Bagaimana Cara Kerja Server? Kamu Bisa Mengetahui Prosesnya di Sini

Cara kerja server
Sumber: freepik.com

Hampir seluruh bidang pemasaran produk dan layanan sekarang dilakukan melalui jaringan internet. Tidak peduli itu media yang dipakai adalah sebuah website, marketplace, maupun media sosial, maka semua itu memanfaatkan server. Hanya saja topik IT yang satu ini masih banyak belum dipahami oleh masyarakat.

Apabila kamu berniat untuk menjadi seorang marketing maupun seller, perlu untuk memahami sekilas tentang cara kerja server. Ini akan membantu kamu dalam mengatasi berbagai macam masalah yang berkaitan dengan server dan tahu bagaimana harus melapor ke tim IT di perusahaan tempat kamu bekerja ketika menghadapi suatu permasalahan berkaitan server.

Apa Itu Server?

Server adalah suatu sistem komputer yang berfungsi untuk menyimpan data. Setiap data yang tersimpan di dalam server ditujukan khusus untuk klien yang melakukan permintaan khusus, agar server menyediakan berbagai informasi yang dicari klien. Terdapat juga fungsi lain dari perangkat tersebut, seperti mengolah berbagai data melalui protokol khusus.

Perangkat ini memiliki performa yang sangat penting dalam sebuah penyedia layanan hosting. Biasanya bagian penyedia layanan hosting akan memiliki perangkat ini dengan ukuran yang sangat besar didukung dengan RAM yang tinggi dan processor handal. 

Cara Kerja Server

Server memiliki banyak jenisnya dan setiap jenis memiliki fungsi yang berbeda. Tak heran bila kamu perlu memahami cara kerjanya untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang berkaitan dengan hal itu. 

Cara Kerja Web Server

Salah satu jenis dari server adalah web server. Jenis ini memiliki mekanisme kerja ketika sudah terdapat seseorang mengetik sebuah alamat website melalui browser. Sisanya informasi yang diketik akan disampaikan ke web server. Komputer yang dipakai seseorang tadi untuk mengetik dan mengirimkan informasi ke web server disebut dengan klien.

Web server menyampaikan informasi dalam website menuju ke klien. Akhirnya seseorang tersebut dapat mengakses informasi yang terdapat dalam suatu website. 

Baca juga : web server termurah di Indonesia klik disini

Cara Kerja FTP Server

Jenis server lainnya adalah FTP server dimana penggunanya akan bisa melakukan upload data ke server tersebut. Alhasil data akan disimpan ke dalam FTP. Secara peraturan, hanya orang yang melakukan upload data yang bisa mengaksesnya pada server itu. Dengan kata lain, tidak ada orang lain yang tidak berwenang dapat akses server tersebut.

Sebagian besar jenis server lainnya juga menjalankan beberapa fungsi yang mirip dengan kedua poin yang telah disampaikan. Hanya saja terdapat sedikit perbedaan pada hal yang dilayani. Beberapa jenis server lainnya adalah mail server, file server, web server, dan lain sebagainya.

Cara Kerja Mail Server

Mail server adalah server yang berkaitan dengan pengiriman dan penerimaan email. Dalam rangka menjalankan fungsinya tersebut terdapat suatu protokol email yang standar. Protokol itu disebut dengan SMTP dan berfungsi untuk mengirimkan pesan maupun menangani permintaan surat yang keluar. 

Protokol lainnya pada Mail Server adalah IMAP dan POP3. Kedua protokol tersebut memiliki fungsi untuk menerima pesan dan mengolahnya. 

Cara Kerja Database Server

Database server berguna untuk mengurangi beban akses data dari klien ke server. Ini bisa dikatakan salah satu perangkat yang berfungsi untuk mempercepat akses suatu website. Database tersebut bisa klien akses secara bersamaan. 

Klien yang mengakses akan melalui front end yang sedang dijalankan dalam komputer pengguna. Kemudian akan menampilkan data yang diperlukan oleh backend pada server. Berbagai tugas yang biasa dijalankan oleh jenis server ini adalah analisis data dan penyimpanan data. 

Cara Kerja DHCP Server

DHCP server adalah suatu server dengan singkatan Dynamic Host Configuration Protocol yang berfungsi untuk memberikan layanan otomatis dengan memberikan IP Address kepada komputer yang melakukan permintaan tersebut. Berkat adanya DHCP ini, maka pihak administrator tidak lagi perlu mengirimkan IP Address secara manual kepada komputer yang memintanya.

Cara kerjanya adalah IP Least request dimana proses yang terjadi saat klien memesan nomor IP kepada server. Selanjutnya DHCP server tersebut memberikan jawaban dengan menyampaikan nomor IP yang terdapat pada database DHCP. Klien menerima penawaran DHCP server dan melakukan pemberitahuan untuk menyetujui peminjaman tersebut menuju ke DHCP server.

DHCP server menjawab pesan tersebut dan memberikan konfirmasi pada nomor IP dengan menggunakan informasi lain berupa acknowledgement kepada klien. Sisanya adalah DHCP klien pemakaiannya sudah dianggap selesai dan nomor IP DHCP server akan dikembalikan kepada yang memerlukan.

Apabila kamu sedang mencari server yang biasa dipakai dalam dunia website, maka bisa menggunakan web server. Penyedia web server yang sudah terkenal dan populer adalah DomaiNesia. Pelanggan akan bisa memilih untuk menggunakan Apache atau Nginx ketika berlangganan. Apabila kamu mengalami kendala pada saat menggunakan layanannya, maka bisa segera menghubungi tim support dan masalah akan cepat terselesaikan.

Komentar

Popular Posts

7 Alasan Ngeblog

The Lorax Film: Kisah Kota Plastik Tanpa Pohon

RajaBacklink, Marketplace Jual-beli Backlink Berkualitas