Nasi Tumpeng, Hidangan Tradisional Istimewa untuk Acara Syukuran

Nasi Tumpeng, Hidangan Tradisional Istimewa untuk Acara Syukuran

Sebagai orang Indonesia, kita tentu begitu familiar dengan yang namanya nasi tumpeng. Sajian kuliner tradisional yang satu ini memiliki keistimewaan tersendiri dalam tradisi masyarakat kita. Nasi tumpeng biasa tersaji dalam momen-momen atau acara khusus seperti syukuran atau selamatan. Tak hanya acara syukuran keluarga seperti hari ulang tahun, kelahiran, dan pernikahan, tradisi tumpengan juga kerap digelar pada acara syukuran perusahaan. Jika dalam event yang menggunakan kue sebagai hidangan simbolik ada momen penting potong kue, dalam acara yang menggelar tumpengan ada potong tumpeng, momen penting ketika puncak nasi tumpeng yang berbentuk kerucut itu dipotong. Puncak nasi tumpeng tersebut biasa diberikan kepada orang yang dianggap paling penting atau dituakan. Biasanya momen ini tak pernah luput dari bidikan kamera dokumentasi acara.

Membicarakan nasi tumpeng kok aku jadi nostalgia, momen tumpengan paling berkesan buatku yaitu ketika masa-masa jadi santri saat abege. Bertampah-tampah tumpeng tersaji saat ada acara khataman Al-Qur'an. Judulnya tumpeng meski nasinya tidak berbentuk kerucut, melainkan disajikan begitu saja di atas tampah dengan aneka lauk-pauk seperti daging ayam, oreg tempe, urap, lalapan, dan sambal goreng. Tumpeng-tumpeng tersebut diedarkan untuk disantap para santri secara berkelompok. Duduk mengelilingi tampah, nasi tumpengnya dimakan langsung bareng-bareng. Nikmatnya kebersamaan…

Saat ada acara tumpengan seperti itu, biasanya tidak masak sendiri nasi tumpengnya, melainkan pesan dari masyarakat setempat yang menyediakan jasa membuat nasi tumpeng. Memesan nasi tumpeng untuk keperluan acara memang lumrah dilakukan mengingat proses pembuatannya cukup ribet dan memerlukan waktu dan tenaga juga. Apalagi kalau jumlahnya banyak, cukup repot juga mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari bahan-bahan, proses memasaknya, hingga menatanya menjadi hidangan yang sedap dipandang mata.

Kini, ketika apa-apa bisa dipesan secara online, memesan nasi tumpeng juga makin mudah dan praktis berkat adanya jasa pemesanan nasi tumpeng online. Salah satunya yaitu layanan pemesanan nasi tumpeng Jakarta Pusat dari penyedia jasa catering online royalsnackbox.com. Buat yang berada di Jakarta, ini bisa menjadi pilihan ketika memerlukan nasi tumpeng untuk keperluan berbagai acara. Ada menu-menu yang dapat dipilih sesuai selera dan kebutuhan acara. Uniknya, selain nasi tumpeng tradisional, terdapat juga pilihan nasi tumpeng modern, seperti nasi tumpeng ulang tahun karakter, angka dan huruf, nasi tumpeng Barbie, serta nasi tumpeng ukuran mini porsi perorangan. Wah, ternyata nasi tumpeng yang notabene hidangan tradisional pun turut berkembang dengan modifikasi yang kekinian.

Oh iya, aku jadi keingetan, rasanya sudah lama sekali sejak terakhir kali menyantap nasi tumpeng. Banyak sih acara demi acara syukuran digelar oleh keluarga, kerabat, atau tetangga di sekitar tempat tinggal. Tapi kebanyakan nggak pakai tumpengan, melainkan bikinnya nasi berkat atau paling kebagian nasi kotak atau nasi kuning yang dikemas dalam kotak mika. Duh, aku jadi kangen sama nasi tumpeng yang hakiki (baca: nasi tumpeng yang beneran disajikan di atas tampah beralas daun pisang dengan aneka lauk-pauk yang menggoda selera). Ini sedang jelang HPL anak pertamaku sebulanan lagi, kira-kira bakal numpeng gak ya... Yang udah jelasmah bakal bikin nasi berkat buat acara aqiqah deh.

Nah, kalau teman-teman gimana, ada cerita unik atau berkesan tentang tumpengan? Suka menyiapkan sendiri ataukah pesan nasi tumpengnya? Share yuk di kolom komentar :).


Komentar

  1. status tumpeng kayaknya sebelas dua belas sama nasi liwet
    selalu ada kalau ada acara tertentu di tanah pasundan

    BalasHapus
  2. Peseeen heee. Karena lbh simpel teh :)

    BalasHapus
  3. Pas kemarin papi pulang manggung dari Phuket pas Anniversary dan anak pertama ultah jadi sekalian dibikinin tumpeng sama mamah aku hehhe

    BalasHapus
  4. Duli pas krucil belum banyak, suka bikin sendiri. Kalo sekarang mending pesen aja deh, ke temen, sekalian ngelarisin dagangan temen. Hehe

    BalasHapus
  5. Gak bisa bikinnya. Pesen aja udah paling bener heuheuheu.

    BalasHapus
  6. Kalau aku biasanya mamah yg bikinin, belum pernah coba beli. dari kecil kalo ulang tahun ga dibikinin kue tapi dibikininnya tumpeng sekalian pengajian katanya haha

    BalasHapus
  7. Jadi laper teh, makan pake telor balado + ayam sama orek tempe.. nikmatnya ��

    BalasHapus
  8. Mama biasanya yang suka bikin nasi tumpeng kalau ada acara istimewa, misalnya syukuranakikah, syukuran rumah, dll, jadi kangen nasi tumpeng buatan mamah nih

    BalasHapus
  9. Saya gak bisa bikin tumpeng, tapi suka makannya. hehehe

    BalasHapus
  10. Saya gak bisa bikinnya, tapi seneng makannya hehe

    BalasHapus
  11. Kenangan nerkesan tentang nasi tumpeng waktu kenaikan kelas ke kelas 2 SMP. Saya dan teman2 sekelas menyiapkan sendiri semua perlengkapan tumpengnya. Sementara untuk membentuk nasi menjadi tumpeng, tetangga saya yang bantuin.

    BalasHapus
  12. Rasanya kurang sesuatu ya Teh, kalau gak ada nasi tumpeng pas syukuran.

    BalasHapus
  13. Paling enak emang beli sih, tapi kalo bisa bikin kan ngirit :)

    BalasHapus
  14. Suka banget sama tumpeng tuh..rasanya beda sama nasi kuning walau sama2 kuning hehe...

    BalasHapus
  15. Nasi tumpeng tetep selalu ada di setiap acara syukuran.
    Gak pernah ketinggalan.
    Dan setiap perayaan hari Kartini, di sekolah tempat ngajarku selalu diadakan lomba hias nasi tumpeng. Seru 😂

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Novel Milea: Suara dari Dilan

Hal-hal yang Perlu Diketahui Seputar Kredit Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Tips Merawat Mobil SUV Agar Tetap Awet