Bingung Menghadapi Soal Sulit? Tanya Roboguru Solusinya

Tanya Roboguru

Salah satu problematika khas anak sekolahan yaitu ketika dihadapkan dengan soal-soal pelajaran yang sulit. Betul, gak?  Bikin pusing, tuh. Apalagi kalau gak ada tempat bertanya, atau yang ditanya juga gak bisa jawab. Nanya ke Om Google? Belum tentu nemu jawaban akurat. Sebagai pelajar, pastinya pernah dong bertemu soal pelajaran sulit yang tidak bisa kita jawab. Pernah ngalamin? 

Nah, berkat kecanggihan teknologi, masalah ini udah ada solusinya, lho. Tanya aja Roboguru. Kita bisa tanyakan soal mata pelajaran yang dirasa sulit sekalipun. 

Apa itu Roboguru

Sudah tahu apa itu Roboguru? 

Roboguru merupakan salah satu fitur dari Ruangguru, yakni Super App yang menyediakan berbagai layanan kebutuhan belajar secara digital terbesar di Indonesia. Roboguru adalah kecerdasan buatan dari Ruangguru yang memungkinkan siapa pun dapat menanyakan soal mata pelajaran yang sulit sekalipun. Cukup dengan meng-upload foto soal, kita bisa mendapatkan jawabannya disertai dengan pembahasan lengkap dan video belajar konsep materi terkait. Selain itu, kita juga akan diperlihatkan 5 soal  & pembahasan yang paling relevan dengan pertanyaan tadi. Jadi bisa buat bahan referensi belajar untuk lebih paham dan bisa mengerjakan soal yang mirip. Lewat Roboguru, kita bebas bertanya soal sulit kapanpun dan dimanapun. Kabar baiknya lagi, layanan Roboguru ini gratis, lho. Asyik kan?

Cara menggunakan Roboguru 

Mau bertanya soal sulit ke Roboguru dan dapetin jawaban beserta pembahasan konsep lengkapnya? Caranya gampang. Bisa lewat aplikasi Ruangguru, atau bisa juga langsung via WhatsApp, lho! Yuk simak caranya.

Cara bertanya ke Roboguru via WhatsApp Roboguru

WA Roboguru

Cara menggunakan Roboguru via WA sangat mudah. Ketik aja "ROBOGURU" dan kirim ke Whatsapp dengan nomor 0815-7815-0000. Selanjutnya, balas pertanyaan Roboguru dulu ya, mau bertanya untuk soal di jenjang apa dan mata pelajaran apa. Balas dengan pilihan yang sesuai, ya! Udah gitu, foto soal yang mau ditanyakan dan kirimkan ke Roboguru (soalnya yang diketik, kalo pakai tulisan tangan gak bisa). Udah deh, tinggal tunggu Roboguru mencarikan pembahasan dan memberikan video pembelajaran yang sesuai dengan pertanyaan yang ditanyakan. Dapet deh solusinya. Kita bisa pelajari tuh. Jadi gak hanya dapat jawaban aja, tetapi juga bisa ngerti gimana langkah-langkah menjawabnya dan paham konsepnya. Mantul, kan?


WhatsApp Roboguru

Cara bertanya ke Roboguru via aplikasi Ruangguru

Pastikan sudah mendownload aplikasi Ruangguru. Masuk ke aplikasi Ruangguru, lalu klik icon Roboguru. Selanjutnya tinggal chat Roboguru seperti tadi. Meskipun lewat aplikasi, fitur Roboguru ini gratis, kok! 

Roboguru, terobosan dalam bidang pendidikan dan perkembangan teknologi belajar

Kok bisa sih Roboguru pinter banget bisa jawab soal mata pelajaran apapun dari berbagai jenjang pendidikan dalam waktu beberapa detik saja via foto soal? Roboguru merupakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence / AI) yang menggabungkan teknologi Photo Search dan User Generated Content (UGC). Hasil inovasi teknologi dari Startup Edtech Ruangguru ini memudahkan para siswa menanyakan solusi untuk soal-soal yang sulit dan memungkinkan untuk berdiskusi dengan siswa lain di seluruh Indonesia.

Fitur Roboguru bekerja dengan mengoptimalkan 3 komponen dasar, yaitu mencakup akurasi (ketepatan jawaban), runtime (kecepatan memproses data), dan memori. Kecerdasan buatan Roboguru menyimpan banyak sekali data-data soal yang berasal dari kumpulan soal UN dan buku-buku paket yang paling banyak digunakan oleh pengguna Ruangguru. Hasilnya, Roboguru dapat mendeteksi soal-soal yang melingkupi semua mata pelajaran, baik saintek maupun soshum, mulai dari jenjang SD - SMA, juga soal-soal latihan UN dan SBMPTN. Bentuk soalnya pun dapat beragam, bisa dalam bentuk bergambar, sebab-akibat, juga pilihan ganda. 

Roboguru sangat bermanfaat sebagai solusi bagi para siswa yang kesulitan menjawab soal dan membantu mereka memahami konsepnya. Terlebih di saat pandemi seperti sekarang, ketika sekolah dilaksanakan via daring dengan kebijakan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), di mana intensitas tatap muka siswa dengan guru berkurang. Salah satu kendalanya, banyak siswa yang mengeluhkan kesulitan menjawab soal dengan minimnya penjelasan dari guru, plus tugas menumpuk, lagi. Adanya Roboguru dapat membantu siswa mendapatkan penjelasan solusi soal, karena gak hanya memberikan jawabannya saja. Pembahasan soal di Roboguru juga berguna untuk membantu berlatih soal persiapan menghadapi ujian nasional atau ujian masuk perguruan tinggi. Latihan soal dengan pembahasan dan langkah-langkah menjawab yang tepat kan penting banget untuk persiapan ujian. 

Sekadar cerita...

Jadi ingat, aku pernah tiba-tiba dikirimin foto soal-soal pelajaran Kimia sama sodara, minta bantu jawabin. Katanya itu PR anak temannya yang entah siapa, gak tahu. Lha? Dia yang punya PR, kenapa aku yang perlu repot jawab? Hehehe… Ya mungkin maksudnya minta bantuan karena aku lulusan sarjana Kimia. Dulu pernah ngajar les juga. Masalahnya, itu bertahun-tahun lalu. Sekarang aku udah lama sekali gak menyentuh bidang tersebut. Udah punya anak balita dan malah asyik di dunia blogging, materi  pelajaran sekolah udah pada lupa, hahahah. Butuh waktu untuk baca-baca lagi kalau mau bantu jawabin soal-soal. Ditambah kebetulan lagi sibuk, akhirnya aku gak bisa bantu deh, maaf yaa… 

Lagian aku selalu kurang setuju sih kalau cuma ngasih jawaban begitu saja. Kalau gitu, jadi aku yang belajar dan ngerjain PR dong. Sedangkan yang punya PR? Hanya dapat jawaban instan. Mending kalo anaknya bisa belajar dari cara jawab soalnya, tapi kan belum tentu juga ya, gak bisa mastiin apakah dia jadi paham apa nggak. Beda kalau misal yang nanya anak sendiri, adik, atau ponakan yang bisa diajari langsung. Kalo gitu sih aku mau aja meluangkan waktu untuk belajar lagi & bantu jawab soal-soalnya. 

Nah, daripada bingung dengan soal sulit, nanya sana-sini nggak jelas dapat solusinya kayak ceritaku tadi, mending tanya Roboguru kan. Bisa dapat solusi dalam hitungan detik, gak nunggu dia belajar dulu karena alasan lupa, wkwkwk. Terus, gak cuma dapat jawaban aja, tapi juga dapat pembahasan dan konsep materinya lewat video yang bisa ditonton, dan gratis. Yuk ayo manfaatkan fitur Roboguru buat menemani belajar. Gak ada lagi kendala jarak, ruang, dan waktu. Belajar bisa di mana dan kapan saja. Semangat belajar yuk! 


*Sumber gambar: website & Instagram Ruangguru

|Baca juga: 

Ruangbelajar by Ruangguru, solusi kebutuhan belajar online lengkap masa kini 

Tips mendapatkan beasiswa pendidikan 

Komentar

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Bonding Time dengan Si Kecil Bersama Mama's Choice Irish Bella Baby's Essentials Kit & Buku Cerita Anak Dunia Bunbun

Mozaik Bandung: Liburan yang Kacau & Jalan Panjang ke Pondok Hijau

Aplikasi Siap Kerja QuBisa, Cara Praktis Upgrade Skill untuk Sukses Berkarir