Tips Mendapatkan Beasiswa Pendidikan



Memiliki titel sarjana memang masih menjadi suatu keharusan bagi anak-anak muda saat ini. Meskipun banyak tokoh sukses di dunia yang justru tidak memiliki titel apapun. Namun, di Indonesia sendiri gelar sarjana masih merupakan salah satu syarat sukses mendapatkan perkerjaan.

Untuk mendapatkan gelar di bidang pendidikan tentu saja tidak semudah membalikkan telapak tangan. Selain pintar, kamu juga dituntut untuk memiliki kemampuan finansial yang baik untuk memenuhi biaya pendidikan. Bukan rahasia umum lagi, biaya pendidikan saat sekarang ini tidak bisa dikatakan murah. Makanya satu-satunya harapan yang orang-orang tidak mampu  secara finansial adalah beasiswa pendidikan.

Mendapatkan beasiswa pendidikan tidaklah semudah iklan media cetak yang bilang “Dapatkan pinjaman tunai hari ini!” kemudian dalam hitungan menit sejumlah uang pun mengalir masuk ke rekening. Untuk mendapatkan beasiswa pendidikan selain pintar juga dibutuhkan effort khusus dari kamu dan keluarga.

Tips Mendapatkan Beasiswa Pendidikan


Bertanya pada guru atau staf TU di sekolah
Untuk melihat ada atau tidaknya peluang beasiswa, kamu bisa bertanya langsung kepada guru atau staf TU di sekolah. Biasanya pihak sekolah memiliki hubungan baik dengan beberapa universitas, sehingga informasi terkait beasiswa bisa dengan mudah mereka dapatkan. 

Cari info dari mana saja
Sebagai anak muda, kamu harus rajin mencari informasi tentang beasiswa, bisa dari internet, dari senior atau kakak kelas, atau dari anggota keluarga lainnya yang sedang kuliah. Sebagai mahasiswa, biasanya mereka lebih mudah mendapatkan informasi beasiswa di kampusnya sendiri.

Ikuti perlombaan yang diadakan oleh universitas
Sekarang ini banyak universitas yang mengadakan lomba dengan berbagai tema dengan hadiah utamanya beasiswa pendidikan. Nah, usahakanlah untuk ikut dan memenangkan lomba tersebut agar kamu mendapatkan beasiswa yang diimpikan.

Lengkapi CV dengan hal-hal positif
CV merupakan salah satu dokumen yang dilampirkan dalam pengajuan beasiswa. Nah, manfaatkan peluang ini dengan mengisi lembaran CV-mu dengan prestasi dan berbagai hal positif yang kamu lakukan. Misalnya peran kamu di organisasi yang kamu ikuti, lomba-lomba yang kamu ikuti, dan lain-lain.

Kuasai Bahasa Inggris dengan baik
Mengejar beasiswa pendidikan ke luar negeri ataupun dalam negeri, menguasai bahasa Inggris dengan baik secara lisan dan tulisan itu adalah salah satu modal untuk mendapatkan beasiswa. Milikilah skor TOEFL minimal 450, agar kamu layak untuk mendapatkan beasiswa. Jangan ragu untuk mengikuti kursus bahasa Inggris jika kemampuan bahasa Inggris-mu masih kurang.

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan dalam usaha mendapatkan beasiswa adalah berdoa. Usaha tanpa doa adalah kesombongan, doa tanpa usaha adalah kesia-siaan. Jadi jangan pernah menyerah dalam berusaha dan berdoa agar apapun impian yang kamu rajut, mendapat berkah dari Yang Maha Kuasa.

|Baca juga: Tips Merencanakan Liburan

Komentar

  1. Iya kalau udah menguasai bahasa inggris mah keren aja, cepet mau ambil beasiswa juga ya Is

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Novel Milea: Suara dari Dilan

25 Coffee & Kitchen, Cafe Asyik di Arcamanik, Bandung Timur