Apa sih HR Software dan Manfaatnya Untuk Bisnis?



Software HRM Indonesia mungkin masih terdengar asing. Selama ini orang-orang banyak menyebutkan Software HRIS. Namun apakah sebenarnya keduanya berbeda? Jawabannya tidak. Software HRM Indonesia merupakan salah satu jenis dari HRIS Software. Maka dari itu, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi dengan kedua software tersebut. Banyak perusahaan terutama perusahaan besar yang menggunakan HR software guna memaksimalkan urusan administrasi pada perusahaannya. 
Bayangkan saja jika suatu perusahaan memiliki ribuan karyawan yang harus diurus data-datanya, bagaimana bisa satu orang menjalankan hal tersebut. Untuk efisiensi waktu dan biaya yang dikeluarkan, HR software menjadi pilihan terbaik untuk membantu tugas Human Resouce Development (HRD) dalam menjalankan tugasnya. 

Nah, untuk kamu yang masih belum begitu memahami apa, sih HR Software itu dan manfaatnya untuk sebuah usaha dan perusahaan? Berikut ini adalah ulasannya. 
Jenis-jenis HR Software

Ada beberapa jenis-jenis HR Software yang bisa kamu gunakan. Fungsi mereka juga berbeda-beda. 

● HRIS (Human Resource Information System) 

● HRMS (Human Resource Management System)

● HCM (Human Capital Management)

● ATS ( Applicant Tracking System)

● Payroll Software

Berbagai macam jenis HR software itu memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang bisa menghandle cukup banyak hal, namun juga ada terbatas hal-hal dan data-data sederhana. Pastikan kamu memilih software HR yang sesuai dengan perusahaanmu agar pekerjaan berjalan maksimal. 

HR Software berbasis cloud, apa itu?

Kamu mungkin akan menemukan istilah cloud dalam dunia software HR. Saat ini bentuk software HR yang banyak digunakan adalah cloud based karena memungkinkan penggunanya untuk mengakses dari berbagai perangkat selama itu terhubung dengan internet. Kamu bisa log in dengan berbagai perangkat yang ada seperti smartphone, tablet, dan laptop. Hal tersebut sangat membantu kamu ketika membutuhkan informasi di situasi genting. Selain itu, software HR berbasis cloud juga memungkinkan karyawan untuk mengedit/ mengubah informasi mengenai diri mereka sesuai dengan update terbaru. 


Manfaat Software HR bagi bisnis

Mungkin kamu masih belum begitu mengerti apa manfaat software HRM Indonesia bagi sebuah bisnis. Bayangkan saja seorang HRD yang juga notabene manusia dan memiliki berbagai kesibukan harus mengurus berbagai masalah administrasi karyawan seperti manajemen peforma, payroll, tracking pengguna, dan masih banyak lagi. Pastinya hal itu akan sangat menyusahkan dan rentan terhadap kesalahan data bila dilakukan. Kehadiran HR Software bertujuan untuk membuat semua itu jadi lebih sederhana dan menguntungkan. 
Apa saja manfaatnya bagi bisnismu? 
  1. Lebih mudah dan Hemat tenaga karena sistem dioperasikan menggunakan komputer. 
  2. Perusahaan bisa memperkirakan planning ke depan dengan lebih terorganisir. 
  3. Karyawan bisa lebih mandiri dalam mengelola data pribadi di perusahaan. 

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai HR Software. Jangan lupa gunakan software LinovHR yang telah berbasis cloud dan sangat membantu dalam urusan human resource. Semoga bermanfaat.

Komentar

  1. Keren nih, harusnya semua perusahaan harus sudah menggunakan HR Software ini :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Tips Menyiapkan Bekal Makanan Penuh Cinta Bersama Julie's Biscuits

Novel Milea: Suara dari Dilan

Trend Fashion Baju Korea 2018 yang Sedang Booming Saat Ini