Ragam Pilihan Motif Batik Indonesia

Batik Indonesia
Batik Indonesia
Batik sudah sangat dikenal sebagai kain khas Indonesia. Penggunaan batik memang identik dengan kain yang digunakan pada zaman dahulu. Namun, seiring berjalannya waktu batik semakin mengalami perkembangan. Batik Indonesia menawarkan banyak motif yang bisa digunakan dalam banyak keperluan. Jadi, sudah pasti memiliki nilai estetika yang begitu tinggi.

Keindahan dari pakaian batik memang menjadi hal yang sangat unik. Setiap motif memiliki makna yang mendalam dan harus disesuaikan penggunaanya. Sampai saat ini, sudah terdapat banyak sekali motif yang tersedia dan dapat di dijadikan sebagai pakaian batik. Tertarik mengetahui motif batik indonesia? Yuk, lanjut baca artikel ini.

Motif Batik Indonesia Terbaik

Sampai saat ini, cukup banyak motif yang tersedia dan disukai oleh masyarakat indonesia. Berikut beberapa motif yang ada:

Kawung

Motif batik yang satu ini termasuk dalam kategori batik tertua. Sebenarnya, untuk motif batik kawung ini berasal dari buah kawung atau dikenal dengan buah aren. Jadi, di jaman dahulu ini orang yang bisa menggunakan batik yaitu kerajaan saja. Karena, terdapat perbedaan dari kasta dengan masyarakat yang lainnya.

Biasanya,batik jenis ini digunakan oleh sang raja sebagai sarung ataupun permaisuri untuk selendang. Motif dari buah kawung dengan perpaduan dari bentuk ovalnya memberikan keunikan tersendiri. Bahkah, untuk 4 oval yang ada mengacu pada sumber dari energi universal. Sangat berarti bukan?

Mega Mendung

Batik mega mendung merupakan kain batik khas dari daerah Cirebon. Saat ini, motif ini sudah cukup dikenal dan sangat banyak akan peminatnya. Tidak heran, dari luar daerah pun banyak yang mencari motif ini. Dengan corak awan besar yang berwarna cerah serta mencolok. Kemudian, untuk perpaduan dari warnanya juga sangatlah khas.

Warna yang sangat umum digunakan dalam motif batik mega mendung yaitu biru, ungu, merah tua dan hijau tua. Namun, untuk warna yang ada juga bisa di modifikasi. Hanya saja, untuk corak yang dihasilkan memang tidak berbeda jauh. Sejatinya, motif ini tetap memberikan kesan yang begitu berharga bagi pemakainya.

Batik Solo

Daerah jawa memang sangat banyak pengrajin batiknya. Termasuk untuk kawasan dari Solo dan sekitarnya yang memang dikenal sebagai pasar batik. Di daerah ini, terdapat batik Sogan dengan ciri khas tersendiri dan warnanya kecoklatan. Pembuatan dari batik ini menggunakan konsep yang tradisional serta adanya bahan bahan alami.

Motif batik yang bergelombang menandakan bahwa aliran dari sungai bengawan Solo. Tentunya, memang sangat memiliki arti yang begitu mendalam. Mengingat, di era dahulu sungai dikenal membawa ketenangan. Jadi, diharapkan dengan menggunakan motif batik Solo tersebut menjadi pribadi yang lebih tenang.

Batik Pekalongan

Memiliki julukan kota batik, Pekalongan memang banyak sekali pengrajin batiknya. Motif batik Pekalongan yaitu didominasi oleh fauna serta flora dengan keunikan tersendiri. Untuk kualitas dari batik yang ditawarkan sudah pasti sangat terjamin.

Bahkan, untuk penjualan dari batik ini sudah banyak di ekspor ke internasional. Karena, memang banyak peminatnya di luar negeri. Sampai saat ini, motif batik Pekalongan tetap menjadi primadona banyak kalangan.

Demikianlah ulasan mengenai motif batik Indonesia yang sangat berkualitas. Sudah seharusnya, sebagai masyarakat Indonesia ikut melestarikan dan menjualnya. Dijamin, untuk motif tersebut sangat cocok digunakan dalam bermacam keperluan. Semoga bermanfaat!

|Baca juga:

Komentar

  1. mega mendung punya banyak dong asal cirebon

    BalasHapus
  2. Paling favorit adalah batik Mega Mendung

    BalasHapus
  3. Sepertinya banyak yang suka motif batik mega mendung ya, saya juga termasuk salah satunya. Terima kasih infonya mbak, sebagai rakyat Indonesia kita perlu bangga mengenakan batik yang merupakan warisan kebudayaan kita

    BalasHapus
  4. saya paling suka corak mega mendung. tapi kapan2 boleh bahas tentang batik besurek yang khas dari Bengkulu.

    BalasHapus
  5. Saya suka yang batik Mega mendung. Beberapa punya koleksinya di rumah, ada yang masih lembaran kain ada yang sudah jadi baju.

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

The Lorax Film: Kisah Kota Plastik Tanpa Pohon

4 Manfaat Sabun Charcoal yang Jarang Diketahui

Novel Milea: Suara dari Dilan