Review Aplikasi MS Learning & Grow: Memahami Potensi & Arah Pengembangan Anak Berdasarkan Tes Sidik Jari

review tes sidik jari di aplikasi MS Learning & Grow

Setiap pribadi itu unik, termasuk anak-anak. Masing-masing anak memiliki potensi dan karakternya tersendiri. Tugas kita sebagai orang tua adalah berusaha memahami karakter dan potensi diri anak agar dapat mendukungnya tumbuh dan berkembang sebaik mungkin. Namun, persoalan “memahami” ini tidak selalu mudah, malah bisa jadi sebuah PR tersendiri dan tantangan yang cukup besar bagi orang tua. Terlebih pada anak yang masih balita. Ada gak ya cara mudah dan cepat untuk mengenali potensi & kepribadian anak? Ada, lho ternyata. Bisa dengan menggunakan aplikasi MS Learning and Grow, yaitu aplikasi tes kepribadian menggunakan foto sidik jari. 


Apa itu aplikasi MS Learning & Grow dan seperti apa pengalamanku menggunakan layanannya untuk keperluan profiling psikologi anak? Untuk lebih jelasnya, yuk lanjut simak ceritaku hingga tuntas ya!


Mengenal Aplikasi MS Learning & Grow

MS Learning & Grow adalah layanan terintegrasi yang berfokus untuk mengoptimalkan pemberdayaan diri. Aplikasi MS Learning & Grow memiliki fitur Fingerprint Psychological Profiling yang dapat digunakan sebagai media bagi penggunanya untuk mendapatkan pemahaman atas diri. Jadi, aplikasi ini secara umum dapat digunakan untuk mengetahui profil psikologis seseorang sehingga dapat lebih memahami diri dan potensinya. Manfaatnya bisa untuk berbagai keperluan, karena pemahaman terhadap diri dapat digunakan untuk menentukan strategi dan optimalisasi potensi diri dalam lingkup pribadi, keluarga, karir, pendidikan, dan sosial. 


Fitur Aplikasi MS Learning & Grow antara lain:


  • Analisa profil psikologi menggunakan sidik jari

Penggunaan sidik jari memberikan kemudahan dalam pengambilan data, juga memiliki tingkat akurasi dan objektifitas yang tinggi karena tidak terpengaruh oleh subyektifitas, situasi dan kondisi pengguna.

  • Laporan yang komprehensif 

Pengguna akan mendapatkan laporan lengkap yang terdiri atas preferensi kerja otak, profil diri berdasarkan DISC, bakat bawaan hingga rekomendasi pola belajar, karir dan komunikasi

  • Konsultasi ahli

Pengguna dapat melakukan sesi konsultasi baik secara individu maupun kelompok bersama dengan tim konsultan ahli yang memiliki latar belakang psikologi.



Aplikasi MS Learning & Grow bisa dimanfaatkan oleh orang tua untuk mendapatkan profil psikologis anak dengan cepat dan mudah. Profil psikologis anak dapat digunakan untuk keperluan pendidikan maupun pengasuhan. Misalnya untuk menentukan dan menyesuaikan metode pendidikan yang optimal bagi anak. Secara jangka panjang, pemahaman akan profil psikologis anak juga dapat digunakan untuk strategi pola asuh yang optimal. Nah, karena anakku masih balita, aku fokus ke tujuan jangka panjang ini sih utamanya. 


Fingerprint Psychological Profiling

Mungkin ada yang kepo, Fingerprint Psychological Profiling itu seperti apa sih? Fingerprint Psychological Profiling adalah layanan profiling psikologis dalam aplikasi MS Learning and Grow untuk mengetahui bakat dan profil psikologis bawaan seseorang berdasarkan DISC menggunakan sidik jari. Fingerprint Psychological Profiling berupa tes genetis yang mengambil sampel dari sidik jari dan melihat hubungan antara pola sidik jari dengan belahan otak yang dominan digunakan. Tes ini telah diuji pada 350.000 subyek dengan tingkat akurasi 87,5%.


BTW, DISC itu apa? Kok bisa profiling psikologis lewat sidik jari? Baik kuceritakan sedikit yaa… 


Pemahaman Profil Psikologis melalui DISC 


DISC adalah klasifikasi tipe-tipe utama karakter manusia, yaitu singkatan dari Dominance, Influence, Steadiness, Conscientious. Teori DISC pertama kali diperkenalkan oleh William Moulton Marston pada tahun 1928. Teori Marston menyebut bahwa karakter manusia merupakan kombinasi dari 4 tipe utama, yang berasal dari persepsi diri seseorang dalam hubungannya dengan lingkungannya. Visualisasinya bisa dilihat pada diagram. 

Tipe Dominance dan Conscientious tinggi cenderung dominan menggunakan otak kiri, sedangkan tipe Influence & Steadiness cenderung dominan menggunakan otak kanan. 


Karakteristik DISC: 

  • Behavioural Language 

DISC fokus pada perilaku, bukan emosi. DISC tidak termasuk sebagai alat klinis sehingga tidak memerlukan ijin profesi dalam penggunaan.

  • Uderstandable Language 

DISC menggunakan 4 dimensi utama, cenderung mudah dipahami. 

  • Neutral Language

DISC tidak memiliki benar atau salah, baik atau buruk, masing -masing karakter memiliki kekuatan dan kelemahan. 

Practical Language 

DISC cukup praktis dan mudah diaplikasikan, baik dalam lingkungan sosial, pekerjaan, keluarga serta untuk pengembangan diri.


Manfaat & Aplikasi DISC 

  • Untuk pengembangan pribadi: profil pribadi, pilihan dan pengembangan karir, pengembangan kepemimpinan 

  • Untuk bisnis: solusi perekrutan karyawan, solusi kepemimpinan, solusi membangun tim, solusi penjualan 

  • Untuk pendidikan: gaya pendidikan, pengembangan kompetensi, penjurusan 

  • Untuk interaksi sosial: pola asuh, komunikasi


Penggunaan Sidik Jari untuk Profiling Psikologis 


Sidik jari bisa digunakan untuk profiling psikologis karena selain memiliki karakteristik tersendiri, juga dipercaya berhubungan dengan fungsi otak menurut teori neuroscience. Karakteristik sidik jari sendiri bersifat unik dan individual (tidak ada sidik jari yang sama di muka bumi ini, kemungkinan formulasi sama 1:64 milyar), bersifat permanen (dari lahir hingga dewasa tidak berubah. Jika luka, akan tumbuh seperti pola yang sama), serta mudah diklasifikasi (data biometrik yang paling stabil. Pola dan strukturnya teratur). 


Adanya hubungan sidik jari dengan fungsi otak ditunjukkan oleh penemuan pada beberapa kasus khusus yang muncul dengan kondisi sama, di mana bayi yang lahir tanpa otak  (anencephaly) mereka juga tidak memiliki sidik jari. Penelitian yang lebih modern juga menunjukkan bahwa sidik jari dan Neo Cortex (bagian otak yang berhubungan dengan psikologis seseorang khususnya mempengaruhi kecerdasan sosial, emosi, dan kognitif) berkembang secara bersamaan.


Pengalaman Menggunakan Aplikasi MS Learning & Grow untuk Memahami Potensi & Arah Pengembangan Anak

Seperti yang kusinggung sebelumnya, aku sudah menggunakan layanan Fingerprint Psychological Profiling di aplikasi MS Learning & Grow untuk mencoba memahami karakter dan potensi bawaan anakku, Syahdan, yang saat ini berusia 3 tahun. Oh iya, tes ini bisa dilakukan untuk anak mulai dari usia 2 tahun, yang penting ketika sidik jarinya sudah jelas terlihat. Berdasarkan pengalamanku, begini tahapannya…


Tahapan melakukan Fingerprint Psychological Profiling di aplikasi MS Learning & Grow 

  • Download aplikasi MS Learning & Grow  

  • Registrasi & verifikasi akun 

  • Klik menu tes sidik jari 

  • Akan diminta masukkan voucher. Kalau belum punya, beli dulu seharga Rp. 299.999

  • Isi form data partisipan tes 

  • Ambil foto 10 sidik jari sesuai panduan di aplikasi 

  • Tunggu data sidik jari diproses (30 menit) 

  • Unduh laporan hasil tes 

  • Booking jadwal konsultasi dengan konsultan ahli

  • Konsultasi via zoom sesuai jadwal (30 menit)

  • Beri rating app & saran/masukan 

  • Unduh resume konsultasi 


Menurutku proses melakukan profiling psikologis lewat foto sidik jari ini cukup praktis dan mudah. Hanya saja karena ini yang dites adalah anak balita, proses mendapatkan foto 10 sidik jarinya yang jelas dan tidak blur bisa saja cukup challenging, terutama kalau anaknya gak bisa diam kayak anakku, hehe. Sarannya, sebaiknya melakukan pengambilan foto saat anak sedang tidur. 


Walaupun praktis dan mudah, melakukan tes profiling psikologis di aplikasi MS Learning & Grow memberikan banyak manfaat. Aku jadi bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang karakter dan potensi bawaan Syahdan. Jadi dapet banyak insight tentang bagaimana gaya komunikasi efektif sesuai dengan karakternya, bagaimana gaya belajar yang optimal, aktivitas seperti apa yang cocok untuk stimulasi dan mengembangkan bakatnya, karakter apa saja yang menjadi kekuatan dan potensinya, karakter apa saja yang cenderung lemah dan perlu dikembangkan dari dirinya, hal apa yang dapat memotivasinya, dan sebagainya. Malah bisa dapat gambaran hingga ke bidang karir yang sesuai untuknya, walaupun anaknya masih balita, hehe.


Sebagai ibu yang baru punya anak pertama usia balita, jujur aja selama ini aku masih banyak bingungnya menghadapi perilaku anak. Sebagai contoh, saat anak seperti gak mendengarkan dan semaunya sendiri, aku suka bertanya-tanya dalam hati, ini komunikasi yang efektif sama dia tuh kudu gimana? Nah, setelah mengetahui profil psikologis anak, jadi ngerti deh kenapa perilaku tertentu sering muncul. Ternyata memang ada pengaruh dari karakter bawaan. 



Berdasarkan hasil tes, karakter Syahdan adalah tipe Dominance-Influence (The Decision Maker). Tipe Dominance-nya sangat tinggi, tipe yang tegas, kompetitif, berkemauan keras, lebih suka mengatur daripada diatur, hehe. Dapet tipsnya bagaimana menghadapi sikap dan cara berbicara dengan anak berkarakter Dominance: bicara langsung ke inti permasalahan (kalimat tegas & to the point), sampaikan dengan jelas dan logis, namun tidak berbelit-belit. Karakter Dominance juga memerlukan pujian atas hasil yang diraihnya. Berikan kesempatan untuk mengambil keputusan. Karena gak suka diatur, kudu pintar-pintar mengemas instruksi ke dalam bentuk pilihan yang bisa dia putuskan sendiri. Dan gak usah kaget kalau Dominance terlihat tidak berempati, karena keputusan & sikapnya lebih banyak melibatkan logika dibandingkan perasaan.


Di sisi lain, karakter Influence-nya juga cukup tinggi, terlihat dari karakternya yang ekspresif, komunikatif, dan bersahabat. Tipe Dominance - Influence adalah orang yang asertif (mampu berkomunikasi dengan jujur dan tegas), to the point, namun juga dapat bersikap dinamis. Pribadinya menarik bagi sekitar dan dapat bersikap ramah jika diperlukan. Pribadi ini menetapkan tujuan yang jelas & memiliki komitmen yang kuat untuk mencapai keinginannya.  


Dari segi gaya belajar, tipe Dominance memiliki kecerdasan majemuk di 3 bidang unggulan, yaitu: 

  • Kecerdasan Logika Matematika (bukan mengacu ke pelajaran matematika ya, melainkan kemampuan membuat sebab-akibat yang runut, penalaran yang baik & konsep yang terstruktur & teratur dalam cara berpikirnya). 

  • Kecerdasan Kinestetik (kemampuan mengontrol gerak tubuh) 

  • Kecerdasan Naturalis (sensitivitas melihat pertanda alam, ketertarikan kuat kepada kegiatan yang berhubungan dengan alam, menyukai eksperimen). 


Untuk memfasilitasi kecerdasan tersebut, contoh kegiatan yang dapat dilakukan yaitu aktivitas yang banyak melibatkan peran logika seperti catur, memecahkan teka-teki, rubik, dan permainan logika lainnya. Untuk merangsang kecerdasan kinestetiknya, bisa dengan stimulus aneka kegiatan olah raga dan tari. Sedangkan untuk kecerdasan naturalisnya bisa distimulasi dengan kegiatan wisata alam dan penjelajahan alam.


***

Itulah sedikit cerita dari sebagian insight yang kudapatkan dari profiling psikologis anak. Memahami karakter anak memang sangat penting karena kalau kita gak paham atau malah salah paham, dikhawatirkan pada prosesnya bisa jadi kita justru kurang mendukung arah pengembangan potensi terbaik anak. Bagiku pribadi, pemahaman profil psikologis anak membantuku lebih mengenal potensi dan arahan untuk pengembangannya ke depannya. Tinggal PR-nya adalah menerapkan strategi komunikasi dan pola asuh yang sesuai dengan karakternya. PR seumur hidup sepertinya :).


Hal yang perlu diingat, kepribadian seseorang itu tidak hanya muncul dari karakter bawaan genetis saja. Pada perkembangannya, ada faktor-faktor lain yang turut memengaruhi seperti faktor pengasuhan dan faktor lingkungan. Hasil tes sidik jari pada aplikasi MS Learning & Grow merupakan gambaran potensi genetis seseorang yang terbawa sejak lahir. Bisa saja karakter yang digambarkan disini tidak sepenuhnya muncul dan terlihat  pada diri seseorang karena pengaruh faktor lain yang dapat membuat karakter bawaan berkembang atau justru tidak tampak. 


Bagaimana, layanan Fingerprint Psychological Profiling ini sangat menarik bukan? Jika tertarik dan ingin mengetahui informasi lebih lanjut, langsung aja kunjungi website resmi MS Learning & Grow atau cek infonya di instagram @mslearningandgrow. 



Komentar

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Review Vimela 3in1 Moisturizer Cream, Pelembab Multi-benefit untuk Kulit sehat & Glowing

Mozaik Bandung: Liburan yang Kacau & Jalan Panjang ke Pondok Hijau

Review Scarlett Face Care Brightly Ever After Series, Skincare untuk Mencerahkan Kulit