Cara Menghilangkan Kutu Kucing yang Ampuh!

Cara menghilangkan kutu kucing

Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Bisa dikatakan kucing adalah hewan yang berada di sekitar kita dan paling sering kita jumpai. Namun, kucing juga merupakan hewan peliharaan yang banyak disukai orang. Jangan ditanya lagi, kucing seperti apa yang suka jadi peliharaan. Dari mulai kucing anggora, persia, bahkan kucing liar atau kucing jalanan pun ada yang diangkat sebagai hewan peliharaan.


Memelihara kucing berarti harus dapat benar-benar merawatnya, ‘kan?
Dari memberi tempat tinggal, memberi makan, sampai menjaga kesehatan. Tapi, seperti kita tahu bahwa hewan itu yang satu itu rawan sekali terserang kutu. Hal tersebut bisa kita lihat saat kucing tidak henti-hentinya menggaruk bagian tubuhnya. Nah, di sinilah terkadang tidak tahu tindakan apa yang harus kita ambil. Maka dari itu, berikut ini ada beberapa cara menghilangkan kutu kucing.

Menggunakan air lemon

Sudah pasti jika kita memelihara kucing, kita juga harus rutin merawatnya, seperti memandikannya. Namun, terkadang kelalaian tersebut tidak dapat terhindarkan. Ada banyak hal kutu bersarang di tubuh kucing kita. Nah, sebelum mengatasinya dengan bahan kimia atau obat-obatan, ada baiknya kita menggunakan bahan alami terlebih dahulu.

Cara menghilangkan kutu kucing dengan metode ini juga sangat mudah. Lemon merupakan bahan alami pertama yang bisa menyingkirkan kutu di badan kucing kita. Tentu saja hal ini berdasar pada aroma lemon yang sangat tidak disukai kutu kucing. Selain itu, senyawa D-Limonene yang terkandung dalam lemon dapat menyakiti kutu tersebut.

Selain mudah mendapatkannya, cara ini paling efektif karena mudah juga dalam pembuatannya. Kita cukup merebus air yang sudah dimasukan irisan lemon ke dalam panci. Tidak perlu lama-lama, kita cukup merebusnya selama 10 menit. Setelah itu, tutup rapat panci tersebut dan diamkan selama semalaman. Nah, air rebusan tersebut digunakan untuk memandikan si kucing. Tapi, jangan langsung di-guyur-kan, gunakan sponge dan sikat saja. Ini bertujuan agar tidak membuat kaget kucing.

Menggunakan air cuka putih atau cuka apel

Selain menggunakan air lemon, cara menghilangkan kutu kucing secara alami juga dapat menggunakan cuka putih atau cuka lemon. Selain membunuh kutu kucing beserta telur-telurnya, menggunakan cara ini juga dapat membuat kulit dan bulu kucing menjadi lebih sehat dan bersih. Cara pembuatannya juga sama mudahnya dengan yang pertama.

Di sini, yang harus dilakukan pertama adalah menuangkan satu sendok teh air cuka putih atau cuka apel tersebut ke dalam satu liter air. Kita juga bisa mengaduk-aduk air yang sudah dicampur air cuka tersebut agar lebih meresap atau tercampur rata. Setelah itu, kita bisa langsung memijat-mijat halus di sekitar tubuh kucing yang terdapat kutunya. Pastikan tidak memijatnya terlalu keras atau bahkan sampai kena kuku kita karena dapat menyakiti si kucing. Lakukan hal tersebut secara rutin, ya.

Menggunakan air garam

Cara menghilangkan kutu kucing berikutnya ini menggunakan bahan yang pastinya selalu ada di dapur kita, yaitu garam. Benar, tidak? Garam sendiri mengandung alergen dan ragi yang sangat tidak disukai oleh larva dan kutu. Jadi, dengan bahan satu ini bisa menjadi alternatif mengusir kutu dari tubuh si kucing.

Untuk metode yang terakhir ini sangatlah mudah. Kita hanya perlu menyiapkan air hangat, lalu tambahkan beberapa sendok garam ke dalam air tersebut. Selanjutnya, kita bisa mengaduknya agar garam tercampur rata. Setelah itu, rendam si kucing di dalam larutan air garam tersebut.

Cara menghilangkan kutu kucing di atas lebih mudah dan murah, ‘kan? Ada baiknya kita mendahulukan menggunakan cara alami untuk menghindarkan efek samping yang berlebihan. Namun, jika tidak berhasil juga maka lebih baik konsultasikan pada ahlinya saja. Jangan asal memberikan obat atau bahan kimia lainnya.

Komentar

  1. Wah, boleh juga tipsnya. Bahannya natural pula. Terima kasih!

    BalasHapus
  2. Wah baru kemaren kepikiran gimana cara ngebuangin kutu anak-anak kucing saya

    nanti dicoba deh. tapi apa gak perih ya air garam dan lemon ini?

    BalasHapus
  3. wah kalau aku dulu suka pakai obat kimia tp ini ada di rumah ya simpel

    BalasHapus
  4. aku save dulu. pgn coba jg cara alami gini. cm yg lemon itu, ga perih ya mba? aku prnh coba keramas pake lemon, krn ini bgs jg utk perawatan ketombe. tp lumayan perih pas kena kepala.. makanya ga pernah pake lg. ga tau deh yaaa kalo kulit bdn kucing semoga lbh kuat drpd manusia

    BalasHapus
  5. wah cocok Dulubuat yang punya kucing yang bebulu lebat. Dulu suka sekali pelihara kucing mbak. Sekarang udah gak punya kucing, soalnya setelah beranak banyak diminta temen. Hehe..

    BalasHapus
  6. Kalo kucing saya dulu langsung saya mandiin pak pake sampo penghilang kutu :D

    BalasHapus
  7. Eh ternyata bahan-bahannya mudah didapat di rumah ya. Kadabg suka geli sendiri kalau lihat kutu kucing ­čśé.

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Review Sikat Gigi Bayi & Gunting Kuku Bayi Nuby

The Lorax Film: Kisah Kota Plastik Tanpa Pohon

Umroh.com, Solusi Umroh Dijamin Berangkat dan Harga Murah