Memilih Rumah Sakit yang Tepat untuk Melahirkan

Memilih rumah sakit yang tepat untuk melahirkan

Menjelang kelahiran sang buah hati dalam kandungan, ada rasa bahagia sekaligus harap-harap cemas. Hal yang lumrah dirasakan oleh ibu hamil saat akan menghadapi proses persalinan yang entah kapan tepatnya, akan bagaimana prosesnya, apakah normal dan lancar tanpa masalah. Terlebih saat hamil anak pertama, ketika bumil belum familiar dengan proses luar biasa ini karena belum pernah mengalaminya. Saat-saat jelang persalinan ini tentunya banyak hal yang perlu dipersiapkan, termasuk persiapan untuk melahirkan di rumah sakit pilihan.

Memang sih, melahirkan gak mesti di rumah sakit. Bisa juga di klinik bersalin, puskesmas, atau di rumah kalau memungkinkan. Tapi umumnya rumah sakit menjadi pilihan untuk bersalin karena lebih aman dengan adanya tenaga medis yang kompeten dan fasilitas yang lengkap, serta layanan pasca persalinan lainnya, termasuk penanganan yang lebih optimal untuk bayi baru lahir yang memerlukan penanganan khusus. Jadi kalau ada kendala dalam persalinan bisa diantisipasi dan ditangani langsung. 

Pertimbangan dalam memilih rumah sakit untuk melahirkan

Kita tentu ingin proses melahirkan dijalani dengan nyaman dan tenang. Hal ini perlu ditunjang dengan banyak faktor, termasuk dokter dan tenaga medis yang membantu persalinan, serta fasilitas dan hal lainnya terkait rumah sakit tempat bersalin. Oleh karena itu kita perlu memilih rumah sakit yang tepat dan sesuai kebutuhan. 

Beberapa kriteria rumah sakit yang dapat dipertimbangkan misalnya reputasi rumah sakit, kualitas dokter dan tenaga medisnya, teknologi dan fasilitas persalinan yang tersedia, jarak rumah sakit dari rumah, serta biaya rumah sakit yang sesuai budget. Jika hendak menggunakan asuransi, pastikan asuransi yang dimiliki diterima di rumah sakit tersebut. 

Kita bisa mencari informasi terkait rumah sakit tersebut via online di websitenya dan berkunjung atau survey langsung. Kita bisa cari tahu juga tentang reputasinya via online melalui review pasien dan klien rumah sakit tersebut maupun bertanya langsung kepada saudara/teman yang pernah melahirkan di sana. Lagipula sekarang ini mencari informasi rumah sakit tidaklah sulit, kita juga bisa mencarinya dengan bantuan website atau aplikasi khusus kesehatan seperti Halodoc. 

Mencari informasi rumah sakit dan dokter via Halodoc

Mencari rumah sakit via Halodoc
Mencari info rumah sakit di Halodoc cukup mudah, bisa berdasarkan lokasi atau ketik langsung nama rumah sakitnya maupun kata kunci lainnya seperti poliklinik dan prosedur medis. Ambil contoh misalnya RS Columbia Asia Medan. Via Halodoc, kita dapat mengetahui informasi umum tentang rumah sakit tersebut, termasuk alamat, no. Telepon, petunjuk lokasinya, fasilitas rumah sakit yang tersedia, serta poliklinik yang ada dan informasi dokter yang berpraktek di sana. 

Info rumah sakit di Halodoc
RS Columbia Asia Medan merupakan salah satu contoh rumah sakit umum dengan fasilitas persalinan yang cukup lengkap. Fasilitas yang dimiliki rumah sakit ini antara lain Farmasi, Bank Darah, Instalasi rawat inap, IGD, medical check up, instalasi radiologi, Unit Perawatan Intensif, ambulans, instalasi rawat jalan, instalasi bedah, instalasi laboratorium, ruang tunggu, instalasi bersalin, Neonatal Intensive Care Unit (NICU), dan Pediatric Intensive Care Unit (PICU). Fasilitas NICU merupakan unit perawatan intensif khusus untuk bayi yang baru lahir hingga usia 28 hari dengan kondisi kritis atau memiliki gangguan berat. Misal kondisi bayi lahir prematur, gagal napas, cacat bawaan yang berat, terkena infeksi parah, dehidrasi, atau pendarahan hebat, maka bayi tersebut perlu dirawat di ruang NICU. Adapun fasilitas PICU merupakan unit perawatan intensif khusus untuk bayi mulai dari usia 28 hari dan anak-anak hingga remaja berusia 18 tahun dengan gangguan kesehatan serius atau dalam kondisi kritis.

Di samping mencari info rumah sakit, via Halodoc kita bisa juga melakukan pencarian berdasarkan nama dokter maupun berdasarkan spesialisasinya. Jadi gak sulit kalau misal mau mencari informasi dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang ada di rumah sakit tersebut, bahkan bisa buat janji secara online juga.

Mencari informasi dokter RS via Halodoc 
Selain menemukan informasi rumah sakit dan dokter, Halodoc juga dapat digunakan untuk berbagai kemudahan lainnya dalam mengakses layanan kesehatan, kapan dan dimana saja. Misalnya untuk komunikasi langsung dengan dokter (via chat, voice/video call), beli obat dan kebutuhan medis lainnya, layanan apotik antar dan pemeriksaan laboratorium di rumah (tersedia di kota-kota tertentu), akses perlindungan kesehatan (asuransi yang sudah bekerja sama dengan Halodoc), dan beberapa fitur lainnya seperti catatan kesehatan, reminder minum obat, upload resep untuk beli obat, artikel kesehatan, dan metoda pembayaran yang mudah (via Halodoc Wallet, Gopay, dan kartu debit/credit). 


Memilih rumah sakit untuk bersalin berdasarkan budget

Besar dana yang dikeluarkan untuk melahirkan akan tergantung dengan rumah sakit yang dipilih serta fasilitas/layanan yang digunakan. Oleh karena itu sebaiknya cari informasi terlebih dahulu perkiraan biaya melahirkan di rumah sakit tersebut, biaya persalinan normal maupun Caesar. Perhitungkan juga biaya kamar rumah sakit seandainya diperlukan rawat inap. Apabila akan menggunakan asuransi, pastikan biaya apa saja yang ditanggung berikut limitnya. Sebaiknya siapkan dana darurat untuk antisipasi jika terjadi masalah dalam persalinan yang mengakibatkan biaya persalinan membengkak. 

Terkenang pengalaman pertamaku melahirkan dulu, keputusanku dan suami dalam memilih rumah sakit untuk bersalin berdasarkan asuransi yang dimiliki. Jadinya sejak awal gak terlalu bingung memilih dengan banyaknya pilihan rumah sakit dan klinik bersalin. Kebetulan asuransi yang dimaksud hanya dapat digunakan di 2 rumah sakit tertentu di kota kami. Soal reputasi dan kompetensi dokter berikut tenaga medis lainnya, keduanya sama-sama baik. Akhirnya pilihan jatuh kepada rumah sakit yang biayanya lebih ramah budget dan kebetulan ada kerabat yang sudah pernah melahirkan di sana. Kebetulan stafnya lebih ramah juga, hehe. Meski pada akhirnya biaya persalinan tidak jadi memakai asuransi tersebut sih, tetapi diselesaikan dengan BPJS. Alhamdulillah karena persalinan normal, kondisi ibu dan bayi sehat, tidak perlu rawat inap. Malamnya melahirkan, esok paginya bisa langsung pulang. Tidak ada pembengkakan biaya yang dikhawatirkan.

Semoga sharing tentang memilih rumah sakit yang tepat untuk bersalin ini bermanfaat ya. Kalau ada yang mau sharing atau cerita juga tentang hal ini, boleh yuk silakan di kolom komentar...

Komentar

  1. wah rumah sakit colombia ini lengkap banget ya mba, fasilitasnya ok dan dia punya banyak cabang. apalagi udah kerjasama dgn halodoc, memudahkan kita buat cari tau atau bikin janji rs di sana :)

    BalasHapus
  2. memang halodoc iytu keren, aplikasi yang sangat membantu

    BalasHapus
  3. memang aplikasi halodoc itu keren

    BalasHapus
  4. Persalinan di rumah sejak beberapa tahun ke belakang gak dibolehin teh di daerahku. Minimal harus ke tempat praktek bidan desa.
    .
    Wah keren nih Halodoc, kita bisa cari rumah sakit dan juga dokter spesialis termasuk buat bersalin ya. Pesen obat juga bisa. Hwaaa auto ngepoin :)

    BalasHapus
  5. Menggunakan aplikasi Halodoc, untuk urusan kesehatan jadi bisa lebih mudah, ya. Terutama untuk mencari rumah sakit yang rekomended

    BalasHapus
  6. Noted Mbaaaakkkk. Wah, selama ini saya nggak kepikiran buat nyari RS untuk persalinan pakai Halodoc, padahal pengguna Halodoc. Thanks insightnya ya Mbaaa....

    BalasHapus
  7. Makasih Mba Is, udah direkomendasikan.
    Aku juga masih program, harapannya bisa melahirkan juga di rumahsakit yang punya fasilitas apik.
    Halodoc ini aku pernah pake buat konsultasi dan beli obat. ternyata bisa juga buat milih rumah sakit ya.

    BalasHapus
  8. Aplikasi halodoc ternyata sangat berguna ya, tidak hanya konsultasi dengan dokter, tapi bisa mencari info tentang rumah sakit juga. Makasih sharingnya mba, aku akan ceritain untuk temenku yang butuh info rs bersalin di Medan.

    BalasHapus
  9. nah iya penting banget nihh, karena masa pandemic ini harus banyak- banyak pertimbangan untuk memutuskan dimana rumah sakit yg tepat untuk bersalin, keren ini halodoc.

    BalasHapus
  10. Memang ya dalam memulih RS untuk melahirkan tuh harus bener bener difikirin.. seperti aku pertama kali melahirkan.. udah pilih pilih dan inginnya lahiran nyaman dan alhamdulillah semoga doa dan harapan terwujud.. nice to share mbak

    BalasHapus
  11. Aku juga pakai halodoc untuk pengobatan pertama kalau bingung harus minum obat apa. Daripada antri di RS mending pertolongan pertama dulu dngan Halodoc.Menurut ku cukup efektif.

    BalasHapus
  12. Aku udh mikirin banget dulu mau melahirkan dimana, soalnya aku parnoan krn ga pernah dirawat di RS. Jd ak cari RS bagus yg dokternya pengalaman bgt base on rekomendasi di forum2.

    Klo mau cari info medis baru aku buka Halodoc.

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Daftar Harga Keju Mozarella dari Merk-merk Populer di Pasaran

Skenario Mengisi Liburan Seru dengan Sepeda Impian

Novel Milea: Suara dari Dilan