Yuk Bergembira dengan Lagu-lagu Anak Indonesia Bersama Karakter Animasi Hoala Koala


Sebagai generasi milenial yang sempat mencicipi masa kecil diiringi lagu-lagu anak Indonesia yang subur berkembang pada masanya, aku sudah lama merasa prihatin akan perkembangan lagu anak Indonesia yang seakan mati suri. Aku yakin banyak orang dewasa atau orang tua yang merasakan hal yang sama sepertiku dan tahu apa yang kumaksud. Prihatin menyaksikan anak-anak kita jaman kini tumbuh tanpa atau minim ditemani serunya lagu-lagu anak yang sesuai usia, tren lagu anak milik generasi mereka sendiri. 

Tak dapat dimungkiri, tren lagu anak Indonesia memang mengalami penurunan yang signifikan pasca tahun 1990-an. Bahkan ada masanya anak-anak di sekitar lebih sering terdengar menyanyikan dan hafal lagu-lagu dewasa populer yang tak sesuai usianya. Minim sekali lagu anak Indonesia yang baru dan segar. Kalaupun cari di Youtube, kebanyakan lagu-lagu anak Indonesia yang lama, paling hanya dinyanyikan ulang & diremake video musiknya. 

Di tengah kelesuan perkembangan dunia musik anak di Indonesia, kini ada angin segar untuk kita para orang tua yang ingin memberikan hiburan untuk anak-anak lewat musik & lagu-lagu anak Indonesia yang baru dan berkualitas. Namanya Hoala Koala. Hoala Koala hadir merespons kebutuhan akan lagu-lagu anak Indonesia masa kini yang menarik, seru, dan edukatif. Hoala Koala itu apa dan seperti apa, yuk simak ulasanku berikut ini. 

Hoala Koala, hiburan musik anak yang edukatif & berkualitas

Hoala Koala adalah karakter musikal fiktif yang diciptakan untuk berkontribusi di dunia musik anak di Indonesia. Visualisasi Hoala & Koala berupa animasi 3D yang lucu dan cocok sebagai tontonan anak-anak, mulai dari usia bayi hingga sekolah dasar. Hoala Koala menyajikan banyak lagu anak-anak Indonesia baru yang dikemas dengan kualitas baik, edukatif, dan mudah dicerna agar dapat dinikmati oleh anak-anak di Indonesia jaman sekarang yang tumbuh di era digital.

Karakter animasi 3D yang lucu & menarik


Karakter Hoala & Koala merupakan sepasang sahabat yang sangat gemar menyanyi. Penggambaran karakter Hoala Koala dengan karakter animasi 3D bukan tanpa alasan. Karena akan terus mengeluarkan lagu baru ke depannya, Hoala Koala akan menjadi karakter yang tak akan lekang oleh waktu dalam berkontribusi di dunia musik anak. Dengan karakter animasi 3D, tak ada kekhawatiran mereka akan tumbuh dewasa dan mengalami perubahan suara.

Selain Hoala & Koala, ada banyak karakter lainnya dalam animasi musik Hoala Koala, seperti tokoh Ayah, Ibu, Miss Jeruk, dan yang lainnya. Mereka semua juga mampu bernyanyi dan turut meramaikan konten video musiknya. Jadi ada banyak variasi karakter dan suara dalam animasi musik Hoala Koala yang membuatnya lebih menarik dan menghibur. Hoala Koala gak hanya dapat menjadi hiburan anak-anak, tetapi juga turut menghibur orang tua yang menemani anak nonton atau mendengarkan lagunya. 

Musik anak yang kaya, variatif, dan digarap dengan matang

Hanya karena ini musik anak-anak, bukan berarti tidak digarap dengan apik. Dari segi penggarapan, musik Hoala Koala digarap dengan serius dan matang, lho. Banyak musisi internasional yang terlibat dalam pembuatan aransemen musik Hoala & Koala. Selain itu, banyak sekali alat musik yang tak lazim digunakan untuk lagu anak dipakai dalam penggarapan album-album Hoala & Koala, seperti saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung. Keren, ya!

Hoala & Koala ingin membuktikan bahwa tak selamanya musik anak-anak adalah musik yang sederhana dengan balutan musik yang juga sederhana. Selain itu, kualitas vokal yang ditampilkan juga merupakan kualitas vokal yang bisa disandingkan dengan musik di luar genre anak-anak.

Selain kualitas vokal, keterlibatan musisi internasional hingga banyaknya instrumen yang digunakan, Hoala & Koala juga unik dalam pemilihan genre musiknya. Tak hanya satu genre children pop yang diangkat oleh Hoala & Koala, namun terdapat variasi genre lainnya seperti jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik. Salut deh sama penggarapan musik anak Hoala & Koala ini.

Saat ini Hoala & Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang bisa dilihat di Youtube, Spotify hingga iTunes. 

Bergembira bersama lagu anak "Ketawa" Hoala Koala.


Salah satu lagu anak yang udah aku tonton di channel YouTube Hoala Koala bersama anakku Syahdan yaitu lagu anak ketawa Hoala Koala. Iya, lagunya tentang tertawa bergembira bersama keluarga. Lagunya enak didengar, easy listening, mudah dicerna, dan liriknya juga sederhana. Kebanyakan hahihuheho, hehehe. Syahdan dan aku suka dengerinnya. Meskipun ringan dan fun, lagu ini menggambarkan kebersamaan keluarga yang sangat penting dalam membentuk ikatan emosional yang kuat antar anggota keluarga. 

Dalam visualisasinya, di sini digambarkan keluarga Hoala sedang bercengkrama. Ayah ibu menemani Hoala & Koala bermain dan ikut bersukaria berfoto selfie bersama, bercanda tawa bersama. Kelihatannya sederhana, namun kedekatan ayah ibu & anak seperti ini bermanfaat menciptakan bonding. Kita juga bisa nih memanfaatkan waktu kita menemani anak sebagai bonding time misalnya sambil menonton, mendengarkan, dan bernyanyi bersama lagu anak ketawa Hoala Koala.

Senang sekali ada Hoala & Koala sebagai teman baru anak-anak Indonesia bernyanyi dan belajar. Sebuah kombinasi yang apik antara musik anak dan animasi 3D yang cocok untuk hiburan edukatif bagi anak-anak di jaman digital seperti sekarang. Sebagai orang tua, aku menyambut baik kehadiran Hoala Koala sebagai harapan baru untuk kebangkitan musik dan lagu anak-anak Indonesia. Yuk dukung bersama! 

|Baca juga: 

Komentar

  1. Nah, selama pandemi ini si kecil selalu minta carikan kartun plus lagu di youtube, akhirnya nemu ini yang asyik dan menarik serta gaada habisnya. Cocok untuk si kecil yang suka nonton animasi plus bernyanyi, nih.

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Bonding Time dengan Si Kecil Bersama Mama's Choice Irish Bella Baby's Essentials Kit & Buku Cerita Anak Dunia Bunbun

Mau Dapet Tambahan Penghasilan dari Rumah? Jadi IbuSibuk Influencer Aja!

Aplikasi Siap Kerja QuBisa, Cara Praktis Upgrade Skill untuk Sukses Berkarir