Penuaan Dini pada Kulit Wajah, Kenali Yuk Penyebab & Cara Mengatasinya


Penuaan kulit merupakan suatu proses normal yang alami terjadi seiring pertambahan usia. Yang menjadi masalah ialah ketika kulit mengalami tanda-tanda penuaan lebih cepat alias penuaan dini. Tak jarang wanita merasa insecure ketika mendapati tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah karena mengganggu penampilan. Tak heran jika produk skincare untuk anti-aging begitu banyak diminati untuk mengatasi masalah penuaan dini kulit. 

Masalah penuaan dini kulit, apa penyebabnya? 


Berbagai masalah kulit wajah terkait dengan penuaan antara lain kulit kering, kusam, munculnya keriput, dan noda hitam. Masalah penuaan dini kulit dapat terjadi karena banyak faktor, baik faktor lingkungan maupun gaya hidup ataupun kebiasaan. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulit mengalami penuaan dini antara lain sebagai beriku:

  • Paparan polusi dan debu

  • Paparan sinar UV matahari

  • Stres 

  • Kurang tidur 

  • Pola makan yang tidak sehat 

  • Menatap layar handphone terus menerus & berlebihan 


Jika dilihat dari penyebabnya, penuaan dini kulit terjadi karena banyak faktor yang terus menerus terjadi atau menjadi kebiasaan sehingga berakibat jangka panjang. Efeknya mungkin tidak langsung terasa, melainkan pelan-pelan seiring waktu menumpuk menjadi masalah penuaan kulit yang kentara. Bayangkan jika kita membiarkannya saja tanpa melakukan perawatan kulit. Penuaan kulit tentu terjadi lebih cepat dan masalah-masalah penuaan dini kulit pun lebih cepat menumpuk dan tampak di wajah. 


Perawatan anti-aging dimulai usia berapa?


Pada umur berapa tanda-tanda penuaan dini mulai muncul? Jawabannya tentu dapat beragam. Kalau aku, nyadarnya di umur 30-an. Kayaknya cukup umum ya umur 30-an mulai melirik produk skincare anti-aging? Udah telanjur muncul masalah penuaan dini kulit, baru deh ribet skincare-an. Nyesel juga nggak dari dulu rajin melakukan perawatan kulit… 


Jangan salah paham, perawatan anti-aging itu bukan hal yang mestinya baru mulai dilakukan di usia lanjut. Menurut saran Dr. Hsieh, pakar perawatan kulit, perawatan anti-aging dapat dimulai dari usia 25 tahun. Lho, kenapa? Bukannya umur segitu masih muda dan kinclong ya? Ternyata, menurut penelitian, penuaan kulit itu mulai terjadi dari usia 18 tahun dan terus terjadi seiring pertambahan usia. Hanya saja awalnya gak langsung kentara dan mungkin kita gak menyadarinya. Jika kulit tidak dirawat, ditambah dengan adanya faktor-faktor penyebab penuaan dini dari lingkungan dan gaya hidup, penuaan kulit dapat terjadi lebih cepat sehingga muncul tanda-tanda penuaan dini.


Pentingnya perawatan kulit untuk mencegah dan mengatasi masalah penuaan dini



Bagaimana caranya agar kulit tidak mengalami penuaan dini? Yang paling baik tentu mencegahnya sebelum terjadi. Caranya bisa dimulai dengan menghindari faktor-faktor penyebab penuaan dini, seperti menjalani pola hidup sehat, melindungi kulit dari paparan lingkungan yang merugikan kulit (misalnya pakai sunblock untuk melindungi kulit dari sinar UV matahari), serta rutin merawat kebersihan dan kesehatan kulit. 


Lalu, bagaimana jika kulit sudah terlanjur menunjukkan masalah tanda-tanda penuaan dini? Cara mengatasinya bisa dengan melakukan treatment khusus di klinik perawatan kulit, tentu harus dengan konsultasi dan merujuk petunjuk dokter kulit. Cara lainnya yaitu dengan melakukan perawatan kulit rutin secara mandiri dengan bantuan produk skincare anti-aging yang memiliki kandungan yang tepat sesuai kebutuhan dan jenis kulit. 


Hal penting dan basic dalam perawatan kulit wajah yang harus diperhatikan dimulai dari kebersihan kulit. Membersihkan wajah selalu menjadi tahap awal yang gak boleh diskip dalam skincare-an. Minimal double cleansing. Selain kebersihan kulit, hal lain yang harus untuk diperhatikan antara lain pentingnya peeling/exfoliating untuk mengangkat sel-sel kulit mati agar tidak terjadi penumpukan. Hal penting lainnya yaitu pelembap agar kelembapan kulit tetap terjaga. 


Meskipun peeling/exfoliating itu penting, namun kita harus berhati-hati karena pada prakteknya bisa membuat kulit terkelupas dan perih. Salah-salah malah terjadi iritasi. Kita harus memastikan caranya tepat dan menggunakan produk exfoliator dengan kandungan bahan yang aman dan sesuai untuk kulit. Untuk itu ada produk solusi anti-aging yang direkomendasikan dari brand Dr. Hsieh berikut karena kandungannya yang bermanfaat sekaligus berkarakteristik ramah bahkan untuk kulit sensitif.


8+2% UrMA Daily Essence dan EGF Dual Effect Bio-Lotion, Skincare Anti-aging dari Dr. Hsieh


Dr. Hsieh merupakan brand perawatan kulit dari Taiwan yang sudah terkenal memanfaatkan bahan alami dari tanaman. Bagi yang sedang mencari produk skincare halal yang dapat mengatasi masalah penuaan dini kulit seperti serum anti aging, skincare kulit kusam, solusi flek hitam, maupun cara menghilangkan keriput, yuk coba kenalan dengan kedua produk dari Dr. Hsieh berikut.


8+2% UrMA Daily Essence



Sesuai namanya, 8+2% UrMA Daily Essence merupakan paduan Asam Ursolat (Ur) dan Mandelic Acid (MA). Serum ini diklaim mampu memberikan hasil efektif dalam mengencangkan kulit, meningkatkan regenerasi kulit, meremajakan kulit dari keriput tipis dan mengencangkan pori-pori. Dengan perbandingan kandungan 8% MA dan 2% Ur, cocok bagi berbagai jenis kulit, terutama kering maupun sensitif. Kandungan Ursolatnya bermanfaat meningkatkan perlindungan pada kulit dan menjaga kulit tetap segar. Ursolat memiliki pH5 yang ramah pada kulit, sehingga dapat optimal memutihkan dan memudarkan flek. Bagi yang mencari cara menghilangkan flek hitam atau obat flek hitam, lebih baik mencoba produk dengan kandungan manfaat Mandelic Acid ini.

 

Berikut ini kelebihan dan manfaat 8+2% UrMA Daily Essence:


√ Memperbaiki kulit kasar

√ Mengatasi masalah jerawat

√ Memperbaiki kulit keriput/garis-garis halus

√ Mengencangkan kulit

√ Mencerahkan wajah

√ Memperlambat proses pembentukan melanin

√ Mengontrol minyak berlebih

√ Tanpa alkohol, pewangi atau pewarna 


Cara pemakaian :

Setelah membersihkan wajah, teteskan 1-2 tetes ke tangan atau langsung ke wajah, lalu ratakan ke seluruh wajah. Bisa juga dipakai setelah Toner (sesuaikan dengan kondisi kulit)

  

Urutan pemakaian :

Make up Cleanser >> Bersihkan wajah >> 8+2% UrMA Daily Essence >> Perawatan sehari-hari (Toner, Serum, Lotion) >> Sunblock 


EGF Dual Effect Bio-Lotion



Lotion ini diklaim dapat membuat kulit wajah tampak menjadi lebih muda dan cerah. Manfaatnya antara lain mengembalikan dan mengaktifkan kondisi sel kulit, menjadikan kulit lebih kencang, dan memastikan kelembapan kulit tetap terjaga. Selain itu juga meratakan garis halus/keriput, mencerahkan kulit dan menjaga kulit keelastisan kulit.

 

Kelebihan EGF Dual Effect Bio-Lotion:

√ Menjaga kelembapan kulit sepanjang hari

√ Meningkatkan perlindungan kulit dari pengaruh luar

√ Mengencangkan dan menghaluskan garis halus/keriput

√ Mengembalikan fungsi kulit agar lebih cerah dan elastis

√ Mencerahkan dan memastikan tetap fresh

√ Menghidupkan kembali sel kulit agar dapat tetap aktif dan menjaga kulit tetap fresh

√ Tanpa alkohol, pewangi atau pewarna

 

Cara pemakaian :

Teteskan di telapak tangan secukupnya. Oleskan sebagai tahapan terakhir perawatan wajah sebelum memakai makeup. Pastikan merata di seluruh permukaan wajah.

  

Urutan pakai :

Make up Cleanser >> Bersihkan wajah >> Mandelic Acid >> Toner >>  EGF Dual Effect Bio-Lotion >>  Sunblock 


Untuk informasi lengkap mengenai produknya, cek aja langsung di website resmi Dr. Hsieh ya! 



Nah, apakah kamu punya pengalaman dengan masalah penuaan dini kulit? Kalau punya tips anti-aging tambahan, boleh banget share yuk di kolom komentar :)



Komentar

  1. wah perlu perawatan ya, makasih infonya

    BalasHapus
  2. Waah produk baru ya mba.. aku baru denger ingredients mandelic acid ini..

    Aku termasuk menjaga bangettttt kulit dr masalah anti aging. Sampe2 rela stop merokok karena aku ga mau kulitku ceoet keriput. Sia2 aku mulai dipaksa mama utk rutin pale skincare sejak SMP. Tp dulu pake produknya yg dipilihin mama dan udh pastj utk anak remaja yaaa.

    Bisa marah banget tuh mama kalo aku berani tidur tanpa bersihin muka dulu :p. Makanya sampe skr aku JD terbiasa kalo tidur ya muka harus bersih, pake segala macam skincare ,baru tidur :). Dibantu Ama suplemen kulit juga, utk perawatan dr dalam.

    BalasHapus
  3. Wah pas banget infonya buat aku yg cr produk antiaging

    BalasHapus
  4. makasih infonay, aku juga mulai pakai anti aging

    BalasHapus
  5. wah jadi pengen coba, menarik banget produknya :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Mau Dapet Tambahan Penghasilan dari Rumah? Jadi IbuSibuk Influencer Aja!

Bonding Time dengan Si Kecil Bersama Mama's Choice Irish Bella Baby's Essentials Kit & Buku Cerita Anak Dunia Bunbun