3 Negara di Kawasan Schengen yang Menarik untuk Dijelajahi

Geiranger fjord, Norwegia
Ngobrolin tentang traveling lagi, yuk! 

Entah karena lagi butuh piknik atau gimana, bawaannya seneng aja gitu nulis tentang traveling, bahkan meski itu baru berupa wishlist alias belum kesampaian, hehe. Ya kali aja suatu saat nanti traveling impianku bakal terkabul, Aamiin… Kali ini aku mau cerita sedikit tentang destinasi traveling luar negeri yang kepengen banget untuk dikunjungi. Pastinya banyak banget ya, karena tiap negara memiliki daya tariknya sendiri untuk dieksplorasi. Di antara banyak negara yang ingin kukunjungi, ternyata kebanyakan merupakan negara-negara Eropa. Dan banyak dari negara tersebut yang termasuk dalam Kawasan Schengen.

Well, buat tipikal kebanyakan orang Asia, siapa sih yang nggak tertarik menjelajah negeri-negeri Eropa? Pastinya pengen dong jalan-jalan ke Paris, misalnya. Nongkrong di depan Menara Eifel, atau berkunjung ke Museum Louvre. Aku pribadi, kebanyakan pengen berkunjung ke negara-negara Eropa itu gara-gara baca buku. Bukan buku perjalanan sih, tapi kebanyakan mah novel yang membuatku mengimajinasikan aneka tempat di Eropa yang menjadi setting cerita, hehe. Ditambah lagi 2-3 tahun ke belakang suka nonton Abnormal Summit, yaitu variety show Korea yang isinya diskusi serius tapi santai pemuda-pemuda dari berbagai negara yg ngomongin isu global. Nah, suka ada sesi ketika mereka ngobrolin/memperkenalkan daya tarik negara mereka sendiri, termasuk dari segi wisata.

Bisa ditebak pastinya banyak banget tempat di Eropa yang menarik untuk dijelajahi. Nah, kalau ini 3 saja di antara negara-negara wilayah Schengen yang paling membuatku tertarik. 

1. Norwegia

Aurora Borealis di Lofoten, Norwegia
Kenapa Norwegia? Alasanku rada aneh sih, gara-garanya suka baca buku-buku karya Jostein Gaarder, penulis asal Norwegia. Padahal buku-bukunya gak banyak bahas setting tempat di Norwegia, hehe. Tapi dari situlah awalnya. Udah gitu aku suka ikan salmon, kan banyak tuh di Norwegia *lah! Tapi nyatanya Norwegia itu memang destinasi traveling yang menarik banget. Mulai dari wisata alamnya, budayanya, suasana kota & pedesaannya, aneka museum, hingga taman-taman nasional & peninggalan arsitektur bersejarah. Pemandangan alam yang tak boleh dilewatkan di sini yaitu gletser dan fjord, semacam teluk dengan sisi-sisi /tebing curam yang terbentuk dari erosi glasial (lelehan gletser) selama jaman es. Coba deh googling gambar-gambar fjord yang ada di Norwegia, mengagumkan banget keindahan alamnya… National Geographic saja pernah menyebut fjord Norwegia sebagai atraksi wisata top dunia. Fjord yang terkenal misalnya Geirangerfjord, Hardangerfjord (sepanjang 179 KM, salah satu fjord terpanjang di dunia), dan Sognefjord. Selain itu, Norwegia juga punya tempat-tempat terbaik untuk menikmati keindahan fenomena alam Aurora Borealis atau Northern lights, seperti Kota Tromso, North Cape, dan Lofoten Islands. 

2. Spanyol

Alhambra, Spanyol
Di antara banyak daya tarik yang dimiliki Spanyol, yang paling menarik menurutku adalah kekayaan warisan tempat-tempat bersejarahnya, berikut kekayaan seni arsitekturalnya. Jaman masih sekolah dulu sempat belajar sedikit tentang sejarah Islam, jadi penasaran sama jejak peninggalan kejayaan Islam abad pertengahan di Spanyol. Selain bersejarah, bangunan-bangunan seperti Al-Hambra dan Masjid Cordoba (Mezquita) di Granada merupakan mahakarya arsitektur yang kaya akan detail artistik. Di samping itu, banyak tempat-tempat menarik & artistik lainnya seperti Sagrada Familia di Barcelona, Seville Cathedral, Toledo Old City, White Towns of Andalusia, dll. Tak kalah menarik Gugenheim Museum dan City of Arts and Sciences, Valencia, yang menyajikan keindahan arsitektur kontemporer.

3. Swiss

Swiss, negara kecil yang netral dan unik. Kalau nyebutin Swiss langsung inget sama cerita Heidi dan Pegunungan Alpen-nya. Impian banget bisa menjelajah aneka tempat di Swiss, termasuk menikmati pemandangan alamnya dengan naik kereta dan cable car dari ketinggian. Banyak pula aktivitas outdoor yang bisa dilakukan di Swiss, mulai dari hiking, biking, skiing, hingga paragliding & climbing. Swiss memiliki tempat-tempat memesona dengan latar puncak Alpen bersalju yang menjulang, danau, lembah, dan gletser yang indah. Juga kota-kotanya yang memiliki museum, bangunan bersejarah, galeri, dan festival seperti Zurich, Geneva, Lausanne, serta Bern, ibukota dengan kota tua abad pertengahan yang memukau. Beberapa tempat yang tak boleh dilewatkan di Swiss misalnya Matterhorn, salah satu gunung tertinggi Alpen dengan puncak runcing yang menjadi ikonnya Swiss. Di dekatnya ada Zermatt, desa memesona yang bebas dari kendaraan bermotor. Juga Interlaken, Jungfraujoch, Lake Geneva, Lake Lugano, Lucerne, Chateau de Chillon, Swiss National Park, The Rhine Falls, dll.

Matterhorn, Swiss
Hm, baru 3 negara sudah banyak sekali tempat-tempat menarik untuk dijelajahi. Yang pasti, ketika bicara traveling, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Apalagi ke luar negeri, travelingnya kudu benar-benar direncanakan dengan matang. Salah satu hal yang mungkin masih sering luput dari daftar persiapan yaitu asuransi perjalanan. Padahal asuransi perjalanan itu penting, lho. Ketika melakukan perjalanan ke negara-negara Eropa yang tergabung dalam kawasan Schengen, salah satu dokumen yang wajib dimiliki yaitu asuransi perjalanan ke Schengen. Selain untuk antisipasi hal-hal tak terduga, asuransi perjalanan ke Schengen merupakan salah satu persyaratan untuk mengurus visa Schengen. 

Hampir semua negara di Eropa termasuk dalam Kawasan Schengen, kecuali Inggris dan Irlandia. Kawasan Schengen terdiri atas 26 negara Eropa yang tergabung dalam Perjanjian Schengen. Negara-negara tersebut resmi menghapus kebijakan paspor dan semua jenis kontrol perbatasan pada masing-masing kawasan perbatasannya. Kini, mengurus asuransi perjalanan ke Schengen tidak perlu ribet dan makan waktu. Kita bisa Cari asuransi perjalanan schengen di Futuready

Futuready merupakan supermarket asuransi online berlisensi resmi OJK yang menjual produk asuransi dari berbagai provider. Jadi, Futuready.com itu tempatnya mencari, membandingkan, dan membeli produk asuransi. Produk asuransi yang ada di Futuready antara lain asuransi kesehatan, asuransi perjalanan, asuransi kecelakaan, dan asuransi mobil. Futuready merupakan bagian dari AEGON, salah satu perusahaan asuransi terbaik di dunia yang berbasis di Den Haag, Belanda. Futuready tidak membuat produk asuransi sendiri. Brand asuransi yang bekerjasama dan dijual di Futuready.com antara lain AXA, AXA Mandiri, Simas Net, Adira, Lippo, MNC, Tokio Marine, Malacca, Avrist, ABDA, MSIG, Mega, Lippo, dan Jagadiri.

Jadi kalau kita butuh untuk membeli produk asuransi, kita bisa cari di Futuready. Misalnya pilihan produk asuransi perjalanan Schengen di Futuready, lalu bandingkan dan pilih sendiri produk asuransi yang sesuai kebutuhan. Prosesnya instan dan bisa akses kapan dan dimana saja karena transaksinya langsung secara online. Metode pembayarannya bisa pilih, dengan kartu kredit, transfer bank, atau bayar langsung di minimarket terdekat. Begitu disetujui, polis elektronik langsung dikirim via email dan langsung aktif. Pengurusan klaim melalui Futuready juga mudah, karena dibantu oleh CS professional via telepon atau online. Tambahan untuk asuransi mobil, persetujuan asuransi gak perlu nunggu survey, cukup kirim foto secara online saja. Mudah dan praktis, ya…

Nah, adakah yang hendak berlibur atau melakukan perjalanan ke negara-negara Eropa di Kawasan Schengen? Jangan lupa persiapkan asuransi perjalanan, ya! Wajib sih untuk pengajuan visa. Anda bisa mencoba cari produk travel insurance di Futuready.


|Baca juga:

Komentar

  1. bagus banget ya tempat2nya. pengen deh suatu hari kesana.. ^^

    BalasHapus
  2. Ternyata banyak banget tempat menarik di Eropa selain yang udah mainstream kayak Inggris, Perancis dan Italia ya. Moga ada kesempatan bisa kesana suatu hari :)

    BalasHapus
  3. Berharap banget bisa ke Spanyol, Mbak. Tertarik sama Alhambra karena mau nonton drama korea Memories of The Alhambra.

    BalasHapus
  4. Pengen banget ke Spanyol terutama Alhambra. Semoga segera kesampaian ya.

    BalasHapus
  5. Aku juga pengen ke Spanyol . Pergi ke Al Hambra atau Masjid Cordoba gara-gara baca 99 Cahaya di Eropa

    BalasHapus
  6. Negara2 di eropa memang punya daya tarik tersendiri ya. Kalo aku pengen banget bs berkunjung ke Belanda, Turki sama spanyol (btw spanyol lmyn fav jg nih 😃)

    BalasHapus
  7. wuahh eropa saya penasaran sama norwegia, waktu pernah ada teman blogger yang kesana dan baca-baca reviewnya ternyata norwegia menarik untuk dikunjungin :)

    BalasHapus
  8. kapan aku bisa ksana heheh

    https://www.ipung.net/

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Novel Milea: Suara dari Dilan

Nenek (Ibu), Patriot Kehidupanku

The Lorax Film: Kisah Kota Plastik Tanpa Pohon