Beberapa Pertimbangan dalam Memilih Susu Bubuk yang Tepat untuk Balita


Usia balita merupakan masa krusial bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Sebagai orang tua, kita tentu memberikan perhatian ekstra terhadap kebutuhan gizi hariannya, dengan harapan Si Kecil dapat tumbuh sehat dan berkembang optimal. Salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Si Kecil yaitu dengan memberikan asupan gizi tambahan melalui susu bubuk. Kini sudah banyak pilihan produk susu bubuk untuk pertumbuhan balita di pasaran. Kita perlu memilih mana yang tepat dan paling sesuai dengan kebutuhan anak kita.

Pemilihan susu pertumbuhan yang tepat ini menjadi perhatian khusus bagiku. Aku ingin memberikan nutrisi tambahan yang tepat untuk Si Kecil Syahdan yang kini berusia 2 tahun 5 bulan. Ancang-ancang untuk memenuhi kecukupan gizinya selepas disapih. Aku memang berencana menyapihnya saat umurnya 2 tahun, tapi belum berhasil. Sudah niat agar Ramadan ini dia sudah lepas dari ASI, eh ternyata nggak mudah, hehe. Inginnya menyapih dengan weaning with love, tapi… Ya begitu lah. Semoga aja Syahdan segera berhasil disapih deh.

Salah satu upaya untuk mengalihkan Syahdan dari ASI yaitu dengan menawarkan alternatif susu pertumbuhan. Karena itu aku berusaha memilihkan susu yang tepat di antara berbagai pilihan susu pertumbuhan yang ada. Agar gak bingung milihnya, aku mulai memilah berdasarkan beberapa pertimbangan. 
Berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih susu pertumbuhan yang tepat untuk anak.

- Kandungan gizi yang bermanfaat untuk Si Kecil

Memeriksa kandungan gizi yang terdapat pada susu pertumbuhan menjadi hal penting yang perlu menjadi pertimbangan. Karena tujuan kita memberikan susu untuk Si Kecil kan memang untuk mendapatkan manfaat gizinya. Semakin lengkap kandungan gizi yang dapat membantu tumbuh kembang Si Kecil, semakin baik.

- Sesuai dengan usia Si Kecil

Kita perlu memastikan susu bubuk untuk Si Kecil sesuai untuk usianya. Hal ini karena kebutuhan nutrisi harian anak berbeda-beda sesuai tahapan usianya. Karena itu untuk usia Syahdan sekarang, aku pastikan susu pertumbuhan yang dipilih untuk usia 1 - 3 tahun. Biasanya untuk usia ini susu bubuk mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk pertumbuhan otak karena sedang masanya berkembang pesat, seperti Omega 3, AHA, dan DHA.

Photo by Ksenia Chernaya from Pexels

- Sesuaikan dengan kondisi tubuh Si Kecil (bahan susu yang tidak menimbulkan alergi)

Kita juga perlu cermat dalam memilih jenis susu pertumbuhan yang tepat untuk Si Kecil. Bila anak memiliki alergi susu sapi, kita bisa memberikan alternatif susu berbahan Soya. Namun, jika anak alergi terhadap kacang-kacangan, pilihan ini juga tidak tepat. Baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter apabila anak memiliki alergi khusus untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat dan aman.

- Perhatikan kandungan gula pada susu bubuk

Konsumsi gula yang berlebih tidak direkomendasikan untuk Si Kecil, karena dapat merusak gigi, menyebabkan tidur kurang nyenyak, serta meningkatkan resiko penyakit di kemudian hari. Jadi, meskipun biasanya Si Kecil suka rasa manis, ada baiknya mewaspadai produk susu yang mengandung gula tambahan. Batasan gula yang dianjurkan untuk konsumsi Si Kecil yaitu 25 gram per hari. Jadi, cek dulu informasi kandungan gula dalam komposisi susu untuk Si Kecil yang terdapat di kemasannya, ya.

- Cek tanggal kadaluarsa dan kondisi kemasan susu bubuk

Hal yang juga penting untuk dipertimbangkan sebelum membeli susu bubuk untuk anak yaitu mengecek masa kadaluarsanya dan kondisi kemasannya. Baiknya pilih susu yang tanggal kadaluarsanya masih lama. Pastikan juga kondisinya kayak konsumsi dan kemasan dalam kondisi baik.

Morinaga Chil Kid Platinum, salah satu pilihan susu bubuk bernutrisi penting untuk balita

Salah satu produk susu bubuk untuk pertumbuhan anak usia 1 - 3 tahun yang dapat menjadi pilihan yaitu Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare Σ Triple Bifidus. Susu bubuk yang satu ini memiliki kandungan sinergi nutrisi antara faktor Kecerdasan Multitalenta, Pertahanan Tubuh Ganda, & Tumbuh Kembang Optimal sehingga mendukung Si Kecil menjadi Generasi Platinum yang multitalenta.

Pic: Morinagaplatinum

Nutrisi untuk faktor Kecerdasan Multitalenta

Morinaga Chil Kid Platinum memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk mendukung faktor Kecerdasan Multitalenta, antara lain yaitu:

- AA & DHA, yakni asam lemak esensial rantai panjang yang berperan penting dalm struktur dan perkembangan otak anak.

- Konsentrat Protein Whey 12.22% (Mengandung Alfa Laktalbumin 416 mg/ saji). Dengan kandungan asam amino esensial yang tinggi, membantu memperbaiki profil asam amino sehingga lebih mendekati ASI, yang dapat mengurangi gangguan pencernaan sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur anak. Hal ini membantu mengoptimalkan pertumbuhan otak.

- Kolin, bermanfaat menunjang perkembangan sel syaraf dan memperkuat daya ingat (memori)

- Zat Besi, mineral penting untuk meningkatkan konsentrasi dalam proses belajar.

- Omega 6 & Omega 3, asam lemak esensial pembentuk AA & DHA

- Vitamin B12, berperan sebagai koenzim dalam pembentukan pembentukan sel darah merah.

Nutrisi untuk Pertahanan Tubuh Ganda

Morinaga Chil Kid Platinum juga dilengkapi nutrisi yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh anak, antara lain:

- Triple Bifidus, merupakan gabungan 3 bakteri baik, yaitu Bifidobacterium longum BB536, Bifidobacterium breve M-16V, dan Bifidobacterium longum subsp. infantis M-63. Triple Bifidus bermanfaat meningkatkan fungsi kesehatan saluran pencernaan & mendukung daya tahan tubuh yang optimal.

- Serat Pangan (Prebiotik) GOS, bermanfaat meningkatkan jumlah bakteri baik di saluran pencernaan.

- Nukleotida, berperan dalam pematangan sel usus dan mendukung daya tahan tubuh.

- Vitamin A, C, E, dan Zinc, berfungsi membantu mempertahankan keutuhan lapisan permukaan (mata, saluran pencernaan, saluran pernafasan dan kulit), serta berkontribusi terhadap fungsi normal daya tahan tubuh.

Nutrisi untuk faktor Tumbuh Kembang Optimal

Morinaga Chil Kid Platinum juga mendukung faktor Tumbuh Kembang Optimal anak dengan adanya kandungan nutrisi sebagai berikut:

- Kalsium, Vitamin D dan Magnesium untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

- Whey Protein (Alfa Laktalbumin), sumber protein sebagai komponen penting dalam tumbuh kembang Si Kecil.

- 15 Vitamin & 9 Mineral yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Si Kecil yang penting untuk tumbuh kembang yang optimal.

Selain mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk Si Kecil, Morinaga Chil Kid Platinum juga menjadi pilihan susu bubuk pertumbuhan yang direkomendasikan karena tidak mengandung tambahan gula yang berlebih.


Jadi, demikian beberapa hal yang dapat dipertimbangkan dalam memilih susu bubuk pertumbuhan yang tepat untuk anak balita. Kalau ada tambahan, silakan sharing juga yuk di kolom komentar :).

|Baca juga: 


Komentar

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Berguru kepada Emak-emak KEB

Novel Milea: Suara dari Dilan

5 Aksi Akrobatik Sirkus Kolaborasi Indonesia - Kanada Ini Siap Memukau Wisatawan Bandung