Candi Borobudur, Melihat Megahnya Candi Budha Terbesar di Dunia

Candi Borobudur
Candi Borobudur yang memiliki total 72 stupa merupakan candi terbesar di dunia. Pada Candi Budha satu ini kita bisa menemukan lebih dari 1000 relief penuh makna yang bercerita tentang kehidupan. Tidak heran candi ini selalu ramai menarik pengunjung. Sejarah dan kemegahannya banyak membuat orang kagum.

Tetapi Borobudur bukan hanya tentang Stupa, Patung, atau relief Candi Borobudur, kamu akan menemukan lebih di sini. Penasaran?
Mengenal Candi Borobudur

Di bangun pada Wangsa Syailendra oleh Raja Mataram saat itu yakni Samaratungga, Borobudur membutuhkan waktu sekitar 60 tahun. Pembangunannya ditujukan untuk persembahan kepada dewa Indra, sebagai bukti penganut Buddha yang taat.

Pada Borobudur relief yang paling sering diperhatikan adalah Karmawibhangga Sutra. Ini berisi tentang hukum sebab akibat yang terjadi pada kehidupan manusia. Digambarkan pula sifat buruk yang berasal dari nafsu.

Selain Karmawibhangga Sutra, ada pula relief Lalitavistara, Gandavyuha, Awadana dan Jataka yang panjangnya lebih dari 2.5 Km. Relief ini terdiri dari 1212 panel yang berada pada bagian Rupadhatu.


Fasilitas Borobudur

Seperti yang dikatakan tadi, ada banyak hal yang bisa kamu temukan di Borobudur, seperti misalnya fasilitas berikut :
  • Food Court
  • Toko Souvenir
  • Penginapan 
  • Guide 
  • TIC (Tourist Information Center) 
  • Mushola 
  • Toilet 
  • Tempat Parkir
Jam Buka Borobudur

Candi Borobudur buka jam 6 pagi hingga pukul 5 sore, setiap harinya baik itu hari libur maupun hari kerja. Saat hari libur, kompleks candi sangat ramai jadi sedikit sulit untuk mengeksplor semua bagian candi secara detail. Sebaiknya jika ingin lebih leluasa, kamu bisa datang saat hari kerja, pagi hari atau sekitar jam 3 sore sebelum tutup.

Saat datang ke Borobudur ada kegiatan lain yang bisa kamu lakukan selain mengagumi relief, stupa atau patung. Kamu bisa menyimak sendiri daftarnya di bawah ini :
  • Naik Gajah 
  • Memandikan Gajah 
  • Memberi Makan Gajah 
  • Menengok Galeri Unik & Seni Borobudur Indonesia (GUSBI) 
  • Melihat Museum Kapal Samudraraksa
Lokasi dan Rute ke Borobudur

Lokasi Candi Budha terbesar di dunia ini berada di Kabupaten Magelang, tepatnya Jalan Badrawati, Kecamatan Borobudur, Jawa Tengah.

Rute yang paling mudah untuk menuju Borobudur jika kamu dari pusat Kota Jogja adalah lewat jalan KH Ahmad Dahlan. Dari sini, kamu terus ke utara sampai menemui Jalan Letjen Suprapto dan masuk ke Jalan Tentara Rakyat Mataram. Selanjutnya ambil jalan keluar pertama saat sampai di bundaran dan masuk ke Jalan Tentara Pelajar.

Sampai sini, kamu sudah berada di jalur Magelang – Jogjakarta, lalu ambil jalan menuju Jalan Mayor Kusen ke arah barat. Terakhir kamu cukup mengikuti jalan sampai ke pertigaan dan masuk ke Jalan Jendral Sudirman, selanjutnya tinggal lurus dan sampai di area Borobudur.


Harga Tiket Borobudur

Tiket masuk Candi Borobudur sempat mengalami beberapa perubahan , untuk tarif tiket yang baru, kamu bisa melihatnya di bawah ini :

Tiket
Harga
Tiket Dewasa (WNI)
Rp 50.0000
Tiket Dewasa (WNA)
Rp 353.000 atau setara 25 Dollar Amerika
Tiket Pelajar (WNA)
Rp 212.000 atau setara 15 Dollar Amerika
Tiket Anak-anak
Rp 20.000
Parkir Mobil
Rp 20.000
Parkir Motor
Rp 3.000
Parkir Bus
Rp 30.000
Naik Gajah
Rp 250.000
Memandikan Gajah
Rp 20.000
Memberi Makan Gajah
Rp 15.000
Museum Kapal Samudraraksa
Rp 100.000

Wah, ternyata selain melihat kemegahan Borobudur, kamu juga bisa merasakan pengalaman lengkap bersama gajah hingga memandikannya. Memang sih biayanya cukup mahal, namun kamu bisa mengakalinya dengan memesan penginapan dan tiket masuk melalui Traveloka. Atau bisa juga memakai paket wisata Jogja. Dengan begini kamu dan rombongan bisa lebih hemat.

Jadi tunggu apalagi, segera kunjungi Candi Borobudur untuk melihat langsung kemegahannya sekaligus menikmati kegiatan menarik bersama gajah. Kamu juga bisa loh pergi ke Punthuk Setumbu yang letaknya tidak terlalu jauh untuk menikmati sunset dan melihat Borobudur dari ketinggian. Terakhir, jangan lupa bagikan info menarik ini, supaya lebih banyak orang yang tahu.

|Baca juga:

Komentar

  1. Wow.. Daku baru tau stupa di Candi Borobudur ada 72. Keren banget.

    BalasHapus
  2. Candi Borobudur dan bentuk stupanya yang khas selalu menarik para wisatawan datang ke sini :)

    BalasHapus
  3. Dan saya masih sering lupa kalau Borobudur itu di Magelang, bukan di Yogyakarta. Haha!

    BalasHapus
  4. wah sudah lama gak kesini, sejak jaman SMA

    BalasHapus
  5. Wahh udah lama gak ke Borobudur. Jadi kangen nih

    BalasHapus
  6. Yuni mengunjungi borobudur itu di awal tahun 2017. Hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Review Dove Inner Glow Facial Foam, Pembersih Wajah untuk Kulit Kusam Agar Tampak Bercahaya

Review Medela Harmony, Pompa ASI Manual dengan 2 Tahap Ekspresi

Quiet, The Power of Introverts [Wishful Wednesday #6]