Kelas Gratis BRT Network: Saatnya Blogger Naik Kelas

Halo! Ngobrolin tentang blog lagi yuk… Mumpung lagi bersemangat ulik blog nih. Ceritanya aku lagi ikutan belajar di Kelas Gratis BRT Network. Belajar bebenah blog sedikit demi sedikit. Aku mau sekalian curhat-curhat juga soal ngeblog. Rasanya sudah lama sekali aku gak curhat di blog. Padahal dulu pas awal ngeblog, blog ini menjadi media tempat curhatku. Sekarang blogku isinya tampak seperti etalase, isinya kebanyakan review, hehe *ketawa asem.

Sudah bukan rahasia lagi kalau blog saat ini menjadi media yang sangat potensial untuk dimanfaatkan mencari cuan via online. Nah, kalau liat blogku sekarang, mudah ditebak kalau aku sering menjadikan blog ini sumber penghasilan tambahan lewat konten sponsored post. Kelihatan banget karena aku udah jarang banget nulis konten organik (*tidak baik untuk ditiru). Alasannya karena masih sulit untuk bagi waktu. Semoga ke depannya bisa banyakin konten organik juga.

Jujur aja aku merasa tidak adil terhadap blogku. Di satu sisi, aku memanfaatkannya sebagai jalan rejeki. Namun di sisi lain, aku hampir gak pernah membenahi blog yang udah bertahun-tahun menampung tulisanku ini. Padahal masih banyak banget kekurangannya di sana-sini. Niat untuk memperbaiki itu ada, tapi eksekusinya belum nyata, ditunda terus :’(.

Tiap kali ditanya “udah ngeblog berapa lama?” Jujur ada rasa sedikit malu jawabnya. Awal ngeblog udah dari tahun 2007 waktu masih mahasiswa, isinya curhat dan puisi, hehe. Lalu dibuat TLD pada tahun 2016. Kalau ditotalin, udah 14 tahun sejak awal ngeblog, dan udah 5 tahun umur domainnya. Itu waktu yang lama, tapi kok blognya “gitu-gitu” aja. Sekadar nulis & posting, tapi daleman blognya gak pernah dibenahin :p. Ih, kok aku jahat yah…? Udah banyak ketinggalan deh sama blogger baru yang rajin benahin blognya.

Kalau ditanya “kenapa masih betah ngeblog?” Gak bosen apa ya udah belasan tahun? Nggak dong, yah walaupun selama masa itu semangat nulisnya up and down, ada gak konsisten di sana-sini, tapi aku masih suka ngeblog. Mau tahu alasannya? Baca aja ya alasan ngeblog versi aku. Kalau baca di situ, aku menyinggung bahwa menjadi blogger itu gak hanya ngasah skill nulis, tapi juga dituntut untuk ngasah banyak skill lainnya.

Salah satu skill yang penting dimiliki blogger yaitu ngulik hal teknis blog seperti optimasi SEO. Kesempatan belajar itu datang dari Kelas Gratis BRT Network di Bulan Desember ini. Jadi di sinilah aku sekarang, sedang berkutat dengan materi yang begitu padat, mengerjakan tugas nulis tentang Kelas Gratis BRT Network sambil curcol, hehehe.

Pengalaman Belajar SEO on Page di Kelas Gratis BRT Network

BRT Network merupakan jejaring blogger yang dirintis oleh pasangan blogger Mbak Monica Anggen dan Mas Punto Wicaksono atau akrab disapa Mas PeWe. Sebelumnya aku sudah cukup sering bekerja sama dengan BRT Network dan sudah bergabung dengan WAG job BRT. Dari WAG tersebut aku mengetahui dibukanya Kelas Gratis BRT Network sesi Desember 2021 ini. Sebelumnya BRT Network pernah juga ngadain kelas gratis menaikkan DA blog, namun sayang sekali aku gak ikutan walaupun ingin.

Kali ini, aku memantapkan hati ikutan belajar optimasi blog di Kelas Gratis BRT Network yang materinya menarik banget: tentang SEO on page. Apa aja yang dipelajari? Banyak! Sampai saat aku menulis ini, kelasnya masih running dan sudah belajar seputar hal-hal berikut:
  • Cek SSL blog
  • Cek SEO on page blog menggunakan Meta SEO Inspector
  • Optimasi SEO on page di bagian homepage blog (memperbaiki yang masih bermasalah berdasarkan hasil cek Meta SEO Inspector di bagian common, Social - Mobile (termasuk open graph), dan header)
  • 18 Parameter SEO on page
  • Google Analytics & Google Search Console
Semua itu dipelajari dalam waktu semingguan ini sejak kelas SEO gratis ini dimulai awal Desember. Pusing? Jelas. Apalagi aku masih awam SEO. Dan di dalamnya kita ngulik kode-kode html blog juga. Mantap lah ya!

Di awal, ada pertemuan perdana lewat Google Meet. Selebihnya kelas dilanjutkan lewat grup WhatsApp. Sistem belajarnya langsung praktek sendiri, kalau gak paham langsung tanya para coach lewat WAG. Ini beneran langsung praktek di blog sendiri karena langsung menjadi tugas yang harus udah beres dikerjakan sesuai deadline tugas. Jadi gak ada cerita bisa ditunda-tunda benahin blognya. Beres tugas, move on materi selanjutnya dan tugas baru. Begitulah kira-kira.

Suka Duka Kelas Gratis BRT Network: Kesempatan Vs Tantangan Blogger Naik Kelas

Kelas Gratis BRT Network merupakan sebuah kesempatan yang sangat baik dan bisa dibilang langka bagi para blogger untuk belajar mengupgrade blognya menjadi lebih SEO Friendly. Kesempatan yang bagus untuk dimanfaatkan menimba ilmu dari para coach yang sudah berpengalaman dan bersedia meluangkan waktunya untuk menjelaskan dan membantu peserta membenahi blognya. Karena masalah yang dialami para peserta berbeda-beda dan memerlukan treatment yang berbeda pula, semua dibahas per kasus. Sebuah kesempatan yang juga terbilang langka karena kelas ini diberikan secara gratis.

Di sisi lain, kelas blogging gratis ini menawarkan tantangan tersendiri karena dengan mengikutinya, kita dituntut untuk komitmen dengan peraturan dan jadwal kelas yang cukup ketat. Ini bukan kelas yang santai dan tidak ada istilah mom friendly. Peserta kelas blogging gratis ini harus dapat meluangkan waktu yang cukup untuk fokus menyimak materi berikut mempraktekkannya secara langsung di blog sendiri. Jika sekiranya sedang sibuk dengan aktivitas lain yang lebih prioritas, akan sulit untuk mengikuti kelas SEO gratis ini karena akan keteteran sendiri. Perlu diingat, di kelas ini berlaku sistem gugur per sesi materinya.

Jika tidak dapat menyelesaikan tugas sesuai tenggat, siap-siap dikick deh, tidak bisa lanjut mengikuti kelas SEO gratis ini. Ini sungguh bikin degdegan. Apalagi aku terbilang cukup terseok-seok mengikuti materi yang di dalamnya ada ngulik kode html yang bikin kepala berkunang-kunang, hehe. Ditambah aktivitas sehari-hariku mengurus anak balita, agak sulit sebenarnya bagiku meluangkan waktu untuk fokus ngoprek blog di siang hari.

Tantangan banget untuk terus menjaga mata tetap melek dan pikiran tetap fokus untuk begadang di malam hari dan curi-curi waktu nyimak WAG kelas di siang hari. Aku jadi kurang bisa gercep gitu deh praktekin materinya. Oh iya, WAG kelas selalu ramai dan bisa sampai ratusan chat dalam sehari. Harus siap untuk manjat alias scroll chat kalau ketinggalan untuk menyimak obrolan dalam kelas.

Dan yang bikin degdegan lagi, saat peserta sudah dibagi per kelompok. Satu orang aja gak bisa menyelesaikan tugas tepat waktu, konsekuensinya seluruh tim dalam kelompok tersebut bakal dikick. Whaa… Beneran dituntut untuk semangat saling bantu teman sekelompok supaya semua bisa lolos bersama. Jadi, jika tidak dapat berkomitmen, sebaiknya mundur dari awal daripada menghambat teman-teman blogger lain yang sekelompok.

2 orang blogger yang juga peserta kelas SEO gratis dari BRT ini mengemukakan pendapatnya yang kurang lebih senada. Menurut Mbak Nunung, pemilik blog Fadevmother, suka duka mengikuti Kelas Gratis BRT Network yaitu dapat mengenal lebih banyak teman sesama blogger dan dapat belajar blogging dari awal lagi. Dukanya yaitu harus benar-benar serius dan curi waktu dan agak sulit bagi ibu 3 anak ini yang merasa agak gagap teknologi.

Adapun Mbak Gita Sarrah berpendapat bahwa kelas gratis BRT ini sangat menarik dan bermanfaat buat para blogger yang ingin belajar lebih banyak tentang blogging termasuk seluk beluknya seperti seo. Suka dukanya yaitu kita ditantang untuk terus belajar, terus aktif dan tidak malu untuk bertanya pada para mentor ataupun teman sekelas tentang apa yang belum dipahami.

Coach yg paling berkesan

Kelas SEO gratis dari BRT Network ini difasilitasi oleh para coach yang semuanya baik banget mau berbagi ilmu dan meluangkan waktunya di antara kesibukan masing-masing. Ada Mas PeWe, Mbak Monica, Mas Priyo, Mas Zen, Mbak Marita, dan Mbak Gilang. Sulit bagiku untuk menentukan mana yang favorit. Soalnya semuanya sangat membantu dalam proses pembelajaran selama kelas berlangsung. Semuanya keren. Mungkin kalau aku bisa menyelesaikan kelas hingga akhir, baru deh bisa menentukan mana coach yang paling berkesan :).

Kesimpulan

Kelas Gratis BRT Network adalah kelas blogging yang seru dan menantang. Menurutku kelas ini materinya daging semua & penting untuk bekal blogger. Namun butuh komitmen dan investasi waktu yang cukup untuk mengikutinya. Semoga aku dapat mengikuti kelasnya hingga akhir dan dapat memperbaiki performa blogku lebih baik lagi.

Komentar

  1. Wih, materi di kelas kayak gini memang berguna banget buat blogger jadi pengin ikut untuk meningkatkan kualitas blog.

    BalasHapus
  2. materinya full daging semua. kudu semangat ya mbak biar nggak ketinggalan juga
    penting juga ikut kelas kayak gini supaya performa blog makin baik

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Review Vimela 3in1 Moisturizer Cream, Pelembab Multi-benefit untuk Kulit sehat & Glowing

Yuk Jualan Online & Pentingnya Pembukuan Online Shop

Dear Professor Einstein