Mau Dapat Kerja di Singapura? Intip yuk Tipsnya!

Singapura
Sebagai sebuah negara yang sangat maju di Asia, Singapura tak hanya menarik dikunjungi untuk tujuan liburan saja. Kesempatan bekerja di Singapura juga menjadi impian banyak orang. Ya, daripada hanya sekedar berlibur ke Singapura, pernah terpikirkan, gak, bekerja dan menetap di sana? Yah, kenapa tidak? Bekerja dan menetap di Singapura tentunya dapat menambah memperkaya pengalaman kita.

Untuk liburan, kita biasanya semangat mencari info panduan wisata di Singapura. Nah, kalau mau kerja di Singapura, bagaimana caranya? Simak yuk beberapa tips yang dapat mulai dipraktekkan.

- Ikuti test kelayakan kerja

Namanya mencari kerja, pasti ada usaha dan persiapan yang perlu dilakukan. Apalagi berburu kesempatan bekerja di Singapura. Sebagai langkah awal mempersiapkan diri, kita harus mengikuti tes online yang dibuat oleh Kementerian Tenaga Kerja Singapura. Jangan lupa juga mencari tahu beberapa informasi seperti kuota ijin, latar belakang pendidikan dan pekerjaan. Cek aja langsung di Pass Self Assessment Tool (SAT). Nantinya hasil test ini dapat menjadi penunjang buat langkah selanjutnya.

- Cermat memilih bidang industri

Di Singapura, beberapa bidang industri tengah berkembang demikian pesat. Negara maju yang satu ini memang menjadi tuan rumah bagi banyak pasar. Yang terbanyak ialah para profesional di bidang finansial atau keuangan. Kalau mau nyoba bekerja di Singapura untuk jangka pendek, bisa coba cari peluang pekerjaan di bidang industri pariwisata. Umumnya kerja di bidang pariwisata cukup menguntungkan. Selain turn over-nya cukup tinggi, bisa bekerja sambil mengeksplorasi wisata di Singapura. Asyik juga, kan.


- Melamar via portal job online

Saat ini sudah lumrah mencari dan melamar lowongan pekerjaan secara online, termasuk untuk lowongan kerja di luar negeri. Beberapa situs lowongan kerja juga menyediakan informasi lowker di negara-negara tetangga. Jobstreet, JobsCentral, dan Monster, adalah contoh beberapa situs yang banyak digunakan di Singapura.

- Networking

Dalam dunia kerja, networking alias memperluas jaringan merupakan suatu hal yang penting. Hal ini berlaku juga ketika hendak mencari peluang kerja di Singapura. Dari mana memulainya? Salah satunya bisa coba berkunjung ke berbagai grup tempat kita bisa berkenalan dengan perekrut Singapura. Misalnya The Hub, Meetup, The Singapore, dsb. Jangan lupakan juga media sosial tempat para profesional internasional berkumpul, yakni LinkedIn. Media tersebut dapat dimanfaatkan untuk tujuan professional networking.

- Apply Visa

Jika sudah memperoleh tawaran pekerjaan di Singapura, hal penting yang harus dilakukan yaitu mengajukan permohonan visa kerja.
Ada beberapa jenis visa kerja yang perlu diketahui, di antaranya yaitu:
  • Employment Pass untuk profesional dengan gaji >3300 SGD
  • EntrePass untuk wirausahawan yang ingin membuka bisnis di Singapura
  • Personalized Employment Pass untuk profesional dengan gaji tinggi dan ijin kerja
  • S Pass, jenis visa paling umum untuk pekerja dengan gaji >2200 SGD.

Untuk mengajukan permohonan visa kerja di Singapura, cukup memerlukan tawaran pekerjaan dan menyiapkan biaya pendaftarannya. Pengajuan visa kerja dapat dikirimkan secara online dan memerlukan waktu sampai sekitar 7 hari.

Nah, itulah beberapa tips untuk hunting job di Singapura yang bisa coba dipraktekkan.
Good luck!

|Baca juga:

Komentar

  1. Bekerja di Singapura? Sound great. Keren aja gitu bisa kerja di luar negeri dan itu dengan cara yang nggak ilegal.

    BalasHapus
  2. Trims mba..
    Salam kenal dari saya, Santi di riau

    BalasHapus
  3. Gimana ya rasanya kerja di singapura tanpa agen? Mungkin akan menjadi sangat seru ya.

    BalasHapus
  4. LinkedIn ini kalo dioptimasi bisa bawa pengaruh yang powerful ya. Jadi inget thread di twitter yang ngajarin cara bikin akun LinkedIn tampak profesional

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Segar & Wangi Sensasi Mandi Parfum dengan Vitalis Body Wash

The Lorax Film: Kisah Kota Plastik Tanpa Pohon

Novel Milea: Suara dari Dilan