Karena Wanita Hamil Itu Istimewa


Proses kehamilan adalah fase yang paling membahagiakan di mana seorang wanita bisa merasakan dirinya menjadi wanita seutuhnya. Sebagai titik awal terbentuknya keluarga sempurna, maka setiap proses kehamilan harus disyukuri dan dijaga sebaik mungkin. Nah, kali ini kita akan membahas beberapa hal kaitannya dengan kehamilan. 

Bagaimana Kehamilan Bisa Terjadi

Kehamilan merupakan suatu proses lanjutan yang terjadi setelah sel sperma berhasil bertemu dengan sel telur. Dalam ilmu biologi sudah banyak diulas tentang bagaimana suatu proses kehamilan bisa terjadi. Ketika sel sperma bisa bertahan dan mencapai sel telur, maka pada saat itulah akan terjadi pembuahan dan berakhir pada kehamilan. Perlahan embrio dalam rahim akan mengalami perkembangan dan akhirnya tumbuh menjadi janin. Seiring dengan berjalannya waktu, janin akan mengalami pertumbuhan dan juga perkembangan mulai dari tulang, pembentukan syaraf dan otak, pembentukan sumsum tulang belakang, dan seterusnya. Perkembangan janin ini juga berpengaruh pada seorang ibu di mana tubuh akan mengalami banyak perubahan mulai dari perut yang semakin membesar, pinggul melebar, dan mulai terjadi proses pembentukan air susu. 

Kehamilan harus dijaga dengan baik
Sudah bisa dipastikan bahwasanya kehamilan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi seorang isteri yang tengah mengandung maupun suami. Bagi pasangan yang baru saja menikah, momongan adalah sesuatu yang sangat diharapkan untuk bisa hadir di tengah  tengah keluarga baru mereka. Maka dari itu, setiap kehamilan patut disyukuri meskipun itu sudah menjadi kehamilan yang ketiga dan seterusnya. Sudah seharusnya untuk menjaga diri sebaik mungkin bagi seorang isteri yang tengah dalam proses kehamilan bulan pertama supaya kandungan tetap sehat dan janin bisa tumbuh dengan baik hingga persalinan tiba. Konsumsi makanan bergizi, tidur lebih, hindari alkohol dan rokok, dan tidak stress sangat penting untuk diterapkan agar janin dalam kandungan tetap sehat. 

Peran suami ketika isteri sedang hamil
Memang yang sedang mengalami proses kehamilan adalah seorang isteri, namun bukan berarti sang suami boleh diam saja. Seorang suami juga memiliki peran yang sama pentingnya ketika isteri sedang hamil. Suami adalah sandaran yang dibutuhkan isteri ketika sedang hamil. Dukungan dan perhatian dari suami sangat dibutuhkan oleh isteri sebagai penguat untuk dirinya. Faktor psikologis juga berpengaruh untuk kelangsungan kehamilan yang sehat. Itulah mengapa kasih sayang dan perhatian suami sangat dibutuhkan untuk tetap bisa membuat isteri selalu bahagia dan terhindar dari stress sehingga kondisi kandungannya pun tetap sehat. Selalu menemani isteri ketika berkonsultasi ke dokter, mengingatkan untuk makan dan istirahat, serta menemani di saat  saat tersulit hingga proses persalinan sangat bagus untuk menguatkan seorang isteri. 

Jangan takut melahirkan normal 
Setelah melewati proses kehamilan cepat hingga 9 bulan, kini ibu harus bersiap dengan proses persalinan. Sekarang banyak wanita yang takut untuk melahirkan normal karena adanya asumsi rasa sakit luar biasa. Tetapi mulai saat ini cobalah untuk menguatkan mental dan jangan takut untuk melahirkan normal. Ibu bisa mencoba terapi hypnobirthing yang akan membuat anda merasa nyaman dan mengurangi rasa takut ketika menjalani proses melahirkan normal. Ibu juga perlu menanamkan sugesti positif sendiri bahwasanya melahirkan normal lebih bagus untuk membuat bayi lebih sehat dan rasa sakitnya ketika melahirkan normal sebetulnya hanya berlangsung sebentar. Tetapi hal itu bisa terasa lebih sakit ketika ibu panik dan tegang sehingga tubuh memberikan respon berlebihan dengan memberikan rasa sakit yang juga berlebih. Untuk itu cobalah rileks dan santai sehingga semua bisa berjalan lancar. 

Itulah informasi yang berkaitan tentang proses kehamilan hingga melahirkan. Wanita hamil itu istimewa dan melahirkan bukanlah hal yang menakutkan. Jadi, jalanilah dengan rileks dan nyaman.

Komentar

  1. Wanita hamil memang wanita yang istimewa hehe

    BalasHapus
  2. Suami memang harus lebih peka saat istrinya sedang hamil hehe

    BalasHapus
  3. Wanita hamil biasanya identik dengan nyidam ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya sih begitu. Tapi kadar ngidamnya beda2 juga sih

      Hapus
  4. Karena banyak cerita tentang rasa sakit melahirkan normal yang jadi momok calon ibu muda hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm... Tapi banyak juga yang menginginkan melahirkan normal. Mestinya ibu hamil banyak positif thinking ya

      Hapus
  5. Suami harus extra sabar karena bumil terkadang permintannya aneh aneh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe... Berkorban dikit demi calon buah hati

      Hapus
  6. Saat hamil emang harus extra hati hati ya hehe

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah bisa menikmati kehamilan yang sangat menyenangkan, tfs ya TehπŸ€—

    BalasHapus
  8. Hamil itu menyenangkan, haha saya hamil 10 tahun lalu udah agak2 lupa lagi sih rasanya hihi

    BalasHapus
  9. Lha Kirain kisah kehamilan Euis, iraha ?
    Bisa Hamil Dan menjalani dengan relax itu suatu berkah tak terhingga say 😊😊

    BalasHapus
  10. Hamil itu Anugrah luar biasa plus suami yg juga ikut ngasih perhatian. Love deh

    BalasHapus
  11. Ahhh, aku suka banget moment pas hamil, berasa sempurna jadi ibuu...*meski ga ngerasain ngidam, pusing dll layaknya orang hamil

    BalasHapus
  12. Lagi merasakan hamil dan segala kerasa, haha. Lebih baper dan sensitif. Awal awal mual susah makan. Semua dijalani dan memang betul, suami jadi pendukung istri ketika hamil. Seneng banget kalau pas hamil dibeliin apa aja yang saya mau sama suami. Berasa disayang banget ☺️❤️

    BalasHapus
  13. Wanita hamil memang sangat istimewa. Selalu menikmati masa-masa kehamilan, dan setiap kehamilan pasti melewati fase yang berbeda-beda.
    Terima kasih untuk sharingnya :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Tips Menyiapkan Bekal Makanan Penuh Cinta Bersama Julie's Biscuits

Novel Milea: Suara dari Dilan

Trend Fashion Baju Korea 2018 yang Sedang Booming Saat Ini