Tips Memilih Softlens untuk Mata Tampak Menawan dengan Aman dan Nyaman


Softlens atau lensa kontak saat ini sudah sangat umum digunakan, baik untuk tujuan membantu penglihatan maupun untuk menunjang penampilan. Gak heran sih kalau softlens banyak diminati. Soalnya selain dirasa lebih nyaman dan leluasa digunakan sambil beraktivitas sehari-hari dibandingkan dengan kacamata, softlens juga dapat membuat penampilan terlihat lebih menarik. Ada berbagai pilihan warna, desain, dan ukuran softlens yang dapat disesuaikan dengan penampilan yang diinginkan sehingga banyak orang menggunakan softlens sebagai pelengkap fesyen.

Hanya saja karena softlens digunakan pada mata, kita tentu tidak boleh sembarangan dalam memilih dan menggunakannya. Ada hal-hal yang harus diperhatikan agar penggunaan softlens aman dan kesehatan mata tetap terjaga. Terlebih bagi pemula yang masih awam soal softlens nih, tentu harus cari tahu dulu gimana cara memilih softlens agar aman, nyaman, bebas iritasi, dan terhindar dari hal-hal yang dapat membahayakan kesehatan mata. Banyaknya pilihan softlens di pasaran mungkin bikin bingung juga buat milihnya. Ini beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih softlens.


  • Pilih jenis softlens yang sesuai kebutuhan

Apakah kebutuhannya untuk membantu penglihatan ataukah hanya untuk softlens fashion? Jika untuk membantu masalah penglihatan, tentu harus disesuaikan dengan kondisi permasalahan mata. Baiknya periksakan dulu kondisi mata terbaru dan konsultasikan dengan dokter.


  • Perhatikan kandungan air pada softlens

Kadar air pada softlens penting untuk diperhatikan supaya penggunaan softlens tidak mengganggu cairan pada mata. Pilih softlens dengan kadar air yang sesuai dengan kondisi mata kita. Softlens dengan kadar air tinggi memang dapat meneruskan lebih banyak oksigen pada mata dan banyak yang bilang lebih nyaman. Namun, tidak semua orang cocok dengan softlens dengan kadar air tinggi. Softlens dengan kadar air tinggi tidak cepat kering, namun menyerap banyak air mata sehingga sebaiknya tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jika kondisi mata termasuk tipe yang sedikit memproduksi air mata, lebih baik memilih softlens dengan kadar air rendah karena sedikit menyerap air mata. Namun jangan memakainya terlalu sering juga, karena mata bisa kekurangan oksigen. Jadi, sesuaikan kadar air softlens dengan kondisi mata untuk memastikan mata terjaga kelembapannya, ya.


  • Perhatikan tingkat penyerapan oksigen pada softlens

Selain perlu memperhatikan kandungan kadar air (water content/WC) softlens, perhatikan juga tingkat penyerapan oksigen (oxygen transmissibility) softlens yang dikenal dengan DK/t. Semakin tinggi angka DK/t, kemampuan softlens dalam sirkulasi/penyerapan oksigen semakin tinggi.


  • Perhatikan masa pemakaian softlens

Softlens

Softlens memiliki durasi pemakaian yang berbeda-beda. Ada yang hanya untuk pemakaian sehari langsung buang, ada yang untuk 2 minggu, 1 bulan, 3 bulan, bahkan 6 bulan. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan. Jika pemakaiannya jarang, lebih baik pilih yang sehari langsung buang, lebih aman dan higienis. Jika memilih yang untuk 2 minggu atau lebih, harus diperhatikan perawatannya. Pastikan kita menggunakan softlens sesuai dengan durasi pemakaiannya. Walaupun mungkin softlens masih terlihat oke, jangan dipakai lagi kalau memang masa pemakaiannya sudah habis, ya.


  • Cek tanggal kadaluarsa softlens

Sebelum membeli, cermati terlebih dahulu tanggal kadaluarsa softlens. Baiknya pilih softlens yang tanggal kadaluarsanya masih lama. Pastikan softlens yang akan dipakai tidak melewati tanggal kadaluarsanya.


  • Cek status perijinan dan keamanan produk softlens

Softlens ini tergolong alat kesehatan. Di Indonesia, setiap alat kesehatan dan produk farmasi yang dijual harus memiliki izin edar sesuai undang-undang. Agar terjamin keamanannya, periksa dulu produk softlensnya apakah sudah terdaftar di Kemenkes RI. Kalau belum, kudu waspada nih, soalnya produk softlens tersebut belum teruji keamanannya.


  • Perhatikan faktor kenyamanan pemakaian softlens

Selain keamanannya, penting juga memperhatikan faktor kenyamanan dalam memilih softlens. Hal ini bisa dilakukan misalnya dengan memilih diameter softlens yang sesuai dengan mata kita. Jika diameternya tidak sesuai, bisa menimbulkan ketidaknyamanan dalam pemakaiannya dan mata juga bisa jadi cepat lelah.

Selain itu, bahan softlens yang digunakan juga turut berpengaruh terhadap kenyamanan penggunaannya. Dikutip dari artikel Halodoc, softlens berbahan silicone hydrogel merupakan pilihan softlens yang paling direkomendasikan. Karena softlens jenis ini memungkinkan oksigen untuk melewati kornea mata, sehingga penggunaannya terasa lebih nyaman. Salah satu contoh produk softlens berbahan dasar silicone hydrogel yang recommended yaitu Miacare.


Miacare, the expert Silicone Hydrogel (SiHy) Softlens


Miacare CONFiDENCE Daily (Shimmer)

Miacare merupakan brand softlens yang memperhatikan penampilan sekaligus kesehatan dalam produknya. Ahlinya softlens berbahan silicone hydrogel ini diklaim sebagai no.1 healthy and charming softlens in the world. Miacare memiliki 2 jenis produk softlens, yaitu Miacare CONFiDENCE Daily (Shimmer) untuk pemakaian harian dan Miacare CONFiDENCE Monthly (Flash) untuk pemakaian bulanan. Miacare CONFiDENCE Shimmer (daily) tersedia dalam 3 warna, yaitu Ocean Blue, Pearl Grey, Hazel Nude. Adapun Miacare CONFiDENCE Flash (monthly) tersedia dalam 3 warna, yaitu Daisy Pink, Icy Blue, Ashley Grey.

Miacare CONFiDENCE Monthly (Flash)


Memangnya apa aja sih keunggulan produk softlens Miacare ini? Simak yuk…


Softlens Miacare merupakan satu-satunya softlens berwarna Silicone Hydrogel (SiHy) yang memberikan jaminan dalam pemakaian yang lebih aman serta Ultra-Comfortable terutama jika akan dipakai dalam waktu yang lama. Konon softlens tersehat dan alami ini nyaman dipakai lebih dari 8 jam. Gak perlu khawatir mata kering, juga sirkulasi udara untuk mata dipastikan tetap ada, dan menjaga pandangan tetap bersih dan jernih.


Softlens Miacare juga memiliki nilai plus karena menggunakan teknologi baru, EutraSil Technology, yakni formula yang dapat melindungi dari sinar UV. Untuk pemberian warnanya, lensa kontak ini menggunakan teknologi titik halus atau dotting, dan diposisikan pada lapisan tengah (3 layer) sehingga aman untuk mata, warna lebih natural dan kualitas pandangan tetap jernih. Hal ini juga dapat meminimalisir masalah alergi atau iritasi pada mata.


Seperti disinggung sebelumnya dalam tips memilih softlens, jangan hanya warna dan kecocokannya aja yang dilihat, melainkan penting untuk memperhatikan kadar air (water content) dan tingkat penyerapan oksigen (DK/t). Nah, softlens Miacare ini memiliki Oxygen transmissibility atau tingkat transmisi oksigen atau DK/t yang tinggi. Miacare CONFiDENCE Monthly (Flash) memiliki DK/t 193, menjadi yang tertinggi di dunia, lho! Sedangkan Miacare CONFiDENCE Daily (Shimmer) memiliki DK/t 151, yang tertinggi pada kelasnya.


Desain lensa kontak Miacare juga unik. Jika diperbesar, seperti pori-pori, sehingga tidak membuat mata lelah, sirkulasi oksigen lancar, dan meningkatkan water content. Dengan berbagai kelebihan tersebut, pantas aja sih ya kalau Miacare menjadi softlens yang sehat sekaligus juga meningkatkan pesona melalui pandangan mata penggunanya. Bisa dibilang ini tuh softlens paling sehat dan cantik alami.


Oh iya, Miacare ini produk softlens yang berasal dari Taiwan dan sudah memiliki ijin edar di Indonesia dan terdaftar di Kemenkes RI. Kalau kamu tertarik membelinya, softlens warna SiHy ini bisa diperoleh di official store-nya di Shopee.


|Baca juga:

LASIK, Antara Kebutuhan dan Biaya yang Mahal

Sunblock, Krim Perlindungan dari Sinar UV Matahari yang Membahayakan Kulit

Cara Cantik Hidup Sehat Ala Dr. David



Komentar

  1. Perhatikan masa pemakaian softlens ini penting ya kak, biar mata gak terjadi iritasi atau hal yang gak diinginkan.
    Dan ada baiknya bila ingin memakai soflents order ditempat yang terpercaya dan jangan tergiur "Murah".

    BalasHapus
  2. Dulu waktu masih remaja sampai punya anak 1 masih suka paakai softlens. Sudah hampir 10 tahun ini nggak pernah pakai lagi. Sekarang pilihan softlens lebih banyak yaaa, dilengkapi dengan teknologi baru yang bikin softlens lebih nyaman seperti Miacare dengan EutraSil Technology ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat warnanya Miacare ini bagus-bagus ya, keliatan alami gitu. Jadi langsung ngepoin akun shopeenya hahaha.

      Hapus
  3. Sesuatu yang dimasukkan ke dalam mata memang kudu yang higienis dan steril ya, makanya penggunaan softlenss ini perlu kehati-hatian

    BalasHapus
  4. Pilihan warnanya cantik-cantik ya... Tapi dari dulu sampai sekarang enggak berani pakainya...

    BalasHapus
  5. Belum pernah pakai softlens seumur hidup hahaha... Tapi boleh juga tuh tipsnya untuk istri atau saudara cewek, barangkali tertarik mau pakai softlense.

    Penggunaan softlense yang tepat serta brand yang profesional, kayak Miacare ini, maka dijamin ya penampilan dan kesehatan mata menjadi lebih optimal.

    BalasHapus
  6. Saya masih takut-takut menggunakan softlens. Ada cerita-cerita seram yang beredar di desa mengenai hal ini. Padahal kalau dipikir-pikir, saya kan juga ingin punya mata yang berwarna lain. Biar kayak orang-orang begitu. Hehehe...

    BalasHapus
  7. wahh aku dulu pengguna softlens
    tapi karena minus mataku semakin tinggi, maka nggak ada soflens yang sesuai, sedihhh
    klo Miacare ini bisa buat mata minus g sih mbak

    BalasHapus
  8. Aku dah lama banget pakai kacamata, sudah terbiasa sih. Cuma kalau kegiatan tertentu sebenarnya terbayang butuh solusi seperti soft lense. Agak takut-takut, khawatir bahannya ga aman. Kalau Miacare lucu warnanya ya, apalagi buat buibu. Buatan Taiwan pula, yang belakangan alat kesehatannya makin digemari di Indonesia, selain produk IT. Makasih infonya Kak.

    BalasHapus
  9. Aku dulu gak tau loh kalau softlense itu ada masa pemakaiannya, kirain kaya kacamata. Banyak yang harus diperhatikan ya kalau mau pakai softlense

    BalasHapus
  10. Sampe sekarang saya masih takut banget buat make softlens, mbak..
    Asa ngeri gitu lho nempelinnya ke mata..
    #Malahcurhattt

    BalasHapus
  11. Aku belum pernah oakai softlens, walau sebenarnya kalau lihat teman2 pakai itu wajahnya jadi lebih bersinar. tsahhh.


    Ternyata Miacare salah satu softlens dengan teknologi terbaik ya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tingkat penyerapan oksigen untuk softlens ternyata mempengaruhi kelembaban mata ya mbak.

      Hapus
  12. Msh agak ngeri kak klo mau masang soflens...
    khawatir mata nya kecolok..

    Tp boleh nanti saya share k temen yg suka pake softlens..

    BalasHapus
  13. Softlens yang bagus itu yg kadar airnya sesuai dengan kondisi mata kita ya, noted. Ntar kl pingin pakai softlens ordernya ke Miacare ah... tfs Mba

    BalasHapus
  14. Noted!! Aku save artikelnya karna aku emang perlu banget. Soalnya lagi mau milih softlens sih. I hate wearing glasses 😂 ternyata milih softlens itu harus benar-benar dilihat ya water contentnya. Gak bisa sembarangan juga ya sis.

    BalasHapus
  15. Aku sampe skrg gak berani pasang softlens karena takut, jd salut banget dah sama tmn tmn yg bs pake softlens pdhl masangnya terlihat gampang doang

    BalasHapus
  16. Jadi tips buat saya juga sebagai pemula pemakai softlens nih
    Makanya bersyukur ke artikel ini

    BalasHapus
  17. Makasih tips memilih softlensnya, karena bulan depan aku akan jadi bridesmaid dan ga enak banget kan udah dandan cantik2 pakai kacamata hehee

    BalasHapus
  18. Softlens saat ini bukan karena membantu penglihatan saja, tapi juga untuk menunjang penampilan. Tapi harus diperhatikan penggunaan softlens yang baik dan benar ya, agar mata tidak iritasi atau malah kena gangguan mata lainnya. Penting sekali jangan tergoda beli softlens murah, tapi mutu kurang bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju pak, terlebih juga izin edarnya ya, sehingga lebih tenang saat menggunakannya

      Hapus
  19. Sambil baca sambil ngebayangin cara pakenya, walaupun sampai saat ini belum berani sih untuk pakai produk softlens karena takut salah beli. Eh syukurnya nemu artikel ini, terima kasih ya mbak atas sharingnya.

    BalasHapus
  20. Makasih tipsnya mba. Aku pengen nyobain sih pake soflen, penasaran efeknya di penampilan wajah gimana? Makin memesona gak ya? Hehe

    BalasHapus
  21. Artha Nugraha Jonar6 April 2021 15.54

    Jadi kepengen juga pakai softlens. Dulu pernah cobain ternyata susah banget pasangnya. Mungkin karena belum tahu cara pakainya.

    BalasHapus
  22. Ternyata banyak hal yang harus diperhatikan dalam memilih softlens ya kak. Bukan cuma harga. Tapi juga kelembaban, kadaluarsa, hingga kecocokan kebutuhan sesuai pribadi kita.
    Miacare menjawab kebutuhan kita akan softlens yang bagus ya kak

    BalasHapus
  23. Awal mau pake softlens emang masi rada takut gitu. Apalagi beli softlennya juga waktu itu asal saja. Nah, kalau punya softlens dengan kualitas no 1 apalagi dengan teknologinya yang canggih kayak miacare ini pastinya nggak takut lagi karena kualitasnya terjamin ya

    BalasHapus
  24. softlens ini sangat membantu penampilan ya mbak
    apalagi klo pilihan warnanya banyak, bisa di matching in sama baju yg dipakai, hehe

    BalasHapus
  25. Belum pernah pakai softlens, tapi takjub juga karena jadinya lebih praktis yaa.. walau tentu aja, harus teliti betul untuk urusan perawatannya.

    BalasHapus
  26. Iya sih. Kadar air softlens itu penting diperhatikan. Selain itu lama pemakaian juga harus diperhatikan nggak sih? Misal kita harus melepas softlens setelah pemakaian berapa jam gitu?

    BalasHapus
  27. Pilihan warnanya cantik-cantik ya... Tapi dari dulu sampai sekarang enggak berani pakainya mungkin karena takut efek lupa melepasnya

    BalasHapus
  28. Kalo pake softlens mata auto cantik banget hehe, sayangnya makenya lumayan butuh skill. Pemilihan softlens yang sesuai dengan mata emang penting banget, agar terhindar dari risiko iritasi dll.

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Sistersel, Cara Zuper Memulai Usaha Online Produk Fashion & Beauty

Berguru kepada Emak-emak KEB

Skenario Mengisi Liburan Seru dengan Sepeda Impian