Tips Melakukan Perjalanan dengan Sewa Mobil yang Aman Saat Pandemi


Di masa pandemi, memang sangat dianjurkan untuk mengurangi mobilitas. Namun, tentunya ada saja berbagai keperluan yang membuat kita harus melakukan perjalanan jauh atau ke luar kota. Entah itu karena pekerjaan, perjalanan bisnis, maupun keperluan lainnya. Malah seiring turunnya level PPKM di beberapa wilayah & tempat-tempat liburan yang sudah mulai dibuka lagi, banyak orang tertarik untuk melakukan perjalanan liburan setelah sekian lama jenuh berada di rumah saja.

Pandemi yang belum juga usai memang memaksa kita untuk dapat hidup beradaptasi di era new normal dengan kebiasaan-kebiasaan baru yang perlu diterapkan. Tak terkecuali dalam melakukan perjalanan, ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar kita tetap aman & terlindungi dari penyebaran virus Covid-19. Mulai dengan tetap selalu mengikuti protokol kesehatan yang berlaku, seperti senantiasa pakai masker, mencuci tangan dengan sabun, jaga jarak & hindari kerumunan, hingga memilih akomodasi dan transportasi yang aman.

Bepergian saat pandemi memang berbeda, tak bisa lagi sebebas dulu sebelum pandemi. Simak yuk tips agar perjalanan tetap aman saat pandemi berikut.

1. Cek kondisi kesehatan tubuh sebelum berangkat

Sebelum berangkat, pastikan tubuh dalam keadaan sehat dan bugar. Jika tubuh sedang kurang fit, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk melakukan perjalanan, ya.

2. Membawa peralatan safety kit

Melakukan perjalanan saat pandemi memerlukan persiapan ekstra, salah satunya dari segi "peralatan tempur" yang wajib dibawa demi memastikan kebersihan dan kesehatan kita tetap terjaga. Safety kit yang wajib dibawa sendiri antara lain masker, hand sanitizer, disinfektan, tisu basah, peralatan makan, peralatan ibadah, juga vitamin. Untuk berjaga-jaga, bawalah stok yang cukup.

3. Cari informasi lengkap terkait tujuan perjalanan

Demi menjaga keamanan dan melindungi kesehatan, kita perlu rela sedikit lebih ribet dalam merencanakan perjalanan saat pandemi. Mencari informasi yang lengkap tentang destinasi perjalanan yang dituju akan sangat berguna sebagai bahan persiapan dan pertimbangan kita melakukan perjalanan. Jika tujuan kita berlibur, pastikan tempat yang dituju menerapkan implementasi protokol kesehatan dengan baik. Cari tahu infonya terlebih dahulu karena setiap tempat bisa menerapkan kebijakan persyaratan pengunjung terkait prokes yang berbeda-beda. Cek juga informasi terbaru terkait kondisi kasus Covid-19 di area wilayah yang dituju.

4. Untuk perjalanan liburan, pilih destinasi yang sepi dengan aktivitas outdoor


Kalau perjalanan kita tujuannya untuk liburan, harus pintar-pintar memilih destinasi wisata untuk meminimalisir resiko penularan Covid-19. Pilih tempat yang tidak terlalu ramai pengunjung dan menerapkan standar prokes yang oke. Di masa pandemi baiknya pilih liburan yang sifatnya outdoor karena sirkulasi udara di alam terbuka jauh lebih baik daripada di dalam ruangan tertutup (indoor). Hal ini untuk meminimalisir resiko penularan virus lewat udara.

5. Buat itinerary perjalanan serinci mungkin

Membuat itinerary sangat penting dilakukan. Itinerary yang rinci tak hanya membantu persiapan perjalanan terkait jadwal, list tempat yang didatangi, dan budget perjalanan yang lebih matang, tetapi juga berguna untuk merekam detail perjalanan dengan rinci yang diperlukan jika terjadi hal yang tak diinginkan. Misalnya jika terpapar Covid-19 dalam perjalanan, itinerary yang detail berguna untuk tracking karena jelas tempat mana saja yang didatangi selama perjalanan.

6. Gunakan pembayaran non-tunai

Selama perjalanan, kita disarankan untuk tetap menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi kontak fisik dengan orang-orang yang berada di lokasi. Lakukan keperluan pembayaran secara non-tunai selama di perjalanan supaya kita dapat menjaga hal tersebut dan menghindari antrean.

7. Pilih tiket dan akomodasi yang refundable

Di saat pandemi yang serba tak pasti, jangan lupa memilih tiket dan akomodasi yang refundable. Ini untuk berjaga-jaga bila ternyata kita terpaksa membatalkan perjalanan. Dengan begitu, kita gak terlalu rugi karena dana yang kita bayarkan untuk pesan tiket dan akomodasi dapat dikembalikan.

8. Pilih hotel atau penginapan yang menerapkan standar kebersihan & kesehatan yang tinggi

Saat pandemi, penting untuk memilih akomodasi penginapan yang menerapkan standar kebersihan, kesehatan, dan keamanan yang tinggi. Untuk menekan angka penyebaran Covid-19, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah meluncurkan program sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, and Environmental sustainability (CHSE) untuk akomodasi demi menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pengguna saat menginap. Kita bisa memilih akomodasi penginapan yang sudah tersertifikasi tersebut agar lebih aman.

9. Pilih transportasi yang aman dan menerapkan standar prokes

Jika tidak menggunakan kendaraan pribadi, penting banget untuk cermat dalam memilih transportasi yang aman untuk perjalanan di tengah pandemi. Menggunakan layanan sewa mobil yang tepat dapat menjadi pilihan untuk keperluan perjalanan kita. Terlebih jika perjalanan dilakukan bersama keluarga. Lebih praktis jika menggunakan layanan sewa mobil untuk mengantarkan kita sampai tujuan dan kembali lagi dengan aman. Untuk itu kita harus memilih jasa sewa mobil yang tepat dan menerapkan standar kesehatan dan keamanan yang baik.

Layanan sewa mobil TRAC To Go, pilihan transportasi aman untuk perjalanan saat pandemi



Jasa layanan sewa mobil yang dapat menjadi pilihan untuk menemani perjalanan dengan aman antara lain TRAC. TRAC merupakan anak perusahaan PT Serasi Autoraya dan bagian dari keluarga Astra, yang memberikan layanan solusi transportasi secara menyeluruh dan menyediakan rental kendaraan untuk berbagai kebutuhan. Layanan TRAC meliputi layanan rental mobil korporat, rental mobil harian dan airport transfer, serta sewa bus.

TRAC To Go menyediakan layanan sewa mobil untuk berbagai kebutuhan perjalanan, baik untuk perjalanan dalam dan luar kota, liburan, bisnis, atau mobilitas sehari-hari. Untuk kebutuhan perjalanan bersama rombongan keluarga, teman-teman, kolega, TRAC menyediakan layanan sewa bus yang cocok untuk perjalanan liburan, arisan, reuni, trip kantor atau sekolah.

Kelebihan TRAC To Go

TRAC To Go menawarkan kemudahan sewa mobil dengan reservasi online via website dan aplikasi. Kita bisa menyewa mobil dengan pengemudi terlatih ataupun mengendarai sendiri mobilnya. TRAC To Go didukung dengan jaringan luas yang tersebar di lebih dari 50 kota di Indonesia. Sistem TRAC terhubung dengan TRAC Fleet Management Solution, teknologi untuk memastikan keselamatan serta kenyamanan perjalanan pengguna secara akurat dan real-time. TRAC To Go juga memberikan jaminan proteksi asuransi dan jaminan kondisi armada yang selalu prima, serta layanan pelanggan setiap hari selama 24 jam.


TRAC To Go menerapkan SMART PROTOCOL dalam layanannya sebagai standar kebersihan dan kesehatan yang sangat krusial untuk perjalanan di tengah pandemi. SMART Protocol dari TRAC meliputi beberapa hal berikut ini:
1. Melakukan penyemprotan disinfektan ke semua unit yang akan melayani dan setelah melayani pelanggan.
2. Menyediakan hand sanitizer di semua unit yang bertugas melayani penumpang.
3. Menerapkan social distancing di seluruh unit yang mengangkut penumpang.
4. Memberikan sekat pembatas (berbahan fiber) antara driver dengan penumpang.
5. Setiap driver yang bertugas akan melalui proses pengecekan kesehatan.
6. Setiap driver yang bertugas diwajibkan menggunakan masker dan sarung tangan.
7. Driver tidak diperkenankan melakukan kontak fisik apapun kepada penumpang.

Penerapan SMART PROTOCOL dalam pelayanannya menunjukkan komitmen TRAC To Go dalam memberikan layanan sewa mobil yang aman bagi penggunanya. Jadi, TRAC To Go tidak hanya menawarkan layanan sewa mobil yang lengkap dan praktis, tetapi juga pilihan aman untuk mengantarkan perjalanan di saat pandemi. Makanya yuk download aplikasi TRAC To Go di GooglePlay Store atau Apple App Store dan sewa mobil lewat aplikasinya untuk mempermudah kebutuhan perjalanan saat pandemi. Berikut ini link download Aplikasi TRAC To Go: 

|Baca juga: 

Komentar

  1. Bener, Mbak, saat ingin bepergian dengan keluarga tentunya membutuhkan mobil. Namun, di tengah pandemi harapan untuk jalan-jalan hilang, apalagi ketat banget PPKM. Memang perlu yang seperti ini, nih, agar tetap aman. Terima kasih tipsnya, Mbak.

    BalasHapus
  2. makasih tipsnya. Memang mau gak mau kita harus punya standart umum dan standar sendiri agar aman ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Bonding Time dengan Si Kecil Bersama Mama's Choice Irish Bella Baby's Essentials Kit & Buku Cerita Anak Dunia Bunbun

Mau Dapet Tambahan Penghasilan dari Rumah? Jadi IbuSibuk Influencer Aja!

Aplikasi Siap Kerja QuBisa, Cara Praktis Upgrade Skill untuk Sukses Berkarir