Liburan di Pantai Pangandaran, Wisata Alam Seru di Jawa Barat

Pantai Pangandaran
Pantai Pangandaran merupakan salah satu tujuan wisata yang populer di Jawa Barat. Dari dulu hingga kini, daya tarik wisata Pantai Pangandaran seakan tak ada habisnya. Memang, Pantai Pangandaran tak hanya menarik karena keindahan alamnya saja. Pantai ini juga seru buat tempat liburan karena banyak pilihan aktivitas rekreasi yang bisa dilakukan.
Walaupun sudah pernah ke sana, rasanya aku masih pengen ke sana lagi deh. Soalnya udah lama juga, sih. Kabarnya potensi wisata Pantai Pangandaran ini akan diupgrade lagi. Gubernur Jabar Ridwan Kamil kepingin kawasan Pantai Pangandaran ditata lagi menjadi tempat wisata bertaraf internasional seperti di Hawaii. Wah, penasaran nanti seperti apa eksekusinya.

Terakhir kali aku berkunjung ke Pangandaran itu pada akhir tahun 2011. Wow, sudah lama juga ya… Itu adalah saat Family Gathering perusahaan tempat dahulu aku bekerja. Beberapa tahun sebelumnya sempat juga main ke Pantai Pangandaran sewaktu aku masih berstatus mahasiswa. Saat itu liburan bareng teman-teman kuliah lintas angkatan setelah melakukan tugas kuliah lapangan mengambil dan menguji sampel air di daerah Cilacap. Sayangnya aku gak punya dokumentasi fotonya sama sekali, hiks. Yang ada hanya beberapa foto dari tahun 2011. Itupun gak banyak karena sewaktu ke Pantai Pasir Putih Pangandaran kameraku kecemplung air laut :’(.

Ya, kejadian ‘kecelakaan’ kamera itu nggak terlupakan. Saat itu aku belum punya smartphone, bawanya kamera saku (dan dulu aku belum keranjingan foto-foto, makanya koleksi fotonya gak sebanyak kalau aku liburan sekarang, hehe. Segala difotoin sekarang mah :p). Kebayang nelangsanya ketika hepi-hepi main ke pantai sama temen-temen, terus berperahu sembari menikmati pemandangan laut, abis itu sadar-sadar pas di Pantai Pasir Putih kok kameraku gak ada di saku. Apakah kameranya jatuh di telan laut?



Selidik punya selidik, ternyata kameranya jatuh di perahu yang di dalamnya ada genangan air laut. Hoalah… Rasa sedih terpendam selama sisa hari itu, dan sepulangnya ke penginapan langsung melakukan pertolongan pertama pada kamera itu. Namanya kecemplung air laut, kameranya mati. Tinggal memory card-nya apakah masih bisa terbaca, aku menunggu jawabannya dengan harap-harap cemas, karena baru setelah pulang di rumah hal ini bisa dikonfirmasi.  Syukurlah memory card-nya berhasil di selamatkan. Foto-fotonya yang ada masih bisa terbaca, Alhamdulillah yah…

Meski punya pengalaman kurang enak gitu, aku masih pengen main lagi ke Pangandaran. Soalnya banyak hal seru yang bisa dilakukan di Pantai Pangandaran, sementara baru sebagian kecil saja yang sudah kueksplorasi karena keterbatasan waktu (dan budget, hehe). Apa saja sih emangnya daya tarik wisata Pantai Pangandaran itu, sehingga nagih untuk dikunjungi kembali? Lanjut simak yuk!

Daya tarik wisata Pantai Pangandaran


Pantai  yang sudah lama menjadi primadona wisata pantai di Jawa Barat ini menyuguhkan pesona pemandangan alam pantai berpasir hitam dan pantai berpasir pasir putih, air laut yang jernih, serta riak ombak yang terbilang relatif tenang. Pantai Pangandaran juga menawarkan daya tarik pemandangan spektakuler saat matahari terbit dan terbenam. Yup, kondisi geografis pantai ini memungkinkan kita dapat menyaksikan momen sunrise dan sunset sekaligus dari tempat yang sama.

Obyek wisata Pantai Pangandaran terletak  di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Lokasinya berjarak kurang lebih 91 KM dari Ciamis. Pantai Pangandaran merupakan Pantai Selatan dengan ombak yang masih relatif aman untuk kegiatan wisata air. Karena memiliki karakter jarak antara pasang dan surutnya cukup lama, Pantai Pangandaran memiliki spot-spot yang cukup aman untuk aktivitas berenang dan watersport.

Di Pantai Pangandaran (2011)
Kawasan Pantai Pangandaran terbagi dalam 2 sisi pantai, yaitu bagian barat dan timur. Sisi pantai bagian barat dan timur ini memiliki fitur alami dan daya tarik wisata yang berbeda. Sisi pantai barat Pangandaran (Pantai Pananjung) yang luas dan berkontur landai merupakan area yang cocok untuk wisata keluarga. Di Pantai Pasir Putih ini kita bisa bermain pasir, bermain bola, berenang, berjemur, ataupun sekedar  berjalan-jalan menikmati keindahan pemandangan pantai. Di sekitar pantai terlihat pemandangan bukit hutan cagar alam yang hijau, tempat hidup satwa-satwa seperti monyet, lutung, kijang, dll.

Adapun di Pantai Timur Pangandaran kita bisa bermain olah raga air seperti jet ski dan banana boat. Selain itu Pantai Timur Pangandaran merupakan  surga bagi pecinta makanan laut. Banyak warung maupun resto yang menawarkan kuliner aneka olahan makanan laut. Di Sebelah selatan Pantai Timur juga terdapat pasar ikan segar yang menjual hasil tangkapan nelayan.

Nah, banyak kan, hal menarik dari Pantai Pangandaran ini? Dari sekian banyak aktivitas wisata yang ditawarkan Pantai Pangandaran, selain menikmati keindahan pantainya, aku baru mencoba keseruan bersepeda tandem di pantainya dan berperahu pesiar bersama teman-teman. Dan dari 2x ke sana, momennya nggak pas sunrise ataupun sunset, jadi masih penasaran pengen menyaksikan dan mengabadikan keindahan sunrise & sunset-nya.

Selain itu, Pantai Pangandaran memiliki variasi objek wisata lain seperti Mata Air Cirengganis yang mitosnya bisa bikin awet muda (cuma denger sekilas cerita dari bapak yang  memandu kami berperahu) dan TWA Cagar Alam Pananjung yang belum sempat kukunjungi. Penasaran pengen mengeksplorasi cagar alamnya tempat aneka flora fauna langka dilindungi, serta ada goa-goa bersejarahnya seperti Goa Lanang dan Goa Jepang. Jadi ada wisata edukasinya juga nih.

Alasan lainnya kepengen ke Pantai Pangandaran lagi, pantai ini kan cocok untuk liburan keluarga ya… Nah, aku tuh baru ke sana kan liburan sama teman-teman aja (maklum sewaktu masih jomblo, hehe), jadi lain kali pengen juga liburan ke sana sama keluarga. Cuman kalau mau liburan keluarga tentunya perlu persiapan ekstra, termasuk soal nyiapin penginapan. Kebetulan kalau yang udah-udah kan aku sewaktu ke sana gak usah pusing mikirin penginapan di Pangandaran, soalnya udah ada yang ngurusin. Sewaktu ke sana bareng teman-teman mahasiswa, urusan penginapan sudah ada yang mengkoordinir, dan dapet penginapan murah meriah, tinggal bayar. Sewaktu ke sana dalam rangka family gathering, urusan hotel juga sudah diurus dan dibayarin perusahaan. Waktu itu aku nginepnya di Hotel Pantai Indah Barat.
Di Hotel Pantai Indah Barat, Pangandaran (2011)
Sebagai tempat wisata yang sudah diperlengkapi infrastruktur dan akomodasi yang memadai, sudah banyak tersedia penginapan maupun hotel di Pangandaran dengan budget bervariasi. Jadi Insya Allah gak ribet lah ya, asalkan disiapkan jauh hari, takutnya di masa liburan hotel/penginapan yang diminati keburu full-booked. Apalagi sekarang nyari hotel/penginapan makin mudah dengan adanya website dan aplikasi penyedia layanan traveling seperti Pegi-pegi.

Jadi kalau mau mencari hotel/penginapan di Pangandaran yang tepat sesuai kebutuhan dan budget bisa coba cari aja di hotel Pegi-pegi. Kita bisa dengan mudah menemukan hotel yang pas. Pilihannya ada beragam, mulai dari hotel boutique hingga hotel bintang lima. Terus kita bisa lihat informasi mengenai fasilitas dan keunikan yang ditawarkan masing-masing hotel. Jadi gampang nyocokinnya sesuai dengan kebutuhan kita.

Udah gitu kita juga bisa cek rating dan review masing-masing hotel di Pegi-pegi untuk bahan pertimbangan memilih hotel di Pangandaran. Soal pembayaran juga mudah lho, di Pegi-pegi bisa pilih berbagai metode pembayaran. Bisa via transfer bank lewat ATM, perbankan online, kartu kredit, hingga cicilan 0%. Dan bisa juga lho bayar secara tunai via Alfamart atau Indomaret terdekat.

Oh iya, Kabupaten Pangandaran itu punya banyak potensi wisata alam maupun budayanya. Jadi kalau punya cukup waktu liburan, selain ke Pantai Pangandaran bisa juga mengunjungi tempat-tempat wisata lainnya yang berdekatan. Ada pantai-pantai lain juga seperti Pantai Batukaras, Pantai Madasari, Pantai Batu Hiu, dan Pantai Karapyak. Terus banyak juga obyek wisata gua, sungai, & curug (air terjun) yang menawarkan petualangan outdoor seru. Penasaran juga pengen coba.

Kalau aku sih baru sempat mencoba body rafting di Green Canyon aja. Jadi sewaktu liburan 2D1N saat Family Gathering di tahun 2011 itu hanya cukup untuk berwisata ke Green Canyon & Pantai Pangandaran aja. Sisanya dihabiskan di hotel, perjalanan, dan dipake buat belanja oleh-oleh cinderamata khas Pantai Pangandaran. Ada baju, kaos, aneka pernak-pernik kerajinan dari cangkang hewan laut, dan yang khas tuh jambal roti.

Duh, jadi pengen segera liburan lagi ke Pangandaran...

Komentar

  1. Aku pernah ke pantai itu waktu masih kecil. Ya ampun dah lama banget sih. Pengen banget ke sana lagi

    BalasHapus
  2. Belum pernah nih ke pantai Pangandaran. Seru yaaa ada Green Canyon di sana... Nanti kalau anak-anak udah gedean deh baru berani coba-coba body rafting hihihi

    BalasHapus
  3. Aku belum pernah nih ke Pantai Pangandaran. Kalau lihat reviewnya mba, kayaknya seru ya. Semoga nanti bisa traveling ke sana.

    BalasHapus
  4. Aah.. liburan ke pantai. Itu asyik banget! Aku belum pernah liburan ke pantai Pangandaran ini dan sepertinya sudah harus masuk next destination list deeh. Pantainya cantik, indah dan keren di foto ya.

    BalasHapus
  5. yah sayang banget yah kecemlung tapi untung memory cardnya masih baik-baik aja :) aku belumpernah ke pangandaran mba hehehe takut solanya :D

    BalasHapus
  6. Aku terakhir ke Pantai Pangandaran pas liburan wisata SMP hahahah udah lama pisan. Padahal bolak balik Yogya mayan lho. Tapi entah deh, kenapa ya gak ke Pantai Pangandaran.

    BalasHapus
  7. Selalu suka ke pantai, dulu sebenernya udah merencanakan kesini dari jaman kuliah akhir, sampe sekarang udah punya anak 1 ga kesampean...huhuhu

    BalasHapus
  8. Green canyon, jgn lewat kan itu, tapi jangan pas musim hujan, entar ya ada jadi Brown Canyon ;) (pengalaman)

    BalasHapus
  9. Eh kok sama sih mba, jaman SMA dulu aku juga punya camera pocket gitu dan rusak pas trip ke Pangandaran.

    BalasHapus
  10. Liburan ke Pangandaran itu menyenangkan, apalagi sudah lama banget enggak main ke Pantai bareng keluarga. Pantainya juga bersih ya mbak.

    BalasHapus
  11. Aku 28thn tinggal di Jabar tapi belum pernah ke Pangandaran kak. Padahal banyak yang bilang bagus banget yaa pantainya. Sekarang hotel di sana udah banyak pilihan juga ya kak, bisa pesan di Pegi2 pula. Kayaknya one day musti ke sana yaa.

    BalasHapus
  12. Ya ampuun sampai kecemplung gitu kameranya. Duh kapan ya terakhir kali aku ke pangandaran? Kayanya ada kali 10 tahun yang lalu. Kepingin ke sana lagi deh sekalian ke Green Canyon juga

    BalasHapus
  13. Bagus banget ya pemandangannya pantai pangandaran ini

    BalasHapus
  14. Udah lama nggak ke pantai. Sepertinya seru nih masukin pangandaran ke daftar tujuan liburan 😄

    BalasHapus
  15. Udah lama nggak ke sini pagi sejak kapan ya.. 10 tahun yang lalu.. uda banyak yg berubah ya.

    BalasHapus
  16. Asik, liburan sama teman2 dan ke pantai ah, lengkap. Saya suka ke pantai saat hunting sunset mbak, lebih berasa syahdunya. Boleh nih, jadi rekomendasi ke Pantai Pangandaran.

    BalasHapus
  17. Aku ke pangandaran udah lama bgt kak jaman smp. Skrf udah kerja 😂😂🤣🤣 penasaran deh skrg kaya apa

    Ngomong2 kamera aku pas tutup kamera kecemplung aja udh ketar ketir kak apalagi kalo kameranya

    BalasHapus
  18. udah lama banget aku ga ke pangandaran kangen deh kapan kapan kesana lagi ah

    BalasHapus
  19. Iyaa..teh,
    aku juga kangen Pantai Pangandaran.
    Uda sejak hamil anak kedua.

    Dan waktu itu gak pake nginep, jadi cuma dateng, main ke pantai lalu kuliner.
    Yuummii banget seafoodnya.

    BalasHapus
  20. Sudah tahunan belum ke pantai lagi. Ngeliat photonya jadi kangen ke pantai. Jadi gimana nasib cameranya Mbak?

    BalasHapus
  21. jadi pengen juga ke greencanyon rafting tapi aku anaknya takutan hahahahaha cuma kalau rame2 sih mau yaa.. seru banget ceritanya mbak.

    BalasHapus
  22. Aduh, jadi kangen sama Pangandaran. Waktu kecil aku dan keluarga suka kesana. Sekedar main air trus makan lalu pulang hihihi. Sekarang hotel disekitarannya makin banyak ya. Nice bgt.

    BalasHapus
  23. Aku belum pernah ke Pangandaran. Kemana aja ya, hehehe. Ku menunggu habis di bikin cakep aja nanti deh.

    BalasHapus
  24. memanga syik di sana ya banyak yang bisa dilihat

    BalasHapus
  25. Wahh karang di pantainya asyik juga mbak. Keren buat foto-foto

    BalasHapus
  26. Terakhir saya ke Pangandaran, sepuluh tahun yang lalu kali ya. Sepertinya nggak banyak berubah ya, sekarang.

    BalasHapus
  27. Saya ke Pangandaran pasca tsunami sekitar tahun 2015 akhir. Ramainya Pantai Barat Pangandaran masih, tapi jadi lebih kumuh dari yang ada di foto Mba. Sementara Pantai Timur Pangandaran masih indah tapi waktu itu masih belum dikembangkan lagi. Banyak orang gila di sekitar sana, pun banyak dibangun masjid sayangnya seringnya kosong.

    Mungkin tahun ini sudah membaik. Semoga.

    BalasHapus
  28. Cakep banget yaa...pada dasarnya aku juga suka pantai. Suka sama warna birunya. Tp blm punya kesempatan ke pangandaran..

    Semoga suatu hari nanti, bisa ke sana

    BalasHapus
  29. aku pengen ke pangandaran tahun ini. mudah2an terlaksana aamiin

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Quiet, The Power of Introverts [Wishful Wednesday #6]

Review Dove Inner Glow Facial Foam, Pembersih Wajah untuk Kulit Kusam Agar Tampak Bercahaya