Inilah Hal Penting Dalam Venture Capital, Perusahaan Startup Harus Tahu


Bagi Anda yang memiliki perusahaan startup, tentu sudah tidak asing dengan venture capital bukan? Ya, kehadiran venture capital atau VC ini cukup penting terutama bagi para pemilik perusahaan startup yang ingin mengembangkan bisnis mereka. Jika Anda pemilik perusahaan startup maka anda harus membaca ulasan artikel kali ini hingga selesai. 

Hal penting dalam venture capital

Venture capital sendiri merupakan sebuah pendanaan yang diberikan kepada perusahaan startup yang telah masuk kedalam daftar kualifikasi yang memang sudah ditetapkan oleh perusahaan venture capital. Orang-orang yang menjalankan bisnis ini sendiri dikenal dengan sebutan venture capitalist. Dana yang digelontorkan oleh venture capital ini sendiri tidak berasal langsung dari dalam perusahaan venture capital tetapi dari para investor.

Nah, bagi Anda yang tengah merencanakan untuk memperoleh dana dari venture capital, maka Anda bisa memperhatikan hal penting dalam venture capital dibawah ini agar proses yang Anda lakukan bisa berjalan dengan baik. 

1. Uang yang dimiliki berasal dari perusahaan

Pasti bagi Anda yang baru pertama kali mendengar venture capital, akan bertanya dari manakah perusahaan venture capital memperoleh pendanaan bukan? Nah, sebenarnya uang yang dimiliki oleh perusahaan ini tidak dimilikinya secara langsung. Melainkan berasal dari para investor seperti pengusaha kaya raya, pemilik perusahaan keluarga, sumber dana pensiun atau sumber-sumber penting lainnya. 

Para investor yang melakukan investasi kepada VC tersebut dikenal dengan Limited partners (LP). Secara singkat, venture capital sendiri bertugas untuk menggelontorkan sejumlah dana yang diinvestasikan kepada para perusahaan startup yang pontensial. 

2. Setiap VC melakukan investasi yang berbeda

Hal penting yang juga harus Anda ketahui dalam dunia venture capital adalah para LP biasanya akan memberikan investasi kepada venture capital dengan keuntungan yang berbeda-beda. Biasanya umur pendanaan yang telah ditetapkan juga akan memberikan pengaruh terhadap bagaimana VC akan menentukan startup yang akan diberikan investasi. 

Umumnya, venture capital sendiri memiliki prioritas yang berbeda-beda dalam melakukan investasi. Beberapa perusahaan biasanya akan memberikan investasi untuk pendanaan diawal tetapi tidak akan menutup kemungkinan untuk berinvestasi pada tahap seri A dan B. 

3. Keuntungan yang didapatkan VC

Jika bertugas sebagai pihak penyalur dana investasi dari para investor, lantas bagaimana venture capital memperoleh keuntungan? Hal penting dalam venture capital yang satu ini juga perlu Anda pahami. Walaupun VC bertugas untuk menyalurkan dana tetapi mereka tetap akan mendapatkan keuntungan atas kerja mereka. 

VC sendiri biasanya akan mendapatkan pemasukan yang berasal dari 2 sumber yakni carried interest dan management fee. Carried interest sendiri merupakan biaya yang akan dibebankan VC kepada investor untuk setiap keuntungan yang didapat dari investasi. Besaran keuntungan dari carried interest ini bisa mencapai 30 persen. 

Sedangkan management fee sendiri merupakan biaya operasional yang akan diberikan kepada LP saat awal investasi dan biaya yang tidak bisa ditarik kembali. Total keuntungan dari sumber pemasukan ini bisa mencapai 3 persen dari investasi. 

4. Venture capital sering melakukan innvestasi secara bersamaan

Venture capital ini sendiri merupakan sebuah bisnis yang menawarkan banyak risiko besar untuk pelakunya. Itulah sebabnya, ketika VC akan melakukan investasi, biasanya mereka akan melakukan investasi secara bersamaan. Hal ini dilakukan agar bisa meminimalisir risiko kerugian. 

Demikian 4 hal penting dalam venture capital yang wajib Anda ketahui terutama bagi para pemilik perusahaan startup. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan pendanaan, Anda bisa menghubungi convergencevc.com.


|Baca juga: 

Komentar

  1. wah ilmu baru nih buat aku tentang venture capital ini

    BalasHapus
  2. iya bener teh aku baru denger istilah venture capital nih

    BalasHapus
  3. Yang mau bikin perusahaan startup harus tau tentang ini ya, Teh. Nuhun informasinya, siapa tahu ada yang perlu info ini.

    BalasHapus
  4. Jujur nih teh baru pertama kali denger venture capital, makasih untuk sharingnya jadi nambah ilmu baru nih..

    BalasHapus
  5. Waaah makasi banget sharingnya teh sungguh bermanfaat buat kita yang lagi berusaha "naik kelas" di start up

    BalasHapus
  6. Dunia start up emang lg tumbuh subur ya. Dan saya baru denger skrg nih istilah venture capital. Tfs euis

    BalasHapus
  7. wah ilmu baru menarik juga

    BalasHapus
  8. Aku jadi berasa seperti Maudy Ayunda. Kumaha teh Euis Kabarna?

    BalasHapus
  9. Nambah ilmu lagi. Masih asing sama istilah vc ini. Makasih Teteh :)

    BalasHapus
  10. makasih sharingnya pengetahuan baru

    BalasHapus
  11. jadi tau nih istilah venture capital hehe

    BalasHapus
  12. Aku baru denger nih nama VC. Jadi tau hal baru setelah baca ini. Terima kasih utk sharingnya 😊

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Rayakan Ulang Tahun Yamaha Ke 64, Ratusan Hadiah Menarik Tersedia Untuk Anda

Masalah Pada Gigi Bungsu yang Kerap Terjadi