Tips membuat desain PPT yang menarik dan mudah

Tips membuat desain ppt

Presentasi merupakan sebuah cara mengomunikasikan informasi yang ditujukan kepada audiens dengan menggunakan bantuan media slide presentasi. Sebagai alat pendukung presentasi, desain ppt memiliki peran yang penting dalam menunjang kesuksesan penyampaian presentasi. Desain slide presentasi yang baik tidak hanya penting untuk menarik perhatian audiens, tetapi juga berguna membantu kelancaran jalannya penyampaian dan tercapainya tujuan presentasi tersebut. 

Jaman sekarang, sebagian besar orang dituntut untuk dapat menyampaikan presentasi, entah itu berkenaan dengan tugas sebagai pelajar atau mahasiswa, atau tuntutan profesi. Untuk itu, kita dituntut juga untuk dapat menyiapkan slide presentasi yang baik. Meski tidak memiliki keahlian khusus dalam bidang desain, kita bisa kok membuat desain slide yang menarik. Lagipula, sudah banyak tools yang dapat membantu kita membuat slide presentasi yang oke. 

Sebagai perangkat yang memang didedikasikan untuk membuat slide presentasi, Microsoft PowerPoint memiliki fitur-fitur yang lebih dari cukup untuk keperluan tersebut. Kita hanya perlu sedikit mengulik fitur-fitur di dalamnya agar dapat menggunakannya secara efektif untuk membuat desain PowerPoint yang menarik. 

Tips sederhana untuk membuat desain PPT yang menarik dengan mudah

✓Gunakan tema (template) PowerPoint yang menarik dan sesuai 

Template PowerPoint (Gambar: powerpointify)
Daripada membuat slide presentasi sendiri dari nol, gunakan tema (custom theme) atau template PowerPoint yang sudah tersedia. Microsoft PowerPoint sudah memiliki tema built-in yang bisa kita gunakan secara gratis. Namun, jika kita ingin tema yang beda dan belum banyak dipakai orang, gunakan tema premium yang disediakan di web penyedia template PowerPoint. Kita bisa juga memakai tema PowerPoint gratis yang bisa didownload dari website penyedia. 

Dengan menggunakan tema ini, kita tinggal fokus menambahkan konten kita sendiri ke dalam template yang sudah ada sehingga tidak perlu capek-capek membuat desainnya dari awal. Menggunakan tema PowerPoint sangat membantu untuk membuat desain ppt yang menarik, terlebih bagi kita yang tidak memiliki keahlian desain. Kita hanya perlu memilih tema yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan penyajian materi presentasi yang akan dibawakan.

✓Gunakan layout slide built-in 

Menggunakan layout slide built-in dari PowerPoint membantu kita membuat konten slide lebih mudah. Dengan memanfaatkan fitur ini, kita tinggal menambahkan konten materi baik berupa teks, gambar, dan sebagainya dalam kerangka layout yang sudah tersedia. Tinggal pilih layout atau tata letak yang sesuai dengan konten yang ingin disajikan dalam slide. 

Layout slide built-in PowerPoint (gambar: Microsoft)

✓Coba gunakan skema warna yang berbeda 

Kita dapat mencoba berbagai variasi skema warna yang berbeda untuk mendapatkan desain slide yang menarik secara visual. Kita mungkin saja menemukan tema PowerPoint yang sesuai, namun kurang cocok dengan pilihan kombinasi warnanya. Cobalah varian warna yang berbeda, dan kita akan mendapatkan berbagai pilihan tampilan warna alternatif yang bisa digunakan.

✓Buat konten yang singkat namun padat 

Fungsi silde presentasi adalah sebagai alat bantu, sedangkan presentasi yang sebenarnya adalah apa yang disampaikan secara verbal. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak memuat konten terlalu banyak dalam slide. Cukup sajikan poin-poin yang penting. Hindari menggunakan kalimat-kalimat yang terlalu panjang karena hanya akan membuat audiens malah sibuk membaca slide, bukannya memperhatikan penjelasan kita. Penyajian materi yang terlalu banyak dalam slide juga berpotensi membuat audiens lelah akibat banjir informasi.

✓Gunakan huruf yang tepat dan mudah dibaca 

Pastikan huruf-huruf yang digunakan dalam teks mudah dibaca audiens, termasuk yang duduk paling belakang. Gunakan jenis font yang mudah dibaca, tidak terlalu tipis, dengan ukuran font yang cukup untuk bisa dibaca dengan jelas dari jarak jauh. Pertimbangkan kontras warna antara teks dengan latar belakang. Hindari penggunaan background yang terlalu ramai yang dapat mengganggu keterbacaan teks. Sebaiknya gunakan background yang bersih dengan warna yang cukup kontras dengan teks agar mudah dibaca. Pertimbangkan juga pencahayaan dan hasil proyeksi slide dari projector yang mungkin mengaburkan warna teks. 

✓Gunakan alignment teks yang konsisten 

Gunakan alignment teks dengan orientasi yang konsisten agar slide kelihatan lebih rapi dan profesional, serta nyaman dilihat.

✓Edit slide via slide master 

Slide master PowerPoint (gambar: Microsoft)

Lakukan pengeditan yang memerlukan konsistensi antar-slide via slide master. Hal ini sangat membantu untuk menghemat waktu dan tenaga. Cukup edit satu slide master, kita sudah dapat melakukan perubahan yang sama di semua slide. Jadi gak perlu capek edit slide satu persatu. Misalnya untuk menambahkan logo pada semua slide dengan posisi dan ukuran yang konsisten, atau membuat gaya teks yang seragam di semua slide.

✓Gunakan elemen visual dalam penyajian konten slide 

Kreasikan konten slide agar lebih menarik dengan menggunakan elemen-elemen visual seperti gambar, ikon, infografis, grafik/diagram, juga video. Gunakan gambar yang relevan dan menarik perhatian audiens. Ikon dapat dimanfaatkan untuk memoles slide agar lebih menarik secara visual, misalnya untuk menggantikan bullet point. Fakta dan data bisa disajikan lebih menarik dengan diagram, grafik, atau infografis sesuai kebutuhan. Bila perlu, kita dapat menyisipkan video yang dapat menunjang materi yang disampaikan dalam presentasi.

✓Gunakan animasi PowerPoint 

Agar slide presentasi lebih atraktif dan dinamis serta tidak membosankan, gunakan animasi PowerPoint dalam slide. Penggunaan animasi juga berguna untuk membantu mengatur bagaimana konten slide ingin dimunculkan di hadapan audiens. Misalnya untuk mengatur agar konten dalam satu slide tidak sekaligus tampil bersamaan. Kita bisa mengatur agar konten ditampilkan menurut urutan yang diinginkan sesuai alur penjelasan verbal. Hal ini menambah harmonisasi antara konten visual dengan penjelasan dalam presentasi. Dengan demikian, penggunaan animasi yang tepat dapat membantu menarik perhatian dan fokus audiens sehingga presentasi lebih efektif.

Animasi PowerPoint (gambar: Microsoft)

Itulah beberapa tips yang dapat diterapkan untuk membuat desain ppt yang menarik. Meski tampak sederhana, pada praktiknya membuat desain PowerPoint yang menarik tetap saja bisa memerlukan usaha dan waktu yang cukup menyita, terlebih jika kita belum terbiasa/terlatih. Lalu, bagaimana jika kita perlu presentasi namun tidak memungkinkan membuat desain ppt sendiri? Tenang, ada solusinya, kok. Kita bisa menggunakan jasa desain ppt. Sudah banyak kok desainer freelance yang menawarkan jasa ini, misalnya via platform website freelancer. 

Jadi, jangan sepelekan desain slide PowerPoint, ya. Desain slide yang baik turut membantu kelancaran presentasi. Jangan sampai kita membuatnya asal-asalan. Terapkan tips-tips membuat desain PowerPoint yang oke. Jika tidak bisa membuatnya sendiri, tidak ada salahnya meminta bantuan penyedia jasa desain presentasi yang profesional. 

Selamat mencoba! 

|Baca juga:

Komentar

  1. Penggunaan animasi memang bermanfaat supaya presentasi yang disajikan lebih menarik.

    Namun, kadang kalau terlalu banyak animasinya justru membuat file ppt itu jadi gede.

    Kalau ppt-nya itu untuk kita pakai sendiri sih okay, tapi kalau untuk boss dan harus di-email, otomatis jadi berat ngirimnya.

    BalasHapus
  2. dulu aku sering banget bikin PPT pakai animasi dll..
    sekarang lebih suka makai canva dan google slide..

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Rekomendasi Gadget Terbaik Versi Pricebook Editorial Choice

Yuk Kursus Online Gratis untuk Nambah Skill & Pengembangan Diri

Yuk Waspada Anemia Defisiensi Besi untuk Generasi Indonesia Sehat & Kuat