7 Alasan Ngeblog


7 Alasan Ngeblog 

Mengapa ngeblog? 
Seandainya pertanyaan itu ditujukan kepadaku 11 tahun yang lalu, aku mungkin cukup menjawabnya dengan satu kalimat singkat saja: karena suka aja. Sesederhana itu. Ya, karena pada dasarnya sejak remaja aku memiliki kesenangan corat-coret, nulis-nulis, apa saja, entah itu puisi karangan sendiri, atau menyalin kata-kata (kutipan) dari buku. Ketika pertama kali mengenal blog, kesenangan nulis-nulis itu berpindah dari media kertas ke media digital. Awal ngeblog di tahun 2007, blogku isinya ya begitu, suka-suka aja. Ada puisi, kutipan-kutipan, nitip draft tugas kuliah, hingga curhatan gak jelas, hehe. Belakangan ragam kontennya bertambah dengan “curhat buku” (karena gak melulu review buku), film, hingga menceritakan ulang konten menarik yang disampaikan pemateri dari kegiatan/event yang kuikuti. 

Lalu tahun demi tahun berganti. Seiring perkembangan penggunaan internet yang demikian pesat, pemanfaatan blog juga berkembang makin luas daripada sekadar pemanfaatannya yang paling polos sebagai jurnal pribadi. Sejak mengenal komunitas blogger di tahun 2014, aku makin menyadari ternyata manfaat ngeblog itu banyak sekali. Dan kalau sekarang ditanya mengapa ngeblog, selain suka, alasannya sudah bertambah & bisa diuraikan dalam satu postingan tersendiri. Setidaknya ada 7 alasan utama menulis di blog.
1. Media berekspresi (menyalurkan hobi) 

Bagi yang memiliki hobi menulis, blog adalah salah satu wadah untuk menyalurkan hobi. Melalui blog, kita bebas berekspresi melalui tulisan. Sebagai jurnal pribadi, kita bisa menulis tentang apa saja di blog dan memublikasikannya sehingga dapat dibaca oleh orang lain. Sebagaimana media sosial lainnya, batasannya berpulang pada diri sendiri: etika & UU ITE. 

2. Mengasah skill menulis 

Melalui rutinitas menulis di blog, kita bisa melatih keterampilan menulis yang kita miliki. Kalau kita ingin menjadi penulis yang baik, tak ada cara menuju sana selain dengan banyak berlatih. Sudah bukan rahasia lagi, bahwa rahasia menulis adalah dengan menulis, hehe. Kalau kita punya blog, ada kebutuhan untuk update berkala (menambah konten tulisan). Jadi, praktek menulisnya dapat, update blognya juga dapat. Dan karena blog itu online, pembaca dapat mengomentari tulisan kita sehingga kita bisa mendapatkan masukan. 

3. Mendokumentasikan kenangan / pengalaman 

Ada hal-hal yang tak cukup terungkap dalam rekaman foto/video. Melalui blog, kita dapat merekam jejak-jejak pengalaman atau kenangan kita via tulisan yang bisa dibaca lagi kapan saja. Via tulisan di blog, kita bisa menuliskan pengalaman secara mendetail, juga melengkapinya dengan foto/video. Kadang ada momen /pengalaman menarik yang tak tertangkap kamera. Selain itu, dokumentasi di blog berguna sebagai draft kalau nantinya kita akan menerbitkan catatan pengalaman kita ke dalam sebuah buku. 

4. Berbagi informasi / pengetahuan / pengalaman 

Blog adalah salah satu media berbagi informasi yang diperhitungkan di era digital ini. Dengan menulis di blog, kita menyumbang konten yang dapat diakses oleh siapa saja melalui internet. Sebagai content creator, blogger memiliki peran penting sebagai corong informasi. Makanya sekarang banyak penyelenggara event yang mengundang blogger untuk mengekspos kegiatannya. Banyak pula brand yang bekerjasama dengan blogger untuk mengulas produknya. Melalui blog, kita dapat berbagi informasi, pengetahuan, atau pengalaman kepada khalayak yang lebih luas. Sebagai content creator, kita dapat berkontribusi menyumbang konten positif via tulisan di blog. Makanya, ngeblog juga dapat menjadi sebuah bentuk kepedulian kita untuk berbagi konten positif di jagad maya. As often said, sharing is caring. 

5. Mengasah kreativitas 

Kalau mengasah kreativitas menulis sih udah jelas, ya, asalkan kitanya mau terus belajar memperbaiki kualitas tulisan. Ngeblog tak hanya mengasah kreativitas menulis, tetapi juga dapat menjadi ajang mengasah kreativitas dalam penyajian gambar visual yang melengkapi tulisan. Apalagi kalau ikut lomba blog, ya… Kita tak hanya memikirkan konten tulisan, tapi juga konten visual pendukungnya. Mau tak mau kita jadi belajar edit gambar juga, desain juga, dan bahkan video juga. Yah, meski tiap blogger beda-beda, sih. Ada yang udah all out belajarnya, ada yang masih dikit-dikit doang *kayak aku, hehehe. 

6. Menambah jaringan 

Salah satu manfaat ngeblog ialah menambah jaringan. Baik itu jaringan pertemanan sesama blogger maupun di luar lingkaran blogger. Dengan bergabung di berbagai komunitas blogger, jadi mengenal banyak blogger dari berbagai daerah dan dari berbagai niche blog (lifestyle blogger, travel blogger, beauty blogger, fashion blogger, techno blogger, book blogger, dll). Meski tak semua pernah bersua, ada yang hanya berinteraksi via komentar di blog dan media sosial, namun itu tak menghalangi jalan silaturrahmi & inspirasi. Bisa belajar banyak dari mereka yang rajin berbagi via blognya. Di luar lingkar blogger, ada banyak kesempatan untuk bertemu atau mengenal orang-orang baru, misalnya pihak-pihak pengundang blogger, agensi, pembaca blog, dll. 

7. Mendapatkan penghasilan 

Ehm, ini kok ditaruh di akhir ya? Hehe… Sebagian orang mungkin menjadikan ini sebagai tujuan awal ngeblog. Tapi, sebagian lagi menempatkan penghasilan dari blog sebagai suatu bonus yang Alhamdulillah diperoleh dari perjalanan ngeblog yang berawal dari hobi. Hobi yang dibayar, siapa sih yang gak senang? Tapi memang ada proses, bukan sesuatu yang instan. Dan ini bukan easy money, lho ya… Karena content creator itu bidang yang memerlukan skill, kreativitas, dan pengerjaannya butuh alokasi waktu. Belum menyebutkan perjuangan teknis untuk mengelola blog dan medsos, karena saling terkait. 

Ada beragam cara mendapatkan penghasilan dari blog, misalnya melalui adsense, content placement, jualan di blog, afiliasi, undangan event, job review, dsb. Agar blog kita “menghasilkan”, tak cukup hanya dengan membuat blog dan menulis. Ada optimasi & usaha yang harus diupayakan agar blog kita juga mendapatkan kunjungan/traffic yang signifikan. Biasanya tawaran kerja sama via blog akan datang apabila blog kita cukup “menarik”. Menariknya itu misalnya antara lain dari segi kualitas tulisan, tampilan blog, banyaknya pengunjung (high traffic), engagement bagus, serta indikator-indikator performa blog/website seperti nilai Domain Authority (DA), Page Authority (PA),dsb. Tak kalah penting yaitu memiliki alamat domain (tidak gratisan) agar terlihat profesional. Kita juga bisa sekalian membeli hosting sendiri di penyedia layanan Web Hosting Indonesia. Salah satunya yaitu Niagahoster

Nah, itulah 7 alasan ngeblog versi aku. Cerita juga yuk, seputar blog di kolom komentar :).


|Baca juga: Tips blogging dari Kelas Blogger Kudo

Komentar

  1. kalau aku suka menulis apa saja bisa jadi tulisan, apalagi kalau puisi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga suka nulis apa aja, Mbak. Tapi udah lama banget gak nulis puisi lagi...

      Hapus
  2. Hai Mbak. Bener banget dulu awal ngeblog juga suka2 nulisnya enggak jelas. Lama2 lebih terarah. Kalau aku nulis selain buat bacaan diri sendiri juga sebagai "kerja sosial". Berharapnya yang baca blog aku bisa dapat manfaatnya. Baca2 blog sendiri asik juga dan kadanf amazing sendiri bisa bikin kata2 yg "wow". Hahaha. Apalagi pas bacanya pas lg dismotivasi jadi semangat lagi. Semacam mood booster :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama ya... Berbagi manfaat utk pembaca itu kayak no. 4.

      Iya juga, pas lagi mood nulis turun baca2 blog sendiri jadi mood booster yaaa... :)

      Hapus
  3. setuju banget Teh, dari blog kadang kita bisa mengingat lagi pengalaman paling mengesankan sebelumnya. Kan sayang kalo foto atau video cuman disimpan di hp atau laptop aja, mending simpen di blog hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, suka nostalgia sendiri saat baca curhatan atau catatan pengalaman lama di blog.

      Jadi keingetan, galeri hp penuh foto, byk yg blm diposting di blog juga...

      Hapus
  4. Sebagai newbie saja saya sudah merasakan sejuta manfaat ngeblog, makasih ya teh sharingnya👏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa sih newbie? Ya kalo newbie-nya seproduktif Sandra sih wajar banget udah dapat berjuta manfaat, hehe...

      Hapus
  5. aalasan ngeblog saya apa ya? hihih kurang lebih sama lah Euis heheh.

    BalasHapus
  6. Asal muasal saya ngeblog karena saya ingin bebas curhat tanpa orang lain tau. Selain itu, karena males nyetatus panjang di FB. Sekarang setelah memutuskan menjadi blogger profesional (tsaah...), malah ga bisa curhat di blog lagi.hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah... Curhatnya di blog lain yg sepi pengunjung, hehe... Ah, aku mah masih suka curcol dan, dikit2 mah gpp, asal jgn overdosis :D

      Hapus
  7. pernah ga sih nyoba baca tulisan lama kita sendiri dan baru nyadar, "wahh masak sih ini aku yang nulis? bagus banget yak...hahah".

    seiring berjalanannya waktu, blogging itu memang bertahap, dimulai dari nulis gaje, campur aduk, akan beralih ke tulisan yang lebih terstruktur.

    banyak sekali manfaat ngeblog, selain yang disebutin diatas, 1 kalau saya sih sebagai media "meditasi" dan pelarian gitu. dengan ngblog, nulis, bikin visual ataupun Bw-an bisa melupakan hal-hal lain yg mengganggu pikiran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk... Pedenya keluar yah, apa narsis... :D.

      Iya gitu, tulisan di blog kayak mengalami evolusi yah jadinya.

      Betul juga, karena katanya menulis itu bisa jadi salah satu healing therapy ya... Minimal jadi pengalihan kalo nulisnya beda topik dg hal yg LG mengganggu pikiran.

      Hapus
  8. Setuju sama semua alasannya, Teh. Semoga saya bisa konsisten ngeblog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... Doa untukku juga... Karena kadang masih up and down gitu deh

      Hapus
  9. Alasan aku ngeblog kurang lebih sama sih, cuma yang poin 7 ditaruh di urutan ketiga. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah... Urutannya bisa fleksibel kok, Teh. Kalo lagi kantong kering ya no.7 bisa tiba2 loncat jadi no.1, hehe :D

      Hapus
  10. Kata dosenku dulu, dengan membiasakan menulis nantinya bisa mendukung dalam public speaking...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menulis lebih mantap nerapnya kali yah, beda kalau sekadar baca aja. Jadi terbiasa mengungkapkan ide jg. Mungkin ada kaitannya dgn public speaking

      Hapus
  11. pengen banget sebenernya mencari pengahasilan dari ngeblog, cuma ternyata belum rezeki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau konsisten dan diusahakan Insya Allah ada rejekinya, Mbak. Semoga yah

      Hapus
  12. Menuliskan yg tak bisa disuarakan ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul... Ada tipe orang yg lebih bisa mengekspresikan dlm tulisan dibandingkan bicara

      Hapus
  13. Ngeblog itu bagiku menyenangkan banget pokoknya..apalagi skrg bs mendapatkan uang dari ngeblog...

    BalasHapus
  14. buatku nulis di blog me time. Seneng bgt klo bs nulis meski kdg geje haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget, hehe... Only me and words :)

      Hapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Trend Fashion Baju Korea 2018 yang Sedang Booming Saat Ini

Novel Milea: Suara dari Dilan