Tips Perpaduan Warna Cat Untuk Rumah Tampak Elegan

Mendekorasi rumah memang kegiatan yang mengasyikkan. Kita bisa berkreasi sesuka hati untuk menata rumah agar bisa menjadi hunian yang cantik, indah, dan nyaman ditinggali. Termasuk dalam hal memilih warna dinding rumah, kita bebas menentukan akan menggunakan warna apa untuk membuat suasana rumah yang menyenangkan. Ada kalanya kita ingin bereksperimen menghasilkan gradasi baru dengan membuat kombinasi warna. Hal ini memang menyesuaikan preferensi masing-masing. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin menghasilkan perpaduan warna yang cantik untuk hunian.

Tips dan Trik Perpaduan Warna Cat Rumah

Setiap ruangan di sudut rumah memiliki karakteristik masing-masing, baik dari segi bentuk, ketinggian ruangan, maupun panjang dan lebarnya. Untuk bisa memadukan warna yang sesuai, kita perlu memahami sifat ruangan di dalam rumah. Dengan kombinasi warna diharapkan akan lebih menghidupkan suasana rumah sehingga lebih segar dan tidak membuat bosan. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menciptakan perpaduan warna yang estetik untuk rumah lebih cantik.

1. Tentukan konsep dan model ruangan

Sebelum lebih jauh memilih warna apa untuk menghias rumah, pertama kita perlu menentukan terlebih dahulu konsep ruangan. Hal penting yang harus diingat adalah apapun konsep ruangan yang dipilih, hendaknya menyesuaikan fungsi ruangan. Di masa modern ini telah banyak muncul beragam inovasi konsep ruangan yang menarik, seperti konsep klasik, konsep minimalis, konsep modern tropis, dan lain-lain. Jika telah ditentukan konsep ruangannya, barulah kita bisa menyesuaikan warna cat yang akan digunakan. 

2. Sesuaikan dengan ukuran ruangan

Untuk menentukan perpaduan warna cat rumah yang tepat, kita juga perlu memperhatikan ukuran ruangan. Luas sebuah ruangan harus dipertimbangkan sebelum menentukan kombinasi warna. Misalnya, untuk ruangan sempit kita tidak bisa terlalu banyak menggunakan kombinasi warna gelap karena akan membuatnya tampak lebih sempit. Sebaliknya, pada ruangan yang lebih luas kita bisa bermain lebih bebas dalam mengkombinasikan warna.

3. Tentukan sudut rumah yang akan ditonjolkan

Setiap ruangan di dalam rumah memiliki karakteristik masing-masing yang menjadi daya tariknya. Untuk membuat tampilan rumah yang indah, kita perlu menonjolkan daya tarik masing-masing ruangan dengan kombinasi warna cat yang tepat. Menentukan sudut yang akan ditonjolkan sangat penting, karena kombinasi warna yang akan dipilih diharapkan bisa membuat all out daya tarik ruangan. 

4. Manfaatkan cakram warna untuk memilih kombinasi yang sesuai

Pada dasarnya, ada tiga warna utama yang menjadi komposisi dasar warna yaitu kuning, merah, dan biru. Perpaduan warna dapat tercipta dengan mengkombinasikan warna dasar tersebut sehingga menghasilkan beragam warna turunan yang banyak. Dengan memanfaatkan cakram warna, kita bisa mendapatkan kombinasi paling harmonis dan paling serasi untuk dipadukan. Kita bebas memilih kombinasi warna yang senada atau kontras, menyesuaikan selera.

5. Gunakan warna yang berbeda sebagai batas tiap ruangan

Bagian rumah terdiri dari berbagai ruangan yang masing-masing saling bersandingan dan memiliki fungsi beda-beda. Misalnya, ruang keluarga dengan fungsinya sebagai tempat berkumpul dan bersantai, ruang dapur untuk memasak dan menyiapkan berbagai makanan, ruang kamar untuk tidur dan beristirahat, dan lain-lain. Untuk membedakan ruangan berdasarkan fungsinya ini, kita bisa membuat kombinasi warna yang berbeda. Perbedaan ini bisa sebagai sekat sekaligus batas antar ruangan. 

Itulah tips menciptakan perpaduan warna yang menarik untuk rumah. Kita bisa menggunakannya sebagai referensi memperindah hunian dan membuatnya lebih nyaman. Kita bisa mengunjungi asianpaints.co.id untuk mendapatkan lebih banyak informasi bermanfaat seputar menciptakan tempat tinggal idaman yang menawan.

|Baca juga:

Komentar

  1. Memperpadukan warna ini memang bisa membantu mempermudah untuk menentukan warna yang bagus ya

    BalasHapus
  2. Saya memang biasanya suka bingung nih Mbak dalam menentukan warna untuk mengecat rumah

    BalasHapus
  3. Wah iya nih Mbak memang di sudut rumah mempunyai karakteristik yang berbeda nih ya

    BalasHapus
  4. Setiap ruangan sebenarnya memang perlu diberikan warna yang berbeda untuk memberikan batas yang jelas setiap ruangan.

    BalasHapus
  5. Teriakasih atas tips nya, Kak. pasti akan sangat membantu untuk yang bingung dalam memadukan warna seperti saya heheh.

    BalasHapus
  6. Pemilihan warna kadang saya ma istri susah sepakat. Beda selera

    BalasHapus
  7. Saya malah kepikiran untuk ngecat kamar warna item wgwgw. Lebih dark, tapi kayak, yaaaaaa bagus karena saya suka warna item :D

    BalasHapus
  8. Pas renovasi rumah th 2014an, saya dan suami agak pusing milih warna cat rumah. Ternyata salah pilih memang membuat suasana rumah jadi kurang nyaman ya.. Tipsnya sangat bermanfaat.. Bisa diterapkan nanti..

    BalasHapus
  9. aku suka warna soft buat tembok

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Review Dove Inner Glow Facial Foam, Pembersih Wajah untuk Kulit Kusam Agar Tampak Bercahaya

Review Medela Harmony, Pompa ASI Manual dengan 2 Tahap Ekspresi

Quiet, The Power of Introverts [Wishful Wednesday #6]