Wisata Mustika Taman Anggrek, Icon Wisata Kota Banjar Jawa Barat

Wisata Mustika Taman Anggrek, Kota Banjar
Wisata Mustika Taman Anggrek di Kota Banjar, Jawa Barat, mungkin saja baru dibuka untuk umum pada akhir Desember tahun lalu. Namun, objek wisata ini sudah langsung dipadati oleh pengunjung dari berbagai daerah sejak hari pertama resmi dibuka pada 22 Desember 2018 lalu.

Dulu orang mengenalnya sebagai Wana Wisata Situ Mustika. Lokasinya terletak di wilayah Lingkungan Katapang, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat.

Kawasan Situ Mustika yang memiliki luas 8,5 hektar ini, kini dirombak sehingga makin elok dan lengkap dengan berbagai aneka wahana. Dari 8,5 hektar kawasan Situ Mustika, 3,5 hektar berupa situ atau danau, sementara 5 hektar berupa tanah daratan. Tanah daratan inilah yang kemudian dipercantik dengan tanaman anggrek.

Lokasi dan Akses Jalan

Letak objek wisata ini ada di gerbang perbatasan provinsi Jabar dan Jateng, selain itu juga berada dalam jalur wisata ke objek wisata Pantai Pangandaran, yang sudah banyak dikenal. Karena keunggulan letak geografisnya ini maka wisatawan bisa dengan mudah menjangkau lokasi wisata ini.

Destinasi wisata yang satu ini memang berada di jalur trans Jawa dengan lalu lintasnya yang cukup ramai. Jalur menuju Wahana Mustika Taman Anggrek Kota Banjar ini bisa dari tiga arah. Yakni, dari arah Ciamis, dari arah Jawa Tengah, dan dari arah Pangandaran.

Jika mengambil dari arah Kota Ciamis, maka jalan yang harus dilalui adalah jalan Raya Ciamis-Banjar, untuk menuju ke objek wisata ini dari arah Ciamis, waktu yang dibutuhkan sekitar 30 menit.
Sementara dari arah Jawa Tengah, cukup menggunakan jalan raya Cilacap-Ciamis dengan durasi waktu yang dibutuhkan menuju objek wisata ini sekitar 20 menit dari batas provinsi Jabar-Jateng.
Sedangkan jika dari arah Pangandaran, maka dapat melalui jalan raya Pangandaran-Ciamis, lalu masuk ke kota Banjar, lewat jalan Jendral Soewarto, letaknya berada sebelum sampai di Parungsari. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke objek wisata ini sekitar 2,5 jam.

Tiket Masuk

Tiket masuknya pun tergolong murah, yakni hanya Rp. 5.000 per orang khusus setiap Senin sampai Jum’at. Jika pada hari Sabtu dan Minggu ataupun hari libur, maka untuk masuk ke Wisata Mustika Taman Anggrek, cukup dengan membayar Rp. 7.500 per orang. Maka, tak heran jika objek wisata ini banyak dipadati pengunjung.

Dikutip dari harapanrakyat.com, pengelola memang sengaja membuat tiket murah, maksudnya agar terjangkau oleh pengunjung dari berbagai kalangan.
Selain itu menurut pengelola, Ato, di lokasi ini pengunjung juga bisa sekalian berwisata edukasi. Karena banyaknya berbagai jenis Anggrek di taman ini. Bahkan Wisata Mustika Taman Anggrek Kota Banjar ini disebut sebagai taman Anggrek terbesar yang ada di Jawa Barat.


Kawasan Wisata Mustika Taman Anggrek juga udaranya sangat sejuk, karena lokasinya berada di perbukitan Perhutani. Hal ini akan membuat para pengunjung betah.
Memang jika dilihat dari lokasi yang berada di area perbukitan kawasan Perhutani atau terletak di kaki Gunung Babakan, maka pengunjung bisa menikmati wana wisata yang menyuguhkan bermacam-macam ekosistem tumbuhan serta hewan. Sehingga, wisata ini dapat menjadi edukasi bagi para pengunjung, terutama bagi anak-anak.

Selain itu, bagi para pengunjung yang ingin menghabiskan liburan bersama keluarga, di sini juga sudah tersedia wahana bermain untuk anak-anak, ada juga wahana jet sky yang bisa dijajal oleh para pengunjung ketika berwisata ke tempat ini.

Jadi Ikon Kota Banjar

Wisata Mustika Taman Anggrek Kota Banjar diarahkan untuk menjadi ikon kota Banjar, hal ini dikemukakan oleh Walikota Banjar, Ade Uu Sukaesih. Menurutnya, selama 15 tahun berdiri, Kota Banjar semakin maju di bidang pariwisata.
Ke depan Ade Uu berharap, akan banyak investor yang datang ke Kota Banjar untuk mendukung bidang pariwisata ini. Hal ini pun didukung oleh Nana Suryana, selaku Wakil Walikota Banjar. Menurutnya, tempat wisata yang dulunya hanya Situ Mustika ini kini berubah menjadi lebih cantik, karena itu dia optimis Taman Anggrek bisa jadi ikon pariwisata Kota Banjar.


Dilihat pada hari pertamanya dibuka, beberapa pengunjung Wisata Mustika Taman Anggrek mengatakan mereka tidak kecewa dengan perubahan Situ Mustika kini.
Bahkan, banyak pengunjung yang mengaku betah saat bermain Taman Anggrek ini. Seperti yang diungkapkan Yuni Aryani (34), salah seorang pengunjung yang berasal dari Majenang, Kabupaten Cilacap. Yuni mengaku mengenal tempat wisata ini dari Facebook dan media online.

Lain lagi dengan Arjun (26), warga Buniseuri, Ciamis ini mengatakan cukup senang dengan perubahan yang terjadi di objek wisata ini. “Lebih memanjakan pengunjung,” katanya.
Namun, Arjun juga memberi catatan pada pengelola, karena hanya tersedia satu toilet saja. “Kalau bisa ditambah, agar nggak terlalu lama antrinya,” ujar dia.

Wisata Mustika Taman Anggrek Kota Banjar ini akan cocok buat yang ingin berlibur ke tempat unik bersama keluarga, apalagi jika sambil membawa anak kecil, dijamin akan betah berada di objek wisata ini.


Komentar

  1. Wah bagus banget nih ya Mbak tempatnya. Pemandangannya juga bagus

    BalasHapus
  2. Wah ini cocok banget nih buat selfie dan berfoto-foto :D. Bagus banget

    BalasHapus
  3. Wah hanya dengan 7500 sudah bisa ke tempat yang keren banget ini ya

    BalasHapus
  4. Bagus banget nih, ada rumah-rumahannya juga. Kalau saya ke sana pasti pulang-pulang memory udah full :D

    BalasHapus
  5. Wah tempat wisata ini sudah jadi ikon wisata di Banjar ya Mbak. Keren deh

    BalasHapus
  6. Kebetulan saya org Ciamis, baru dengar wisata ini. Boleh nih buat rekomend libur lebaran nanti

    BalasHapus
  7. Salah satu tempat yang keren juga buat nyantai sejenak dari kerasnya revisian skripsi yang gak kelar-kelar nih
    huhuhu

    BalasHapus
  8. Luas juga yah 8.5 Ha. Kalau keliling kram kali ya kakinya. Botraman enak kayak...sejuk, adem...

    BalasHapus
  9. Ada kulinernya juga ga mbak?

    BalasHapus
  10. tempat yg asri dana dem bikin betah

    BalasHapus
  11. Asyik nih, kalau ke sana pasti memori kamera full 😄

    BalasHapus
  12. Seger bangett itu tempatnya. Banyak pepohonan dan bunga. Tiket masuknya tak mahal pula. Bener deh kalau jadi ikon kebanggaan kota Banjar

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

5 Aksi Akrobatik Sirkus Kolaborasi Indonesia - Kanada Ini Siap Memukau Wisatawan Bandung

Novel Milea: Suara dari Dilan