Kopdar Seru Blogger Muslimah Meet Up Bandung


Pagi hingga siang jelang sore itu lantai atas Warunk Twogether tampak ramai dengan makhluk-makhluk cantik anggun berwarna ungu. Ajaibnya, aku termasuk salah satu dari mereka, para perempuan bergamis ungu yang tengah asyik berkumpul itu. Wajah-wajah yang kutemui di sana sebagian familiar, sebagian lainnya ada pula wajah-wajah baru yang belum kukenal. Ada juga yang namanya cukup familiar, namun baru kali itu bertemu orangnya. Mereka adalah para blogger muslimah yang mendapatkan kesempatan berkumpul di acara Blogger Muslimah Meet Up Bandung

Itu adalah sebuah kesempatan untuk mengenal lebih dekat komunitas Blogger Muslimah yang didirikan pada 1 Desember 2014.
Sebenarnya, aku sudah lama bergabung di grup fb Blogger Muslimah, lupa sejak kapan. Tapi rupanya sudah lama aku tidak aktif menengok grupnya. Seingatku, dulu pas awal-awal aku suka sekadar share artikel blog di sana. Sekarang jadi nyadar, banyak hal tentang komunitas Blogger Muslimah yang ternyata aku lewatkan (kudet deh). Melalui ajang Blogger Muslimah Meet Up ini jadi tahu, ternyata banyak yang aku tak tahu tentang BM ini :D. Selain mengenal BM, sekalian sillaturrahmi seru sama blogger-blogger Muslimah yang tak hanya berasal dari Kota Bandung saja. Dan jadi ketemuan juga sama temen-temen blogger muslimah Bandung yang udah lama tak jumpa ^^.

Mengenal Komunitas Blogger Muslimah

Novia Syahidah Rais, Founder Blogger Muslimah
Perkenalan tentang Blogger Muslimah disampaikan oleh Mbak Novia Syahidah selaku foundernya. Aku sudah familiar dengan nama Mbak Novia Syahidah sejak masa abege (*eh?), meski belum mengenal langsung orangnya. Tahu namanya karena dulu jaman masih sekolah SMP apa SMA ya, lupa, suka langganan baca Majalah Annida. Namanya aku kenal lewat salah satu cerbung yang dimuat di Annida yang berjudul Puteri Kejawen. Cerbung tersebut kemudian terbit dalam bentuk buku novel. Mbak Novia sudah banyak menulis buku. Kini beliau aktif menulis di blognya tintaperak. Menulis untuk mengukir jejak.

Blogger Muslimah merupakan sebuah komunitas blogger yang memiliki visi untuk menjadi mesin penggerak bagi para muslimah untuk aktif menulis di media sosial (blog). Misinya memberdayakan para Muslimah melalui aktifitas menulis di media sosial (blog) dengan tetap menjaga identitas mereka sebagai muslimah. Juga mengajak, membantu dan memfasilitasi para Muslimah yang suka menulis untuk memiliki, mengelola dan mengembangkan media sosial (blog) mereka secara baik; serta menjalin rasa kebersamaan antar Muslimah dalam sebuah komunitas. 

Komunitas Blogger Muslimah memiliki banyak program yang menjadi terjemahan visi misi tersebut. Antara lain ada program Postingan Tematik, One Day One Post (ODOP), Kajian Muslimah, Kepribadian Muslimah, Kepenulisan Fiksi & Non Fiksi. Kerenlah yang bisa ODOP. Aku pernah mencoba one day one post sebulan saja, itu ngos-ngosan, hehe. Makanya belum bisa ikutan ODOPnya BM.  
         
Blogger Muslimah Meet Up Bandung (5/11/17)
Membaca dunia, menulis semesta. Itulah tagline Blogger Muslimah. Dulunya tagline yang diusung BM yaitu "gerakan menuju shalehah". Tapi karena terkesan berat & orang bisa salah persepsi (tar dikira grup pengajian :D), taglinenya diganti. "Membaca dunia, menulis semesta", taglinenya aku suka. Lebih spesifik mengusung unsur literasinya. Menulis via blog banyak manfaatnya. Apa fungsi blog menurutmu? Ketika ditanya itu, jawaban yang keluar bisa sangat bervariasi, seperti halnya yang dikemukakan oleh para peserta yang sharing pendapatnya. Blog bisa menjadi media berbagi informasi, sbg catatan jurnal pribadi, media dakwah via tulisan, untuk terapi, dlsb...   


Sharing seputar JD Partners dari JD.ID

Peserta BM Meet Up juga dikenalkan dengan sebuah program dari JD.id yang disebut JD Partner. Sesi ini dibawakan oleh Mbak Willy Yulianti (JD.id Regional Jawa Barat). Sudah tahu, kan JD.ID? JD.ID merupakan e-commerce yang pertama kali beroperasi di Indonesia pada November 2015 & saat ini terus berkembang pesat. 

Presentasi Mbak Willy (Jd.id regional Jabar)
Bedanya dengan e-commerce lain, JD.ID bukan marketplace dan memiliki armada logistik sendiri (pesanan ditangani langsung, ada gudang sendiri berikut pengemasan & pengirimannya) yang didukung oleh jaringan mitra di seluruh Indonesia untuk memberikan layanan yg andal & cepat. Produk-produk yang masuk JD.ID hanya yang berkualitas asli dengan harga kompetitif agar aman & terpercaya. Hal ini sejalan dengan misi JD.ID "make the joy happen", - menghadirkan kebahagiaan kepada seluruh pelanggan di Indonesia. Produk-produknya beragam mulai dari kategori ibu & anak, smartphones, perangkat elektronik, hingga luxury.

JD Partners merupakan program income tambahan yang bersifat tanpa batas, tanpa modal, & tidak terikat. Jadi, dengan bergabung menjadi JD Partners, bisa dapat reward cashback. Sistemnya dengan mengajak orang lain untuk mendaftar akun & belanja di JD.ID melalui link referral kita. Dengan jadi JD Partners, bisa dapat cashback 1% tiap belanja, dan cashback 0,25% tiap kali orang lain yang kita rekrut berbelanja di JD.ID. Jika tertarik, menjadi JD Partners ada trainingnya tersendiri, bisa request ke Jd.id.

Tutorial make up Jafra & Tutorial hijab instan Ethica

Acara Blogger Muslimah Meet Up makin lengkap & seru dengan adanya sesi tutorial makeup & tutorial hijab. Pada sesi tutorial make up oleh Jafra, 3 peserta relawan dijadikan model. Ada yang perawatan dengan masker & malibu, ada juga yang dimakeover sampai pangling. Perihal makeup memang perlu keahlian tersendiri ya, inget diri sendiri yang sampe hari gini gak terlalu pandai make-upan. Jadi tahu dasar-dasarnya, step by step apa dulu yang diaplikasikan ke wajah. Yah, tapi prakteknya kudu latihan sendiri tetep :D. Sambil tutorial berlangsung, dapat sharing juga dari Mbak Fitri Gustiana yang memiliki karir sukses di bisnis Jafra di usia muda. 

Tutorial make up Jafra & tutorial hijab Ethica
Usai tutorial makeup, tutorial hijab instan dipersembahkan oleh Seply yang merupakan bagian dari Ethica. Ethica adalah sebuah brand fashion muslim dengan produk pakaian anak & remaja dewasa. Produk Ethica unggul pada warna, variasi motif, design simple, dan matching yang terdiri atas paduan kain kaos terpilih dan kain katun berkualitas. Produk Ethica terdiri atas beragam kategori. Seply sendiri merupakan brand khusus untuk pakaian dewasa yang mengusung tagline "lembutnya sampai ke hati". 

Tutorial hijab instan menggunakan hijab dengan 2 lubang ternyata sangat simpel, nggak perlu jarum/peniti sama sekali. Asyik banget buat yang gak suka ribet untuk tetap tampil stylish. Salah satu hijab instan yang dipergunakan dalam tutorial yaitu hijab majory. Asyik banget 3 peserta yang dijadikan model tutorial sekalian bisa bawa pulang hijabnya gratis. 

Meet up BM bertabur hadiah doorprize & merchandise dari sponsor

Keseruan Blogger Muslimah Meet Up makin lengkap dengan banyak hadiah & merchandise dari sponsor. Gamis ungu seragaman yang dipakai peserta merupakan produk gamis dari Seply. Gamis berwarna ungu soft dengan sedikit aksen motif bunga di bagian dada, lengan, dan bawah rok itu bikin peserta BM Meet up terlihat cantik anggun yah. Sekilas gamisnya kelihatan seperti hanbok. Soal seragaman gamis ungu ini sempat bikin heboh di kalangan peserta, terutama yang gak biasa pake gamis, hehe... Salah satunya aku :P. Ini momen langka aku bergamis ungu, sesuatu yang bisa terwujud berkat BM Meet Up & Seply. Seru juga ngelihat pada pangling penampilannya, ada lucunya juga yang awkward gamisnya kepanjangan jadi kayak princess kalau berjalan :D.
    
Momen langka bergamis ungu, kembaran pula :D (gamis by Seply, totebag by Whitebag)
Selain gamis, tote bag cantik dari Whitebag melengkapi acara BM Meet Up. Ada quote cakep tentang muslimah di tote bagnya: "Muslim women are the diamonds of Islam. Nobody will reveal their diamonds to strangers". Semoga bisa istiqomah jaga aurat yahhh... :). Selain itu semua peserta dapat voucher diskon dari Salon Moz5, brand salon muslimah yang tersebar di berbagai kota. Salah satunya di Bandung ada outletnya di Tubagus Ismail. Asyik, deket. 

Serunya BM Meet up tak saja dapat banyak tambahan wawasan, ajang silaturrahmi, juga semua peserta kebagian hadiah. Semua happy ^^. Terima kasih, Blogger Muslimah, juga semua sponsor yang mendukung acara. Semoga komunitas ini makin berkembang ya... Menjadi bagian dari gerakan literasi, berbagi via tulisan bermanfaat. Semoga muslimah Indonesia makin cerdas, cantik luar dalam :).       

Komentar

  1. Sekarang komunitas blogger sudah banyak dimana mana ya, dan kebanyakan blogger² perempuan pada jago² dan semangat banget nulisnya.....

    BalasHapus
  2. kumpul bareng dengan komunitas dengan passion yg sama memng selalu menyenangkn ya mbak

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu kala mampir di sini

Popular Posts

Bandung Kunafe, Oleh-oleh Kekinian Kolaborasi Omesh & Irfan Hakim

Novel Milea: Suara dari Dilan

The Lorax Film: Kisah Kota Plastik Tanpa Pohon