Sepeda Lipat Dahon, Sepeda untuk Kaum Urban yang Dinamis

Sepeda lipat Dahon Ion
Gambar: sepeda lipat Dahon Ion Denver
Kegiatan bersepeda kini kembali ngetren. Banyak orang kembali tertarik mengendarai sepeda, entah untuk berolahraga, berekreasi sambil menghirup udara bebas, sebagai alat transportasi alternatif untuk pergi ke tempat kerja, ataupun untuk sekadar pergi ke tempat yang dekat-dekat saja dari rumah. Aku pribadi senang dengan tren yang positif ini, karena pernah ada masanya aku begitu rindu suasana lingkungan yang akrab dengan sepeda. Seperti di kampung halamanku dulu, entah sejak kapan tiba-tiba sepeda tampaknya menghilang dari peredaran, tergantikan oleh lalu-lalang sepeda motor. Bersepeda tentu memiliki banyak sisi positif, baik untuk kesehatan fisik (olahraga) dan lebih ramah lingkungan. 

Tren bersepeda kini begitu marak, baik orang tua, muda, maupun anak-anak menggemarinya. Sekarang pemandangan orang bersepeda tak lagi langka. Setiap sore di kompleks tempat tinggalku ramai dengan anak-anak bermain sepeda. Di pagi hari tak jarang pula orang tua yang mengayuh sepeda untuk mengantarkan anaknya pergi sekolah atau untuk berbelanja. Kala weekend, banyak juga orang yang bersepeda di pagi hari untuk berolahraga sembari berekreasi menghirup udara terbuka. Jenis sepeda yang dipakai cukup beragam. Salah satunya yaitu sepeda lipat.

Sepeda lipat tampaknya kini makin diminati karena sifatnya yang praktis dan fungsional, cocok untuk gaya hidup kaum urban. Salah satu merk sepeda lipat yang layak diperhitungkan kualitasnya yaitu sepeda lipat Dahon. Sepeda lipat Dahon dikenal memiliki fitur dan kualitas yang superior, misalnya dari segi pelipatan (foldability), performa, serta variasi ukuran frame dan roda.

Sepeda lipat Dahon sudah eksis lebih dari 35 tahun dan kini penggemarnya tersebar di berbagai belahan dunia. Dahon didirikan pada tahun 1982 oleh Dr. David T Hon. Brand sepeda lipat asal Amerika Serikat tersebut kini hadir lagi di Indonesia dengan harga yang terbilang terjangkau untuk kelasnya. Sekarang Dahon lebih dekat lagi dengan masyarakat Indonesia karena brand ini berkolaborasi dengan Element (PT. Roda Maju Bahagia) menghasilkan Dahon Ion. Sepeda lipat ini diproduksi di Indonesia, tepatnya di Kendal, Jawa Tengah oleh pabrikan yang sama dengan sepeda Element, Police, FoldX, dan Camp.
Sepeda lipat Dahon Ion Eugene
Sepeda lipat Dahon Ion yang pertama kali muncul yaitu seri Eugene dan Chicago. Selain kedua seri tersebut, ada Dahon Ion Denver dan Dahon Ion Madison. Meski dibuat di Indonesia, sepeda lipat Dahon Ion mempertahankan standar kualitas brand internasional Dahon yang sudah teruji puluhan tahun. 
Sepeda lipat Dahon Ion Madison
Memilih sepeda yang tepat tentu memang perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau kebutuhannya bukan untuk berkendara di medan yang berat, tetapi untuk bersepeda di jalanan perkotaan, untuk keperluan pergi-pergi ke kantor, bersepeda saat weekend, sepeda lipat Dahon bisa jadi pilihan tepat. Beberapa kelebihan sepeda lipat antara lain:

Praktis 
Sepeda lipat cocok untuk gaya hidup kaum urban yang dinamis & untuk keperluan mobile. Fitur sepedanya yang bisa dilipat hingga ringkas membuatnya praktis dibawa-bawa. Bentuknya yang kecil dan bobotnya yang ringan gampang dibawa dalam perjalanan, seperti dalam bus dan kereta. Selain itu bisa dibawa kemana saja, gak perlu ditinggalkan di tempat parkir yang rawan pencurian. 

Hemat tempat 
Tidak butuh space yang banyak untuk menyimpan sepeda lipat. 

Nyaman dan aman
Sepeda lipat memiliki roda yang kecil dan tempat duduk yang posisinya relatif lebih rendah dan bisa diatur ketinggiannya, sehingga memungkinkan kaki berpijak ke tanah. Jadi saat berkendara sepeda lipat terasa lebih nyaman dan aman. 

Akselerasi cepat
Sepeda lipat lebih mudah berakselerasi dibandingkan sepeda biasa karena bobotnya yang ringan dan rodanya yang kecil. Sepeda lipat tidak memerlukan banyak tenaga untuk berhenti dan mulai mengayuh lagi, sehingga cocok untuk dikendarai di jalanan kota yang ramai dan macet. 

Terlihat keren
Sepeda lipat bentuknya unik, tampilannya simpel namun tetap elegan. Banyak model sepeda lipat yang desainnya keren. Penambahan aksesoris dapat membuat penampilannya terlihat berbeda dan menarik. 

Biaya perawatannya murah
Karena penggunaannya yang ditujukan untuk sering dibuka-lipat & diangkat-angkat, sepeda lipat dirancang untuk tahan banting. Selain itu, sepeda lipat menggunakan komponen yang lebih simpel dan efisien dibandingkan sepeda gunung dan sepeda balap. Jadi, perawatannya pun lebih gak ribet. Di samping itu, dengan bentuknya yang lebih kecil dibanding sepeda biasa, struktur  sepeda lipat didesain lebih kuat dan kokoh agar dapat menahan beban pesepeda.
Sepeda lipat: praktis & ringkas
Habis browsing tentang sepeda lipat Dahon, aku jadi kepengen punya :D. Salah satu impianku memang memiliki sepeda lipat yang bagus. Dulu sih aku hanya pengen punya sepeda, gak kepikiran jenisnya sepeda lipat. Keinginanku sudah sempat terpenuhi, tapi sedihnya sekarang sepeda tersebut sudah kulepas, terpaksa dijual. Alasannya karena sewaktu pindahan (pensiun jadi anak kost), gak diijinin ortu untuk bawa-bawa sepeda karena ribet, soalnya aku pulang bawa barang-barang pake transportasi umum (elf). Coba kalau sepedanya sepeda lipat, tentu gak seribet itu dibawa kemana-mana.

Lagipula menurutku memiliki sepeda, terlebih sepeda lipat Dahon, itu bisa menjadi sebuah investasi. Sepeda itu moda transportasi yang tak lekang dimakan jaman. Semakin kesini malah terasa semakin perlu moda transportasi yang ramah lingkungan dan sehat buat berolahraga ini.

*Sumber gambar: Blibli

|Baca juga:
Celoteh sepeda, tas punggung, dan beban standar 
Mengisi liburan dengan sepeda impian

Komentar

  1. bener mbak sekarang tren bersepeda kembali boom lagi, dan marak juga yang pakai sepeda lipat, dulu sempet kepikiran pengen punya juga, tapi karena jarang sepedaan, jadi sempet lupa dengan keinginan punya sepeda lagi
    kualitas produk bikinan sendiri nggak kalah bagus dengan merk luar ya

    BalasHapus
  2. Ih aku lebih suka model sepeda Dahon ini drpd yg udh duluan terkenal dan muahaaaalnya ga masuk akal itu :D. Yg ini juga kliatan kokoh.

    Tp suamiku kalo olahraga ga seneng sepedaan mba. LBH suka yg lain. Makanya walopun bersepeda sedang trend, dia ga keikut hypenya. Aku sendiri udh lama bgt ga main sepeda. Trakhir zaman msh sekolah. Ga tau deh msh bisa ato ga ini :D.

    BalasHapus
  3. Pengen banget sepedaan, tapi harga sepeda lagi naik banget :D. Ini model sepedanya Dahon aku bangettt.

    BalasHapus
  4. ini ringan ay dan bisa dilipat dan praktis naruh di rumahnya

    BalasHapus
  5. wah saya jadi makin mupeng mbak beli sepeda
    terima kasih rekomendasinya
    ini bisa buat naik kereta juga karena ada gerbong buat sepeda
    praktis banget ya mbak

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

7 Alasan Ngeblog

5 Aksi Akrobatik Sirkus Kolaborasi Indonesia - Kanada Ini Siap Memukau Wisatawan Bandung

Bandung Kunafe, Oleh-oleh Kekinian Kolaborasi Omesh & Irfan Hakim