Manfaat Energy Drink untuk Tingkatkan Energi & Konsentrasi


Tubuh memerlukan energi untuk beraktivitas sehari-hari. Sebagai sumber energi bagi tubuh untuk beraktivitas, memerhatikan asupan nutrisi harian itu sangat penting. Kita perlu memastikan tubuh tidak kekurangan sumber energi yang diperlukan. Umumnya pria dewasa membutuhkan 2500 kalori per harinya, sedangkan perempuan dewasa membutuhkan 2000 kalori per hari. Namun, kebutuhan energi setiap orang itu berbeda-beda, tergantung pada usia, gaya hidup, serta ukuran badan masing-masing. Semakin banyak aktivitas, semakin tinggi kebutuhan energinya.

Energi tersebut diperoleh dari asupan gizi yang berasal dari makanan maupun suplemen. Salah satu bentuk suplemen kesehatan yang lazim dikonsumsi untuk meningkatkan energi yaitu energy drink (minuman energi). Minuman energi biasanya mengandung nutrisi yang diperlukan sebagai energy booster. Selain bermanfaat untuk membantu menjaga stamina, mengonsumsi energy drink juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi, lho.

Manfaat energy drink dalam membantu meningkatkan energi dan konsentrasi terkait dengan kandungan nutrisi di dalamnya. Kandungan nutrisi dalam energy drink yang umum diketahui antara lain kandungan gula dan kafein. Selain gula dan kafein, minuman energi juga memiliki kandungan nutrisi lainnya untuk mendukung berbagai aktivitas tubuh. Pertanyaannya, apakah energy drink aman dikonsumsi setiap hari? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita perlu mencermati kandungan yang terdapat pada energy drink yang dimaksud. Pastikan kadarnya tidak melebihi batas aman untuk dikonsumsi.


Salah satu merk energy drink yang sudah banyak dikenal yaitu Kratingdaeng Red Bull. Pasti familiar, kan? Minuman energi yang satu ini sudah banyak diandalkan oleh para atlet untuk membantu memenuhi kebutuhan energi mereka yang tinggi. Manfaat Kratingdaeng Red Bull diakui di seluruh dunia oleh para atlet, profesional yang aktif, mahasiswa/i, dan wisatawan / traveller yang sedang dalam perjalanan panjang.

Pasti ada alasan mengapa Kratingdaeng Red Bull dipercaya sebagai minuman energi andalan. Untuk itu aku mencoba mengulik apa saja sih kandungan yang terdapat pada Kratingdaeng Red Bull? Amankah dikonsumsi setiap hari? Manfaatnya apa aja?

Kratingdaeng Red Bull, minuman energi untuk gaya hidup aktif dan dinamis


Kratingdaeng Red Bull hadir sebagai minuman energi dengan formulasi kandungan untuk membantu memenuhi kebutuhan energi harian tubuh yang aktif dan dinamis. Tidak saja mendukung aktif bergerak (kerja otot), tetapi juga aktif berpikir (kerja otak). Hal ini mendorongku untuk mencoba mengonsumsi Kratingdaeng untuk mendukung aktivitas sehari-hariku.

Walaupun aktivitasku kebanyakan berada di rumah, bukan berarti tidak membutuhkan energi lebih. Keseharian sebagai ibu rumah tangga dengan anak balita dan mengerjakan pekerjaan remote seperti menulis dan membuat konten media sosial tak jarang bisa menguras cukup banyak energi. Terlebih ketika dikejar deadline berturut-turut dan berdekatan waktunya. Atau ketika banyak juga keperluan di luar rumah. PR banget untuk tetap dapat membuat pikiran fokus dan konsentrasi mengerjakan pekerjaan kreatif setelah atau sambil digempur lelahnya tubuh mengurus anak dan rumah tangga. Terlebih dengan lingkungan rumah yang banyak anak kecil. Bukan kondisi ideal untuk pekerjaan yang memerlukan konsentrasi tinggi sebenarnya.

Untuk itu aku minum Kratingdaeng untuk menjaga stamina dan konsentrasi agar aktivitas berjalan lancar. Sebelum mengonsumsinya, tentu kubaca-baca dulu informasi & keterangan produknya. 

Product Knowledge Kratingdaeng Red Bull

Kratingdaeng Red Bull adalah minuman suplemen kesehatan yang membantu menyegarkan tubuh pada saat kerja keras atau berolahraga. Minuman energi ini diproduksi oleh PT. Asia Health Energi Beverages, Babakan Pari, Sukabumi, Indonesia dengan perusahaan joint venture PT. ASPP & Inter-Biopharm Holding Limited. Kratingdaeng red Bull mendapatkan lisensi dari T.C. Pharmaceutical Industries, Co. Ltd, Thailand.

Kratingdaeng yang kukonsumsi berupa energy drink dalam kemasan botol berukuran 150 ml dengan label kemasan berwarna biru. Pada kemasannya terdapat keterangan produk, komposisi dan nilai gizi, peringatan, produsen, bar code & QR code, serta label halal MUI dan tanggal kadaluarsa.


Keunggulan Kratingdaeng Red Bull antara lain menyegarkan, memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kinerja tubuh dan otak, produknya halal dan sesuai persyaratan BPOM, aman dikonsumsi setiap hari dan tidak ada efek samping karena menggunakan bahan alami. Efek samping Kratingdaeng membuat tubuh lebih berenergi dan pikiran menjadi lebih fokus dalam mengerjakan tugas.

Kandungan nutrisi dalam Kratingdaeng Red Bull dan manfaatnya

Kratingdaeng Red Bull memiliki kandungan utama sebagai berikut:
  • Gula (tanpa pemanis buatan)
  • Kafein
  • Taurin 1000 mg
  • Vit. B Kompleks
  • Inositol
  • *Kolin
  • *Lisin
  • Air dari mata air pegunungan

Gula merupakan senyawa karbohidrat yang diolah menjadi glukosa yang berfungsi sebagai bahan bakar energi bagi tubuh. Bisa dibilang, gula berfungsi sebagai penggerak tubuh dan otak. Tanpa asupan gula yang cukup, tubuh tidak dapat melakukan aktivitas fisik dan otak secara maksimal. Lalu, apakah kandungan gula dalam minuman energi Kratingdaeng aman? Ya, kandungan gulanya sebesar 25 g. Kementerian Kesehatan RI menganjurkan konsumsi gula harian 50 g per hari.

Sementara itu, asupan kafein diketahui dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Berbagai penelitian yang dilansir dari Pubmed mengatakan bahwa minuman energi atau energy drink dapat meningkatkan fungsi otak, seperti memori, konsentrasi dan waktu reaksi, sekaligus mengurangi kelelahan mental.

Penelitian dari National Institute of Health menunjukkan, mengonsumsi satu kaleng minuman energy drink 8,4 ons (247 mililiter) terbukti meningkatkan konsentrasi dan memori sekitar 24 persen. Banyak peneliti percaya bahwa peningkatan gerak tubuh dan fungsi otak ini berhubungan dengan adanya gula dan kafein pada kandungan energy drink.

Kratingdaeng Red Bull mengandung 50 mg kandungan kafein. Masih lebih rendah dibandingkan kandungan kafein dalam secangkir kopi, yaitu sekitar 80 - 135 mg. Jauh lebih rendah daripada batas harian kafein yang dianjurkan, yaitu 400 mg/hari.

Selain gula dan kafein, minuman energi Kratingdaeng juga mengandung vitamin B kompleks yang berperan penting dalam mengubah glukosa menjadi energi. Kratingdaeng Red Bull juga mengandung taurine 1000 mg yang dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme. Kandungan lainnya yaitu Inositol atau vitamin B8, yakni jenis gula yang dapat membantu sistem saraf dan memodulasi hormon serotonin.

Selain itu, pada Kratingdaeng Red Bull kemasan kaleng terdapat nutrisi tambahan berupa kolin dan lisin. Kolin dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan memori, sedangkan lisin merupakan asam amino yang dapat membantu metabolisme protein dan jaringan otot.

Oh iya, mungkin kita bertanya-tanya apakah minum Kratingdaeng bisa bikin ketagihan? Jawabannya tidak, karena Kratingdaeng tidak mengandung zat adiktif.

Manfaat Minum Kratingdaeng Red Bull

Manfaat minum Kratingdaeng Red Bull tidak terlepas dari kandungan nutrisi didalamnya, antara lain:
  • membantu meningkatkan sistem metabolisme
  • membantu mengubah glukosa menjadi energi
  • membantu meningkatkan konsentrasi dan memori
  • membantu meningkatkan daya pikir
  • membantu meningkatkan daya fokus
  • membantu metabolisme protein dan jaringan otot

Tips mengonsumsi Kratingdaeng Red Bull

Untuk mendapatkan manfaat maksimalnya, Kratingdaeng Red Bull sebaiknya dikonsumsi 1 jam sebelum mulai beraktivitas. Kratingdaeng Red Bull aman dikonsumsi setiap hari. Disarankan diminum 3x sehari untuk meningkatkan stamina dan konsentrasi tubuh sepanjang beraktivitas. Meski demikian, tetap perhatikan juga asupan makanan dan minuman yang kita konsumsi, ya. Jangan sampai total kadar gula, kafein, dan kandungan lainnya secara kumulatif melebihi batas konsumsi harian yang disarankan. Jika ada kondisi kesehatan tertentu sih, baiknya konsultasikan dengan dokter yaa.


Jadi, jika kita selama ini khawatir tentang efek samping minuman energi, tenang. Sekarang udah tahu kan, kalau minum energy drink itu aman dan gak bahaya asalkan tidak berlebihan dan mengikuti petunjuk konsumsi dan peringatan produknya. Ingat saja, semua yang berlebihan tentunya tidak baik dan dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Konsumsi secukupnya, sesuai kebutuhan tubuh kita. Perhatikan batas konsumsi energy drink yang disarankan agar lebih aman, yaitu tidak lebih dari 16 ons (475 ml) sehari. Artinya kalau kita mengonsumsi Kartingdaeng Red Bull kemasan botol 150 ml 3x sehari, itu masih dalam batas aman yaa.

Itu dia sedikit ulasan mengenai manfaat energy drink khususnya Kratingdaeng Red Bull untuk tingkatkan energi dan juga konsentrasi. Produk Kratingdaeng Red Bull mudah didapatkan karena tersedia di Minimarket, Supermarket dan E-commerce seperti Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee yang bertuliskan Official Store.


*Referensi artikel:


Baca juga:


Komentar

  1. Wah gak nyangka sih banyak manfaatnya termasuk untuk meningkatkan energi, minuman kayak gini memang yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan. Terima kasih infonya, Mbak.

    BalasHapus
  2. Aku baru tahu product knowledge minuman ini. Ternyata manfaatnya banyak. Pantes yang biasanya konsumsi bapak2, ternyata memang mensupport aktivitas. Bisa bua emak2 juga ternyata. Jadi ngga takut lagi buat minum asal ngga berlebihan, serta tahu batas amannya :)

    BalasHapus
  3. Aku kira minuman kayak gini banyak pakai gula buatan hahaha ternyata engga ya. Manfaatnya banyak juga ternyata, kebayang diminum pas dingin-dingin

    BalasHapus
  4. Ini minuman berenergi favorite paksu. Suka banget, apalagi mudah banget dapetinnya. Di warung dekat rumah jg ada

    BalasHapus
  5. Minuman kesukaan pak suami pas lagi banyak kerjaan. Aku pribadi enggak begitu suka minuman energy, tapi lihat manfaatnya jadi kepo juga. Nanti pas paksu minum aku coba juga ah, hehe.

    BalasHapus
  6. Ternyata ya banyak jg manfaat minum dr kratindeng ini asal tdk dikonsumsi secara berlebihan ya

    BalasHapus
  7. Kratindeng andalan ku banget tiap nyupir jauh, bikin melek dan ga ngantuk. Rasanya juga enak

    BalasHapus
  8. Banyak juga ya manfaat dari minuman berenergi ini. Rekomendasi untuk para suami juga cocok ya

    BalasHapus
  9. Kratingdaeng ini banyak jg manfaatnya, asli baru tau aku, yg penting sesuai aturan ya

    BalasHapus
  10. Btw kalo buat busui aman kah mengkonsumsi kratindeng?

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Mozaik Bandung: Liburan yang Kacau & Jalan Panjang ke Pondok Hijau

Review Vimela 3in1 Moisturizer Cream, Pelembab Multi-benefit untuk Kulit sehat & Glowing

The Lorax Film: Kisah Kota Plastik Tanpa Pohon