Tantangan Wirausaha Kuliner di Era Digital


Usaha kuliner merupakan lahan bisnis yang senantiasa menjanjikan. Dari dulu hingga sekarang, usaha makanan senantiasa tumbuh subur dan gak ada matinya. Dari mulai usaha kuliner kecil-kecilan, yang pakai gerobak, usaha kuliner rumahan, warung/kios makanan, hingga rumah makan, cafe, dan restoran, semua selalu menemukan pangsa pasarnya masing-masing. Demikian pula halnya dengan ragam produk makanan yang dapat ditekuni oleh pelaku usaha kuliner. Entah itu jenis makanan berat atau makanan ringan alias cemilan, juga produk minuman, ada banyak sekali peluang usaha yang dapat dieksplorasi. Tak heran jika banyak orang yang tergiur untuk terjun ataupun baru berencana memulai usaha kuliner.

Peluang bisnis usaha kuliner memang tak lekang di makan zaman. Tapi bukan berarti bebas dari tantangan perkembangan zaman yang terus berubah. Salah satu contoh nyata yang terjadi saat ini yaitu ada perubahan dalam cara orang memesan makanan (order via online), begitu pula dengan cara konsumen membayar makanannya (cashless alias non tunai). Yup, salah satu dampak dari perkembangan teknologi yang demikian pesat turut mewarnai keseharian kita, tak terkecuali dalam hal bertransaksi. Keberadaan gadget dalam genggaman beserta inovasi-inovasi yang muncul seiring perkembangan ekonomi digital turut menuntut pelaku usaha untuk beradaptasi menghadapi perubahan perilaku konsumen. Pelaku usaha kudu up to date mengikuti perkembangan zaman jika ingin terus memajukan usahanya dalam iklim bisnis yang kian kompetitif.

Ada berapa kesulitan yang biasa dialami oleh pelaku wirausaha kuliner. Kendala-kendala umum dalam menjalankan usaha kuliner tersebut antara lain yaitu:
- Pengelolaan pesanan online dan offline yang terpisah
- Hanya dapat menerima pembayaran tunai
- Kendala mencetak tanda terima
- Kendala mencatat transaksi harian

Kesulitan-kesulitan tersebut bisa cukup merepotkan. Terlebih bagi pelaku wirausaha kuliner kecil yang memiliki keterbatasan sumber daya. Padahal perihal pengelolaan transaksi dan keuangan merupakan hal penting demi kelancaran dalam menjalankan usaha. Jadi gimana dong solusinya?

Sekarang para pelaku wirausaha tak perlu bingung mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut. Sebab kini sudah ada aplikasi yang dapat menjadi solusi atas kendala-kendala tadi, namanya SPOTS.


SPOTS adalah sistem Point of Sale yang dilengkapi dengan beragam fitur yang dibutuhkan untuk membantu operasional usaha. SPOTS merupakan perangkat multifungsi dari GO-JEK yang dirancang untuk  menjawab kebutuhan pelaku UMKM di Indonesia. Mulai dari menerima pemesanan GO-FOOD, pembayaran GO-PAY, hingga laporan harian dari beragam tipe pembayaran dan cetak resi secara instan.


Aplikasi kasir SPOTS memiliki beragam fitur yang memudahkan operasional usaha pelaku UMKM dengan mengotomatisasi banyak tugas penjualan sehari-hari sehingga lebih efisien, hemat waktu dan biaya. Fitur-fitur yang ada dalam mesin kasir SPOTS antara lain:
- Mengatur menu
Menu dapat diisi secara manual maupun impor menu GO-FOOD, serta dapat diatur jumlah, foto, harga, dan kategorinya sesuai kebutuhan.
- Terima Pesanan GO-FOOD
Bagi partner GO-FOOD yang sudah terdaftar, bisa mendapatkan notifikasi secara real time setiap menerima pesanan dari GO-FOOD.
- Terima Pembayaran GO-PAY
Pelanggan dapat membayar hanya dengan scan kode QR, dananya langsung masuk ke rekening GO-PAY.
- Mencatat ragam tipe pembayaran yang sering digunakan pelanggan
- Cetak resi instan
Tidak perlu mesin tambahan untuk mencetak resi transaksi karena perangkat sudah dilengkapi printer.
- Dapatkan laporan harian
Perkembangan omzet dapat dimonitor melalui rekapan yang bisa dipantau via aplikasi atau email yang dikirim setiap hari.

Praktis, ya! Aplikasi kasir SPOTS bisa diperoleh dengan harga cukup terjangkau, yaitu Rp. 290.000 untuk biaya aktivasi dan biaya pemeliharaan Rp. 2.900/hari.

Jadi, para wirausahawan kuliner bisa coba aplikasi kasir ini nih untuk mendukung kelancaran operasional usahanya. Teknologi seperti ini perlu terus dikembangkan agar dapat menjawab kebutuhan pelaku UMKM di era serba digital ini.

Artikel ini didukung oleh SPOTS, semoga bermanfaat :).


|Baca juga:
Hal-hal yang perlu diketahui seputar kredit UKM
Tips memilih jasa penyedia catering yang terpercaya

Komentar

  1. Wah bagus banget nih sepertinya. Sehari jadi bayanya 2.900 ya

    BalasHapus
  2. Wah dengan menggunakan aplikasi ini memang sangat memudahkan ya

    BalasHapus
  3. Wah bener banget tuh memang berjualan makanan itu banyak peluangnya ya

    BalasHapus
  4. Wah akalu menggunakan spot ini jadi lebih mudah ya urusan penjualan

    BalasHapus
  5. Wah keren banget ya aplikasi ini. Bisa membuat semuanya menjadi lebih mudah

    BalasHapus
  6. Seiring dengan perkembangan zaman, sekarang serba modern ya kak termasuk untuk kuliner. Dulu kalau mau bayar makanan harus pakai cash, sekarang sudah bisa pakai e-money seperti contohnya gopay, dana, ovo, dll

    BalasHapus
  7. Ada motivator berkata :" Bisnis leher ke atas tak akan ada matinya." Salah satu bisnis yang menggiurkan memang di bidang permakanan ya. Termasuk di dalamnya warung, restoran, jasa katering, dan lain sebagainya.Apalagi sekarang makanan sudah bisa dipesan melalui gadget. Kita sarungan sambil nonton TV sudah diantar makanan.
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
  8. makasih sahringnya, makin banyak aplikasi yang mempermudah

    BalasHapus
  9. jd lebih terorganisir dan gak pusing terima orderan

    BalasHapus
  10. Aduh ini solusi banget ya teh biar semua termenej dengan baik

    BalasHapus
  11. Semoga semua penjual makanan baik yang udah dalam bentuk depot atau rumah makan, juga penjual makanan di pinggir jalan, pada pakai aplikasi kasir SPOTS ya, biar ketika tak bawa uang keluar rumah, tetap bisa beli makan asalkan bawa pembayaran online seperti GoPay

    BalasHapus
  12. benar sekali mba, adanya SPOTS ini memang memudahkan sekali wirausaha kuliner yang pegawainya masih sedikit ya

    BalasHapus
  13. ini sangat membantu ya apalagi buat yang baru merintis usaha gitu, harganya cukup terjangkau.

    BalasHapus
  14. Dengan spots, segalanya lebih mudah ya buat para pelaku UMKM kuliner.

    Temanku pun ada yang pake SPOTS, katanya lebih gampang karena sudah ada rekapnya.

    BalasHapus
  15. Waaah keren banget Gojek ikut membantu umkm untuk lebih berkembang lagi. Go food tuh andalan aku banget kalau lagi lapar tapi mager tinggal klik klik aja deh

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah SPOTS ini hadir dan memberikan keuntungan banyak untk UMKM Indonesia dan pengusaha yang terjun dibidang bisnis untuk memudahkan keuangannya ya Mba Is.

    BalasHapus
  17. Wirausaha kuliner jadi makin mudah dan nyaman buat bertransaksi karena ada SPOTS ini ya. Terlebih kalo pegawainya baru sedikit banget.

    BalasHapus
  18. Spot beneran jadi apps yang memudahkan para pelaku UKM untuk memenej bisnis kuliner ya Mbak. Jangan cuma customer aja yang bisa menikmati kemudahan apps, pelaku industri juga musti diberikan kemudahan seperti ini ya. Keren deh inovasi Spot ini.

    BalasHapus
  19. wah praktis ya.. boleh dicoba :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Review Dove Inner Glow Facial Foam, Pembersih Wajah untuk Kulit Kusam Agar Tampak Bercahaya

Review Medela Harmony, Pompa ASI Manual dengan 2 Tahap Ekspresi

Quiet, The Power of Introverts [Wishful Wednesday #6]