Review Sikat Gigi Bayi & Gunting Kuku Bayi Nuby


Review Sikat Gigi Bayi & Gunting Kuku Bayi Nuby (Nuby Oral Care 4 Stage System & Nuby Nail Care Set)


Ceritanya beberapa waktu lalu ketika aku sama Baby Syahdan mudik di Kuningan, ada telpon dari kurir menanyakan patokan alamat rumah. Ternyata itu kiriman paket produk peralatan bayi Nuby, Yeay! Kan jadi pengen cepet-cepet balik ke Tegal penasaran pengen segera unboxing paketnya.

Setelah paketnya nginep beberapa hari, barulah akhirnya kesampaian bisa buka paketnya. Apa saja isinya? Banyak! Hehe… Di antaranya adalah 2 produk Nuby yang mau kuceritain ini, yaitu 1 set sikat gigi bayi (Nuby Oral Care 4 Stage System) dan 1 set peralatan potong kuku bayi (Nuby Nail Care Set).
Oh iya, video unboxing-nya bisa dilihat di sini:

Nuby Oral Care 4 Stage System, Rangkaian Sikat Gigi Bayi 4 Tahap untuk Perawatan Gusi dan Gigi Bayi

Merawat gigi & gusi bayi sejak dini itu penting, tak hanya untuk membiasakan merawat kebersihan dan kesehatan mulut sejak  dini saja. Selain itu, meskipun gigi susu anak nantinya akan tanggal, tetap penting untuk dirawat karena posisinya menjadi pondasi bagi tumbuhnya gigi permanen. Gigi susu bayi juga berperan penting untuk bayi belajar bicara, juga tersenyum dan tertawa. Kita bisa mulai membiasakan membersihkan gigi & gusi bayi setiap habis makan atau minum susu dan sebelum tidur.  Nah, Nuby Oral Care 4 Stage System merupakan rangkaian sikat gigi yang didesain untuk keperluan perawatan gigi & gusi bayi.

Nuby Oral Care 4 Stage System merupakan satu set sikat gigi bayi dengan sistem 4 tahap yang disesuaikan dengan perkembangan bayi. Set sikat gigi bayi ini terdiri atas 4 buah sikat gigi yang dapat digunakan sesuai pembagian tahapan sebagai berikut:
Sikat gigi bayi tahap 1-4 Nuby Oral Care Set 4 Stage System
- Stage 1: untuk bayi di bawah usia 3 bulan.
Stage 1 ini merupakan silikon massager, yakni terbuat dari bahan silikon ekstra lembut yang berfungsi untuk memijat dan membersihkan gusi bayi yang baru lahir. Sikat gigi stage 1 bentuknya berupa "sikat gigi jari" yang didesain untuk newborn dan dapat dipakai untuk bayi mulai usia 0 - 3 bulan. Jadi cara pakainya, jari tangan ibu bisa dimasukkan ke lubang di bagian bawah sikat giginya. Sehabis "menyikat", bersihkan gusi bayi dengan waslap atau kain kasa lembap (dengan air matang). Sikat gigi stage 1 ini punya 3 permukaan yang berbeda, dan semuanya bisa dipake buat bersihin/mijat gusi bayi.

- Stage 2: untuk bayi di atas usia 3 bulan.
Sikat gigi stage 2 memiliki bentuk pegangan yang tebal dan berkontur agar bayi dapat memegangnya dengan mudah. Ujung atasnya berbentuk tipis supaya dapat membersihkan gigi dan gusi bayi dengan baik. Sikatnya sendiri terbuat dari bahan yang lembut, berbentuk tebal & pendek, dan permukaan bagian belakangnya memiliki kontur khusus. Sikat gigi ini fungsinya untuk memijat gusi dan gigi yang baru tumbuh. Di tahap ini bayi bisa mulai diajak belajar pegang sikat giginya sendiri, tentu masih sambil dibantu menggunakannya dengan benar. Sehabis menyikat gigi, bersihkan gusi bayi dengan waslap atau kain kasa lembap.

Stage 3: untuk bayi usia di atas 11 bulan.
Sikat gigi stage 3 memiliki sikat yang agak lebih panjang, ramping, & agak lebih kaku dibanding stage 2. Ukurannya pun sedikit lebih besar.
Pegangannya mudah digenggam, dan bagian belakang kepala sikatnya juga berkontur khusus serta memiliki pinggiran bergerigi tipis yang didesain agar dapat menyikat dengan efektif ke semua arah. Sikat gigi ini berfungsi memijat dan membersihkan gusi dan gigi bayi selama proses tumbuh gigi. Tahapan ini merupakan waktu yang ideal untuk mengajarkan anak kebiasaan menyikat gigi yang benar, karena di tahap usia ini anak senang meniru orang tuanya.

Stage 4: untuk bayi yang sudah tumbuh gigi susu lengkap
Sikat gigi stage 4 berupa sikat gigi dengan bulu sikat nylon lembut dan fleksibel yang dapat dipakai setelah semua gigi susu anak muncul. Sekitar usia 2 atau 3 tahun, kita bisa mulai mengajari anak teknik menyikat gigi yang benar, mendampingi hingga bisa melakukannya sendiri. Saat anak sudah bisa berkumur, bisa mulai pake pasta gigi yang sesuai untuk anak.

Jadi, Nuby Oral Care 4 Stage System ini rangkaian sikat gigi bayi yang lengkap, ya. Bisa dipake mulai usia 0 bulan sampai sudah tumbuh semua gigi susu. Nah, untuk saat ini yang kupakai buat Baby Syahdan yaitu stage 2, soalnya usianya sekarang 9 bulan. Udah ada 8 lho giginya… 4 di atas, 4 di bawah. Yuk lihat pengalaman pertama Baby Syahdan pakai sikat gigi Nuby stage 2 di video review berikut…


Nuby Nail Care Set, Peralatan Gunting Kuku Bayi dari Nuby
Tapi 3

Merawat kuku bayi juga penting, apalagi bayi kan cepet banget ya tumbuh kukunya. Biasanya baru 3 harian potong kuku aja udah panjang lagi kukunya. Seminggu bisa 2-3 kali potong kuku. Kalau nggak, resikonya bahaya bayi mencakar kulitnya sendiri dan kukunya jadi kotor.

Kadang memotong kuku bayi itu gak mudah karena kukunya kecil. Belum lagi kalau bayinya suka bergerak-gerak aktif. Jadi ingat, dulu saat Baby Syahdan masih newborn, aku belum berani memotong kukunya, hehe. Jadi tugas tersebut suka ditangani oleh abinya atau budenya. Tentunya memotong kuku bayi memang kudu hati-hati. Makanya ada gunting kuku khusus untuk bayi yang didesain sedemikian rupa agar sesuai dengan ukuran kuku bayi yang kecil dan aman saat digunakan. Seperti Nuby Nail Care Set, serangkai alat perawatan kuku bayi dari Nuby.

Set gunting kuku bayi Nuby Nail Care Set
Nuby Nail Care Set terdiri atas 1 buah gunting kuku, 1 buah gunting stainless steel, dan 4 buah Emery board (penghalus kuku). Gunting kuku dan gunting stainless steel-nya dilengkapi dengan penutup supaya terjaga kebersihannya. Pinggiran pemotong kuku pada gunting kukunya berbentuk berlekuk sehingga aman digunakan memotong kuku bayi. Gunting kuku Nuby ini memiliki pegangan yang pipih lebar sehingga mudah digunakan saat memotong kuku bayi.

Gunting stainless steel-nya juga dapat digunakan untuk memotong kuku bayi. Pemotongnya berukuran pendek sehingga mudah digunakan. Ujung-ujung guntingnya tidak lancip, melainkan berbentuk membulat sehingga aman dipakai potong kuku bayi.

Aku pribadi udah terbiasa pake gunting kuku dibanding gunting stainless steel buat memotong kuku bayi. Menurutku gunting kuku Nuby ini nyaman dan mudah digunakan. Selain itu, bentuknya juga imut, ada gambar bintang-bintangnya. Aku suka warna biru tua yang kupakai ini. Adanya emery board berguna buat menghaluskan kuku bayi setelah dipotong, untuk menghindari resiko bayi tercakar akibat kuku bayi tajam atau kasar. Desain emery board-nya juga lucu. Kayaknya akan lebih oke lagi kalau Nuby Nail Care Set ini ada wadah khususnya supaya nyimpennya gak tercecer.

Oh iya, aku juga bikin video review-nya di YouTube, sekalian merekam momen potong kuku Baby Syahdan sama abinya. Pstt… momen jujur, Dede belum mandi dan cuma pake kaos dalem, huehehe… Biarin lah, yang penting misi memotong kuku tuntas, mumpung Dede diem, hihi…


NB: boleh banget yuk like videonya & subscribe YouTube-ku… :D


Komentar

  1. Ya ampun ini best buy banget ya.. Masukin list untuk nanti anak kedua :)

    BalasHapus
  2. Lengkap dan unyuuu....
    Sayang anakku sdh pada besar, hehehe....

    BalasHapus
  3. lengkap banget ya sikat gigi mulai stage 1-4, dan kalo motong kuku si kecil saya memotongnya waktu dia tidur mbak.

    BalasHapus
  4. Kemasannya cantik banget ya...
    Sikat gigi sesuai umur itu memang penting untuk pertumbuhan gigi anak-anak.
    Sama halnya dengan gunting kuku buat anak, ya harus gunting kuku khusus anak juga.

    BalasHapus
  5. aku udah coba set sikat gigi nuby mba alhamdulilah setiap stage dilalui dengan baik cuman tetep gigi anak2ku pada caries wkwkwk kesel emak

    BalasHapus
  6. Ya ampun gemes banget set gunting kukunya, ada buat ngerapihin juga kayak orang gede. Hihihi.

    Btw aku lagi cari sikat gigi buat si bayik 13 bulan nih, ternyata nubi punya yaa. Itu kalau ketengan ada gak sih? Gak harus beli satu set kan?

    BalasHapus
  7. Sikat gigi Nuby ini bisa dibeli secara terpisah ngga mba? Memilih sikat gigi untuk anak-anak butuh teliti dan sikat ya harus lembut. Nuby begitu kan ya?

    BalasHapus
  8. Lucuk banget yaa... jadi gemezz deh.. sekarang momen sikat gigi serta gunting kuku bayi jadi lebih menyenangkan ya.. alat gunting kuku dan sikat giginya bikin orangtua semangat mengerjakan perannya sebagai orangtua

    BalasHapus
  9. Masya Allah...
    Baru tahu ada sikat gigi buat bayi, hihihi
    Maklum, terakhir punya bayi tahun 2001.
    Jadi rada lola...

    Setuju,
    Desainnya so cute... ya

    BalasHapus
  10. bentuk sikat giginya lucu dan memang sesuai dengan tekstur mulut anak ya mba, aku pun suka agak kesulitan saat menggosok gigi si kecil.

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Praktis & nyaman dapetin pengalaman seru & liburan via Traveloka Xperience

Apa Itu Colocation dan Bagaimana Memilih Penyedia Layanannya

The Lorax Film: Kisah Kota Plastik Tanpa Pohon