Yuk Kursus Online Gratis untuk Nambah Skill & Pengembangan Diri

Kursus online gratis

Imbas pandemi membuat kita jadi gak bebas pergi kemana-mana dan jadi lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Meski di rumah aja, bukan berarti kita gak bisa produktif berkarya dan mengembangkan diri, dong ya. Kita bisa terus belajar menambah ilmu dan skill yang dimiliki. Teknologi memungkinkan kita dapat melakukan banyak hal secara online, termasuk belajar dan mengembangkan keterampilan diri. Kita bisa mengikuti kursus online gratis maupun berbayar yang kini sudah banyak tersedia di berbagai platform belajar online. 

Pentingnya perencanaan karir dan pengembangan diri di dunia profesional

Belajar itu sebuah proses yang tiada henti dan  terus berkelanjutan. Ada banyak ilmu dan keterampilan yang bisa kita pelajari untuk menambah kualitas diri. Mengasah kemampuan dan mengembangkan potensi diri yang dimiliki itu sangat penting untuk meningkatkan peluang sukses di kemudian hari. Baik keterampilan teknis di bidang tertentu yang bersifat hard skill maupun pengembangan diri yang bersifat soft skill, keduanya akan sangat membantu dalam mengembangkan karir kita ke depannya. 

|Baca juga: Belajar itu jodoh sehidup semati

Dalam dunia kerja yang sangat kompetitif, penting bagi kita untuk terus meningkatkan kompetensi dan mengupgrade keahlian secara berkelanjutan. Perencanaan karir yang baik diperlukan agar kita bisa menentukan career goals yang ingin dicapai dan merancang tahapan strategi untuk mencapainya. Dari situ kita bisa mengetahui kompetensi/skill apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung pencapaian karir yang diinginkan. 

Nah, walaupun kondisi pandemi saat ini menuntut kita untuk beraktivitas di rumah aja  dan mengurangi pertemuan dengan banyak orang, itu tidak perlu menjadi hambatan untuk kita mengembangkan diri. Kita bisa tetap mengupgrade skill dan kemampuan dengan belajar via platform kursus online. Misalnya lewat QuBisa, salah satu platform belajar online Indonesia. Bahkan kita bisa belajar online gratis dari ahlinya, lho! 

QuBisa, Platform Belajar Online Indonesia untuk Semua 

Platform belajar online Indonesia

QuBisa merupakan sebuah platform belajar online Indonesia yang menyediakan beragam pilihan pembelajaran yang bisa diakses siapapun secara daring dengan mudah. Platform belajar online yang satu ini memiliki misi meningkatkan akses terhadap pendidikan dan pelatihan berkualitas untuk semua orang, kapan saja dan di mana saja, serta sebagai roadmap karir yang dapat membimbing lulusan baru sesuai jalur masing-masing. QuBisa bertujuan mempersiapkan lulusan baru maupun profesional muda untuk menjadi lebih kompeten dan kompetitif dalam MEA (Masyarakat Ekonomi Asean).  

Banyak pilihan kategori pembelajaran atau kursus yang bisa diikuti di QuBisa. Berbagai kategori yang tersedia antara lain: Business, Finance & Accounting, Human Resource, IT & Software, IT Development, Lifestyle & Health, Personal Development, Sales & Marketing, serta Teaching & Academics. Kategori tersebut masing-masing terbagi-bagi lagi menjadi beberapa sub kategori spesifik. Hingga saat ini, QuBisa sudah memiliki lebih dari 35000 murid terdaftar, lebih dari 200 instruktur terdaftar, lebih dari 100 jumlah kursus, serta lebih dari 500 microlearning. 

Ada beragam pilihan format pembelajaran online yang dapat diakses di QuBisa, baik berupa kursus gratis online, paket kursus online berbayar, microlearning, maupun webinar, serta layanan sertifikasi. Kalau kamu suka mempelajari hal baru dengan mengikuti webinar, di platform QuBisa ada banyak webinar gratis Indonesia yang bisa diikuti siapa saja. Selain webinar gratis Indonesia, banyak pula pilihan webinar Indonesia berbayar yang dapat diikuti di QuBisa. 

Beberapa contoh webinar Indonesia yang dapat diikuti di QuBisa misalnya yaitu webinar yang berlangsung selama bulan Februari 2021. Jadwalnya adalah sebagai berikut: 

- Senin, 1 Februari 2021 (16.00 - 17.30 WIB)

Topik Webinar: Growing with Marketing 

Pembicara: TOM MC IFLE 

Kategori: Digital Marketing

- Kamis, 4 Februari 2021 (19.30 - 21.00 WIB)

Topik Webinar: Buku Terlaris: La - Tahzan (Jangan Bersedih) 

Pembicara: Syafrudin M PD

Kategori: Psychology 

- Kamis, 11 Februari 2021 (19.30 - 21.00 WIB)

Topik Webinar: Spesial Hari Pers Nasional: Jurnalis di Perantauan

Pembicara: Erwin Renaldi

Kategori: Media 

- Kamis, 18 Februari 2021 (19.30 - 21.00 WIB)

Topik Webinar: Membedah Indigo

Pembicara: Fenny Rama Sutedy

Kategori: Science 

- Kamis, 25 Februari 2021 (19.30 - 21.00 WIB)

Topik Webinar: Asyiknya Studi di Luar Negeri (Cerita Anak Band Mengejar Master)

Pembicara: Adhitya Budi Laksana, Harfizan Arnas

Kategori: Profile 

Webinar Indonesia

Walaupun webinar yang terjadwal di bulan Februari sudah berlangsung, kalau ketinggalan kita masih bisa mengakses webinarnya di Riwayat Webinar. Sedangkan untuk webinar terjadwal yang baru akan berlangsung, kita bisa mengikutinya dengan cara mendaftar terlebih dahulu. 

Pengalaman Belajar Kursus Online Gratis Public Speaking Gaya Millenial di QuBisa 

Meski tak lagi berkarir di perusahaan dan kini menjalani peran sebagai ibu rumah tangga, bukan berarti aku nggak bisa terus belajar mengembangkan diri. Makanya aku sangat tertarik belajar berbagai keterampilan baru dengan memanfaatkan kursus gratis online QuBisa. Lagipula dari segi aktivitasku sebagai blogger dan influencer, bisa dibilang aku ini pekerja freelance yang memiliki banyak kebutuhan akan peningkatan keterampilan di bidang kreasi konten.  

Dari sekian banyak pilihan topik belajar online gratis yang menarik di QuBisa, aku mencoba salah satunya, yaitu Kursus Online Gratis Public Speaking Gaya Millenial. Judul lebih tepatnya yaitu "Public Speaking for Life in a Millenials Way". Aku tertarik dengan topik komunikasi bertema public speaking ini karena merasa perlu untuk mengupgrade skill tersebut. 

Salah satu alasanku belum banyak berkreasi di konten video adalah penguasaan public speaking yang masih kurang. Padahal sebagai blogger dan influencer, kerap kali ada kebutuhan untuk membuat konten video semacam vlog. Dan bidang kreasi konten di media sosial berkaitan erat dengan tren milenial. Audiensnya pun banyak dari generasi milenial. Makanya aku tertarik sama tema pembelajaran tersebut.

Belajar online gratis

Kebetulan kursus online gratis Public Speaking Gaya Millenial yang aku ikuti ternyata berupa kumpulan microlearning yang per bagiannya berdurasi singkat, hanya sekitar 3-5 menit. Dan aku bisa langsung mengaksesnya begitu saja tanpa perlu melakukan pendaftaran. Menurutku pembelajaran berformat microlearning ini sangat praktis dan mudah diakses. Aku jadi senang mengeksplorasi berbagai tema pembelajaran lainnya yang ada di QuBisa. 

Aku jadi tahu juga bahwa untuk kursus gratis online tertentu ada juga yang memerlukan pendaftaran dan login terlebih dahulu. Tapi gak ribet kok. Terus ada juga kursus yang dilengkapi dengan pre-test dan post-test untuk menguji pemahaman kita di tema tersebut. Oh iya, aku mengakses platform belajar online QuBisa ini melalui perangkat mobile. Tidak ada hambatan meski diaksesnya pake smartphone. Jadi tambah asyik deh belajar kapan dan di mana aja via aplikasi belajar online yang satu ini.

Kelebihan Platform Belajar Online QuBisa

Platform kursus online QuBisa memiliki beberapa kelebihan, antara lain: 

  • Kaya akan konten yang dapat membantu keterampilan pengguna. 
  • Terdapat penilaian bakat untuk pengguna.
  • Tersedia Road Map karier Webinar.
  • Terdapat layanan konsultasi karir.
  • Dapat diakses oleh siapa saja dengan tampilan platform yang mudah dan praktis digunakan, baik via website maupun mobile. 
  • Berkolaborasi dengan universitas / industri / profesional dalam penyediaan konten. 
  • Tersedia kursus gratis online maupun berbayar dengan diskon dan harga terjangkau.

Benefit yang bisa didapatkan dari QuBisa

Melalui  platform kursus online QuBisa, kita bisa memperoleh berbagai benefit sebagai berikut: 

  • Akses tak terbatas ke seluruh kursus Online QuBisa. 

Kita bisa belajar kapan saja dan di mana saja melalui video dari para instruktur ahli di bidangnya. Kita bisa belajar mengenai berbagai topik karena konten yang tersedia begitu banyak dan beragam di berbagai pilihan kategori. Dengan QuBisa, kita bisa belajar untuk mendukung perkembangan karir dan perkembangan pribadi. 

  • Belajar sesuai dengan kecepatan masing-masing

Kita dapat menikmati akses seumur hidup ke kursus yang tersedia di website maupun aplikasi belajar online QuBisa. Tak masalah kapanpun kita ingin mengulang pembelajaran.

  • Bergabung jadi instruktur di QuBisa 

Platform belajar online Indonesia QuBisa tempatnya para profesional yang senantiasa ingin berkembang. Jika kamu punya skill dan pengalaman di bidang tertentu, kamu bisa berbagi ilmu dengan bergabung menjadi instruktur QuBisa. 

Kamu mau belajar mengupgrade skill dan pengembangan diri juga? Coba deh belajar online gratis di QuBisa. 


|Baca juga: 

Tips membuat desain portofolio profesional 

Tips mendapatkan beasiswa pendidikan

Komentar

  1. Solusi bnaget saat pandemi kayak gini bisa mengasah skill dengan kursus online ya mbak

    BalasHapus
  2. Kalau ada yg gratisannya, ibarat ujicoba kita bisa ikutan itu dulu ya sambil mengenal lebih jauh sistem pembelajaran nya. Kalau udah paham, bisa naik ke level yg berbayar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Teh, jadi istilahnya trial juga ya. Pas mantap dengan pilihan jenisnya bisa dilanjutkan dengan yang berbayar biar makin fokus belajarnya

      Hapus
  3. Dengan ikutan Kursus online akan menambah kualitas diri kita akan bernilai lebih. Lebih cerdas dan bisa mudah naik pangkat pekerjaan

    BalasHapus
  4. Wiwin | pratiwanggini.net11 Maret 2021 06.18

    Pandemi membawa hikmah. Kita jadi tahu bahwa banyak banget sumber belajar online. Mau gratis atau berbayar, semuanya ada. Tinggal pilih aja sesuai kebutuhan.

    BalasHapus
  5. Bisa di coba nih ya. Apalagi gratis

    BalasHapus
  6. bagus baanget nih, akses tak terbatas dan sepanjang waktunya itu sangat memudahkan ya buat yang benar-benar ingin belajar.
    meski IRT wajib kudu harus juga dong punya semangat belajar yang tinggi untuk selalu upgrade diri biar terus up to date ya ;)

    BalasHapus
  7. Nah bener nih daripada banyak waktu luang terbuang percuma, coba kursus aja ya. Siapa tau bisa meningkatkan level karir.

    BalasHapus
  8. Aku sempet lho ikut webinar di Qubisa. Singkat padat gitu webinarnya. Pengen juga ikutan kursusnya. Banyak pilihan, sampai bingung...

    BalasHapus
  9. Waah baru tau soal platform belajar online QuBisa ini. Bagus banget nih buat belajar di masa-masa gabut gini, bisa nambah banyak ilmu.

    BalasHapus
  10. Wah ada Road map karir dan konsultasi soal karir, bisa ngobrol banyak hal buat dikonsultasikan, sehingga punya pandangan nantinya mau melanjutkan karir yang seperti apa

    BalasHapus
  11. Jadi, nggak ada ceritanya nggak bisa mengupgrade skill karena nggak bisa kursus di masa pandemi. Semua bisa teratasi dengan teknologi. Kita bisa ambil kursus online seperti di Qubisa misalnya. Cucok sih buat IRT yang seolah nggak bisa terpisahkan dari rumah. Hehehe

    BalasHapus
  12. Qubisa emang platform pelatihan yang lengkap ya kak. Banyak ilmu dan pelatihan gratis di sana. Aku juga lagi belajar kursus gratis keuangan nih dari Qubisa. Ayo sama2 belajar ya.

    BalasHapus
  13. Sekarang ini asal mau belajar, skill bisa didapat dari kursus online ya. Trus skill yang dipelajari juga update, sesuai dengan jaman sekarang n langsung bisa diaplikasikan di dunia kerja.

    BalasHapus
  14. salfok ama webinarnya itu yang berjudul "membedah indigo", gimana tuh isi kelasnya yaa.. haha apakah scientific pendekatannya atau bakal full mistis gitu?

    BalasHapus
  15. Qubisa ini ada yang gratisannya juga? Kirain saya semua berbayar macam skill academy atau coursera. Lumayan bisa coba-coba dulu yg gratisnya buat uji kecocokan.

    BalasHapus
  16. Wah bagus bgt nih kursus online gratis, bisa direkomendasikan buat pelajar dan mahasiswa.

    Apalagi melalui Qubisa ini lumayan ada benefit yg didapet ya..

    BalasHapus
  17. Kalau mau lihat jadwal yang bulan depan kemana ya mba? di webnya adakah? pengen nambah skil nih

    BalasHapus
  18. kursus online gratis Public Speaking Gaya Millenial menarik juga untuk diikuti, apalagi keterampilan softskill seperti ini sudah pasti diperlukan

    BalasHapus
  19. Saya sudah, Mbak
    Sekarang lagi nyari kursus bahasa dan SEO Advance

    BalasHapus
  20. Tema yang disajikan Qubisa memang banyak yang menarik ya. Apalagi kalau gratis, semakin semangat deh belajarnya. Maklum tim mak irit garis keras, hehe. Kalau ada yang gratisan dan bagus, kenapa harus bayar. Duh duh...

    Tapi tetep sih, kalau memang temanya menarik dan butuh yang lebih advance, harus rela keluarin kocek :)

    BalasHapus
  21. ini sama kayak Skill Academy itu kah mb? semakin bnyk platform belajar harusnya kita semakin berilmu yah mak

    BalasHapus
  22. Pokok semasa pandemi, entah itu kursus berbayar atau kelas online gratis, aku suka ikutan. Supaya internet gak percuma dan habis buat drakoran doang. Lunayan kan, dapet ilmu dan sertifikat juga hehe

    BalasHapus
  23. Keren dan menggoda nih kursus gratis di Qubisa ini. Ceki-ceki ke tekape deh. Kepengen tahu ada apa aja di bulan Maret. Barangkali saja ada yang cocok untuk diikuti.

    BalasHapus
  24. Ada jurusan desain grafis enggak ya .. pengen belajar ini dari dulu.


    Berarti sistemnya online, tetap tatap muka atau via apa mba belajar nya

    BalasHapus
  25. Wah banyak juga ya pilihan webinar dan kursusnya. Aku jga pengen ikutan kelas publik speaking, mbak soalnya aku kalau ngomong di depan umum gitu pasti cepet banget dan nggak lancar

    BalasHapus
  26. Belajar bisa dimana aja dan kapan aja yaa kak. Salah satunya melalui platform online Qubisa ini. Banyak banget yaa ragam pilihan pelatihannya.. wah seneng banget aku. Bisa ikutan belajar donk

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Sistersel, Cara Zuper Memulai Usaha Online Produk Fashion & Beauty

Berguru kepada Emak-emak KEB

Skenario Mengisi Liburan Seru dengan Sepeda Impian