ada waktu? Pengen nambah pengetahuan tanpa meluangkan waktu khusus, alias bisa disambi ngerjain ini - itu? Pengen ada yang dongengin saat rehat & hendak tidur? Bisaaa. Sekarang semua itu jadi mungkin dengan adanya Storytel. Sudah tahu? Itu lho, aplikasi audiobook yang lagi ngetren sekarang sebagai cara menikmati buku gaya baru, yaitu dengan cara mendengarkan buku.

Mendengarkan Buku, Solusi Menikmati Buku dalam Kungkungan Waktu

“So many books, so little time”. Ungkapan Franz Kafka ini sungguh benar adanya. Penikmat buku tentu relate dengan kalimat tersebut. Ada begitu banyak buku di dunia ini yang menarik untuk dibaca, sementara untuk “melahap”nya butuh waktu, dan waktu yang kita punya terasa kurang saja.

Sementara itu, ungkapan tersebut kerap juga menjadi “excuse” bagi yang merasa gak punya waktu untuk membaca. Contohnya aku nih. Sebenarnya aku juga penikmat buku, tapi saat ini keseharianku sama sekali tak menunjukkan hal itu. Jadi malu. Makanya sekarang kalau ditanya hobiku apa, belum berani menyebutkan ‘baca buku” seperti dulu. Palingan jawabnya nonton drakor, beuh!

Kerengganganku dengan aktivitas baca buku tampaknya dimulai sejak aku punya anak. Padahal dulunya aku cukup update dengan perkembangan buku, suka baca buku tiap hari, gak ngeri baca “buku bantal” alias yang tebal banget sekalipun, senang hunting buku di pameran buku & nimbun buku, hehe. Bisa dibilang bibliophile, lah. Bahkan pas awal-awal ngeblog, postinganku banyak juga tentang buku. Entah kenapa sekarang terasa begitu sulit meluangkan waktu untuk baca buku… Hiks. Padahal banyak banget buku-buku yang ingin kubaca. Jadi curhaat…

Makanya aku senang saat tahu ada aplikasi Storytel. Aplikasi audiobook yang satu ini bisa menjadi solusi untuk bisa tetap menikmati buku tanpa perlu meluangkan waktu khusus. Kita gak perlu membaca, karena kitanya dibacain. Hanya perlu pasang telinga untuk mendengarkan buku dibacakan untuk kita. Selayaknya mendengarkan musik, kita bisa mendengarkan buku sambil ngerjain hal lain, misalnya sambil ngerjain pekerjaan rumah tangga, sambil istirahat, ataupun selagi di perjalanan.

Audiobook Indonesia

Sebenarnya audiobook itu bukan hal baru, sih. Tapi baru sekarang aja aku benar-benar mencobanya. Tren mendengarkan buku memang semakin populer belakangan ini. Di beberapa negara, tren ini sudah berkembang lebih dulu. Kalau di Indonesia sih sepertinya baru-baru ini aja ya. Kehadiran Aplikasi Storytel tampaknya menjadi pelopor dalam memviralkan tren mendengarkan buku ini. Sebuah gaya baru menikmati buku yang cocok untuk kebutuhan orang-orang di masa kini yang cenderung “sok sibuk”, hehe, dan senantiasa lekat dengan gadget dimanapun berada.

Storytel, Aplikasi Audiobook yang Praktis untuk Melahap Isi Buku

Buat yang kepo apa itu Storytel, Storytel adalah sebuah platform untuk layanan streaming buku audio dan e-book berlangganan terbesar di dunia. Platform ini menawarkan penggunanya untuk mendengarkan & membaca lebih dari 500.000 judul buku dalam skala global. Storytel sudah menjangkau lebih dari 20 pasar di seluruh dunia. Kantor pusatnya sendiri berada di Stockholm, Swedia. Storytel memiliki visi untuk “menjadikan dunia tempat yang lebih berempati dan kreatif dengan kisah-kisah hebat untuk dibagikan dan dinikmati oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja.”

Fitur-fitur Aplikasi Storytel

Storytel memiliki fitur-fitur sebagai berikut:
  • Tersedia ratusan ribu koleksi judul buku dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam berbagai genre. 
  • Rak buku digital untuk menyimpan koleksi pribadi & mendapatkan rekomendasi buku sesuai kesukaan. 
  • Bebas pindah dari 1 cerita ke cerita lain dan antara mendengarkan atau baca buku online. 
  • Download untuk mengunduh cerita agar bisa didengarkan secara offline. 
  • Kecepatan audiobook bisa diatur sendiri, percepat atau perlambat. 
  • Bookmark dan buat catatan pemikiran pribadi. 
  • Sleep timer untuk mendengarkan cerita pengantar tidur. 
  • Dark mode untuk layar lebih ramah mata. 
  • Tetapkan target untuk mendengarkan & lihat pencapaian. 
  • Tersedia mode anak, aman dengan hanya cerita anak.
Aplikasi Audiobook

Pengalamanku menggunakan Aplikasi Storytel, ada kebahagiaan tersendiri saat mengetahui ada begitu banyak judul buku yang tersedia dalam berbagai genre, baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Buku Best Seller juga banyak. Ada Novel Fiksi dalam berbagai genre, seperti Romance, Fantasy & Sci-fi, novel-novel klasik, cerita anak, dan lain-lain. Ada berbagai jenis buku nonfiksi juga untuk menambah pengetahuan dan wawasan, mulai dari sejarah, biografi, buku-buku self development, agama dan spiritualitas, bisnis, dan sebagainya. Salah satu buku nonfiksi yang lagi populer dan bikin aku penasaran yaitu buku Sapiens karya Yuval Noah Harari.

Kalau bingung mau mulai dari mana, bisa coba intip judul-judul buku yang lagi trending, misalnya yang ada di top titles in Indonesian untuk melihat judul-judul Audiobook Indonesia yang lagi populer. Beberapa judul buku karya penulis Indonesia yang populer ada disini, salah satunya Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi. Terkenal banget itu kan novelnya, udah difilmkan juga.

Banyak sih novel yang udah difilmkan ada disini. So, buat yang baru nonton filmnya aja, bisa coba tuh nikmati ceritanya dengan cara berbeda, yaitu dengan mendengarkan audiobooknya via Storytel. Misalnya coba yang ringan ceritanya kayak Novel Dilan. Populer banget sih Dilan, sampai-sampai review buku Milea yang pernah kutulis di tahun kapan di blog ini banyak banget pengunjungnya, hehe.

Kalau novel luar yang populer, salah satunya ada serial Hunger Games. Udah pada nonton filmnya kan? Aku udah baca juga bukunya, tapi masih penasaran kalau dinikmati dengan cara didengarkan mungkin sensasinya beda lagi. Kalau yang populer tapi belum kubaca bukunya dan belum nonton juga series-nya yaitu Game of Thrones.

Bahagianya lagi, di Storytel ada seri novel favoritku sepanjang masa, yaitu Harry Potter Audiobook. Aku sangat suka novel maupun filmnya. Kapan-kapan pengen ngejadwalin dengerin audiobooknya juga dalam Bahasa Inggris. Gak pernah bosan sama ceritanya. Senengnya lagi, selain Harpot, ada buku-buku wizarding world lainnya karya JK Rowling yang bikin aku penasaran juga, seperti The Tales of Beedle the Bard, Fantastic Beasts and Where to Find Them (ini filmnya udah kutonton), dll.

Selain judul-judul yang sudah familiar, ada juga yang belum pernah kudengar sebelumnya, padahal di luar sana mungkin sudah populer. Maklum, lama gak ngikutin update buku. Misalnya ada Mariposa. Katanya segera difilmkan juga. Wah, ketinggalan. Kepoin sinopsisnya, sepertinya menarik juga. Genre romansa yang bikin baper tampaknya. Terus ada lagi Divortiare karya Ika Natassa. Nama penulisnya aku familiar, walaupun belum pernah baca karyanya sih. Sinopsisnya menarik juga, jadi pengen dengerin ceritanya.

Dan sepertinya kurang lengkap kalau belum menyebut buku-bukunya Tere Liye. Penulis yang produktif banget & karya-karyanya cukup banyak yang suka. Sayangnya aku belum termasuk yang ngikutin karya-karyanya. Baru baca Hafalan Shalat Delisa aja, hehe jadul banget. Salah satu judul bukunya yang kurang familiar buatku yaitu Selamat Tinggal. Kalau dilihat di sinopsisnya, sepertinya bahas tentang masa lalu dan membuka lembaran baru. Kudu dengerin sih kalau mau tahu isinya.

Hm, ngobrolin buku emang gak ada habisnya. Di antara koleksi yang banyak itu, tebak buku mana yang kucoba pertama kali dengarkan di Storytel? Pilihannya jatuh kepada Dunia Sophie. Sebenarnya aku nyari buku-buku Jostein Gaarder lain yang lebih baru yang belum pernah kubaca. Tapi kebetulan yang sudah tersedia audiobooknya yang udah kubaca semua, salah satunya Dunia Sophie. Gak apa-apa deh, itung-itung nostalgia. Lagian bacanya juga udah lama banget.

Sekilas tentang Audiobook Dunia Sophie

Buku Best Seller

Dunia Sophie adalah novel perkenalan pertamaku dengan karya-karya Jostein Gaarder yang khas dan sering mengangkat tema filsafat dalam ceritanya. Filsafat adalah tema yang berat, makanya aku berusaha melahapnya dengan pendekatan lewat novel. Menikmati cerita sambil mendapatkan tambahan wawasan, rasanya dapat double bonus. Kali ini aku tertarik mencoba menikmati audiobook-nya, sekalian penasaran gimana rasanya didongengin sama Dian Sastro, salah satu naratornya :).

Dunia Sophie berkisah tentang kehidupan Sophie Amundsen, seorang pelajar sekolah menengah berusia 14 tahun, yang mendadak berubah setelah mendapatkan surat misterius. Awalnya Isi suratnya hanya 1 pertanyaan, “Siapa kamu?” Lalu, “Dari manakah datangnya dunia?” Seolah tersentak dari rutinitas hidup sehari-hari, Sophie mulai mempertanyakan hal-hal mendasar yang tak pernah dipikirkannya selama ini. Begitulah dia mulai belajar filsafat.

Menyimak Dunia Sophie membuat kita ikutan memikirkan hal-hal filosofis yang berangkat dari pertanyaan-pertanyaan dasar seputar eksistensi dan tujuan keberadaan kita sebagai manusia dan dunia. Novel ini mengajak kita menengok sejarah filsafat sejak awal perkembangannya di Yunani hingga abad kedua puluh. Kebetulan aku baru nyimak sampai bab pertamanya saja, jadi belum masuk ke bagian bahasan filsafat yang memusingkan bangetnya, hehe.

Keunggulan Menikmati Buku dengan Aplikasi Audiobook Storytel

Berdasarkan pengalamanku menggunakan Storytel, berikut ini beberapa keunggulan menikmati buku dengan Aplikasi Audiobook Storytel:
  • Lebih praktis dan leluasa menikmati buku kapan saja dan dimana saja. Bisa disambi ngerjain hal lain sepanjang bisa tetap fokus mendengarkan. 
  • Dinarasikan oleh narator berpengalaman dan public figur ternama. Contohnya seperti Dian Sastro, Dee Lestari, dsb. 
  • Bisa menikmati cerita atau nambah pengetahuan sambil rebahan, Bisa sambil merem (bukan tidur!), gak perlu melek menatap deretan huruf & gak perlu menatap layar. 
  • Lebih nyaman dinikmati sebagai teman perjalanan. Gak perlu ribet & berat bawa buku kemana-mana untuk tetap bisa menikmati buku.
Teringat pengalamanku dulu suka baca buku dalam perjalanan ke kantor. Sering juga ngangkot, kebayang kan pusing bacanya sambil kegoyang-goyang? Coba dulu udah ada Storytel, tinggal didengarkan seperti menikmati musik atau radio.

Novel Fiksi Audio

Nah, gimana, menarik kan Storytel ini? Yuk coba juga sensasi mendengarkan buku via Storytel. Langsung aja download Aplikasi Storytel untuk iOS atau Aplikasi Storytel untuk Android. Untuk dapat mengakses semua buku tanpa batas, kita perlu registrasi & berlangganan. Mumpung lagi harga promo Rp. 39.000 per bulan. Terhitung terjangkau dibandingkan dengan benefit & manfaat yang didapat. Oh iya, kita bisa juga mencoba gratis selama seminggu. Caranya tetap harus registrasi dan berlangganan, namun kita gak akan kena tagihan kalau membatalkan berlangganan sebelum habis masa trial-nya. Tunggu apa lagi, cus cobain! 

Aku harap kehadiran Storytel membawa dampak positif di masyarakat. Misalnya bisa turut menyebarkan kesenangan menikmati karya sastra, makin banyak yang mau nambah ilmu pengetahuan dari buku, pokoknya pada akhirnya makin bikin orang jatuh cinta pada dunia buku deh. Biar literasi kita meningkat gitu, dan mencerdaskan kita semua :). Walaupun sibuk & gak ada waktu khusus untuk membaca, keterbatasan waktu udah bukan lagi halangan & gak perlu jadi alasan, hehe.

Komentar

  1. Nah bener banget, buat yang sibuk tapi membutuhkan self healing dari mendengarkan cerita bisa dengan platform audiobook kayak gini. Bisa mendengarkan cerita dan tetap mengerjakan pekerjaan, mantep. Ceritanya juga bagus, belum lagi fiturnya yang memudahkan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Review Vimela 3in1 Moisturizer Cream, Pelembab Multi-benefit untuk Kulit sehat & Glowing

Mozaik Bandung: Liburan yang Kacau & Jalan Panjang ke Pondok Hijau

Review Scarlett Face Care Brightly Ever After Series, Skincare untuk Mencerahkan Kulit