Masih Sekolah? Simak 5 Jenis Investasi yang Bisa Kamu Mulai

5 jenis investasi untuk pelajar

Berinvestasi adalah kebutuhan bagi semua orang di segala lapisan usia. Bagi kamu yang masih sekolah, investasi bisa menjadi cara ampuh untuk menabung sekaligus mengatur keuangan. Dengan memiliki investasi pelajar sendiri, kamu tidak perlu cemas memikirkan biaya pendidikan seandainya suatu saat orang tuamu sudah tidak bisa membiayai lagi.

Kesulitan yang banyak dipikirkan oleh anak-anak sekolah untuk mulai berinvestasi adalah mendapatkan modal. Untuk langkah awal, kamu bisa menabung sedikit demi sedikit. Setelah cukup, ada 5 jenis investasi pelajar yang bisa kamu pilih. Apa saja? Simak uraiannya berikut ini!

1. Deposito
Dibanding menabung, deposito banyak dipilih karena penyetoran dan penarikannya hanya bisa dilakukan setelah jatuh tempo. Suku bunga yang ditawarkan pun cukup tinggi yakni berkisar antara 5-8% sehingga dapat memberikan keuntungan yang lumayan. Karena sifatnya berjangka, deposito ini cocok kamu jadikan untuk simpanan pendidikan. Misalnya, untuk persiapan biaya masuk kuliah.

2. Menabung Emas
Berbeda dengan membeli emas yang mengharuskanmu mengeluarkan uang dalam jumlah banyak sekaligus, menabung emas hanya butuh modal kecil. Saat ini ada banyak platform yang menawarkan program menabung mulai dari 0,001 gram saja. Artinya, hanya dengan modal di bawah Rp1 jutaan, kamu sudah bisa memperoleh keuntungan dari kenaikan harga emas.

3. Reksadana
Reksadana merupakan salah satu produk investasi yang banyak disarankan untuk pemula, termasuk pelajar yang belum punya cukup pengalaman maupun dana seperti kamu. Ada banyak pilihan produk reksadana yang bisa kamu temukan secara online. Beberapa di antaranya bahkan bisa dimulai hanya dengan modal Rp100 ribuan saja.
Dengan tingkat pengembalian yang cukup tinggi, reksadana menawarkan sistem investasi yang ringkas dan mudah dipahami. Kamu hanya tinggal memilih produk investasi yang aman, kemudian alokasikan uangmu ke sana.

4. Barang Koleksi
Kamu punya hobi mengumpulkan benda-benda seni atau barang unik? Meski terdengar sepele, kalau kamu memilih koleksi yang benar ini bisa jadi investasi yang cukup menjanjikan. Beberapa barang-barang koleksi yang mulai dijadikan investasi antara lain komik edisi khusus, Lego hingga buku-buku tua.

5. Peminjaman Online
Platform peminjaman online juga bisa menjadi pilihan investasi pelajar yang menjanjikan. Dengan sistem bagi hasil, dalam waktu kurang dari 6 bulan kamu sudah bisa memperoleh keuntungan yang lumayan. Sistem pendaftarannya pun mudah, modalnya kecil dan bisa dilakukan secara online.
Salah satu platform pembiayaan berbasis syariah yang bisa kamu lirik sebagai tempat investasi pelajar adalah qazwa.id. Tidak hanya beroperasi secara legal di bawah pengawasan OJK, kamu juga bisa membantu para pengusaha yang membutuhkan modal dengan sistem pembiayaan bebas riba.

|Baca juga:

Komentar

  1. kayaknya deposito deh pilihan saya

    BalasHapus
  2. Saya prefer ke menabung emas dan reksadana. Hanya saja yuni belum punya info mengenai reksadana yang bagus.

    BalasHapus
  3. Sepertinya saya lebih suka dengan Reksadana. Hmm...

    BalasHapus
  4. Waktu masih sekolah, investasi saya adalah membeli buku-buku motivasi dan pelatihan kewirausahaan.
    Alhamdulillah sangat bermanfaat.

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Review Dove Inner Glow Facial Foam, Pembersih Wajah untuk Kulit Kusam Agar Tampak Bercahaya

Review Medela Harmony, Pompa ASI Manual dengan 2 Tahap Ekspresi

Quiet, The Power of Introverts [Wishful Wednesday #6]