Masalah Pada Gigi Bungsu yang Kerap Terjadi

gigi bungsu

Gigi bungsu kerap kali menimbulkan beberapa masalah yang datang secara tiba tiba. Inilah beberapa masalah pada gigi bungsu.

Sudahkah mengenal apa itu gigi bungsu? Gigi bungsu merupakan gigi ketiga yang muncul terakhir dari rangkaian dari gigi geraham belakang. Gigi bungsu kerap kali mengalami banyak masalah yang bisa saja terjadi. Potensi masalah yang terjadi pada gigi bungsu bisa menjadi meluas jika kita tidak memahaminya. Lebih jelasnya, di sini akan dibahas beberapa masalah pada gigi geraham bungsu.

Proses tumbuhnya gigi ini kerap kali menjadikan masalah. Terlebih bagi Anda yang memang baru saja mengalaminya sebaiknya tetap tenang. Karena jika stress dan melakukan penanganan yang salah justru akibatnya menjadi lebih buruk. Ada baiknya, untuk memahami terlebih dahulu masalah yang mungkin saja terjadi pada gigi bungsu. Lebih jelasnya, silakan membaca artikel ini.

Beberapa Masalah Pada Gigi bungsu

Cukup banyak masalah yang mungkin saja terjadi akibat dari tumbuhnya gigi ini. Berikut beberapa masalahnya:

Gigi Patah

Meski bertempat di belakang, justru gigi ini juga bisa merasakan patah. Tentu, banyak sekali hal yang dapat menyebabkan gigi menjadi patah. Seperti gigi yang sudah mulai rapuh ataupun terdapat kerusakan. Untuk itu, sebaiknya kita tidak panik karena hal ini cukup wajar terjadi. Bahkan untuk usia yang sudah sangat dewasa masalah ini masih kerap kali terjadi.

Tak perlu berlebihan dalam menyikapi hal ini. Disarankan untuk dapat menyimpan patahan yang mungkin lepas. Karena pada beberapa kasus, patahan tersebut masih bisa di tempelkan lagi oleh dokter. Jadi, ada harapan bahwa gigi tersebut masih tetap dapat dimanfaatkan.

Bernanah

Jika Anda merasakan adanya nanah pada gigi, bisa saja ini disebabkan oleh gigi bungsu. Hal ini biasa terjadi oleh seseorang yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis.
Cukup banyak bukan, masalah yang bisa saja terjadi karena gigi bungsu? Jadi, sudah seharusnya kita memahaminya dan dapat melakukan penanganan yang tepat. Sangat direkomendasikan untuk segera mengunjungi dokter agar diberikan solusi yang terbaik!

Plak Gigi

Siapa bilang gigi bagian belakang tidak bisa terkena plak? Justru terdapat banyak makanan yang bisa saja hinggap. Karena, plak pada gigi ini disebabkan adanya kotoran dan bakteri yang menjadi satu. Awalnya, plak pada gigi tidak mengeras dan terkesan lunak. Namun, saat plak tersebut tidak dibersihkan maka akan menjadi keras dan padat.

Jika hal ini sudah terjadi, gigi bisa saja menjadi rusak dan mudah rapuh. Karenanya, sangat penting untuk tetap menjaga agar gigi terhindar dari banyak kotoran serta bakteri. Fungsinya jelas agar kesehatan gigi tetap terjamin dengan baik. Jadi, selalu pastikan untuk gigi terhindar dari adanya plak!

Impaksi

Masalah berupa impaksi kerap kali terjadi pada sebagian orang. Kondisi ini paling sering terjadi pada gigi bungsu. Karena pertumbuhan geraham yang tidak baik dan dapat mempengaruhi gigi lainnya. Impaksi terjadi karena gigi tidak mampu tumbuh dengan sempurna. Banyak hal yang menyebabkannya termasuk dengan adanya penghalang dari gigi.

Tidak hanya itu saja, impaksi juga sering terjadi karena ketidakcocokan dari rahang serta ukuran gigi. Jika hal ini tidak segera diatasi, dapat menyebabkan infeksi. Akibatnya, gusi menjadi bengkak dan susah untuk ditangani kembali. Jadi, penting untuk segera melakukan penanganan yang tepat pada impaksi.

Itulah masalah pada gigi bungsu yang kerap kali terjadi. Jadi, penting untuk mengetahui pemahaman mengenai hal ini agar dapat dilakukan penanganan yang tepat.  

|Baca juga:
3 Gejala DBD yang wajib diketahui
LASIK, antara kebutuhan & biaya yang mahal
Rokok harus mahal(?)

Komentar

  1. duh rasanya sakit banget kalo belum dicabut dan akhirnya aku udah di operasi kecil jadi mendingan :D

    BalasHapus
  2. suamiku malah sampai operasi tiga kali

    BalasHapus
  3. Ane sedang mengalami sob, dua duanya yg atas, yg satu sya patah sendiri karena sering nyeri, nie baru tumbuh lagi gigi satunya, malah tumbuhnya miring klo kumat sakit nggak bisa tidur.

    BalasHapus
  4. Berarti memang wajib ke dokter ya klo gigi belakang tumbuh. Kirain udah dibiarin biar tumbuh alami aja bisa.

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Rayakan Ulang Tahun Yamaha Ke 64, Ratusan Hadiah Menarik Tersedia Untuk Anda