Payment Gateway Midtrans, Solusi Pembayaran Mudah & Praktis untuk Bisnis

Payment Gateway Midtrans

Seberapa sering kita melakukan transaksi online? Pastinya sering banget dong, ya. Hari gini, transaksi online sudah jadi rutinitas sehari-hari di masyarakat. Digitalisasi yang sangat masif telah membawa kita pada gaya hidup serba digital. Kebutuhan apa saja kini serba dapat dipenuhi secara online. Jual-beli barang ataupun jasa secara online sudah menjadi hal yang lumrah sehingga kita menjadi terbiasa melakukan dan menerima pembayaran online

Meskipun demikian, pengalaman kita dalam bertransaksi online tentu berbeda-beda. Ada yang praktis dan nyaman banget, ada yang prosesnya masih ribet. Contoh kecil, dari sudut pandang pelanggan, pengalaman bertransaksi di toko online yang menyediakan pilihan metode pembayaran yang lengkap tentu akan berbeda dengan yang hanya menyediakan pilihan metode pembayaran terbatas. Kalau misalnya kebetulan metode pembayaran yang tersedia hanya via rekening bank yang berbeda dengan rekening yang kita punya, pasti gak nyaman deh. Kena biaya transfer, tuh. Pastinya akan jauh lebih nyaman kalau kita bisa leluasa memilih metode pembayaran sesuai preferensi masing-masing.


Pentingnya Sistem Pembayaran Online untuk Bisnis

Transaksi online merupakan bagian penting dalam bisnis. Baik usaha skala kecil maupun besar, sekarang semua didorong untuk go online. Kemudahan, kenyamanan, dan keamanan dalam transaksi online akan sangat berpengaruh bagi pertumbuhan bisnis. Efisien atau tidaknya urusan pembayaran juga akan berpengaruh secara langsung terhadap kelancaran operasional usaha. Oleh karena itu, sistem pembayaran online menjadi sebuah komponen penting yang harus dipertimbangkan dalam menjalankan bisnis atau usaha. 


Di sinilah payment gateway mengambil peranan. Apa itu payment gateway? Payment gateway adalah sebuah sistem yang berfungsi melakukan otorisasi proses pembayaran dari pembeli ke penjual. Sudah banyak pemilik bisnis yang memanfaatkan payment gateway ini. Salah satu penyedia layanan payment gateway yang sudah banyak diandalkan oleh pemilik bisnis di Indonesia adalah Midtrans. Apa itu Midtrans dan apa saja layanan yang ditawarkannya untuk kemudahan transaksi online bagi bisnis? Yuk simak ulasan berikut!


Mengenal Midtrans, Solusi Pembayaran Menyeluruh untuk Bisnis

website Midtrans

Midtrans adalah layanan
payment gateway yang merupakan bagian dari ekosistem Gojek Group. Midtrans merupakan perusahaan finansial berbasis teknologi yang mendukung pertumbuhan berbagai lini bisnis online lewat solusi pembayaran komprehensif dan inklusif. Sebagai payment gateway terdepan di Indonesia, Midtrans menyediakan layanan pemrosesan pembayaran online untuk beragam entitas bisnis, mulai dari startup, UMKM, hingga usaha besar. Payment gateway Midtrans menyediakan solusi pembayaran yang sederhana, aman, dapat diandalkan, serta didukung dengan layanan pelanggan terbaik.


Payment gateway Midtrans memungkinkan para pemilik bisnis dapat menerima pembayaran dari berbagai metode pembayaran tanpa perlu menyediakan banyak rekening dari berbagai bank. Satu rekening aja udah cukup. Dana transfer dari berbagai rekening bank milik pembeli akan diterima dan selanjutnya disalurkan oleh payment gateway Midtrans kepada rekening pemilik bisnis. Selain transfer antar rekening bank, layanan payment gateway Midtrans juga tersedia untuk pembayaran menggunakan berbagai metode lainnya, dan meliputi online payment, in-store payment, hingga Payouts. 


Tahu gak, lebih dari 500 ribu bisnis sudah menggunakan layanan Midtrans, lho. Mulai dari individual, UMKM, startup, hingga enterprise. 7 dari 10 e-commerce Indonesia menggunakan payment gateway Midtrans. 80% pengguna online di Indonesia sudah bertransaksi melalui Midtrans. Kita mungkin salah satunya ya, disadari atau tidak. Ada lebih dari 20 juta transaksi diproses per bulan melalui Midtrans. Dan ada lebih dari Rp15 miliar nilai transaksi anomali yang berhasil digagalkan setiap minggunya. 


Lalu, bagaimana dengan keamanannya? Keamanan dalam sistem pembayaran online itu kan sangat penting, ya. Sebagai payment gateway, Midtrans memenuhi standar syarat keamanan dalam menyediakan layanan pembayaran. Sistem keamanan Midtrans menerapkan standar keamanan berikut. 

✔Sertifikat keamanan data tingkat dunia (ISO 27001).

✔Lisensi dari Payment Card Industry Data Security Standard (PCI-DSS), yakni Standar Keamanan Data Industri Kartu Pembayaran dari PCI Security Standard Council. 

Advanced Encryption Standard (AES), standar enkripsi elektronik yang didirikan US National Institute of Standards and Technology, untuk melindungi data sensitif dari pencuri dan akses ilegal. 

✔Sistem pendeteksi fraud bernama Aegis. 

✔Lisensi dari Bank Indonesia.

✔Resmi terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik di Kemkominfo RI.  


Pilihan Metode Pembayaran Midtrans 


Metode pembayaran Midtrans

Payment gateway Midtrans menyediakan 24 jenis metode pembayaran online dan offline. Wow, banyak, ya! Melalui payment gateway Midtrans, pemilik bisnis dapat menerima berbagai macam metode pembayaran seperti e-money, kartu kredit/debit, transfer bank (e-banking, m-banking, SMS banking, virtual account, over the counter (pembayaran tunai atau dengan kartu di gerai), direct debit, hingga cicilan tanpa kartu (bekerja sama dengan Akulaku dan platform lainnya yang akan terus bertambah). Namun, tentu saja pemilik bisnis dapat menyesuaikan dengan kebutuhan, tidak harus semua metode pembayaran diaktifkan, kok. Bisa pilih mengaktifkan beberapa saja.

Layanan Utama Midtrans


Payment gateway Midtrans merupakan solusi pembayaran yang dapat dimanfaatkan oleh semua level atau fase bisnis. Baik itu bisnis yang baru dirintis dan skala kecil (startups & early businesses), bisnis yang sedang berkembang di skala menengah (growing business), maupun bisnis skala besar (enterprise), Midtrans menyediakan solusi pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan usaha masing-masing.

Berikut adalah beberapa layanan utama Midtrans yang dapat digunakan untuk mempermudah sistem pembayaran dalam bisnis, khususnya bagi toko online/marketplace.

1. Terima Pembayaran (Accept Payment)

Midtrans menghadirkan layanan penerimaan pembayaran online melalui 24 metode pembayaran secara online dan offline. Layanan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti melalui integrasi dengan website toko online atau aplikasi, integrasi dengan perangkat seperti mesin POS atau vending machine, penggunaan fitur Payment Link untuk menerima pembayaran melalui chat, hingga pembayaran berkala secara otomatis.

2. Integrasi Website dan Mobile App

Midtrans menawarkan berbagai model integrasi website & mobile app untuk mempermudah pengadopsian sistem pembayaran online oleh pemilik bisnis. Payment gateway Midtrans juga telah terintegrasi dengan berbagai layanan website seperti WordPress, Shopify, Sirclo, dan lain-lain.

3. Third-Party Plugin

Bagi pemilik bisnis yang memiliki website sendiri untuk menjalankan toko online-nya, website dapat dikembangkan menjadi e-commerce dengan menggunakan CMS (content management system) tanpa harus memiliki kemampuan programming. Midtrans menyediakan plugin untuk sejumlah CMS e-commerce populer yang memungkinkan website dapat menerima pembayaran dari seluruh pelanggan. CMS yang dapat didukung oleh plugin Midtrans antara lain WooCommerce, Magento, PrestaShop, OpenCart, WHMCS, dan Drupal.

4. Payment Link


Payment Link

Payment Link adalah fitur layanan pembayaran dari Midtrans berupa sebuah pembayaran sederhana yang dapat dibagikan kepada pelanggan melalui aplikasi chat, akun media sosial, SMS, email, dll. Payment Link merupakan salah satu fitur unggulan Midtrans yang sangat simpel, praktis, dan mudah digunakan. Cocok bagi pebisnis pemula, individu profesional, maupun usaha yang ingin menerima pembayaran dari pelanggan tanpa integrasi yang rumit, tanpa perlu memiliki website ataupun akun media sosial.

Cukup dengan membuat sebuah link pembayaran melalui Dashboard web Midtrans, bagikan linknya kepada pelanggan, dan terima notifikasi saat ada pelanggan yang melakukan pembayaran tanpa perlu ribet bolak-balik mengecek dan konfirmasi pembayaran secara manual. Semua transaksi terekam dan dapat dilihat laporannya di dashboard Midtrans. Simpel banget, kan?

Fitur Payment Link sederhana, tapi berguna untuk mempermudah urusan penerimaan pembayaran. Fitur Payment Link cocok untuk dimanfaatkan para online seller, desainer, creator, tutor/guru, trainer, mungkin blogger seperti kita yang menanti invoice cair. Payment Link juga dapat dimanfaatkan untuk penerimaan donasi, serta untuk supermarket dan restoran yang melayani orderan lewat WhatsApp. Wah, banyak juga ya kegunaannya!

5. Payouts


Payouts

Payouts adalah layanan pengiriman dana (disbursement) dari Midtrans yang mampu mengakomodasikan semua kebutuhan, baik secara manual maupun otomatis, ke satu atau banyak akun secara sekaligus. Disbursement cukup dilakukan dengan beberapa klik pada dashboard website Midtrans, bersifat real-time, pengiriman dana langsung diproses tanpa khawatir ada penundaan.

Layanan Payouts Midtrans dapat digunakan untuk pembayaran ke rekanan bisnis. Misalnya untuk membayar gaji dan insentif karyawan, pengembalian biaya atau refund ke pelanggan, pembayaran ke pemasok atau supplier, dan sebagainya. Layanan Payouts memungkinkan pemilik bisnis memproses berbagai jenis kebutuhan pembayaran secara efisien.

Manfaat Payment Gateway Midtrans untuk Bisnis

Menggunakan layanan payment gateway memberikan banyak keuntungan untuk bisnis. Manfaatnya dapat dirasakan secara langsung baik oleh pelanggan maupun pemilik bisnis. Beberapa manfaat payment gateway Midtrans antara lain sebagai berikut.

Manfaat untuk Pembeli
Tersedianya 24 metode pembayaran yang variatif, baik online maupun offline mempermudah pembeli dalam melakukan transaksi. Pembeli jadi punya banyak pilihan untuk melakukan pembayaran dan tidak perlu khawatir dikenakan biaya transfer antar bank karena bisa memilih metode pembayaran yang diinginkan. Selain itu, transaksi pun lebih aman karena sistem pembayaran Midtrans menggunakan teknologi enkripsi berstandar internasional yang dapat melindungi data sensitif pelanggan dari pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Manfaat untuk Pemilik Bisnis

  • Tersedianya metode pembayaran yang lebih lengkap dan variatif meningkatkan peluang bagi bisnis untuk dapat menerima lebih banyak transaksi dan pemasukan.
  • Proses transaksi jadi lebih efisien. Dengan payment gateway Midtrans, tidak perlu lagi melakukan proses transaksi manual seperti mengirimkan invoice, menunggu konfirmasi pembayaran, maupun mengecek mutasi rekening satu per satu.
  • Tidak perlu buka banyak rekening untuk dapat menerima pembayaran dari berbagai metode.
  • Dengan fitur dashboard Midtrans, laporan transaksi keuangan tercatat secara otomatis dan mempermudah pemilik bisnis mengecek transaksi secara detail.
  • Menggunakan layanan sistem pembayaran yang dilengkapi standar keamanan tinggi seperti Midtrans dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan.


Banyak banget kan manfaat layanan
payment gateway Midtrans untuk bisnis? Dengan solusi pembayaran dari Midtrans, pemilik bisnis tidak perlu direpotkan lagi dengan berbagai urusan pembayaran manual sehingga bisa lebih fokus mengembangkan bisnis. So, bagi Anda yang punya usaha dan membutuhkan solusi pembayaran yang aman, mudah, dan efisien, layanan sistem pembayaran dari Midtrans dapat menjadi jawabannya.  

Oh iya, Midtrans dapat diakses melalui website, ya. Untuk info lebih lanjut tentang cara daftar Midtrans dan informasi lainnya, langsung aja kunjungi website Midtrans dan akun media sosialnya di Instagram, Twitter, Facebook, LinkedIn, dan Youtube


Komentar

  1. Semakin majunya teknologi semakin mudah melakukan transaksi, cuma lewat smarphone aja udah bisa jadi solusi buat masalah bisnis, mantep.

    BalasHapus
  2. Baiklah ekosistem Gojek Group semakin mumpuni dan semakin memudahkan para pembisnis dalam operationalnya. Thanks untuk tulisannya ya .

    BalasHapus
  3. ini akan angat membantu para pemilik bisnis yang ingin mempermudah sistem pembayaran deh. Soalnya zamannya semua serba bayar online, biar mudah dan praktis

    BalasHapus
  4. wahhh sungguh milenials sekali. solusi pembayaran yang aman, mudah, dan efisien, layanan sistem pembayaran dari Midtrans memang bisa diandalkan di saat seperti ini

    BalasHapus
  5. Di era yang sudah serba digital ini para pemilik bisnis mulai dari besar sampai kecil memang sebagaiknya punya payment gatway ya. Ini untuk menghemat waktu, efisiensi dan memudahkan pembayaran dan penerimaan. Gak perlu banyak bank, cukup satu bank untuk menampung segala jenis transfer dari manapun. Begitu pun untuk pembayaran, praktis banget

    BalasHapus
  6. Sekarang metode pembayaran nggak lagi pake uang fisik ya. Kita bisa membayar dengan payment gatewaye midtrans begini. Cuma lewat handphone doang. Hehehe

    BalasHapus
  7. Wih ... adanya 24 metode pembayaran yang variatif, baik online maupun offline ini menarik sekali. Kita jadi punya banyak pilihan dan bisa menggunakannya dengan nyaman.

    BalasHapus
  8. Solusi buat pemilik usaha nih ya kak kudu kenalan dulu biar makin sayang end familiar, thanks ulasannya.

    BalasHapus
  9. Sering banget denger nama midtrans ini, secara aku setiap hari pasti transaksi online 😄. Tapi jujur baru kali ini baca penjelasan lengkap ttg midtrans ini mba. Nambah ilmu... Sebelumnya aku cuma tahu kalo midtrans ini yg menyediakan layanan online payment. Tapi detilnya gimana, ga paham 😅. Jadi tahu setelah baca artikel ini

    BalasHapus
  10. Akhir2 ini aku sering belanja baju lewat website dari sellernya. Dan sering tuh kebaca kalo pilihan paymentnya diprovide by midtrans ini.

    Zaman serba digital, pembayaran online dengan banyak pilihan metode selalu aku suka. Jadi kalo sampe pembayarannya cuma bisa pakai cara atau bank tertentu, agak males jadinya.

    BalasHapus
  11. Hanya duduk manis di rumah, minum teh sambil mainin smartphone semua sdh beres. Benar2 terbantu dengan transaksi online ini. baik bagi penjual maupun pembeli dalam sebuah bisnis, akan sama2 enak.

    BalasHapus
  12. Bagus banget nih kalau bisnis punya payment gateway seperti ini jadi pembeli punya banyak pilihan saluran untuk bayar dan ngga kena biaya tambahan karena beda bank misalnya

    BalasHapus
  13. Mantap dah, hari demi hari teknologi semakin berkembang, dan Midtrans bisa bermanfaat banget dan memudahkan transaksi untuk pebisnis dan pembeli,

    BalasHapus
  14. Keren yaah..
    Kini ada Payment Gateway Midtrans yang membantu dalam bertransaksi online. Pembayaran online jadi lebih simple.

    BalasHapus
  15. Sekarang semua udh digital, kemampuan menggunakan komputer, aplikasi, dsb sangat dibutuhkan khususnya unt pelaku bisnis. Jd tiada hari tanpa belajar, pengusaha hrs update terus perkembagannya ya spy lbh mudan

    BalasHapus
  16. Teknologi pembayaran seperti ini sangat menguntungkan bagi pengusaha/penjual dan pembeli. Jadi untuk bayar ini itu enggak perlu repot dan pastinya aman.

    BalasHapus
  17. Variatif sekali metode pembayarannya yah hingga 24 metode online dong. offline ini menarik sekali. Makin banyak pilihan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Mozaik Bandung: Liburan yang Kacau & Jalan Panjang ke Pondok Hijau

Review Vimela 3in1 Moisturizer Cream, Pelembab Multi-benefit untuk Kulit sehat & Glowing

The Lorax Film: Kisah Kota Plastik Tanpa Pohon