5 Tips Liburan Hemat untuk Mahasiswa

Tips liburan hemat untuk mahasiswa
Mengisi masa muda dengan travelling ke berbagai tempat memang menyenangkan. Akan tetapi, keterbatasan finansial kerap menghalangi kesempatan untuk mengenal indahnya dunia. Bagi para mahasiswa, tak perlu khawatir. Kamu tetap bisa berpetualang ke berbagai destinasi yang indah dan mengesankan tanpa perlu membuang banyak uang. Mulai dari mengatur rencana perjalanan hingga memanfaatkan flash sale, berikut 5 tips liburan hemat untuk mahasiswa yang budgetnya pas-pasan. 

  • Pilih waktu liburan yang tepat

Ini merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan bagi kamu yang berencana untuk liburan hemat. Hindari memilih waktu liburan yang umum, seperti saat weekend ataupun hari libur nasional. Sebab, di saat-saat seperti ini biasanya tarif tempat-tempat wisata akan melonjak naik dibanding hari-hari biasa sehingga sangat berpotensi untuk menguras budgetmu. Waktu liburan yang tepat bagi mahasiswa agar tetap hemat adalah waktu dimana orang-orang pada umumnya sedang bekerja ataupun selain hari libur. Hindari juga awal tahun ataupun akhir tahun, sebab biasanya akomodasi akan lebih cepat terisi di dua momen ini. 

  • Manfaatkan statusmu sebagai mahasiswa
Beberapa destinasi wisata biasanya menerapkan tarif khusus yang lebih ekonomis bagi para pelajar atau mahasiswa. Harga khusus ini tentu akan membantumu untuk menghemat budget ataupun mengalokasikannya untuk pos-pos lain yang diperlukan seperti kebutuhan makan ataupun berbelanja. Kamu juga bisa memanfaatkan kartu mahasiswa-mu untuk mendapatkan potongan harga khusus di berbagai tenant mulai dari kuliner hingga aneka barang. 

  • Pilih destinasi yang murah
Pilihlah tujuan wisatamu sesuai dengan budget yang dimiliki. Tipsnya, pilihlah obyek wisata yang belum terlalu populer karena biasanya tarif masuknya akan lebih murah dibanding obyek wisata yang sudah banyak dikunjungi orang. Atau kamu juga bisa mencari informasi mengenai obyek wisata yang baru dibuka, sebab obyek wisata baru kerap memberikan berbagai promo yang menguntungkan bagi para pengunjungnya. Selain tempatnya masih relatif kondusif dan tak terlalu ramai, kamu juga bisa mendapatkan foto yang anti-mainstream di obyek wisata tersebut. Opsi lainnya, kamu bisa mencari obyek wisata yang berada di dekat tempat tinggalmu agar biaya transportasinya dapat diminimalisir. 

  • Ajak temanmu untuk liburan beramai-ramai
Mengajak teman atau rombongan untuk berlibur bersama akan sangat menguntungkan karena dapat membuat budget liburanmu semakin hemat. Biaya akomodasi dapat dibagi rata sehingga jauh lebih murah. Contohnya seperti menyewa satu mobil rental bersama beberapa teman tentu akan lebih hemat dibanding menyewanya sendirian. Begitu pula dengan penginapan, apabila penginapannya memiliki kapasitas menampung banyak orang tentu biayanya akan lebih murah bila dibagi rata dibanding memesan kamar hotel untuk sendirian. 

  • Update informasi mengenai promo yang menguntungkan
Kemajuan teknologi yang sangat pesat saat ini tentu memudahkan bagi manusia untuk mencari beragam informasi. Kamu dapat memanfaatkan kemajuan ini untuk mencari tahu mengenai beragam promo penginapan dan transportasi yang dapat membantumu untuk menghemat budget liburan. Budget liburanmu pasti akan lebih hemat secara signifikan bila kamu mendapat potongan harga di akomodasi pilihanmu. Salah satu promo yang wajib kamu pantau dan jangan sampai kelewatan adalah flash sale Traveloka. 

Tertarik dengan flash sale Traveloka? Nyalakan notifikasi aplikasi Travelokamu dan ikuti update terbaru di berbagai media sosial Traveloka agar tak ketinggalan informasinya. 

|Baca juga:

Komentar

  1. dulu waktu masih berstatus mahasiswa cukup diuntungkan juga dengan promo jika menunjukkan kartu mahasiswa
    sekarang pun masih setia gunain traveloka juga

    BalasHapus
  2. Nyeseeel aku pas kuliah dulu ga banyakin traveling :D. Baru suka traveling pas pacaran Ama pak suami. Dia tuh yang ngeracunin jd tergila2 Ama traveling.tp waktu itu udh kerja.

    Jd blass pas kuliah , ya ga kemana2, kecuali jalan2 hangout Ama temen, itupun ga kluar kota. Dan kyaknya, pas aku kuliah, traveloka juga belum ada sih :D. Ketahuan banget yaa angkatan tua :D.

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

7 Alasan Ngeblog

RajaBacklink, Marketplace Jual-beli Backlink Berkualitas

5 Olahan Makanan Dengan Kacang Almond