Apa Itu Colocation dan Bagaimana Memilih Penyedia Layanannya

Jika sebelumnya kita mengenal adanya data center atau pusat data, di dalam data center itu akan terdapat rak-rak penyimpanan server yang dinamakan dengan colocation. Rak-rak penyimpanan ini tentu saja berbeda dengan rak penyimpanan pada umumnya. Ini karena pembuatannya juga membutuhkan desain khusus dengan spesifikasi yang khusus pula. Hal ini karena penyimpanan inilah yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan komputer server milik pengguna layanan data center. Pengelolanya biasanya merupakan pihak ketiga yang pada umumnya adalah para penyedia layanan hosting. 

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Colocation Server

Sebagai tempat penyimpanan komputer server, colocation harus memenuhi spesifikasi tertentu agar bisa memenuhi syarat sebagai tempat penyimpanan server tersebut. Diantara spesifikasi yang dibutuhkan adalah adanya sistem pengamanan berupa CCTV dan sistem keamanan lainnya, terdapat sistem kontrol suhu dan kontrol udara, dan yang paling penting adalah adanya adanya arus listrik serta koneksi internet dengan kecepatan memadai. Semua fasilitas dan spesifikasi ini harus dipenuhi karena server yang disimpan di dalamnya harus mudah diakses oleh penggunanya. 

Setelah mengetahui spesifikasi beserta fasilitas apa saja yang harus ada di dalamnya, ketika memilih pihak ketiga yang menyediakan layanan ini, ada baiknya kita memperhatikan hal-hal berikut. 

1. Cari Referensi Sebanyak-banyaknya 

Hal paling awal yang harus dilakukan dalam memilih penyedia penyimpanan server ini adalah cari referensi sebanyak-banyaknya. Semakin banyak referensi yang didapatkan, maka kita juga jadi memiliki semakin banyak pilihan colocation yang sesuai dengan kebutuhan serta menawarkan layanan yang sesuai dengan yang diinginkan. 

2. Pertimbangkan Reputasi Penyedia Layanan Colocation 

Setelah mendapatkan referensi penyedia layanan penyimpanan server ini, maka tugas selanjutnya adalah memilih mana yang akan kita gunakan layanannya. Ketika memilih penyedia layanan mana yang akan digunakan, maka sebelumnya pastikan dulu reputasi penyedia layanan tersebut. Untuk mengetahui reputasinya, kits bisa melihat review dari orang lain yang pernah menggunakan layanan dari penyedia yang sama. Kita bisa juga memanfaatkan situs-situs diskusi untuk menanyakan reputasi dari penyedia layanan tersebut. Salah satu penyedia layanan colocation server dengan reputasi yang sangat baik dan pelayanan memuaskan adalah NEX. Kita bisa melihat produk dan layanan yang ditawarkan melalui laman nexdatacenter.com.

3. Sistem Keamanan yang Diberikan 

Layanan penyimpanan server ini adalah layanan yang menyediakan ruang untuk menyimpan server data dari penggunanya. Karena di dalam server data tersebut pasti tersimpan berbagai data penting, maka sistem keamanan adalah pertimbangan yang tak kalah penting ketika memilih penyedia layanan ini. Pastikan untuk memilih penyedia layanan penyimpanan server ini yang menawarkan sistem keamanan tingkat tinggi sehingga akan menjamin server yang kita simpan di dalamnya. 

4. Fitur Pendukung Lain yang Menunjang Kualitas Layanan 

Memilih layanan penyimpanan server tidak hanya harus mempertimbangkan aspek keamanan saja. Aspek kemudahan akses dan aspek lain yang menunjang kualitas layanan juga harus diperhatikan. Seperti misalnya adanya koneksi internet. Koneksi internet sebenarnya juga salah satu fasilitas yang harus disediakan oleh penyedia layanan. Tanpa adanya koneksi internet, maka tentu saja data yang disimpan di dalam server tidak akan bisa diakses oleh pengguna dari mana saja dan kapan saja. Saat memilih penyedia layanan ini, pastikan memilih penyedia yang menawarkan konektivitas internet yang cepat. 


Menyimpan komputer tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Dibutuhkan sebuah ruang penyimpanan khusus dengan fasilitas dan spesifikasi khusus untuk menunjang kinerjanya. Banyaknya penyedia layanan colocation server yang ada saat ini membuat kita harus cermat dalam memilih. Langkah di atas bisa menjadi panduan dalam memilih layanan ini.

|Baca juga:

Komentar

  1. Ternyata di dalam data center itu masih banyak bagian bagian lain ya, Mbak.

    BalasHapus
  2. Jadi semua fasilitas dan spesifikasi harus dipenuhi karena server yang disimpan di dalamnya harus mudah diakses oleh penggunanya ya, Mbak heheh.

    BalasHapus
  3. Jadi sebelum memilih pihak ketiga kita harus mencari informasi sebanyak banyaknya ya Mbak.

    BalasHapus
  4. Wah ternyata banyak ya Mbak yang harus diperhatikan sebelum memilih pihak ketiga.

    BalasHapus
  5. Aspek kemudahan akses dan aspek lain yang menunjang kualitas layanan juga harus diperhatikan karena itu sangat penting ya Mbak.

    BalasHapus
  6. Ternyata meletakkan komputer pun juga tidak bisa sembarangan ya Mbak.

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Review Dove Inner Glow Facial Foam, Pembersih Wajah untuk Kulit Kusam Agar Tampak Bercahaya

Review Medela Harmony, Pompa ASI Manual dengan 2 Tahap Ekspresi

Quiet, The Power of Introverts [Wishful Wednesday #6]