Menghidupkan Imajinasi dengan Berkreasi Warna-warni Bersama Colour to Life


Colour to Life Faber-Castell, cara baru yang seru buat mengisi waktu

Halo! Kalau sedang bosan dan lagi gak bisa kemana-mana, biasanya apa yang dilakukan saat luang? Jawabannya tentu bisa sangat beragam ya. Namun, di jaman sekarang aku yakin banyak yang berpaling kepada gadget untuk melarikan diri dari rasa bosan. Entah itu sekadar nyosmed, browsing, baca-baca artikel di internet, main game, dsb. Namun, se-asyik-asyiknya main gadget, ada kalanya kita sedang bosan juga berinteraksi dengan gadget. Apalagi ketika ada acara sinyal timbul-tenggelam atau kehabisan kuota. Kayak aku sering ngalamin tuh, tambah suntuk jadinya. Lagipula kan nggak baik ya, kelamaan main gadget terus-terusan. Nah, baru-baru ini aku punya cara baru yang seru buat ngisi waktu luang, yaitu berkreasi plus bermain dengan Colour to Life dari Faber-Castell. 

Colour to Life merupakan inovasi terbaru dari Faber-Castell, produsen alat-alat tulis dan mewarnai yang sudah kita kenal namanya sejak jamannya bawa-bawa pensil ke sekolah. Colour to Life menggabungkan kegiatan mewarnai secara konvensional dengan teknologi Augmented Reality yang memungkinkan gambar karakter yang kita warnai menjadi hidup. Dengan Colour to Life, kita bisa berkreasi di atas kertas dengan warna-warna, lalu lewat aplikasi di smartphone, kita bisa menghidupkan hasil karya kita menjadi bentuk animasi 3D, berinteraksi dengannya, bahkan selfie & foto bareng, juga memainkan game. Seru, kan? Nggak cuma anak-anak yang menikmati keseruannya, orang dewasa juga. Aku sudah mencobanya. Menyenangkan, lho! 


Unboxing Faber-Castell Colour to Life


Sebelum bercerita tentang pengalamanku menggunakannya, yuk ulik dulu Colour to Life dari Faber-Castell ini isinya apaan aja sih?

Paket produk Faber-Castell Colour to Life
Faber-Castell Colour to Life adalah paket produk edukatif yang terdiri atas sebuah buku mewarnai khusus, yakni Augmented Reality Colouring Book berjumlah 15 halaman dan 20 buah Connector Pens aneka warna. Paket ini dikemas dalam kotak kemasan yang colourful & eye-catching, dengan gambar timbul & glossy kesatria berkuda (salah satu karakter game Colour to Life) yang menggambarkan transformasinya ke dalam bentuk 3D. Kemasannya menarik, anak-anak pasti suka. Keponakanku aja baru lihat kemasannya udah langsung kepo & kepingin :D. Pada kemasannya terdapat barcode untuk mendownload app Colour to Life & untuk menonton video how to use (cara menggunakannya). Di bagian belakang box kemasan terdapat informasi tentang 5 buah variasi game yang bisa dimainkan dan tata cara penggunaannya. Cover Augmented Reality Colouring Book memuat konten yang sama persis dengan box kemasannya ini.

Ada 5 jenis karakter gambar di dalam Augmented Reality Colouring Book yang mewakili 5 karakter games yang ada pada aplikasi Colour to Life. Mereka adalah kesatria berkuda, pogo boy, gadis bergaun, kucing pelukis, dan penerbang pesawat. Dari total 15 halaman, gambar masing-masing karakter tersebut mengisi 3 halaman dengan pose berbeda. Jadi, kalau mau, kita bisa mewarnai tiap karakter dengan 3 variasi. Atau kita bisa berbagi dengan orang lain untuk mewarnai karakternya sesuai imajinasinya sendiri yang unik. Jadi kalau misal di rumah kita punya 2 anak, bisa tuh satu karakter diwarnai oleh kita & anak-anak. Jadi gak usah rebutan, bisa gantian, hehe. 

Oh iya, paket Faber-Castell Colour to Life ini dilengkapi dengan booklet kecil berisi beberapa contoh teknik mewarnai yang dapat diterapkan, serta contoh kreasi connector pens. Sudah tahu kan, apa itu connector pens? Connector pen adalah pena mewarnai berupa marker dengan penutup yang dapat saling dihubungkan, sehingga tak saja memudahkan untuk disimpan agar tak tercecer/hilang, juga bisa dirangkai menjadi aneka bentuk. Jadinya multifungsi, selain buat mewarnai, bisa juga dipakai buat berkreasi macam lego. 


Menghidupkan kreasi warna-warni dengan Colour to Life


Gambar karakter yang sudah diwarnai keluar menjadi animasi 3D 
Untuk seru-seruan dengan Colour to Life caranya mudah. Yang perlu dilakukan adalah mendownload aplikasi Colour to Life via smartphone, mewarnai Augmented Reality Colouring Book, lalu scan gambar yang sudah diwarnai dengan app. Tring! Karakter hasil kreasi kita akan keluar dari buku gambar dalam bentuk animasi 3D interaktif. Selanjutnya, kita bisa having fun berinteraksi dengan karakter ciptaan kita. Kalau dicolek dia akan gerak-gerak/jalan-jalan. Terus kita bisa berfoto/selfie bersama karakternya lewat fitur foto di app yang sudah aktif. Kita juga bisa memainkan game di app dengan karakter tersebut. 

Lebih gamblangnya, yuk ulik tata cara menggunakan Colour to Life!


- Download aplikasi Colour to Life ke smartphone


Cara download aplikasi “Colour to Life” bisa dilakukan dengan 2 cara. Pertama, bisa didapatkan menggunakan Google Play atau App Store. Kedua, bisa langsung scan barcode yang terdapat di kemasan produk Faber-Castell Colour to Life & di cover Augmented Reality Colouring Book dengan kamera smartphone.


- Mewarnai Colour to Life


Ini salah satu karakter game Colour to Life kreasi aku ^^
Kegiatan mewarnai adalah bagian penting dari Colour to Life. Kita bisa mulai dengan mewarnai salah satu halaman Colour to Life, bebas mau yang mana dulu. Mulai saja dari karakter mana yang ingin kita mainkan duluan di appnya. Misalnya kalau aku mulai dari halaman pertama dulu, yaitu karakter kesatria berkuda. Kita bebas bereksplorasi dengan warna-warna sesuai imajinasi kita. Warnai gambar yang ada sebatas dalam frame. Jangan warnai framenya, ya! 

Mewarnai Colour to Life itu mengasyikkan. Mewarnai gambarnya tidak harus rapat-rapat tanpa menyisakan ruang putih. Kita bisa sekalian mempraktekkan teknik-teknik mewarnai seperti contoh yang ada di booklet, yaitu teknik patterning, pointillism, squiggling, shading, dan contouring. Dengan teknik-teknik tersebut, aktivitas mewarnai menjadi tidak terlalu melelahkan, terutama ketika harus mewarnai bidang-bidang yang luas. Pertama kali mencoba, aku mewarnai sesukaku, rapat-rapat gak pakai teknik-teknik itu, kerasa lumayan pegal deh.

Kegiatan mewarnai ini banyak manfaatnya, lho. Selain membebaskan imajinasi & mengasah kreativitas, juga bisa melepaskan stres. Untuk anak-anak, kegiatan ini sudah jelas banyak manfaatnya dan bisa dipakai sebagai sarana belajar yang menyenangkan. Untuk orang dewasa pun, kegiatan mewarnai diketahui memiliki manfaat positif. Itu sebabnya sekarang banyak colouring book for adult, salah satunya bermanfaat untuk healing therapy.


- Menggunakan aplikasi Colour to Life


Sudah selesai mewarnai? Waktunya menghidupkan karakter yang kita warnai dengan teknologi Augmented Reality di app Colour to Life!


Cara menggunakan app Colour to Life:


- Buka app Colour to Life di smartphone. Klik start. Di layar akan muncul 5 pilihan game.
Tampilan app Colour to Life
- Pilih salah satu game yang ingin dimainkan. Pastikan memilih game yang karakternya sudah diwarnai ya. Di layar akan muncul petunjuk penggunaan app. Ikuti petunjuknya sampai selesai, klik Ok. Layar app akan menunjukkan fitur scan. 

- Scan gambar yang sudah diwarnai sesuai petunjuk di app. Caranya, tempatkan gambar di bidang datar, lalu posisikan kamera smartphone diatas gambar, atur jaraknya sampai indikator scan berwarna hijau.
Fitur scan di app Colour to Life
- Kalau scan sudah berhasil, karakter animasi 3D akan muncul dari gambar. Kita sudah bisa berinteraksi dengan karakter tersebut. Tombol untuk berfoto & bermain game pun aktif dengan cara ini.
contoh tampilan hasil scan app Colour to Life

Mengambil foto/selfie dengan karakter animasi 3D Colour to Life

Untuk berfoto dengan karakter, klik tombol "photo mode". Posisi karakter bisa diatur dan diputar sesuai keinginan. Ukurannya juga bisa diperbesar/diperkecil dengan sentuhan jari. Pose dengan karakter sekeren mungkin. Klik tombol bergambar kamera untuk mengambil foto. Cara berselfie juga sama, tinggal klik tombol kamera bertanda panah bolak-balik di bawahnya untuk bergonta-ganti kamera depan & belakang. Kalau sudah puas dengan hasil fotonya, kita bisa pilih klik “save” untuk menyimpan foto. Klik “share” untuk membagikan foto ke aplikasi lain di smartphone. Kalau belum puas, pilih “retake”, fotonya gak akan tersimpan, melainkan langsung kembali ke photo mode untuk mengambil foto berikutnya. 


Tampilan photo mode di app Colour to Life
 


Memainkan game Colour to Life

5 games Colour to Life
Ada 5 pilihan game edukatif yang bisa dimainkan di app colour to Life, yaitu:

1. Giddy Up!

Karakter permainan ini adalah kesatria berkuda. Cara mainnya yaitu berkuda sejauh mungkin dalam waktu terbatas sambil menghindari rintangan. Tugas kita adalah mengendalikan arah kiri-kanan laju kuda. Manfaat game ini yaitu untuk melatih koordinasi tangan & mata, melatih keterampilan motorik halus, meningkatkan perhatian & konsentrasi, serta melatih refleks.

2. Pogo Boy

Karakter permainan ini adalah bocah lelaki dengan pogo stick. Cara mainnya, loncat-loncat sejauh mungkin dalam waktu terbatas sambil menghindari jatuh ke dalam air. Tugas kita adalah menentukan jumlah 1 loncatan atau 2 loncatan, tergantung medan yang dilalui. Manfaat game ini sama dengan Giddy Up!

3. Dress-up Challenge

Karakter permainan ini adalah gadis bergaun ala princess. Game ini adalah jenis permainan asah ingatan. Tugas kita ialah mengingat-ulang semua printilan pakaian sesuai yang ditunjukkan sekilas di layar. Cara mainnya, pilih setelan pakaian yang benar sebanyak-banyaknya dalam waktu yang terbatas. Manfaat game ini yaitu mengasah ingatan dan meningkatkan perhatian & konsentrasi.

4. Balance Your Brain

Karakter permainan ini ialah kucing pelukis. Cara mainnya yaitu menentukan benar/salah-nya kesesuaian jawaban tertulis dengan warna cat yang ditunjukkan di gambar. Ini dilakukan sebanyak-banyaknya dengan cepat dalam waktu terbatas. Game ini bermanfaat untuk menstimulasi koordinasi otak kiri & otak kanan, meningkatkan perhatian & konsentrasi, serta meningkatkan kecepatan berpikir.

5. Safe Flight!

Karakter game ini ialah pilot dalam pesawat. Cara mainnya, terbang sejauh mungkin dalam waktu terbatas sambil menghindari awan. Tugas kita mengarahkan pesawatnya ke atas/ke bawah. Manfaat game ini sama dengan Giddy Up! & Pogo Boy.

Aku sudah mencoba semua gamenya, dan suka semuanya, hehe… Terutama Balance Your Brain mengingatkanku pada drama Jepang bergenre detektif/forensik berjudul Mr. Brain yang dibintangi Kimura Takuya. Soalnya di salah satu episodenya ada adegan yang mirip dengan game ini, yang memeragakan tentang dominasi otak kiri/kanan terkait warna visual vs informasi tulisan. Game Dress up challenge mungkin bakal disukai sama kebanyakan anak perempuan. Game berbau adventure yaitu Giddy Up!, Pogo Boy, & Safe Flight sangat mungkin menjadi favoritnya kaum laki-laki. Aku sih awal nyoba game Safe Flight cepet kalah, skornya kecil banget. Begitu suamiku yang nyobain, oalah... Pertama kali langsung kelihatan expert, skornya gede, heu…

Seru-seruan selfie sama suami bareng karakter Safe Flight (ini suami yg warnain karakternya :D)
Bermain-main dengan Colour to Life memang seru, namun kita gak bisa otomatis mengulang game yang sudah kalah. Untuk memainkannya lagi, app-nya akan selalu meminta untuk scan gambar lagi. Sama halnya ketika berfoto dengan karakter. Setelah save foto, untuk mengambil foto berikutnya harus scan gambar lagi. Di satu sisi mungkin ini bikin gregetan, karena durasi waktu per gamenya juga singkat. Tapi di sisi lain, sisi baiknya adalah melatih kesabaran, dan supaya kita gak lupa waktu mainin terus. Ini juga berguna dalam rangka membatasi screen time buat anak *eh, buat orang dewasa berlaku juga sih :p

Asyiknya lagi, menjalankan app Colour to Life tidak membutuhkan kuota alias bisa sambil offline. Kabar bagus banget tuh buat aku yang sering fakir kuota, hehe… Yang perlu online itu cuma sekali di awal ketika mendownload app-nya saja.

Jadi, setelah mencobanya sendiri, aku bisa bilang kalau Colour to Life ini kegiatan yang fun buat ngisi waktu luang. Kegiatannya asyik buat dimainkan sendiri maupun bersama keluarga. Kalau sudah punya anak, aku pengen banget mengisi family time bareng anak dengan kegiatan edukatif sekaligus fun macam Colour to Life ini. Sayangnya anakku belum lahir, jadi aku baru bisa menikmati keseruannya sendirian dan saat bersama suami atau keponakan.
Asyik sendiri selfie sama karakter Colour to Life :D
Keponakanku ikut mejeng sama kesatria berkuda versi zoomed
Tertarik juga untuk menikmati serunya berkreasi dengan Colour to Life? Atau, mau membelikan Colour to Life sebagai hadiah buat anak/ keponakan? Tempat pembelian Produk Colour to Life ada di Tokopedia, Gramedia, atau toko buku terdekat.


Komentar

  1. Gambar nya jadi animasi 3D, makin seru nih mewarnainya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru, spt dlm dongeng, karakternya muncul dari buku

      Hapus
  2. Kalau saya lebih suka sama karakter kucingnya, soalnya lucu :) heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pas dicolek kucingnya abis tidur, langsung bangun ngelukis, trus tidur lagi.. zzz... Gemes

      Hapus
  3. Safe Flight udah kayak pesawat tempur aja :) heheh

    BalasHapus
  4. Berarti hanya bisa menggunakan gambar yang ada di buku Colour to Life nya aja ya, walaupun punya conector pens nya ...

    BalasHapus
  5. Yang safe flight mirip pesawat TNI deh. Baguus.
    Hehehe, aku juga payah di game safe flight lho teh Euis. Mari kita tos dulu.

    Nah iya, aku suka colour to life ini selain mewarnai, selfie dan main gamesnya, aplikasinya enggak perlu kuota karena akupun fakir kuota :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, kreasinya suami tuh...
      Tos deh :D.
      Sesama fakir kuota tahulah rasanya hehehe

      Hapus
  6. seru yah, bisa menghilangkan bosan jugaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Teh, ngembaliin mood kalo lagi bosan :)

      Hapus
  7. Wuih romantis nih euis sama suami kompak selfie bareng karaker favorit faber castell

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe pas weekend dia mau sendiri ngewarnain, lanjut foto2 :D

      Hapus
  8. Seru2 ya gamesnya, yg balance your brain emang asyik

    BalasHapus
  9. Hehehe, iya banget. Ini tuh kesukaan waktu kecil. Bikin berimajinasi kreatif. Rebutan deh sama bocah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ngewarnainnya susumputan atau pas lagi keponakan2 cowok pada sekolah hehehe biar ga rebutan Teh :D

      Hapus
  10. Memang asyik, mainnya gak perlu kuota dan gak perlu sinyal yang manteng ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gak khawatir suntuk kalo lg miskin kuota :D

      Hapus
  11. Teh euis lama nggak ketemu. Semoga sehat terus yaa. Btw aq juga maen to life sama anak dan suami, walo riweuh tapi seru. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, udah gak di Bandung lg, jadi kangen...
      Aamiin, sehat2 jg Teteh yah...
      Hihi pastinya riweuh sama bocilnya ya :))

      Hapus
  12. buat aku yang imajinasinya sebatas langit-langit kamar, nampaknya produk faber castell ini menarik untuk dicoba.
    *brb searching

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bebaskan imajinasi, Teh... Selamat mencoba...

      Hapus
  13. Suami teh Euis ngewarnainnya kece banget, pesawat sama ksatria berkudanya kece deh hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, apa jiwa seninya lg keluar kali yah, hehe... Yg kesatria berkuda mah karya aku :D

      Hapus
  14. Bagus ngewarnainnya teh, aku juga mewarnai ini ketagihan pisan lumayan buat refresh otak dari kerjaan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku masih kepengen lebih bagus lagi, praktek teknik2 mewarnai yg di petunjuknya itu loh... Yg kucing aja kok jadinya cemong2 wkwk...
      Iya berguna buat ngelepas stres

      Hapus
  15. Mau ikutan selfie juga sama tokoh-tokohnya hehe

    BalasHapus
  16. Warna pesawatnya bagus teh... Suaminya jadi suka juga ya sama CTL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pesawatnya byk fansnya toh, hehe... Iya, dia gak ketinggalan ikut nyobain juga :D

      Hapus
  17. mewarnai memang mengasyikan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik & kali ini lebih seru lagi Krn bisa hidup gambarnya

      Hapus
  18. Produk Faber Castell yg satu ini emang keren yak... kekinian banget, bikin semangat mewarnai :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, sesuai dgn generasi jaman now hehe :D

      Hapus
  19. Aku juga suka mewarnai, bisa bikin fresh kalau lg suntuk ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Relaksasi ya Teh. Sejenak melupakan beban2

      Hapus
  20. Lucu banget, ya, bisa jadi hidup gitu. Jadi pengen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, thanks to teknologi Augmented Reality

      Hapus
  21. Wohooo... Kudanya bisa segede itu ternyata..

    BalasHapus
  22. Udah lama gak mewarnai, karena permainan ini jadi ngewarnain lagi. Beneran menghidupkan imajinasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, Teh. Aku udah lama jg, jadi nostalgia

      Hapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

7 Alasan Ngeblog

Trend Fashion Baju Korea 2018 yang Sedang Booming Saat Ini

Novel Milea: Suara dari Dilan