Perkembangan Bayi 4 Bulan: Pertumbuhannya Secara Fisik, Motorik, Sensorik, Dan Emosinya


Bayi yang sudah berumur 4 bulan tubuhnya semakin kuat. Pada usia ini, dia akan senang bergerak, tertawa, dan mengeluarkan suara. Di usianya yang keempat bulan ini, biasanya gigi pertamanya akan muncul, sehingga bayi akan merasa gatal dan gusinya tidak nyaman. Ini yang akan membuatnya lebih sering rewel. Makanan pendukung ASI juga sudah bisa diberikan selain ASI dan susu formula, seperti makanan bayi yang dicairkan. Bayi juga akan mulai tertarik dengan berbagai jenis benda-benda yang bisa mengeluarkan suara. Secara lebih lengkap mengenai perkembangan bayi 4 bulan lebih secara fisik, motorik, sensorik, dan emosinya akan diuraikan di bawah ini.


Pertumbuhan Secara Fisik
Ada berbagai macam perubahan pada perkembangan bayi 4 bulan bila dilihat secara fisik, yaitu; otot-otot tubuhnya semakin kuat dan menyebar ke seluruh bagian tubuhnya. Ototnya yang berkembang membuatnya dapat bergerak dengan cara yang lucu. Bayi juga sudah mulai bisa dalam posisi duduk meski pada bagian punggungnya harus tetap dipegang. Memposisikan bayi duduk dapat membuat otot punggung dan perutnya menjadi lebih kuat. Hal-hal lainnya yang sudah bisa dilakukan diantaranya, berguling dan menendang-nendang.

Pertumbuhan Secara Motorik 
Dengan kekuatan otot dan koordinasi sistem syaraf yang lebih baik, ini membuat bayi dapat menggerakkan tangan dengan lebih baik yang mana dia dapat mulai memegang, memindahkan mainan, dan meraih-raih benda di sekitarnya. Perkembangan bayi 4 bulan yang sehat juga sudah bisa menahan kepala dan dada dengan lebih kuat dan hanya memerlukan perlindungan saja, serta sudah mulai berguling di perut dan mencoba untuk kembali ke posisi telentang.

Pertumbuhan Secara Sensorik
Perkembangan bayi 4 bulan secara sensorik sudah mulai mengenal warna dengan  akan tertarik pada objek benda gelap dan terang. Bayi usia ini juga sudah memiliki kemampuan untuk menekan beberapa benda dengan jari, sehingga bisa mulai dikenalkan dengan mainan yang lebih bervariasi. Indra penglihatannya pun juga semakin tajam. Kemampuan ekspresinya pun lebih baik dan sudah mulai mengenali ekspresi orang lain. Bayi akan tertarik dengan kegiatan orang-orang di sekitarnya dan terkadang juga mulai mencontohnya dengan gerakan yang sederhana. Pada masa ini akan sangat baik bila Anda melatih komunikasi bayi dengan memberikan ekspresi yang jelas ketika mengucapkan kata-kata vokal. Gerakan mulut Anda akan membantu bayi dalam mengenali bahasa sehari-hari. Dia juga mulai bisa merasakan beberapa benda yang disentuh, apakah itu benda yang lembut, kasar, berbulu, licin dan jenis tekstur benda yang lainnya. Malah, terkadang bayi juga akan merasa ketakutan ketika merasakan ada benda yang aneh.

Perkembangan Bayi 4 Bulan Secara Emosi
Memasuki usia 4 bulan, tingkat emosi bayi juga akan ikut berkembang, seperti perasaan sedih ataupun gembira. Bayi juga sudah mulai belajar bahasa sejak awal sehingga bayi mulai bisa mengenali apa kalimat yang diucapkan orang tua mereka. Maka, terus diajak berkomunikasi akan sangat baik untuk melatih perkembangan bayi.

Bayi berusia 4 bulan akan terus berkembang pertumbuhannya secara fisik, motorik, sensorik, dan emosinya. Orang tua harus memberikan pegawasan penuh pada bayinya. Hal ini supaya perkembangan bayi 4 bulan yang normal akan terus berjalan dengan baik hingga usianya semakin menginjak lebih dewasa. 
Itulah sekiranya yang dapat disampaikan mengenai perkembangan bayi 4 bulan. Semoga uraian yang disampaikan ini dapat bermanfaat.

Komentar

  1. Sangat bermanfaat kaak, terimakasih.

    BalasHapus
  2. salah fokus sama fotonya gemesin hehe

    BalasHapus
  3. Wah nambah banyak pengetahuan baru niih

    BalasHapus
  4. Wah banyak informasi penting buat calon orang tua hehe

    BalasHapus
  5. Ternyata banyak sekali perkembangan pada bayi usia 4 bulan ya

    BalasHapus
  6. Terimakasih banyak ulasannya bermanfaat kak

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Tips Menyiapkan Bekal Makanan Penuh Cinta Bersama Julie's Biscuits

Novel Milea: Suara dari Dilan

Trend Fashion Baju Korea 2018 yang Sedang Booming Saat Ini