7 Jenis Minuman Alami Penurun Kolesterol


Kita tentu sering mendengar mengenai makanan sehat yang bisa membantu menurunkan persentase kolesterol dalam tubuh. Selain itu, apakah sudah pernah mendengar juga mengenai minuman penurun kolesterol yang bisa kita konsumsi? Ada beberapa jenis minuman yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol yang sangat tinggi pada darah. 

Minuman sehat memang sangat bermanfaat tidak hanya untuk menurunkan kolesterol, akan tetapi bisa menjaga tubuh agar tetap bugar dan tentunya kebutuhan vitamin dan mineral bisa terpenuhi.

Bermacam Pilihan Minuman Penurun Kolesterol

Menurunkan kolesterol tidak hanya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat kolesterol, suplemen penurun kolesterol, serta makanan penurun kolesterol pada darah saja. Ternyata ada beberapa jenis minuman berikut ini yang terbukti bisa membantu untuk mengurangi kadar kolesterol.

Jus Buah Apel

Buah serta sayuran terbukti mempunyai kandungan serat yang tinggi, maka dari itu sangat  baik dikonsumsi untuk menurunkan persentase kolesterol tinggi pada darah. Lalu apakah aman jika buah dikonversi menjadi sebuah minuman jus?

Jus apel mempunyai kandungan serat serta polifenol yang bisa meningkatkan kesehatan organ jantung, terbukti menurunkan kadar kolesterol. Oleh karena itu jus apel dipandang sebagai salah satu minuman penurun kolesterol.

Polifenol yang ada di minuman penurun kolesterol ini bisa menghindarkan timbunan kolesterol jahat (LDL) di pembuluh darah arteri. Karena timbunan itu bisa menimbulkan sejumlah kasus kesehatan seperti penyakit serangan jantung maupun stroke. 

Minuman penurun kolesterol
Jus apel & jus jeruk

Jus jeruk 

Jus selanjutnya yang dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol bila diminum secara teratur adalah jus jeruk. Minuman ini mempunyai kandungan antioksidan yang sangat tinggi, terutama flavonoid, carotenoid, serta asam askorbat.

Bila minuman ini diminum secara teratur, jus jeruk bisa membantu menurunkan persentase keseluruhan kolesterol serta kolesterol LDL pada darah. Apabila teratur mengkonsumsi minuman ini, kandungan vitamin C serta asam folat pada tubuh juga akan meningkat.

Untuk merasakan manfaatnya, maka harus teratur mengkonsumsi sekurang-kurangnya 750 mililiter (ml) jus jeruk setiap harinya dalam jangka waktu satu tahun.

Jus Alpukat

Sama dengan dengan jus buah yang lainnya, jus alpukat adalah salah satu pilihan yang cocok jika dikonsumsi menjadi minuman penurun kolesterol. Buah alpukat sendiri adalah sumber dari lemak tidak jenuh yang bagus untuk dikonsumsi, terutama bagi mereka yang merasakan kegemukan atau bobot tubuh berlebihan.

Buah ini dipercaya bisa meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan persentase kolesterol LDL pada darah di pasien kegemukan. Harus diingat, jika membuat jus alpukat, tidak boleh menambah gula atau pemanis yang lain.

Jauhi juga menambah susu cair coklat yang sering ditambahkan di jus alpukat. Karena hal ini akan menambah jenis pemanis yang sama dengan persentase gula darah dalam tubuh dan tentunya tidak baik untuk kesehatan. 

Jus Buah Delima

Jus delima

Dibandingkan jus apel, minuman jus delima memang jarang terdengar. Meski sebenarnya, jus delima mempunyai faedah yang bagus menjadi minuman penurun kolesterol. Kenapa? Karena minuman ini mempunyai kandungan antioksidan sama seperti yang ada di apel, polifenol.

Tetapi, persentase polifenol serta antioksidan yang lain ada di buah ini lebih tinggi daripada bermacam tipe buah-buahan yang lain. Faktanya, kandungan antioksidan yang ada di buah ini berjumlah 3 kali lipat bisa lebih banyak dibandingkan antioksidan yang ada di teh hijau.

Antioksidan dikenal bisa memberikan perlindungan pada kesehatan organ jantung, bisa menurunkan persentase LDL atau kolesterol jahat pada darah. Tapi, harus diingat, jangan memberikan gula jika mengkonsumsi jus delima ini.

Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu minuman yang dipercaya bisa menjadi penurun kolesterol. Sama dengan dengan minuman-minuman yang sudah dijelaskan tadi, pada teh hijau ada catechins, yaitu polifenol aktif yang bisa membantu untuk perlindungan organ jantung dengan penurunan persentase kolesterol pada darah.

Jika mengkonsumsi teh hijau bisa menurunkan persentase kolesterol jahat (LDL) serta keseluruhan kolesterol pada darah, ini juga berlaku untuk orang yang mempunyai bobot tubuh tidak  normal atau kegemukan. Tak hanya itu, dengan teratur mengkonsumsi minuman penurun kolesterol ini, dipercaya juga bisa mengurangi potensi kasus kesehatan jantung akibat kolesterol yang tinggi.

Kunyit Asam

Jika lebih menyukai minuman yang lebih tradisional, kita dapat mengkonsumsi kunyit asam untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Kandungan kurkumin yang ada di kunyit dipercayai bisa menurunkan persentase kolesterol jahat serta keseluruhan kolesterol pada darah. Persentase kolesterol pada orang yang mengkonsumsi kurkumin, condong lebih menurun dibandingkan yang tidak memakannya sama sekali. 

Susu Kedelai

Susu kedelai

Minuman lain yang dapat diminum jika ingin menurunkan kadar kolesterol adalah susu kedelai. Ya, kedelai atau minuman dan makanan yang dibuat dari kedelai memiliki potensi membantu menurunkan kolesterol yang tinggi pada darah. Hanya dengan teratur mengkonsumsi 1/2 gelas susu kedelai setiap harinya, kolesterol LDL pada darah bisa turun sampai 5-6 persen.

Kesimpulan

Minuman alami penurun kolesterol ini terbukti sangat baik jika dikonsumsi secara teratur dan sesuai dengan anjuran ahli gizi atau dokter. Agar lebih terasa manfaatnya, sebaiknya dibarengi dengan melakukan olahraga yang rutin dan menerapkan pola hidup yang sehat. 

Meskipun minuman tersebut sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, sebaiknya jauhi minuman penurun kolesterol ini terlalu berlebihan. Apalagi jika dibarengi dengan memiliki keadaan kesehatan pribadi yang kurang baik atau mengkonsumsi obat, sebaiknya bertanya dan berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi minuman ini. 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan kesehatan ya... 

|Baca juga: 

Makanan pendukung gizi seimbang anak

Cara cantik hidup sehat ala Dr. David 


Komentar

  1. makasih infonya, hanya yang belum nyoba jus delima

    BalasHapus
  2. Rempah-rempah juga bagus mbak untuk menurunkan kolestrol jahat seperti daun salam dan ketumbar. Infonya bagus banget nih. Untuk jaga-jaga mana tau ada yang perlu rekomendasi bahan alami untuk menurunkan kolestrol.

    BalasHapus
  3. Ternyata semuanya sering kukonsumsi. Kecuali apel karena aku cuma suka apel jenis terterntu :D Kalo delima ... selama ini males karena makannya repot. Belum nyoba ngejus delima sih. Ntar panpakan nyoba ah.

    BalasHapus
  4. wah ternyata banyak juga ya jus buah yg bisa menurunkan kolesterol
    semua jus kesukaan ku

    BalasHapus
  5. Minum jus alpukat selain bisa mengenyangkan, bantu menurunkan kolesterol juga ya. Dan mengingat banget nih kadang suka pakai susu cokelat, harusnya nggak dicampurkan ya

    BalasHapus
  6. Eih baru tau banget kalau minum jus alpukat bisa bantu turunkan kolesterol. Tapi tentunya nggak pakai susu kental manis yang banyak dong ya. Biar gula darah nggak naik tinggi.

    BalasHapus
  7. Makanya jus jeruk itu bisa digunakan buat detox juga ya. Yuni pernah disarankan sama teman sekos pas masih kerja di Semarang. Katanya, coba deh minum air perasan jeruk mbak. Buat detox gitu. Ternyata malah bagus untuk menurunkan kolesterol ya.

    BalasHapus
  8. Jus apel aku sering konsumsi Is, kebetula kolesterolku beberapa bulan ini sedang tinggi. Makasih sharingnya yah.

    BalasHapus
  9. Aku baru tau kalo kolesterol bisa diturunkan dgn minuman enak2 ini. Dulu ayahku setiap udah naik kolesterolnya minumnya air rebusan bawanh putih T.T

    BalasHapus
  10. Wah, ternyata, jus-jus yang enak serta menyegarkan bisa menurunkan kolesterol. Yang penting kita rajin ya mengonsumsinya. Insya Allah kolesterol bisa turun.

    BalasHapus
  11. Selama ini kita fokus pada makanan penurun kolesterol, eh ternyata daftar minuman di atas juga sangat penting peranannya ya.

    Saya paling suka jus alpukat, dan sekarang lagi rajin banget mengonsumsi jus alpukat bikinan sendiri, biar lebih hemat dan lezat dong, hehehe...

    Very nice info. 👍👍

    BalasHapus
  12. Jus alpukat juga ya ka? Taunya daun alpukat yang bisa menurunkan kolesterol, kalau buahnya juga bisa enak nih aku suka alpukat

    BalasHapus
  13. Kalau keluarga di rumah seringnya bikin kunyit asam, karena orang rumah produksi untuk beberapa orang pesan untuk dikonsumsi sebagai jamu. Wah ternyata ini juga berfungsi untuk menurunkan kolestrol yaa.

    BalasHapus
  14. Kupikir dulu yang harus waspada kolesterol cuma orang gemuk aja. Ternyata orang kurus kek aku juga ga boleh anggap sepele. Jadi beberapa tahun belakangan aku emang lagi banyakin konsumsi buah. Cuma aku lebih suka dimakan langsung sih, ngga dijus. Hehe

    BalasHapus
  15. wah jus apel dan alpukat bisa untuk menurunkan kolesterol juga yaaaa? mudah dan mesti dicoba banget nih, makasi infonya yaaa

    BalasHapus
  16. Menarik sekali ini beberapa jenis minuman penurun kolesterol. KEbetulan suamiku ada indikasi kolesterol juga. Bisa buat rekomendasi doi nih

    BalasHapus
  17. Saya baru tahu kalau susu kedelai bisa turunin kolesterol
    Saya salah sangka tak pikir lemak susu ga boleh sama yang kolesterol tinggi

    BalasHapus
  18. Pas baca ini jadi keingetan punya susu kedelai fresh dari abang-abang yang sering lewat dan belum dihangatkan di atas kompor haha. Meluncur ke dapur.

    BalasHapus
  19. Beberapa minuman di ataa tuh favoritku, seperti teh hijau, apel, jeruk, sampai kunyit asam. Uwaah, seger banget kalau udh minum itu, ternyata bisa menurunkan kolesterol juga ya :D tp perlu diperhatikan utk jgn kemanisan biar manfaat seimbang

    BalasHapus
  20. Teh hijau ini hampir tiap hari aku konsumsi. saya pernah dengar sih kalau teh hijau itu mempunyai khasiat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

    BalasHapus
  21. Wah baru tahu nih kalau jus alpukat juga bisa menurunkan kolestrol secara saya doyan minum jus yang satu ini soalnya. Hehe.

    BalasHapus
  22. Eh, jus jeruk bisa dibuat menurunkan kolesterol juga?

    Tapi amam gaksih buat yang punya penyakit lambung?

    BalasHapus
  23. alpukat, emang paling enak sih. Dirumah suka bikin jus alpukat atau hanya alpukat kocok disiram madu. enak sekali

    BalasHapus
  24. Aku selama ini hanya tahu teh hijau aja, ternyata banyak yg lain ya.. susu kedelai juga. Tapi alpukat lebih enak kayanyaaa.

    BalasHapus
  25. Baru kali ini aku tahu kalau jus buah delima bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kita. Tapi buah delima ini juga nggak gampang ya mendapatkannya. Kalau jus yang lainnya sih mudah-mudah saja cari di toko-toko buah.

    BalasHapus
  26. Terimakasih ya mba infonya, ini bener2 bermanfaat bgt jadi kalo kolesterol tinggi tinggal minum susu kedelai aja nih

    BalasHapus
  27. Wah makasih banyak mbak infonya, kolesterol memang sangat berbahaya jika tidak dikendalikan tapi aku baru tahu nih kalau susu kedelai bisa menurunkan kadar kolesterol

    BalasHapus
  28. Setuju banget, menjaga pola makan yg baik tentunya harus dibarengi dengan olahraga juga. Kolesterol turun, tubuh jadi sehat

    BalasHapus
  29. Kalau yang juice aku sering konsumsi nih, tapi pengen nyoba yang lainnya juga deh. Kebetulan aku memang selalu bermasalah dengan kolestrol dan gak mau minum obat, pengen yang alami aja menurunkannya.

    BalasHapus
  30. paling enak memang menurunkan kolesterol dengan cara yg alami ya mbak
    yg paling sering kuminum sih teh hijau

    BalasHapus
  31. Ternyata enggak susah ya bikin minuman alami penurun kolesterol. Itu semua kan mudah didapatkan. Dan enak-enak semua.. Hanya ada satu yang belum saya coba adalah jus delima.

    BalasHapus
  32. Jus apapun jangan ditambah gula ya. Lebih enak kalau dicampur buah lain yang manis. 😁

    BalasHapus
  33. Ternyata banyak ya, minuman alami penurun kolesterol. Kunyit asem termasuk juga. Minuman kesukaan nih, terutama sesudah siklus bulanan...

    BalasHapus
  34. Ah iya banget nih ujian ngejus itu ditanbahind kentak manis hehe. Btw aku paling ngga bisa minum susu kedelai XD

    Eh iya.. Polifenol paling seriny disebut ya di atas.

    BalasHapus
  35. saya baru tau susu kedelain ternyata bisa nurunin kolesterol yaa? kalau saya taunya jus2an buah yang lain ituu hehe juga minuman herbal

    BalasHapus
  36. Kalau rutin, pasti sangat bermanfaat sekali bagi tubuh yaa..
    Aku susah banget niih..merutinkan kunyit asam. Padahal enakeun abis minum..

    BalasHapus
  37. bapakku juga rutin minum jus apel mbak,, alhamdulillahnya doyan juga, klo aku sndiri kurang suka jus apel. uhuhu

    BalasHapus
  38. Aku sering banget minum teh hijau tapi masih pakai gula apa itu tetap bisa menurunkan kolesterol

    BalasHapus
  39. Aku suka banget susu kedelai, apalagi kalo masih hangat. Gurih.
    Makasi sharingnya Mba, tambah pengetahuan setelah membaca..

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

The Lorax Film: Kisah Kota Plastik Tanpa Pohon

Mozaik Bandung: Liburan yang Kacau & Jalan Panjang ke Pondok Hijau

Cara mencukupi kebutuhan Vitamin D3 harian tubuh