Tips Menyiapkan Bekal Makanan Penuh Cinta Bersama Julie's Biscuits



Bagi sebagian ibu, menyiapkan bekal untuk anak menjadi salah satu daily routine yang mewarnai kerempongan di pagi hari. Ini berlaku bagi mereka yang rutin menyiapkan bekal sekolah anak. Sebagian lainnya mungkin tidak perlu menyiapkan bekal anak setiap hari karena berbagai hal dan kondisi yang berbeda-beda. Namun, tentunya ada saja saat-saat ketika ibu perlu menyiapkan bekal anak, entah itu saat hendak bepergian, piknik, dsb. Kadang, aktivitas menyiapkan bekal bisa memiliki tantangan tersendiri. Terutama ketika tidak ada kepastian apakah bekal yang kita siapkan penuh cinta itu akan kembali dalam keadaan tandas, bersisa, atau utuh. Juga ketika bekal yang kita siapkan harus berkompetisi dengan godaan jajanan di luar sana yang bertabur MSG itu...

Ada Cinta dalam Sekotak Bekal Makanan...

Namanya ibu, tentunya ingin selalu yang terbaik untuk anak, kan ya? Termasuk dalam hal yang kelihatan sederhana seperti menyiapkan bekal. Dalam sebuah kotak bekal, ada banyak cinta yang ibu sisipkan di dalamnya. Lebay? Nggak juga. Mulai dari niatnya saja sudah didasari cinta, yaitu memastikan anak kita cukup makan dengan nutrisi yang sehat. Lalu ada effort alias usaha yang gak cuma ketika proses memasak/menyiapkan bekalnya saja, melainkan juga sebelumnya kudu mikir menunya apa, biar anak gak bosan, mau dikreasikan seperti apa, dsb. Apalagi kalau anak tidak suka sayuran & buah, jadi butuh kreativitas lagi tuh. Dan tak lupa, ada sebentuk doa dan harapan yang ibu panjatkan untuk anak saat menyiapkannya. Romantis sekali ya... (Terlepas dari rasanya gimana *eh :D).

Makanya aku senang lihat ibu-ibu yang rajin nyiapin bekal yang sehat buat anaknya. Tambah kagum sama mereka yang kreatif banget mengolah bekal makan anak sehingga tak hanya nutrisinya seimbang, tapi juga penampilannya menarik/lucu. Aku sendiri berharap bisa kreatif seperti itu. Yah, meski untuk sekarang aku masih belum jago masak & belum berpengalaman. Yup, karena aku belum punya anak, aku memang belum bisa share pengalaman menyiapkan bekal anak. Tapi sebagai calon ibu yang kini sedang menanti kehadiran buah hati lahir (udah trimester ketiga, nih, doakan yaaa), aku udah mulai rajin ngikutin topik ala ibu-ibu. Buat bahan referensi, aku menyimak sharing dari mereka yang berpengalaman & expert dalam menerapkan polah hidup sehat untuk keluarga. Termasuk soal menyiapkan bekal anak, ada tips & trik yang bisa jadi contekan.

Tips Menyiapkan Bekal Anak

- Kombinasikan menu yang sehat, yakni nutrisi seimbang. Ada karbohidrat, protein, sayuran, buah-buahan segar, dan dairy products (keju, yogurt, susu, dsb). Hindari makanan yang mengandung terlalu banyak gula & garam.

- Libatkan anak dalam menyiapkan bekalnya. Termasuk dalam memilih menu, tanyakan apa yang disukai & tidak disukai anak, berikan pilihan. Kalau anak tidak suka sayuran, misalnya, artinya kita perlu ekstra kreatif mengolah makanan agar anak tetap bisa tercukupi nutrisi dari sayuran. Sampaikan juga pentingnya menu makanan sehat & seimbang. Kalau ibu terbiasa merencanakan menu untuk seminggu, anak bisa juga dilibatkan. Bisa bikin schedule menu bareng, terus ditempel di pintu kulkas, misalnya. Jika cukup usia & memungkinkan, anak juga bisa dilibatkan dalam menyiapkan bekalnya sendiri. Anak juga dapat dilibatkan saat berbelanja bahan-bahan makanan. Kita bisa sambil menjelaskan apa yg dibeli, dan anak bisa belajar banyak dari apa yang mereka lihat. Melibatkan anak dapat menjadi bagian dari edukasi untuk menumbuhkan sense of belonging & menanamkan rasa tanggung jawab.

- Kreasikan bentuk tampilan bekal agar menarik/lucu. Tampilan bekal bisa dibuat bertema.

- Gunakan bahan makanan berwarna-warni cerah (sayuran dan buah wajib ada). Selain secara visual lebih menarik, juga mengandung vitamin & mineral yang penting untuk pertumbuhan si kecil. Misalnya wortel kaya dengan Beta karoten, sayuran hijau kaya zat besi, dsb.

- Keep it simple. Buat menu yang gampang saja, Bu. Bekal gak usah dibikin ribet & menambah beban hidup, hehe.

- Gunakan bahan makanan sisa memasak yang ada. Tinggal dikreasikan jadi aneka menu bekal. Bahan yang sama bisa dibuat macam-macam makanan toh.

- Jenis makanan tertentu yang dapat disimpan di kulkas/freezer seperti sandwich bisa disiapkan di malam hari sebelumnya. Ini dapat meminimalisir kerempongan di pagi hari kalau ibu sedang sibuk-sibuknya.

Menyiapkan bekal memang memerlukan waktu, tenaga, dan kreativitas. Buat yang belum jago-jago amat masak kayak aku mungkin ini sebuah tantangan ya. Namun menyiapkan bekal banyak faedahnya. Beberapa manfaat menyiapkan bekal anak  antara lain:
- Lebih aman dan sehat dibandingkan jajan makanan di luar.
- Lebih hemat daripada beli makanan di luar.
- Membiasakan anak makan makanan yang sehat dan bergizi seimbang.
- Lebih ramah lingkungan, karena tidak menghasilkan sampah plastik/kemasan yang biasa dihasilkan kalau jajan makanan di luar.

Bekal Camilan Penuh Cinta Julie's Biscuit

Julie's Peanut Butter Sandwich & Julie's Chocomore
Nah, bicara soal bekal, bekal itu tak hanya menu makanan berat saja ya, tapi juga ada bekal makanan ringan alias camilan. Alangkah beruntungnya ibu yang memiliki kemampuan dan kemauan membuat camilan sendiri untuk keluarga. Tapi kalaupun nggak, kita bisa variasikan menu camilan yang praktis dan mudah didapat tanpa perlu repot membuatnya. Misalnya biskuit. Salah satu yang bisa jadi pilihan adalah Julie's Peanut Butter Sandwich.

Julie's Peanut Butter Sandwich merupakan produk biskuit sandwich yang terbuat dari tepung gandum dengan Peanut Butter alias mentega kacang di tengahnya. Biskuitnya renyah, rasanya gurih ada asin-asinnya, berpadu dengan rasa mentega kacang yang menjadi filling-nya. Mmm, klop di lidah. Biskuit ini sukses bikin aku jatuh cinta pada gigitan pertama. Menurutku enak. Anak-anak pun suka. Makanya karena di rumah tinggal sama 3 keponakan, gak bakal kenyang kalau belinya cuma 1, hehe.

Julie's Peanut Butter Sandwich dapat dijadikan pilihan  untuk bekal camilan anak karena selain rasanya enak, juga terbuat dari bahan-bahan berkualitas. Peanut Butter sendiri memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh, seperti serat, protein, kalium, antioksidan, vitamin E, dan lemak tak jenuh. Manfaat baik dari selai kacang ini bisa kita dapatkan dalam biskuit Julie's Peanut Butter Sandwich.

Selain Julie's Peanut Butter Sandwich, biskuit Julie's juga memiliki varian lain, yaitu Julie's Chocomore, yakni biiskuit sandwich berkirim coklat. Biskuit coklatnya renyah, berpadu dengan sensasi rasa coklat yang manisnya pas. Buatku yang tak terlalu suka makanan yang manisnya terlalu (giung kata Sunda mah), Julie's Chocomore camilan biskuit coklat yang pas buat mood booster.

So, untuk bekal camilan, ibu bisa variasikan juga menu biskuit Julie's Peanut Butter Sandwich dengan Julie's Chocomore agar anak tidak bosan. Biskuit Julie's ini bikin nagih, jadi deh camilan favorit keluarga. Buatku pribadi, Julie's jadi camilan favoritku yang emang lagi doyan banget ngemil biskuit. Terus aku jadi keidean untuk menyiapkan bekal biskuit Julie's buat aku & suami kalau mau bepergian. Suami kan suka ngopi atau ngeteh juga bareng teman-temannya. Nah, camilan biskuit Julie's bisa jadi teman ngobrol/ngopi/ngeteh yang asyik tuh.

Bekal Cinta Julie's Biscuits
Oh iya, sudah pada tahu belum, Julie’s mengadakan lomba #BekalCintaJulies lho! Juara pertamanya dapat hadiah total senilai Rp. 5 juta berupa Tupperware/Lock&Lock set + uang tunai + produk, terus ada 5 hadiah hiburan dengan total senilai Rp. 1 juta berupa Tupperware/Lock&Lock set + produk. Menggiurkan, bukan?  Keterangan lengkap cek aja di http://bit.ly/BekalCintaJulies . Yuk ikutan :)

Komentar

  1. Kalau urusan bawa bekal anak memang waJb kayaknya harus tanya anaknya langsung ya mbk,apa yang ia mau...enak biskuitnya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, agar anak semangat makannya...
      Enak :)

      Hapus
  2. Menurut saya kita haus punya inovasi-inovasi baru untuk membuat bekal setiap harinya, biar anak tidak merasa jenuh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baiknya begitu. Yah, minimal jangan itu2 aja menunya. Kita aja yg dewasa suka bosan.

      Hapus
  3. Saya setuju sekali kalau bekal tidak meliputi makanan berat saja, sesekali berikan anak makanan ringan juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak2 juga suka ngemil kan... Buat ngembaliin energi sehabis beraktivitas ketika blm waktunya jam makan siang

      Hapus
  4. Wah ada lomba dari Julie’s ya, sepertinya seru ya :)

    BalasHapus
  5. Wah, sangat bermanfaat sekali kontennya. Terimakasih sudah membuat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2... Terima kasih sudah berkunjung & baca.

      Hapus
  6. Saya setuju sekali kalau peranan bekal untuk anak sangat penting bagi kesehatan. Apalagi jaman sekarang banyak banget makanan-makanan yang mengandung Zat berbahaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kudu ekstra hati-hati & higienis ya Mbak

      Hapus
  7. Aku juga suka banget Julie's Biscuit, rasanya enak banget cocok di lidahku.

    BalasHapus
  8. Penasaran sama Julie’s cokelat

    BalasHapus
  9. Aku mauu dibekelin donk biskuit julies sama euis..
    Enyaak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi buat bekel jalan2 ke hutan yah... Boleh, asal aku diajakin :D

      Hapus
  10. Marwah sukanya bekal biskuit sama buah buat snack nya, kalau makan siang ya tetep nasi dan lauk pauk lengkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ternyata sama kayak aku yah seleranya Marwah :)).

      Hapus
  11. Biskuit Julies favorit anak-anak. Kalau kemana-mana seringnya bekel Julies

    BalasHapus
  12. Kayaknya biskuit ini cucok meyong buat temen leyeh-leyeh nonton drama (Drama korea atau drama kehidupan) di hari sabtu dan minggu ya teh, heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah cucok banget, jadi pengen nonton Drakor sambil ngemil Julie's...

      Hapus
  13. Mantap tehh Julie's disajikan dengan buah buahan segar jadi pasti semangat buat makan bekalnya 😊🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, apalagi buat penyuka buah. Buat seger2 habis nyemil biskuitnya :)

      Hapus
  14. bekal dari rumah selain hemat juga kan terjaga kualitasnya, seimbang gizinya ya teh :) cuss langsung ke minimarket beli julies

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Teh, lebih aman Krn kita yg siapin sendiri. Met belanja :))

      Hapus
  15. Melibatkan anak dalam pembuatan bekal emang penting banget. Jadi anaknya mau makan ludes kalau bekalnya sesuai dengan yang dia inginkan. Sehat terus ya bumil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pengalaman ya Teh?
      Aamiin, sehat2 jg Teteh sekeluarga ya...

      Hapus
  16. Paling suka sama Julie's Penaut Butter. Bisa dikreasikan atau dimakan langsung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi Teh Dy sukanya berkreasi di dapur yah... Pasti enak deh

      Hapus
  17. Suka yg praktis kalo dirumah. Nasi goreng :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nasgor mah termasuk makanan kebangsaan kita emang :))

      Hapus
  18. makasih tipsnya, anak2ku dulu gak suak dibawain bekal, eh malah saat kerja mereka bikin bekal sendiri

    BalasHapus
  19. Saya mah kalau bawain bekal biskuit buat suami, ga dihias2 lgs aja sm kemasannya hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, paling kalo buat anak dihias2 klo sempat ya Teh. Ini jg biar bisa difoto dulu gitu, nambah konten Instagram :D

      Hapus
  20. Harus kreatif dan inovatif ya menyiapkan bekal anak. Nah julies peanut butter kebetulan favoritnya Vito dan saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, jadi ibu kudu kreatif yah... Banyak yg suka Julie's juga ya

      Hapus
  21. Waaah membuat bekal itu perlu kreasi seni juga biar menarik yah.
    Pengen tuh aku dibuatin bekal cinta seperti itu 😅😍 enak seger mantap buat cemilan. Julies peanut butternya favoritku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, terutama kalau anaknya susah makan sih. Kalo gak ya syukur hehe... jadi lbh hemat waktu nyiapinnya :D.
      Kayaknya Teteh lebih berpengalaman deh :))

      Hapus
  22. enakny a, aku pun sudah coba neh biskuitnya. Anakku pun suka

    BalasHapus
  23. Tipsnya kerennnn tiru ah... makasih inspirasinyah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Mbak... Ini inspirasi buatku jg :))

      Hapus
  24. Baca ini bikin aku tarik nafas mba. Soalnya aku ga jago masak lebih tepatnya kurang seneng masak. Tapi satu sisi pengen ngasih makanan sehat u/ keluarga apalagi kalau anak udah sekolah nantinya

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Novel Milea: Suara dari Dilan

Trend Fashion Baju Korea 2018 yang Sedang Booming Saat Ini