FinExpo - Bulan Inklusi Keuangan 2021, Pameran Jasa Keuangan Virtual & Update Literasi Finansial


Oktober sudah berakhir lagi. Gak terasa ya 2021 sudah mendekati penghujungnya. Dua bulan lagi tahun sudah berganti. Di penghujung tahun seperti ini, udah banyak yang bisa dievaluasi, nih. Apa kabar resolusi? Apa kabar kondisi keuangan? Kan salah satu hal yang penting banget untuk dievaluasi dan dipersiapkan tuh soal keuangan, ya. Rencana apapun yang kita buat untuk masa depan, pasti melibatkan keuangan. 

Kalau aku, jujur aja masih kesulitan mengatur keuangan. Banyak isu deh, mulai dari penghasilan yang amat sangat tidak menentu, tapinya pengeluaran jalan terus tentu, lancar banget malah, hehehe. Ditambah lagi banyak pengeluaran non rutin plus tahun depan bocilku udah mulai sekolah. Malah Desember ini mulainya. So, harus lebih kenceng lagi nih di perencanaan keuangan untuk masa depan, termasuk untuk pos pendidikan. Makanya aku butuh banget asupan informasi dan edukasi seputar keuangan. Nah, pas banget ada FinExpo - BIK 2021 yang membuka kesempatan untuk nambah wawasan finansial.

Mengenal Bulan Inklusi Keuangan 2021 

FinExpo - BIK 2021 merupakan pameran produk/jasa keuangan yang digelar secara virtual dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan 2021. Tahu gak, Bulan Inklusi Keuangan (BIK) merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Lembaga Jasa Keuangan sejak tahun 2016. Selain merupakan agenda tahunan, penyelenggaraan BIK juga dilatarbelakangi oleh beberapa hal berikut: 

  • Target inklusi keuangan meningkat menjadi 90% pada tahun 2024.
  • Perlunya program literasi dan inklusi keuangan yang mendorong masyarakat untuk menggunakan produk dan/atau layanan jasa keuangan agar tercipta masyarakat yang well literate dan financially inclusive
  • Pelemahan ekonomi akibat pandemi COVID-19 menekan kinerja sektor jasa keuangan sehingga diperlukan strategi dalam mendorong pencapaian target inklusi keuangan serta mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Untuk itu, tujuan penyelenggaraan Bulan Inklusi Keuangan 2021 adalah sebagai berikut: 

  • Mendukung pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang diinisiasi oleh pemerintah untuk meminimalisir dampak pandemi Covid-19. 
  • Mengkampanyekan budaya menabung di berbagai sektor industri jasa keuangan. 
  • Meningkatkan pemahaman dan awareness masyarakat dan mempublikasikan program literasi dan inklusi keuangan serta perlindungan konsumen. 
  • Mendorong pembukaan rekening, pemberian kredit/pembiayaan serta penggunaan produk dan/atau layanan jasa keuangan. 
  • Membuka akses keuangan kepada berbagai lapisan masyarakat.


Serangkaian kegiatan BIK 2021 dilaksanakan sepanjang Bulan Oktober ini. Bulan Inklusi Keuangan 2021 ini mengusung tema "Inklusi Keuangan untuk Semua, Bangkitkan Ekonomi Bangsa". Kegiatan BIK 2021 antara lain webinar edukasi keuangan, promo penjualan produk/jasa keuangan berinsentif, pameran jasa keuangan, dan ada doorprize juga, lho. 

Nah, karena tahun ini BIK 2021 dilaksanakan dengan konsep virtual mengingat masih pandemi, kita dapat mengikuti kegiatannya lewat website resminya, yaitu http://www.finexpo-bik2021.id. Kita bisa mengunjungi pameran virtual jasa keuangan dengan melakukan registrasi terlebih dahulu di websitenya. Pameran FinExpo - BIK 2021 yang digelar 18 Oktober - 2 November 2021 ini diikuti oleh peserta partisipan dari Kementerian/Lembaga dan Lembaga Jasa Keuangan yang meliputi perbankan, perusahaan asuransi, perusahaan pembiayaan, perusahaan Fintech, perusahaan E-commerce, dan perusahaan pergadaian. 

Berkunjung ke Booth Prudential Indonesia di FinExpo - BIK 2021

Salah satu perusahaan asuransi yang berpartisipasi dalam FinExpo - BIK 2021 adalah Prudential Indonesia. Aku sudah mengunjungi booth-nya dan mendapatkan banyak insight soal asuransi. Kebetulan Bulan Inklusi Keuangan yang diselenggarakan tahun ini sekaligus memperingati Hari Asuransi yang bertema "Literasi Asuransi untuk Negeri, Kenali - Pahami - Miliki". Jadi, FinExpo - BIK 2021 ini kesempatan yang bisa dimanfaatkan untuk memperoleh edukasi dan informasi seputar keuangan & asuransi. Selain itu, bisa banget buat cari promo produk keuangan dan asuransi yang dibutuhkan. 


Banyak yang menarik dari berkunjung ke booth Prudential Indonesia di FinExpo - BIK 2021. Ada video gallery yang berisi video-video edukasi keuangan dan asuransi. Salah satunya ada video tips memilih asuransi kesehatan yang tepat dari Merry Riana yang disajikan singkat, padat dan jelas. Ada pula video tayangan yang menyentuh soal pentingnya mempersiapkan perlindungan untuk keluarga demi masa depan. 

Selain itu, kita juga bisa memperoleh informasi tentang produk-produk asuransi Prudential Indonesia seperti PruCinta, PruCerah, PruWarisan, dan sebagainya melalui e-flyer yang tersedia, serta program reward atau promo menarik yang ditawarkan. Informasi lengkapnya langsung terhubung (redirect) ke website resmi Prudential Indonesia dan bisa langsung tanya-tanya juga via fitur chat interaktif. 


Aku senang sekali bisa berkunjung ke pameran virtual FinExpo - BIK 2021 ini. Kegiatan BIK ini sangat bermanfaat dan dapat dijadikan sarana atau platform bagi masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan terhadap produk dan layanan keuangan. Melalui kegiatan BIK, masyarakat juga dapat memanfaatkan produk keuangan yang sesuai kebutuhan dan kemampuan. 

Terus, karena ini pamerannya bersifat virtual lewat platform digital, siapa saja bisa berkunjung tanpa batasan jarak dan waktu. Seluruh masyarakat dapat mengaksesnya kapan dan di mana saja. Juga gak perlu capek jalan-jalan sampe pegel kaki ngubek area pameran dari booth ke booth seperti di pameran biasa. Cukup siap olahraga jari aja, tinggal klak-klik mengeksplor pamerannya dan bisa sambil rebahan, hehehe.

Bagaimana, sudah berkunjung ke pameran virtual FinExpo - BIK 2021? Share pengalaman dan pendapatmu yuk di kolom komentar. 

|Baca juga: 

Cara mengatur anggaran belanja rumah tangga 

Jenis-jenis investasi untuk pelajar


Komentar

  1. Pemahaman tentang keuangan memang sangat penting apalagi belakangan ini keadaan finansial sangat vital. Jadi, harus diperhatikan dan mengelola keuangan dengan baik.

    BalasHapus
  2. Bagus ya Prudential memberikan letarasi asuransi untuk para calon nasabah. Dengan begitu kita kan jadi tahu jenis-jenis asuransi. Kalau mau beli bisa menyesuaikan kebutuhan dan keuangan. Yuk lah kita kunjungi Finexpo 2021

    BalasHapus
  3. Senang deh dengan adanya Fin Expo BIK 2021 ini saya bisa meningkatkan pengetahuan terhadap produk dan layanan keuangan.

    BalasHapus
  4. Topiknya bagus "Inklusi Keuangan untuk Semua, Bangkitkan Ekonomi Bangsa". Semoga makin banyak yang menyadari pentingnya semua yang disuarakan mengenai inklusi keuangan apalagi sekarang secara digital mudah menjangkau lembaga keuangan ya.

    BalasHapus
  5. telat sekali saya tau nya ini , karena kebetulan sedang mncari cari asuransi yg sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan .. kapan ya diadain lg ?

    BalasHapus
  6. Wih, keren ya kak sekarang banyak event online termasuk ini. Akses di rumah saja udah berasa kunjungan dan lihat booth-booth menarik.

    BalasHapus
  7. sekarang semuanya serba virtual, tapi ada positifnya juga, bagi orang orang yang susah berkunjung langsung karena tak punya akses namun ingin belajar lebih banyak bisa menikmati juga

    BalasHapus
  8. Naaah acara begini seharusnya bisa lebih sering, karena msh buanyaaaaak orang2 yg ga terlalu paham ttg keuangan. Ga tau cara buka rekening, ga tau ttg ATM, masih nyimpen duit di dompet, ga ngerti inflasi, apalagi investasi. Asuransi juga masih banyak yg menganggab itu hanya merugikan. Orang2 yg seperti ini yg masih perlu dijelasin lagi ttg poin2 keuangan supaya pengetahuannya lebih update.

    Dengan mengerti dasar2 keuangan, mereka juga pasti paham gimana cara mengembangkan uangnya, produk2 keuangan yg cocok Ama risk profile dll. Keren prudential , bisa ngadain acara begini :)

    BalasHapus
  9. Bagus acaranya memberikan edukasi supaya makin banyak orang yg melek finansial. Apalagi hari gini perlu banget bisa atur keuangan dengan baik buat masa depan

    BalasHapus
  10. Mba aku belum sempat nonton nih virtual FinExpo - BIK 2021, tapi allhamdulillah dapet wawasan di postinganmu. Aku udah follow blogmu ya mba. Literasi keuangan ini penting sekali.

    BalasHapus
  11. pemahaman tentang keuangan itu memang perlu banget apalagi di masa pandemi kayak pengelolaan keuangan itu harus benar dan tepat

    BalasHapus
  12. Tidak pengaruh nih musim hujan. Palmer and virtual memang terasa seperti langsung datang ke pameran

    BalasHapus
  13. Meski virtual tapi tetep seru ya mba. Seneng bisa nambah ilmu dan pilih-pilih promo keuangan & asuransi :)

    BalasHapus
  14. Ketinggalan klo ada event gini, pdhal lg butuh2nya edukasi ttg keuangan dan asuransi

    BalasHapus
  15. Aku minus banget sama masalah keuangan dll tapi seru juga ya Fin Expo ini bisa bikin nambah wawasan seputar keuangan yang lagi up to date

    BalasHapus
  16. Baru tau banget loh soal FINEXPO ini.. keren ih acaranya. Bikin banyak tau soal keuangan.. izin share ke keluarga ya Bun artikernya 🙏🙏

    BalasHapus
  17. Hikmah dari pandemi, sekarang event banyak berupa virtual gini yaa, jadi dari beberapa kota pun tetap bisa mengikuti

    BalasHapus
  18. Duh, aku telat tahu banget adanya acara ini. Padahal lagi mau hitung menghitung keuangan banget nih apalagi pandemi gini

    BalasHapus
  19. Buat genk mamak rumahan, acara virtual macam ini sangat berguna untuk mengupgrade skill dan wawasan loh Bun. Berasa nggak kudet meski rebahan bae hehe...

    BalasHapus
  20. Mengenai keuangan emg wajib bgt dipelajari, apalagi soal asuransi. Prudensial emg terbaik sih dari dlu

    BalasHapus
  21. Nah enak ini bisa datang ke expo yang bisa kita datangi secara virtual, selain bisa dilihat dimana saja,kita juga aman dari kerumunan. Apalagi informasi yang disuguhkan sangat sesuai bagai yang sedang mencari informasinya

    BalasHapus
  22. virtual event gini bermanfaat bgt buat isi waktu luang lebih produktif. pembahasannya menarik ya

    BalasHapus
  23. Telat deh tau info adanya event ini. Padahal temanya sangat menarik untuk disimak. Apalagi sejak pandemi makin terasa literasi keuangan itu sangatlah penting

    BalasHapus
  24. Yah ketingglan:((padahal pengen banget tau tentang masalah keuangan.

    BalasHapus
  25. Jaman sekarang, penting banget melek finansial ya mom. Makasih buat sharing ilmunya kali ni ya. Bermanfaat banget

    BalasHapus
  26. Jujur aq msh awam ttg inklusi keuangan. Tp prudential bs memberikan literasi keuangan dgn gamblang ya.

    BalasHapus
  27. Pameran bisa diadain virtual juga ya. Asyik dong. Nggak usah keluar rumah, bisa nambah wawasan tentang keuangan juga

    BalasHapus
  28. Senang sekali ya mba bisa ikutan pameran secara virtual 😍 bener bener deh platform digital tuh bantu banget ya buat kita lebih melek soal pentingnya perencanaan keuangan tanpa harus terkendala jarak, salah satunya dengan ikutan FinExpo virtual ini :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Review Beby Rose Glow, Skincare Multifungsi untuk kulit Cerah, Halus, & Lembut

5 Aksi Akrobatik Sirkus Kolaborasi Indonesia - Kanada Ini Siap Memukau Wisatawan Bandung