Wisata Kampung Cai Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas (foto2: @ranca_upas, wisataidn)
Kampung Cai Ranca Upas adalah bumi perkemahan yang terbuka untuk umum. Tapi bukan berarti wisatawan yang datang ke sini harus berkemah. Kamu boleh kok berkunjung ke tempat ini tanpa menginap dan menikmati berbagai hiburan yang ada.

Berkemah di Alam Terbuka
Tempat ini lengkap sekali, bisa untuk wisata perorangan, anak muda, hingga keluarga. Bagi yang suka berkemah akan suka camping di tempat ini. Camping ground-nya dikelilingi oleh hutan lindung dan hawanya sejuk khas daerah pegunungan.
Keluarga yang memiliki anak-anak juga bisa berkemah di sini. Pas sekali, terletak di alam luar yang asri alami namun aman dan tidak menyeramkan. Burung-burung masih banyak terdapat di sini, sehingga mungkin sekali saat bangun pagi sudah dihibur kicauan burung yang sibuk mencari makan.
Seru berkemah di sini, untuk makan kamu bisa memasak di outdoor. Bisa menggunakan api unggun atau kompor portable. Setelah makan kamu bisa istirahat sambil duduk di tepi danau kecil yang ada di sini.
Untuk berkemah kamu bahkan tidak harus membawa tenda sendiri. Perlengkapan berkemah disewakan di sini seperti tenda dengan berbagai ukuran, sound system, sleeping bag, matras, dan lain-lain. Bahkan dijual juga kayu bakar untuk membuat api unggun.
Bercengkerama Dengan Rusa
Kampung Cai Ranca Upas juga terkenal sebagai tempat penangkaran rusa. Hewan lucu ini jinak-jinak kamu bisa berinteraksi dengan mereka. Beli saja wortel yang banyak dijual di tempat ini, dan beri makan rusa-rusa itu.
Rusa-rusa dilepas di sebuah tempat terbuka namun berpagar. Pengunjung disediakan panggungan untuk melihat-lihat dan memberi makan rusa.
Penting untuk diingat, jangan sekali-kali memberi makan rusa selain pakan/wortel yang kamu beli di area penangkaran. Menurut saya karena dikhawatirkan rusa akan rewel makannya jika terbiasa dengan makanan selain dari penangkaran. Selain itu yang lebih penting lagi kesehatan rusa bisa terganggu jika diberi makan sembarangan.
Keseruan Lain
Tidak hanya berkemah dan bermain dengan rusa, perkemahan ini juga menawarkan bermacam hiburan lain. Kamu bisa mandi-mandi di kolam air hangat, bermain air di waterboom, berkeliling sambil bergaya naik ATV, atau outbond bersama teman-temanmu.
Yang ingin berwisata sambil berolahraga pas banget berkunjung ke tempat ini. Kamu bisa jogging, jalan cepat, atau bersepeda dengan sepeda sewaan.
Transportasi Terbaik Menuju Kampung Cai Ranca Upas
Bermobil dari Bandung ke Kampung Cai Ranca Upas akan memakan waktu sekitar 1,5 jam. Mobil memang pilihan transportasi yang paling ideal mengingat tempat ini letaknya masuk ke dalam hutan. Untuk mereka yang tidak membawa mobil sendiri bisa menyewanya di Dirgantara Rental Car, perusahaan sewa mobil ternama di Bandung.

|Baca juga:
Merapat ke Ciwidey: Wisata Situ Lembang
5 tempat wisata bertema kebun indah bermekaran di Bandung
Wisata ke Trans Studio Bandung, tempat seru-seruan ngisi liburan

Komentar

  1. wah main di alam memang menyenangkan

    BalasHapus
  2. Waktu itu pernah mau ikutan open trip ke Ranca Upas, eh belum kesampaian. Sunrise-an di sini seru yaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Daftar Harga Keju Mozarella dari Merk-merk Populer di Pasaran

Skenario Mengisi Liburan Seru dengan Sepeda Impian

Novel Milea: Suara dari Dilan