5 Tempat Wisata Bertema Kebun Indah Bermekaran di Bandung


Meski cukup lama tinggal di Bandung, banyak sekali tempat-tempat wisata di Bandung yang belum sempat kueksplorasi. Apa lagi makin ke sini makin banyak saja ya, tempat wisata di Bandung yang bermunculan. Ada juga yang sudah pernah dikunjungi, namun ada saja yang baru wahananya. Kini setelah aku tak lagi di Bandung, jadi kepingin liburan ke Bandung lagi. Selain mengobati kangen, sekalian pengen liburan di tempat wisata yang bagus. 

Tempat liburan favoritku yaitu yang bernuansa alam, yang banyak pohon dan bunga-bunganya. Makanya aku sempat browsing tempat wisata dan nemu rekomendasi wisata Bandung yang menarik banget bertema kebun yang indah dan lagi mekar-mekarnya di bulan Agustus ini. Pasti banyak yang tertarik berkunjung, karena wisata di Bandung ini tertata apik seperti di Eropa. Ini dia sederet wisata kebun yang bisa dijadikan tempat foto-foto yang instagrammable. Tak hanya yang hobi berkebun aja yang bakal suka.

1. Orchid Forest Cikole
Orchid Forest Cikole (foto: IG @orchidforestcikole)
Berbagai jenis bunga-bunga anggrek yang indah dapat dikunjungi di Orchid Forest Cikole, Lembang. Ada 157 jenis bunga anggrek di sini yang tumbuh bermekaran dan terawat, karena daerah Bandung Barat ini suhunya sejuk. Selain itu, ada banyak banget spot-spot foto yang instagenik, seperti bean bag warna-warni dan hutan pinus. Pasti menyenangkan untuk menikmati sore hari di tempat indah ini. Saat malam hari menjelang, lampu-lampu kuning menyinari pepohonan pinus yang menjulang tinggi.

Orchid Forest Cikole berlokasi di alamat Jl. Tangkuban Perahu KM 8. Untuk berkunjung ke sana kita bisa menggunakan panduan Google Maps. Akan lebih nyaman jika menggunakan mobil pribadi. Harga tiket masuknya cukup terjangkau, Rp. 30ribu saat weekend, plus ada biaya tambahan Rp. 15ribu untuk setiap destinasi yang ingin dikunjungi. Jam bukanya saat weekdays (Senin - Jumat) dari jam 8 pagi hingga jam 7 malam. Adapun saat weekend, buka satu jam lebih awal.

2. Rainbow Garden
Rainbow Garden (foto: IG @ikomaruzaman)
Rainbow Garden masih berlokasi di Lembang, Bandung. Tempat ini memiliki ratusan aneka spesies bunga. Yang bikin wah, hampir semua bunga yang ada di sini aman untuk dimakan (tapi berkunjung ke sini bukan mau makan bunga, kan? :D). Ini tempat yang cocok baik bagi orang tua, muda, pasangan yang sedang harmonis-harmonisnya, maupun untuk piknik keluarga. Tak perlu khawatir jika membawa anak kecil yang suka sembarang ngambil dan makan sesuatu. Tidak hanya deretan aneka bunga-bunga berwarna merah, kuning, hijau, tetapi ada juga dekorasi foto bergaya vintage seperti piano kuno dan ayunan. Hal menarik lainnya, bisa berfoto ria memakai busana & aksesoris khas Jepang & Korea. Asyik banget ya… Pasti betah deh piknik di sana.

Jarak tempuh ke tempat ini dari Bandung sekitar 51 menit mengendarai mobil ke Grand Hotel, Jl. Raya Lembang No. 272, Bandung Barat. Harga tiket masuk ke kebun bunga Rainbow Garden hanya Rp. 10ribu. Sedangkan untuk harga sewa kimono & hanbok Rp. 75ribu. Jam buka saat weekdays ( Senin – Jumat) pukul 9 pagi s/d 7 malam, dan saat weekend pukul 8 pagi s/d 8 malam.

3. Barusen Hills Ciwidey
Barusen Hills Ciwidey (foto: IG @barusenhills)

Jika mencari tempat wisata Bandung yang bisa sekaligus untuk berenang dan menikmati kebun bunga yang cantik dalam satu tempat, Barusen Hills Ciwidey jawabannya. Tempat ini dapat menjadi spot favorit keluarga di Bandung untuk dikunjungi saat weekend. Selain terdapat kolam renang, juga ada taman bunga cantik di Bamboo Love Garden dan Taman Belanda yang identik dengan ciri khas menara kincir anginnya.

Barusen Hills terletak di Gambung, Kabupaten Bandung. Rute menuju ke sana dapat menggunakan Tol Cipularang, keluar melalui exit tol Kopo. Kalau tidak berkendaraan pribadi, bisa naik bus ke Ciwidey dari Terminal Leuwi – Panjang. Masuk ke tempat ini harga tiketnya sekitar Rp. 20ribu di hari biasa dan Rp. 25ribu di hari libur. Jam bukanya dari pukul 8 pagi sampai 5 sore. 

4. Taman Begonia Lembang
Taman Begonia Lembang (foto: kebunbegonia.com)
Taman Begonia merupakan tempat yang ada di Bandung untuk membeli berbagai jenis bunga. Kebun bunga ini dididirikan dengan tujuan sebagai tempat budidaya & florikultura Indonesia. Balinea ialah jenis bunga yang paling banyak dibeli, yang berasal dari Pulau Dewata. Jenis bunga primadona kedua yang diminati pengunjung yaitu Bunga Celosia.

Taman yang berada pada ketinggian 1200 m di atas permukaan laut ini tempatnya cukup strategis. Lokasinya dekat dengan Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Burangrang yang dapat menjadi laternatif wisata berikutnya. Taman Begonia ini merupakan salah satu tempat prewedding favorit di Bandung. Rute menuju tempat ini dapat melalui jalur Dago – Lawangwangi, lalu menuju Jalan Maribaya. Biaya tiket masuknya Rp. 5ribu/orang, dan Rp. 10ribu untuk berfoto dengan kamera SLR. Adapun harga untuk paket foto prewedding sebesar Rp. 250ribu per 2 jam.

5. Kampoeng Tulip
Kampoeng Tulip (foto: klikmania.net)
Ketika disebut wisata Kampoeng Tulip, apa yang terlintas di benak? Tentunya langsung teringat dengan negeri Belanda. Begitulah, tempat yang memiliki luas 1 hektar ini berhiaskan aneka spot foto bertema ala negeri kincir angin. Ladang bunga tulipnya sendiri masih terbilang tak terlalu luas. Terdapat bangunan khas serta ornamen sepeda bergaya ala Eropa. Selain itu, terdapat beberapa wahana seperti memancing ikan, mendayung perahu, kerata atau helly. Di sini kita bisa juga mengajak anak-anak memberi makan burung dan ikan. 

Untuk menuju ke Kampoeng Tulip yang berada di daerah Mekarjaya bisa melalui rute Soekarno-Hatta ke Bedogol. Harga tiket masuknya Rp. 8ribu d hari biasa dan Rp. 12ribu di hari libur. Jam bukanya mulai jam 9 pagi sampai jam 5 sore.

*** 

Nah, itu dia 5 tempat wisata bertemakan kebun indah bermekaran di Bandung. Kalau aku sih, tertarik banget pengen berkunjung ke semuanya. Semoga ada kesempatannya, sambil nengokin adik & bertemu teman-teman di Bandung. *Masukin wishlist. Kalau kamu gimana, sudah pernah ke sana atau berencana mau berkunjung ke sana?

---

Komentar

  1. Kampoeng Tulip serasa kayak di Belanda ya? heheh

    BalasHapus
  2. Dari semua tempatnya, penasaran sama Kampoeng Tulip ;))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pengen motoin bunga tulipnya :D

      Hapus
  3. Cantik-cantik semua tempatnya, bisa dijadikan jujukan kalau ke Bandung :)

    BalasHapus
  4. Taman Begonia Lembang bunga-bunganya cantik banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari dulu pengen kesana lihat koleksi bunga2nya...

      Hapus
  5. Di Barusen Hills Ciwidey, selain bisa lihat taman yang cantik bisa berenang juga ya ....

    BalasHapus
  6. Duh ini tempat wisata di Bandung selalu ada aja yang baru. Udah gitu pada bagus-bagus :)

    BalasHapus
  7. waduh hanya baru taman begonia saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah terkenal lebih dulu sih Mbak

      Hapus
  8. Kampung Tulip cantik banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo foto disini kebawa cantik kali yah hehe

      Hapus
  9. Kampoeng Tulip yang ga ada tulip nya.. Ehehe. Tapi tempat ini cocok banget buat selfie2 syantik, foto pre wed juga bagus disini, banyak spot instagramable.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho, masa gak ada tulipnya... Iya cakep buat foto2

      Hapus
  10. keren nih destinasinya, aku paling suka yang kampung tulip

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak yang vote Kampoeng Tulip geuningan...

      Hapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Novel Milea: Suara dari Dilan

Tips Merawat Mobil SUV Agar Tetap Awet

Nasi Tumpeng, Hidangan Tradisional Istimewa untuk Acara Syukuran