Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang untuk Bisnis Online

Jasa pengiriman
Banyak orang memulai usaha dengan berjualan online. Apakah kamu salah satunya? Bisnis online memang merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Jangkauan pasarnya bisa sangat luas, modal usahanya pun cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan jualan di toko fisik. Selain itu, kita bisa berjualan dari rumah. Makanya banyak juga ibu-ibu rumah tangga yang berjualan online untuk mendapatkan penghasilan tambahan.
Nah, salah satu hal penting dalam bisnis online yaitu jasa pengiriman. Jasa pengiriman bisa dibilang merupakan jembatan antara penjual dan pembeli. Jadi, penting banget untuk memilih jasa pengiriman yang tepat untuk menunjang toko online yang dijalankan.

Saat ini sudah banyak pilihan layanan penyedia jasa pengiriman yang bisa dipergunakan oleh para pebisnis online. Tapi, bagaimana memilih jasa pengiriman yang tepat? Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih jasa pengiriman barang dagangan online. Yuk disimak!

- Pilih jasa pengiriman yang terpercaya

Untuk memastikan barang dagangan online terkirim kepada pelanggan dengan aman, tepat waktu, dan efisien, pastikan kita memilih jasa pengiriman yang terpercaya dan sudah banyak digunakan oleh bisnis lainnya. Pilihan jasa logistik yang digunakan akan berpengaruh signifikan terhadap performa toko online yang dijalankan. Memilih penyedia jasa logistik yang terpercaya, kredibel dan memiliki layanan yang berkualitas akan meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan. Hal ini dapat turut menjadi faktor yang menarik pelanggan untuk berbelanja kembali di toko online kita dan menarik pelanggan baru.

- Kecepatan pengiriman

Pembeli online pastinya ingin barang pesanannya segera sampai dan diterimanya. Oleh karena itu, kecepatan pengiriman barang perlu menjadi perhatian karena berhubungan dengan kepuasan pelanggan. Pastikan menggunakan jasa pengiriman yang profesional sehingga barang dapat dikirimkan tepat waktu. Jika diperlukan, kita bisa memilih jasa pengiriman yang menyediakan layanan pengiriman di hari yang sama (same day delivery) atau instant delivery.


- Tarif pengiriman yang jelas & kompetitif 

Biaya pengiriman perlu menjadi bahan pertimbangan ketika memilih jasa pengiriman barang dagangan online. Cek detail tarif pengiriman jasa logistik, biasanya kita bisa lihat infonya di website mereka. Kita perlu mengetahui standar ongkos kirim di jasa pengiriman tersebut, biasanya berdasarkan jarak pengiriman dan berat barang yang dikirim. Dengan demikian kita bisa memperhitungkan biaya pengiriman produk yang dikirimkan.

- Kemudahan tracking pengiriman barang 

Untuk memastikan barang dagangan terkirim sampai tujuan ke tangan pembeli, pilih jasa pengiriman yang menawarkan kemudahan tracking pengiriman barang. Hal ini memungkinkan penjual dan pembeli dagangan online dapat melacak status pengiriman barang. Kita bisa memastikan barang yang dikirim sudah diterima pembeli atau belum. Pembeli juga dapat memantau sendiri kiriman barang pesanannya menggunakan sistem tracking yang disediakan oleh jasa pengiriman paket tersebut.

-  Jangkauan wilayah pengiriman yang tersedia

Cek jangkauan area pengiriman yang dicover oleh jasa pengiriman barang. Semakin luas dan lengkap, tentu lebih baik.  Dengan demikian kendala pengiriman dapat dihindari, terlebih jika kita perlu mengirimkan barang ke alamat pelanggan yang jauh dari kota besar. 

- Pilihan layanan pengiriman yang beragam

Tersedianya pilihan layanan pengiriman yang beragam akan mempermudah kita melakukan pengiriman produk sesuai kebutuhan. Misalnya dari segi waktu pengiriman, ada saat dibutuhkan pengiriman reguler  dan ada kalanya juga dibutuhkan pengiriman instan yang lebih mendesak dibanding biasanya. Demikian pula dari segi armada pengiriman, bisa jadi biasanya cukup dengan motor, ada saat dibutuhkan pengiriman dengan mobil. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika menggunakan jasa pengiriman barang yang menyediakan beragam pilihan layanan pengiriman sehingga dapat mengakomodir kebutuhan pengiriman yang beragam tanpa kendala.

- Jaminan keamanan

Untuk memastikan keamanan barang selama proses pengiriman, pilih jasa pengiriman yang menawarkan jaminan keamanan barang. Hal ini penting untuk menjamin barang yang dikirimkan dari resiko hilang atau cacat/rusak saat proses pengiriman.

GoSend dan GoBox, solusi mudah & cepat untuk kebutuhan pengiriman barang dagangan online

GoSend dan GoBox di aplikasi Gojek
Di antara layanan jasa pengiriman yang dapat dipilih untuk mengirimkan produk dagangan online yaitu jasa logistik dari startup Gojek, yakni GoSend dan GoBox. Kedua layanan ini menawarkan kemudahan bagi pedagang online dalam mengirimkan barang jualannya. Layanan GoSend merupakan layanan pengiriman untuk barang-barang yang kecil (maksimal 20kg). Adapun layanan GoBox merupakan layanan pengiriman untuk barang-barang besar dan pengiriman barang dalam skala banyak (di atas 20 kg).

Dalam mengirimkan pesanan pembeli, tentu kita ingin prosesnya mudah, praktis, nggak repot maupun ribet. Kemudahan proses pengiriman turut membantu kelancaran operasional toko online yang dijalankan. Kebutuhan untuk pengiriman yang mudah tersebut kini dapat terjawab dengan menggunakan GoSend atau GoBox. Soalnya, kedua jasa pengiriman tersebut menawarkan beberapa kelebihan dan kemudahan dalam layanannya. 

Kelebihan GoSend 

Layanan GoSend mudah diakses, bisa via aplikasi Gojek maupun via GoSend Web Portal. Dengan Gosend, kita bisa pilih layanan pengiriman Gosend Instant atau GoSend SameDay. GoSend Instant untuk kebutuhan pengiriman yang bisa sampai dalam waktu beberapa jam, sedangkan GoSend SameDay untuk pengiriman yang tidak terlalu mendesak, namun sampai di hari yang sama. 


Pengiriman dengan GoSend via aplikasi Gojek memiliki 4 kelebihan, antara lain:
  • Pengiriman cepat (waktu pengiriman paket sampai dalam hitungan jam).
  • Tersedia setiap saat (GoSend tersedia 24/7).
  • Memiliki fitur pelacakan lokasi paket dan kurir secara real-time. 
  • Keamanan barang terjamin karena dilindungi asuransi.

GoSend Web Portal merupakan sebuah portal yang memudahkan Mitra Usaha Gojek untuk melakukan banyak pengiriman barang. Pengiriman via GoSend Web Portal juga memiliki 4 kelebihan, antara lain:
  • Tidak ada harga ramai (tak perlu khawatir ada perubahan harga saat peak hour).
  • Mudah dilacak (terdapat notifikasi di portal setiap ada perubahan status transaksi).
  • Mengirim banyak pesanan dalam 1 transaksi (cukup 1 kali pesan untuk pengiriman ke banyak alamat).
  • Dilindungi asuransi.

Kelebihan GoBox

GoBox memungkinkan kita mengirimkan barang-barang berukuran besar maupun dalam skala banyak tanpa repot. GoBox juga menyediakan layanan tambahan untuk jasa bongkar muat & asuransi sesuai kebutuhan. Beberapa kelebihan GoBox antara lain:
  • Proses pemesanan cepat (GoBox tersedia 24/7 kapan saja dibutuhkan).
  • Tidak ada harga ramai (tak perlu khawatir ada perubahan harga saat peak hour).
  • Mudah dilacak (posisi armada GoBox dapat dilacak mulai dari sebelum penjemputan hingga sampai di titik tujuan).
  • Tidak ada batasan jarak pengiriman selama dalam jangkauan layanan GoBox.
  • Pilihan armada yang beragam sesuai kebutuhan (Pick Up Bak, Pick Up Box, Engkel Bak, & Engkel Box).
  • Dilindungi asuransi.


Sudah coba layanan GoSend dan GoBox untuk pengiriman barang dagangan online-mu? Kalau belum, kamu bisa pertimbangkan untuk mulai mencobanya. Terutama jika kebutuhan pengiriman barang jualanmu mayoritas dalam kota yang sama. Untuk pengiriman ke luar kota, saat ini GoSend sudah bekerja sama dengan Paxel, lho. Layanan khusus ini bisa digunakan untuk pengiriman di area Jadetabek - Bandung. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan jasa pengiriman GoSend dan GoBox, kamu bisa cek di website resmi Gojek dan akses langsung via aplikasi Gojek.

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf kuhapus komennya karena mengandung link hidup

      Hapus
  2. Betul. Kalau mudah mengecek dalam pengiriman, kita kena bisa mengira-ngira barang kita sudah sampai mana, dan pastinya aman ya.
    Ke pelosok sekalipun, kalau sudah terjangkau jasa ekspedisi pasti perekonomian akan meningkat

    BalasHapus
  3. Saya juga sering menggunakan layanan GoSend. Saya merasa nyaman menggunakan jasa pengiriman ini. So far tidak pernah ada masalah. Lancar, aman terkendali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya, tips-tips memilih jasa pengiriman ini wajib diketahui sebelum memutuskan pake jasa pengiriman yang mana. Jangan sampai menyesal karena salah pilih.

      Hapus
  4. Makasih tipsnya mba. Iya memang harus selektif pilih jasa pengiriman. Pernah nih bermasalah dg jasa pengiriman. Barang ga nyampe pemilik dan saat diproses lamaaaaa

    BalasHapus
  5. GoSend ini salah satu fitur yang saya andalkan kalo mau kirim2 barang, memang udah dari dulu sih jadi pengguna gojek, ga pernah ngecewain

    BalasHapus
  6. Betul mb, saya juga lagi merintis bisnis online seller. Karena risiko dan modal lebih kecil dibanding kalau buka usaha offline. Dan bener banget, memilih ekspedisi harus hati2. Jangan sampai kejadian paket hilang. Kalau untuk dalam kota,,saya juga ngandelin gosend ini..

    BalasHapus
  7. Aku juga pengguna gosend mba, tapi bukan untuk berjualan tapi pilihan untuk pengiriman barang. Apalagi kalau barang yang dibeli urgent. Jadi cepat sampai dan aman .

    Next kalau punya usaha pun insyaallah pakainya gosend untuk pengiriman ..

    BalasHapus
  8. betul nih, memilih ekspedisi itu harus diperhatikan dengan betul. soalnya kalau salah pilih ekspedisi bisa tokonya yang kena semprot.

    BalasHapus
  9. Aku sering mbak pake gosend..
    Selain lebih cepat, juga aman..
    Jadi tenang kirim barang

    BalasHapus
  10. apalagi skrg tuh yg olshop-an udah pakai jasa pengiriman barang GoSend, kemarin aku jualan jamu mpon-mpon, juga kirim pake GoSend

    BalasHapus
  11. Beberapa kali menggunakan Gosend mbak dan memang cepat dan barang aman sampai ditujuan. Sangat membantu apalagi untuk bisnis online.

    BalasHapus
  12. Sebagai online seller aku setuju banget dengan pertimbangan memilih jasa ekapedisi Mbak. Karena kepuasan pelanggan is #1 hehe

    BalasHapus
  13. Aiih...ternyata mobil pick up itu ada macam-macam yaa..
    Aku kemarin pindahan juga pakai gobox. Tapi suami yang milihin, kayanya aku pakai yang rada gedean deeh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaminan keamanan ini penting banget.
      Karena setiap paket kan pasti brmakna bagi si penerima.

      Hapus
  14. Aku juga punya pengalaman yang bagus dengan GoSend.. Alhmdulillah gak ada yang mengecewakan hehe..Pengen coba yang jarak jauh...

    BalasHapus
  15. Setuju banget mba, jualan online itu asyik. Jangkauan luas, modal lebih sedikit, bisa dikerjain dari rumah. Ingin segera mencoba layanan GoBiz yg terdiri dari GoSend n GoBox. Pernah nyoba gosend, 6k aja. Lagi promo waktu itu.

    BalasHapus
  16. Jaminan keamanan itu menurutku penting banget, soalnya sekarang banyak jasa pengiriman yg gak bisa di percaya kurirnya

    BalasHapus
  17. Walaupun belum ada GoSend di Lamongan, tapi sangat mengapresiasi layanan GoSend dan GoBox dari Gojek Grup. Barang cepat sampai, buat UKM dan UMKM sangat berarti, jadi uang cepat diputar. Untung buat semua, semoga makin kuat dan memudahkan konsumen selama pandemi. sangat bisa diandalkan.

    BalasHapus
  18. Aku udah pernah pake jasa gobox kak..
    Hasilnya memuaskan. Terpercaya karena sebelumnya aku pernah pake jasa dari transportasi lain. Hasilnya aku kecurian. Kalo gobox bisa ditrack dan terpercaya.

    BalasHapus
  19. tarif dan bisa dilacak itu merupakan salah satu keunggulan yang aku utamakan dalam memilih jasa pengiriman. biar aman.

    BalasHapus
  20. Emang harus pilih pilih ya mbak..
    Dan gobox ini pas banget buat pilihan utama

    BalasHapus
  21. Penting banget bagi yang menggunakan jasa pengirimana paket ya kak, aku pun sebagai custumer kalau paket yang aku terima dalam kondisi rusak pastilah merugikan sekali dan pastinya complain

    BalasHapus
  22. Untuk pengiriman produk di kota yang sama, gobox dan go send ini memang sangat bisa diandalkan ya

    BalasHapus
  23. Saya semakin gregetan saja sama semua inovasi gojek dengan segala turunannya ke ini. Beneran bermanfaat...

    Kapan dong ke Cianjur ini (ga jauh dari JKT/Bdg padahal) gojek masuk?

    BalasHapus
  24. Jika memiliki usaha yang berbasis online memang sudah seharusnya untuk mengutamakan jasa pengiriman yang tepat. Karena hal ini untuk memastikan produk yang kita pesan sampai dengan tepat waktu.

    BalasHapus
  25. Iya banget nih...dengan tarif yang sudah ditentukan sedari awal, pasti bakal memudahkan banget untuk sang pengirim.
    Aku sejak pandemi hobi banget tukeran buku sama temen menggunakan Gosend.
    Praktis dan mudah.

    BalasHapus
  26. Penting banget ini jaman skrg apa lagi di masa pandemi ini banyak ekspedisi terkenal yg dulu nya ontime skrg malah pd molor. Tapi gosend tetep top gak pernah kendor

    BalasHapus
  27. Semua pertimbangan di atas, saya pikirin banget supaya gak salah memilih. Waktu pindah rumah, saya pun memilih gobox. alhamdulillah sampai dengan selamat barangnya

    BalasHapus
  28. Baru kemarin saya pesan jajanan yang dikirim dengan GoSend. Saya kira, hanya pesanan saya saja namun ada beberapa pesanan yang dilakukan dalam sekali pengantaran. Senangnya, driver-nya juga menghubungi saya sebagai pemesan. Pun penjualnya melakukan hal yang sama. Senang sekali menggunakan layanan GoSend ini.

    BalasHapus
  29. Setuju Mbak,, pengiriman paket dengan GoSend cepat banget sampenya, hitungan jam selesai, suka deh pake GoSend

    BalasHapus
  30. GoSend ini emang membantu banget deh tuk yang jualan online, saya baru coba GoSend nih karena GoBox belum ada layanan di Kotaku :)

    BalasHapus
  31. Sering banget kirim2 pakai Go Send, hanya sekarang kayaknya bisa Intercity ya mbak? Udah pernah nyoba kah mbak? Aku belum pernah nyobain, penasaran sih sama service nya go send yang intercity

    BalasHapus
  32. wah sudah abnayk variasinya, keren ini

    BalasHapus
  33. Konsumenku juga yang dipertimbangkan pertama harga pengiriman, kedua cepat sampai eheheh kalo cepet jadi idola ya mba kayak gosend ini

    BalasHapus
  34. Kalau sesama kota aku lebih suka pake gosend sih, lebih cepat dan aman juga.harganya jg terjangkau

    BalasHapus
  35. Tipsnya cucok buat pebisnis zaman now, oia Teh kalo saya emang udah instal, udah coba gosend tapi gobox belum semoga suatu saat bisa pake juga buat jualan kembang hahah

    BalasHapus
  36. Saya pelanggan setia GoSend nih..tapi tuk GoBox saya belum pernah coba hehe

    BalasHapus
  37. jasa pengiriman barang juga emang bener bener harus dipilih yang terbaik emang yaaa, soalnya pernah juga ngalamin keterlambatan gitu dan customernya protesnya tetep ke kitanya huhuhuhu

    BalasHapus
  38. Gojek memang andalan nih... Saya udah sering pakai gosend, tapi kalau gobox belum pernah coba...

    BalasHapus
  39. Aku lumayan sering pake gosend buat kirim-kirim same day teh. Apalagi kalau ada barang yang ketinggalan pas lagi urgent. Udah paling bener gosend. Kalau GoBox mah buat pindahan cocok ya.

    BalasHapus
  40. Andalan saya nih Gosend buat kirim barang jualan hehe, lumayan jadinya cepet pengiriman apalagi kalau dalam kota.

    BalasHapus
  41. makasih tipsnya ya ka nice review

    BalasHapus
  42. Sekarang asyik banget membangun UMKM ya?
    Karena banyak start up yang bantu
    Salahsatunya startup Gojek, dengan GoSend dan GoBox.
    Tekun aja berproduksi, sisanya serahkan mereka ^^

    BalasHapus
  43. iya aku juga pakai gosend nih kalau untuk keperluan belanja atau jualan online. Beneran kebatu deh jaman sekarang ada yang seperti ini

    BalasHapus
  44. Aku suka pake GoSend buat pemesanan barang maupun pengiriman paket jualan online, Teh :)

    BalasHapus
  45. Jadi inget masa masa dulu aku jualan online juga, betul masalah pengiriman itu penting banget. Sekarang gosend sudah bisa keluar kota juga ya! Asik sekali, makasiih infonya yaa mbak Euis .

    BalasHapus
  46. Menggunakan jasa pengiriman barang wajib bangett buat aku mba. Soalnya ak di rumah ada usaha craft and fashion. Makasih tipsnya mba Is

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

7 Alasan Ngeblog

RajaBacklink, Marketplace Jual-beli Backlink Berkualitas

5 Olahan Makanan Dengan Kacang Almond