Tips Mendapatkan Beasiswa Pendidikan



Memiliki titel sarjana memang masih menjadi suatu keharusan bagi anak-anak muda saat ini. Meskipun banyak tokoh sukses di dunia yang justru tidak memiliki titel apapun. Namun, di Indonesia sendiri gelar sarjana masih merupakan salah satu syarat sukses mendapatkan perkerjaan.

Untuk mendapatkan gelar di bidang pendidikan tentu saja tidak semudah membalikkan telapak tangan. Selain pintar, kamu juga dituntut untuk memiliki kemampuan finansial yang baik untuk memenuhi biaya pendidikan. Bukan rahasia umum lagi, biaya pendidikan saat sekarang ini tidak bisa dikatakan murah. Makanya satu-satunya harapan yang orang-orang tidak mampu  secara finansial adalah beasiswa pendidikan.

Mendapatkan beasiswa pendidikan tidaklah semudah iklan media cetak yang bilang “Dapatkan pinjaman tunai hari ini!” kemudian dalam hitungan menit sejumlah uang pun mengalir masuk ke rekening. Untuk mendapatkan beasiswa pendidikan selain pintar juga dibutuhkan effort khusus dari kamu dan keluarga.

Tips Mendapatkan Beasiswa Pendidikan


Bertanya pada guru atau staf TU di sekolah
Untuk melihat ada atau tidaknya peluang beasiswa, kamu bisa bertanya langsung kepada guru atau staf TU di sekolah. Biasanya pihak sekolah memiliki hubungan baik dengan beberapa universitas, sehingga informasi terkait beasiswa bisa dengan mudah mereka dapatkan. 

Cari info dari mana saja
Sebagai anak muda, kamu harus rajin mencari informasi tentang beasiswa, bisa dari internet, dari senior atau kakak kelas, atau dari anggota keluarga lainnya yang sedang kuliah. Sebagai mahasiswa, biasanya mereka lebih mudah mendapatkan informasi beasiswa di kampusnya sendiri.

Ikuti perlombaan yang diadakan oleh universitas
Sekarang ini banyak universitas yang mengadakan lomba dengan berbagai tema dengan hadiah utamanya beasiswa pendidikan. Nah, usahakanlah untuk ikut dan memenangkan lomba tersebut agar kamu mendapatkan beasiswa yang diimpikan.

Lengkapi CV dengan hal-hal positif
CV merupakan salah satu dokumen yang dilampirkan dalam pengajuan beasiswa. Nah, manfaatkan peluang ini dengan mengisi lembaran CV-mu dengan prestasi dan berbagai hal positif yang kamu lakukan. Misalnya peran kamu di organisasi yang kamu ikuti, lomba-lomba yang kamu ikuti, dan lain-lain.

Kuasai Bahasa Inggris dengan baik
Mengejar beasiswa pendidikan ke luar negeri ataupun dalam negeri, menguasai bahasa Inggris dengan baik secara lisan dan tulisan itu adalah salah satu modal untuk mendapatkan beasiswa. Milikilah skor TOEFL minimal 450, agar kamu layak untuk mendapatkan beasiswa. Jangan ragu untuk mengikuti kursus bahasa Inggris jika kemampuan bahasa Inggris-mu masih kurang.

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan dalam usaha mendapatkan beasiswa adalah berdoa. Usaha tanpa doa adalah kesombongan, doa tanpa usaha adalah kesia-siaan. Jadi jangan pernah menyerah dalam berusaha dan berdoa agar apapun impian yang kamu rajut, mendapat berkah dari Yang Maha Kuasa.

|Baca juga: Tips Merencanakan Liburan

Komentar

  1. Iya kalau udah menguasai bahasa inggris mah keren aja, cepet mau ambil beasiswa juga ya Is

    BalasHapus
  2. dulu aku dapat beasiswa karena IPK tertinggi teh alhamdulilah sempat mau ikutan beasiswa dari pihak lain cuman dulu mikirnya aku butuh yang gede jadi harus milih wkwkwk dasar otak mahasiswa mah cari yang gede nominal tanpa mikir benefit apa aja yang didapat dari pihak lain itu :p

    BalasHapus
  3. Pantengin poster di kantor TU, deketin dosen, dan rajin browsing :D

    BalasHapus
  4. Aku belum ada kemauan buat nyari beasiswa utk lanjut sekolah nih teh... Aduh malesnya... Hahahaha

    BalasHapus
  5. wah, tandain postingannya buat bekel Kayla nyari beasiswa kalo udah rada gedean dikit nih Euis hehehe

    BalasHapus
  6. Bener banget nih, harus aktif di sekolah atau organisasi kampus. Biasanya ketua angkatan paling tau peluang beasiswa

    BalasHapus
  7. bener banget, anakku dapat beasiswa ke Jepang berkat ketekunan dan banyak doa. Insyaallah ada jalan :)

    BalasHapus
  8. Sekarang asyik ya, banyak fasilitas yang mendukung untuk mendapatkan beasiswa pendidikan. Asalkan ada kemauan, pasti bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
    Duh...kapan datangnya kemauan itu, pada diri saya ya ...? hihihi :D

    BalasHapus
  9. Bahasa yang paling penting menurutku, kalau udah dikuasai mah syarat lainnya jadi lancar hehe

    BalasHapus
  10. Pas banget lagi nyari tips tembusim beasiswa.
    Bisa bahasa Inggris ini selalu jadi poin penting ya

    BalasHapus
  11. Rajin-rajin cari info beasiswa dari orang atau media yang terpercaya aja, ya mbak. Banyak penipuan di zaman sekarang ini.

    BalasHapus
  12. trima kasih sharingnya....ntar mau infokan ke anakku

    BalasHapus
  13. Bahasa inggris, jadi modal utama sih selain latar belakang pendidikan

    BalasHapus
  14. Hurrah! After all I got a blog from where I can truly take valuable data regarding
    my study and knowledge.

    BalasHapus
  15. Baca tulisan ini pengen muda lagi, pengen kuliah lagi, pengen benerin kuliah yg salah jurusan

    BalasHapus
  16. wah, Bener banget nih, harus aktif di sekolah atau organisasi kampus. Biasanya ketua angkatan paling tau peluang beasiswa

    BalasHapus
  17. Makasih infonya bermanfaat. Kebetulan anakku lagi mengajukan beasiswa. Btw TOEFL & IELTS itu bedanya apa ya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Review Dove Inner Glow Facial Foam, Pembersih Wajah untuk Kulit Kusam Agar Tampak Bercahaya

Review Medela Harmony, Pompa ASI Manual dengan 2 Tahap Ekspresi

Quiet, The Power of Introverts [Wishful Wednesday #6]