Cara mencukupi kebutuhan Vitamin D3 harian tubuh


Vitamin D3 merupakan salah satu bentuk aktif vitamin D yang disebut juga sebagai kolekalsiferol. Vitamin D3 merupakan satu-satunya vitamin yang dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, yakni melalui bantuan paparan sinar matahari sehingga dikenal sebagai vitamin "sinar matahari". Asupan Vitamin D3 yang cukup sangat penting bagi kesehatan karena Vitamin D3 memiliki banyak manfaat untuk tubuh. 
Apa saja manfaat Vitamin D3 bagi tubuh? Salah satu fungsi Vitamin D3 bagi tubuh yaitu berperan penting dalam penyerapan kalsium dan fosfor. Untuk itu Vitamin D3 bermanfaat dalam menyehatkan tulang dan otot, serta mencegah osteoporosis. Vitamin D3 juga berperan penting dalam meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh dan mencegah infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Vitamin D3 juga bermanfaat dalam mencegah depresi, menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan berat badan, terlebih pada wanita pada fase setelah menopause.

Sepenting itu Vitamin D3 untuk kesehatan tubuh, lalu bagaimana cara memperoleh asupan Vitamin D3 yang cukup untuk kebutuhan harian tubuh? Vitamin D3 bisa didapatkan melalui 3 cara berikut.

1. Berjemur di pagi hari

Vitamin D3 dapat diproduksi oleh tubuh saat kulit terpapar sinar ultraviolet B (UVB). Oleh karena itu, Vitamin D3 dapat diperoleh melalui aktivitas berjemur di pagi hari. Meskipun aktivitas berjemur tampak menyehatkan, namun perlu diperhatikan cara berjemur yang benar dan aman agar mendapatkan manfaat maksimalnya. Jadi gak hanya sekadar kena sinar matahari. Perhatikan juga waktu dan durasinya, serta pakai pelindung yang diperlukan agar aman dari resiko ancaman bahaya sinar UV bagi kesehatan.

Berjemur yang disarankan sebaiknya dilakukan antara pukul 08.00-10.00 pagi dan jangan terlalu lama, cukup 5-15 menit, maksimal 30 menit. Hindari berjemur terlalu lama karena dapat membahayakan kulit dan meningkatkan resiko kanker kulit. Agar kulit tidak gosong, pakai sunblock atau tabir Surya dengan SPF 30 atau lebih, sekitar 20-30 menit sebelum berjemur. Jika perlu, pakai kacamata hitam saat berjemur untuk melindungi mata dari bahaya kerusakan akibat sinar ultraviolet. Pastikan juga tubuh tidak mengalami dehidrasi saat berjemur dengan minum air putih yang cukup.

2. Mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin D3

Selain melalui sinar matahari, Vitamin D3 juga dapat diperoleh dari sumber makanan. Berbeda dari Vitamin D2 yang terkandung pada beberapa jenis tumbuhan dan jamur, Vitamin D3 hanya dapat diperoleh dari sumber makanan hewani. Contohnya yaitu hati sapi, keju, kuning telur, ikan salmon segar, ikan kembung, ikan halibut, ikan sarden, ikan trout, mentega, dan minyak hati ikan kod.

3. Mengonsumsi suplemen Vitamin D3

Apabila kebutuhan harian Vitamin D3 tubuh belum tercukupi dari sinar matahari dan sumber makanan, kita dapat mencukupinya dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung Vitamin D3. Namun perlu diperhatikan, konsumsi suplemen sebaiknya dikonsultasikan dan mengikuti saran dokter. Karena mengonsumsi suplemen vitamin secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Berapa sih kebutuhan harian Vitamin D3 tubuh? Kebutuhan Vitamin D3 harian setiap orang berbeda-beda, tergantung usia dan jenis kelamin. Menurut National Institute of Health, kebutuhan harian Vitamin D3 orang dewasa berusia 19-70 tahun yaitu 15 mikrogram atau 600 IU per hari. Sedangkan kebutuhan Vitamin D3 per hari bagi orang yang sudah lanjut usia (70 tahun ke atas) yaitu sebanyak 20 mikrogram atau 800 IU.

Suplemen Vitamin D3 dapat diperoleh di apotik atau toko online vitamin. Vitamin D3 yang tersedia harus diperhatikan jenisnya dan disesuaikan dengan kebutuhan. Vitamin D3-1000 berbeda dengan Vitamin D3-400. Vitamin D3-1000 merupakan suplemen vitamin D3 yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dengan cepat pada kondisi tertentu, seperti lansia, ibu hamil dan menyusui, risiko tinggi atau penderita penyakit infeksi, dan autoimun. Jadi peruntukannya untuk memenuhi kebutuhan Vitamin D3 orang-orang dengan kondisi tertentu yang memerlukan tambahan asupan Vitamin D3 lebih banyak dibandingkan orang dengan kondisi normal.

Itulah 3 cara mencukupi kebutuhan Vitamin D3. Semoga informasi ini bermanfaat ya... 

|Baca juga: 

Komentar

  1. Ternyata vitaminh D juga penting untuk tubuh dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh, kurang memperhatikan masalah ini tadinya. Hanya saja kalau sekarang butuh banget apalagi sudah ada suplemen vitamin D3.

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Bonding Time dengan Si Kecil Bersama Mama's Choice Irish Bella Baby's Essentials Kit & Buku Cerita Anak Dunia Bunbun

Mau Dapet Tambahan Penghasilan dari Rumah? Jadi IbuSibuk Influencer Aja!

Aplikasi Siap Kerja QuBisa, Cara Praktis Upgrade Skill untuk Sukses Berkarir