Tempat-tempat Menarik untuk Dikunjungi Saat Jalan-jalan di Surabaya

Tempat-tempat Menarik di Surabaya

Biasanya kalau kita lama tinggal & beraktivitas di kota besar, bawaannya pengen liburan ke tempat-tempat bernuansa wisata alam, ya… Sebaliknya, suka ngerasa gak sih, ketika kita lagi kebanyakan berada di suasana desa, pengennya wisata ke kota besar? Salah satu kota besar di Indonesia yang pengen aku kunjungi adalah Surabaya. Dulu, waktu masih kecil aku pernah dibawa main ke rumah saudara di Surabaya. Tapi udah lupa juga, hanya sedikit ingatan samar. Hm, sudah berapa tahun, ya… 

Sejauh yang terpantau olehku tentang perkembangan kota ini (mantaunya di medsos aja sih, hehe. Seringnya update dari temen-temen blogger Surabaya :D), Surabaya agak mirip sama Bandung. Setidaknya dari segi penataan kota yang sekarang ini banyak tempat menarik untuk tujuan wisata, baik untuk warga lokalnya maupun bagi pengunjung dari luar kota. Banyak tempat nongkrong & ngadem seperti taman yang gratis juga, selain aneka tujuan jalan-jalan berbudget mahal maupun yang masih terjangkau.
Sebagai Kota Pahlawan, terdapat banyak tempat bangunan bersejarah, monumen, dan museum di Surabaya yang bisa dikunjungi . Misalnya Museum Surabaya, Museum Tugu, Monumen Jalesveva Jayamahe, dsb. Dan sebagai ibukota Jawa Timur, Surabaya ramai dengan tempat-tempat pusat perbelanjaan, pusat kulineran, hingga taman bermain seperti Surabaya Carnival Park, serta tempat wisata kekinian seperti De Mata Trick Eye Museum. 

Banyak deh pilihan yang bisa dilakukan untuk jalan-jalan di Surabaya. Karena Surabaya sudah masuk rencana liburanku, aku sudah punya beberapa opsi tempat yang pengen aku datangi, mempertimbangkan waktu yang terbatas dan budget juga. 

Jalan-jalan di kawasan Jl. Tunjungan 

Saat berada di Kota Surabaya, aku tak ingin melewatkan jalan-jalan di kawasan Jl. Tunjungan. Selain ada Tunjungan Plaza, bisa mampir juga ke Museum Surabaya yang menempati bangunan bekas Gedung Siola, tempat kita bisa melihat koleksi peninggalan sejarah dan perkembangan Kota Surabaya. Terus bisa ke Taman Gantung Surabaya yang berupa jembatan penyeberangan sepanjang 30 m yang menghubungkan Gedung Siola dengan pertokoan. Asyik juga kali yah ke sini di malam hari, itung-itung jalan-jalan wisata malam di Surabaya sembari menikmati pemandangan gemerlap lampu kota. Jl. Tunjungan juga punya spot menarik di samping Hotel Majapahit yang penuh sejarah, saksi bisu peristiwa perobekan bendera Belanda oleh arek-arek Suroboyo. 

Ngadem di tempat wisata alam 

Tetep aja sih, kalau liburan aku lebih sukanya sama suasana alam yang adem. Apalagi Surabaya kan panas ya. Makanya aku pengen juga singgah ke tempat semacam Kebon Bibit Wonorejo. Udah mah sejuk dengan pepohonan rindang, ada danaunya, dan gratis masuknya. Ini tempat wisata favorit warga lokal. Terdapat sarana jogging dan lapangan, serta fasilitas bermain anak. Selain tempat tersebut, aku penasaran juga sama Ekowisata Hutan Mangrove Wonorejo. Di sini bisa menyusuri hijaunya tanaman bakau di atas jembatan kayu dan keliling kawasan hutan bakau dengan menggunakan perahu boat. Tempat hijau lainnya yang pengen kukunjungi adalah Hutan Bambu dan Taman Harmoni Keputih. Lihat-lihat fotonya instagrammable dengan background pepohonan bambu ala Sagano, Jepang, yang memesona. 

Sebetulnya masih ada lagi sih tempat-tempat yang pengen kukunjungi saat ke Surabaya. Misalnya Surabaya North Quay, Taman Prestasi, Taman Bungkul, Pantai Ria Kenjeran Park, dll. Kalau ada waktu lagi buat liburan ke Surabaya lebih leluasa, bisa lah ya diagendakan juga. Yang jelas, nanti pas liburan gak boleh terlewat kulinerannya, hehe. Terus jadi kepikiran pengen belanja ke Pasar Turi, pasar tradisional yang ramai. Bisa berburu kulineran khas Surabaya sama oleh-oleh nih dengan harga terjangkau. 

Supaya liburannya tenang, untuk penginapan aku hunting dulu dong hotel di Surabaya yang pas di budget. Setelah mencari-cari dan cek harga, ternyata hotel traveloka pilihannya lebih lengkap dan murah. Jadi aku coba booking hotel yang sesuai untuk liburan di Surabaya nanti. Dan ternyata kalau memesan hotel di Traveloka tidak ribet, pembayarannya mudah, cepat dan dengan pilihan hotel yang lengkap di seluruh Indonesia bahkan di dunia.
pilih-pilih hotel di Surabaya via Traveloka
Nah, adakah yang sedang berencana liburan juga? Liburan akhir tahun, mungkin? Buat penginapannya, coba juga deh cari hotelnya via Traveloka. Soalnya pilihan hotelnya lebih lengkap, nggak ribet, dan pembayarannya juga mudah dan cepat. Yuk, ah, sambil persiapan. Jadi gak sabar pengen cepet-cepet liburan...

Komentar

  1. Hihi awal baca paragraf pertama, kok saya banget ya. Kalau tinggal di desa pengen banget jalan-jalan ke Kota, eh giliran sekarang tinggal di kota pengen banget jalan-jalan ke desa.

    BalasHapus
  2. Akhir tahun masih bingung nih mau berwisata kemana, tapi uda da rencana pesan tiket sama nyari hotel yang murah lewat aplikasi Traveloka.com hehe, abis caranya mudah, dan prosesnya cepet banget.

    BalasHapus
  3. Hampir setiap berlibur ke luar kota, saya selalu percayakan perjalanan saya pada traveloka. Dari mulai tiket pesawat hingga pemilihan hotel yang sesuai dengan kebutuhan.

    BalasHapus
  4. Jadi pengen berlibur ke Surabaya nih, gak jauh juga dari Malang. Ternyata di Surabaya banyak banget recomendasi tempat yang wajib buat dikunjungi hehe

    BalasHapus
  5. Ternyata kota Surabaya itu banyak banget ya destinasi wisatanya, harus masuk daftar list liburan nih.

    BalasHapus
  6. Wah, asyik ya mbak. Maunya juga dilampirkan foto supaya lebih menarik lagi. Thanks ya Info nya mbak.

    BalasHapus
  7. Nah iya, aku yang sehari-hari tinggal di desa bawaannya pengin main terus ke kota.

    Kujuga penasaran teh pengin ke De Mata Trick Eye Museumnya ih.

    Keberadaan Traveloka ini memang memudahkan banget buat pergi liburan atau pas keluar kota tapi kemaleman. Hehehe bisa booking hotel dari mana aja.

    BalasHapus
  8. Pasar Turi itu lokasinya berdekatan dengan PGS. Dan sejak terbakar kemudian dibangun kembali, Pasar Turi cenderung lebih sepi dibandingkan PGS. Kalau untuk kulakan biasanya orang-orang belanja di PGS, beli secara grosir untuk dijual kembali. Kadang ada pula juga yang menjual dengan harga grosir untuk 3 potong baju misalnya.

    BalasHapus
  9. Saya terakhir ke Sby tahun 2012. Kalo datang sekarang pastinya udah banyak banget perubahannya ya. Te.pat wisatanya pun juga lebih banyak

    BalasHapus
  10. Duh pengen banget nih explore surabaya. Tiap mudik selalu gagal buat explore Surabaya. Hihi makasi kaka infonya

    BalasHapus
  11. Selama ini pgn banget ke surabaya, tapi tujuan utama utk kulineran mba :p. Krn ug aku dgr, kuliner surabaya uenak2 dan banyak yg pedeees :D. Aku penyuka makanan pedas soalnya. Tp kalo nanti jd kesana, bolehlah bbrp tempat wisatanya aku datangin juga :) .

    Kalo travelokanya mah, ini udh jd andalanku stiap kali mau traveling. Pesan tiket, hotel, tiket masuk wisata, ato sekedar mesenin utk org. Semua tiket2 promo yg aku dpt, kebanyakan dr traveloka semua :) .

    BalasHapus
  12. Waktu ke Surabaya, aku cuma berhasil makan di resto yang deket bandara karena ngejar waktu take off setelah 2 malam lebih memilih Malang dibanding SBY. :p

    BalasHapus
  13. masih banyak banget tempat yang bisa di explore di Surabaya, setahun yang lalu ke sana cuma beberapa tempat yang kudatangi mba.

    BalasHapus
  14. wah saya kangen banget sama surabaya, banyak hal di surabaya yang bikin kangen salah satu nya yg bikin kangen itu es krim zangrandi hehe. btw enak ya sekarang ada traveloka, booking apa aja jadi mudah

    BalasHapus
  15. Museum kapal selam kayaknya bisa masuk juga nih di daftar..apalagi tiketnya mirah cuma 10rb..

    BalasHapus
  16. Waahh aku enggak tau di surabaya ada apa aja sih jadi waktu tugas kantor lebih milih nginep di malang hehhee

    BalasHapus
  17. Yg surabaya malah pingin pergi ke tempat lain :D

    BalasHapus
  18. kangen suarbaya , setelah nenek dan kakek meninggal jd jarang ke sana

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Novel Milea: Suara dari Dilan

Hal-hal yang Perlu Diketahui Seputar Kredit Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Tips Merawat Mobil SUV Agar Tetap Awet